Sunday, April 3, 2016

Terima Kasih Surat Cintanya, Google !




Assalamu'alaikum wr. wb,

Dear my readers,



Setelah 3 kali mendaftar Google Adsense alhamdulilah yang ke-3 ini, bisa diterima.  Ini juga jauh dari perkiraan saya.  Pertama kali saya mendaftar google langsung ditolak, dengan alasan blog saya tidak memberi nilai value kepada pembaca.  Kalau dipikir-pikir memang benar sih. Apalagi tulisannya masih keriting dan alay. Setelah itu, saya terus saja menulis tanpa memperdulikan Google Adsense, ataupun PPC domestik lainnya. Yang penting konten harus original dan menarik buat pembaca. 

Sebetulnya  sejak awal terjun ke dunia perbloggeran tujuan saya adalah ingin memberi manfaat kepada orang banyak dengan tulisan saya. Itu saja. Bukankah sebaik-baik orang adalah orang yang bisa memberi manfaat bagi orang lain? 

Adalah keberuntungan tersendiri jika kemudian dengan menulis blog bisa menambah banyak teman.  Bisa bertemu penulis buku terkenal seperti Mbak Dedew (Anak Kos Dodol, 4 G), Mbak Rahmi Aziza (Mak Irits), Mbak Wuri (Cenat-cenut), serta teman-teman blogger lainnya : Mbak Ika, Mbak Wati, Mbak Marita, Mbak Arin dll. Tentunya semua itu karena atas jasa Komunitas saya yaitu Komunitas Gandjel Rel, Komunitas IIDN, dan Komunitas Emak-emak Blogger. Mereka banyak memberi warna dalam hidup saya.  I Just Wanna Say Thank You. I love you all.





Setelah gagal mendaftar Google Adsense untuk yang pertama kali, saya iseng-iseng daftar lagi untuk yang kedua kalinya. Penasaran soalnya dan tak lupa saya memperbaiki konten saya.  Permak sana sini. Dari mulai tampilan header, tulisan dan lain-lain.  Terkadang saking asyiknya mempoles blog sampai lupa hal yang paling penting yaitu M.E.N.U.L.I.S !!!
Kalau dihitung-hitung, mungkin sudah 10 kali saya mengganti header saya.  Mungkin teman-teman yang sering blogwalking ke tempat saya sampe eneg. 

Setelah merasa bahwa tampilan blog  dan konten sudah layak,  maka dengan penuh percaya diri saya mendaftar ke Google Adsense.  Waktu itu saya yakin, kalau blog saya akan diterima Google Adsense.  Setelah 2 hari ada pesan di email saya yang kalau di Indonesiakan kira-kira berbunyi :


Maaf, akun Anda belum bisa kami terima karena tidak sesuai TOS (Terms of Service) Google/Kebijakan Google atau melanggar TOS Google


Kecewa, sih kecewa tapi gimana lagi memang belum memenuhi.  Setelah itu, lama tidak mendaftar  google adsense dan memang tidak banyak berharap. Fokus memperbaiki konten aja dan melengkapi laman-laman yang sesuai TOS google seperti Home, About Me, Contact Me dll.

Kalau ada yang bilang untuk disetujui Google Adsense jumlah postingan minimal 60, enggak juga.  Waktu saya mendaftar,  postingan saya bahkan belum ada 50. Terus kalau ada yang bilang untuk bisa diterima, dalam masa review harus posting sehari 4 artikel enggak juga tuh.  Saya posting blog biasanya 3 hari sekali bahkan kalau terkadang keluar malesnya bisa 1 minggu sekali.

Perlu saya informasikan buat teman-teman yang ingin mendaftar Google Adsense.  Ada 2 kali masa review/peninjauan dari Google untuk benar-benar menyetujui permohonan kita. Review yang pertama, kita sudah bisa melihat iklan sudah terpasang di blog kita namun kita belum bisa tampilannya di blog kita.  Baru setelah review ke 2 setelah benar-benar disetujui Google Adsense maka akan muncul pesan dari Google seperti di bawah ini, barulah kita bisa melihat tampilan iklan di blog kita.


email dari Google adsense ~Blog Mama Lala 


Mendaftar Google Adsense yang ketiga kalinya ini saya benar-benar tanpa beban.  Mau diterima syukur, tidak diterima juga kebangetan (ha...ha.. becanda lo).  Ya, pokoknya easy going aja deh.  Mengalir apa adanya.  
Sampai suatu hari saya melihat di email saya yaitu pada tanggal 1 April 2016, yang isinya adalah seperti yang tercetak di atas.  Tentunya senang sekali, kerja keras saya membuahkan hasil.  

Untuk teman-teman yang mungkin masih ditolak Google Adsense pesan saya adalah :

1.  Jangan mudah putus asa, terus mencoba, kecuali bila Anda ingin melirik PPC lainnya.    Selain itu ada banyak cara untuk memonetize blog Anda seperti menjadi content writer, mengikuti Affiliate seperti Lazada, Amazone, menawarkan jasa keahlian kita  seperti : Web design, seo, design, translate dll.

2.  Teruslah menulis dengan konten yang original, dan bermanfaat untuk banyak orang seperti kata pepatah di dunia perbloggeran : Content is The King.

3. Jangan melulu berfokus ke materi (uang), asal tulisan kita bagus saya yakin banyak yang melirik kok.


Last but not least, semoga tulisan saya bisa bermanfaat.  Share ke teman-teman Anda bila perlu. Happy blogging.


Salam hangat, 






26 comments :

  1. Selamat ya Mbak semoga semakin semangat ngeblognya ^^

    ReplyDelete
  2. Masih newbie dirikuh mbak Prana. Jadi salut banget nih baca tulisannya. Kece :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh mbak wahyu...mksh juga sudah follow blogku

      Delete
  3. Selamat y mba Prana, semoga bisa seperti mba hehehe salam kenal mba^^

    ReplyDelete
  4. Semoga makin laris manis n dpt bnyk srt cinta lain ya mb Ningrum :)

    ReplyDelete
  5. Wah, selamat ya Mbak. Sy belum masang laman2 kayak Mbak Prana. Masih harus banyak belajar. Nulis aja masih angot2an hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak vhoy tulisannya kece2 loh..eman2 mbak kalo enggak dioptimasi..mksh mbak

      Delete
  6. Wah selamat ya mbak prana ketekunan membawa hasil yang memuaskan

    ReplyDelete
  7. Wuih.. Selamat mbak sudah berhasil "merayu" google hehe.. Aq baru dua kali dan gagal terus hiks. Semoga nanti saat mencoba yg ketiga aku berhasil ky mbak Ningrum aah.. Makasih tipsnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mksh mbak marita...mbak marita kan jobnya udah banyak tuh he..he...

      Delete
  8. Selamat ya mbaa
    Aku belum daftar adsense. Binggung. Hiihii
    Makasih tipsnya ya mbaa

    ReplyDelete
  9. wow, selamat Mbak :)
    saya juga udah laki mendaftar dan ditolak google :)

    ReplyDelete
  10. Saya kok malah belum daftar ya... ha..ha... sepertinya perlu nih. SIapa tahu menghasilkan pundi-pundi.

    ReplyDelete
  11. Wah selamat mbak Ningrum udah punya iklan, keren :)

    Kalau saya tahu diri deh, blognya enggak banget hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Anjar tulisannya keren lo..sy msh kalah kalau mau jujur...

      Delete
    2. Mbak Naning aku sudah daftar google adsense dan langsung dapat no idnya tapi kok iklan ga muncul ya di blog ku.

      Chandra www.timikaunique.blogspot.com

      Delete
    3. masih ada beberapa proses ndra ..
      kalau aku terangan kamu malah bingung nanti.mending googling2 dulu aja

      Delete
  12. wah jadi pengen daftar lagi nih, pernah ditolak terus mutung hehew

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top