Monday, December 5, 2016

Yuk, Moms Matikan Lampu Ketika Tidur !




Dear Moms,
Here comes December !! 😆


Alhamdulilah sudah Senin lagi, dan tak terasa kita sudah tiba di akhir tahun yaitu bulan Desember. Di bulan Desember ini saya sedang disibukkan dengan anak-anak yang sedang tes semesteran SD. Pelajaran SD sekarang susah-susah tidak seperti dulu jaman saya kecil. Sekarang, orang tua harus aktif campur tangan kalau tidak kasihan anak-anak bisa keteteran. Untunglah, suami saya mau terlibat dalam mengajari anak-anak jadi kalau sedang tes saya "pegang" si adik sedang suami "pegang" si kakak. 

Cerita lainnya lagi adalah baru 3 hari ini saya dan keluarga  mencoba tidur dalam keadaan lampu mati dan berhasil. Setelah sekian lamanya, sejak saya menikah sih, karena suami mempunyai kebiasaan tidur dalam keadaan lampu menyala. Awal-awal sih saya tidak bisa tidur dengan keadaan lampu menyala tetapi karena saya istri yang baik hati saya menurut saja tidur dalam keadaan lampu menyala. Bahkan, saya juga kemudian terbiasa dalam keadaan lampu nyala.


Image result for matikan lampu
Google image

Setelah 12 tahun menikah ini saya rasakan kok bayar listrik semakin mahal saja bayangkan tiap bulan saya harus mengeluarkan Rp. 500.000 bahkan terkadang lebih  untuk membayar listrik saja. Tinggal di tempat yang panas seperti tempat tinggal saya yang sekarang Klipang membuat saya harus banyak tergantung dengan kipas angin dan AC. Kipas angin saya nyalakan hampir seharian, mulai pukul 11 pagi sampai dengan jam 8 malam. Alhamdulilah, terbantu oleh banyaknya bukaan di rumah. Ada lo yang mulai jam 6-7 pagi sudah nyalain kipas angin. Untung, kipas anginnya tidak bisa ngomong, kalau bisa ngomong dia pasti bilang : Capek deh. Saya terkadang kasihan melihat kipas angin saya makanya kalau malam hari dia tak suruh beristirahat. Puk..puk ...istirahat dulu ya. 

Terkadang terlintas dalam benak saya untuk pindah ke tempat yang lebih sejuk seperti Ungaran atau Salatiga, tetapi ada banyak pertimbangan yang membuat berat untuk pindah seperti lingkungan komplek saya orangnya baik-baik, tempat kuliah dengan banyak pilihan yang terdekat ya hanya di Semarang. Saya inginnya anak-anak sekolah dan kuliah di Semarang karena saya menyadari biaya kuliah makin lama akan makin tinggi. Jika kuliah dekat-dekat rumah kan tidak perlu memikirkan biaya kos dll. Bisa sedikit berhemat.

Tidur dalam keadaan mati lampu ternyata banyak manfaatnya lo mau tahu :

1. Mencegah penyakit kanker.

2. Mencegah penyakit prostat.

3. Tidur menjadi lebih nyenyak.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Menghemat listrik

6. Menghemat pengeluaran keluarga 


Salah satu petunjuk Rasulullah di malam hari adalah mematikan lampu sebelum tidur. Sehingga umat beliau tidur malam dalam kondisi gelap.

أَطْفِئُوا الْمَصَابِيحَ بِاللَّيْلِ إِذَا رَقَدْتُمْ ، وَغَلِّقُوا الأَبْوَابَ ، وَأَوْكُوا الأَسْقِيَةَ ، وَخَمِّرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ
"Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur malam, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman." (HR. Al Bukhari)

Ternyata, hadits yang telah disabdakan lebih dari 14 abad itu baru terkuak rahasia medisnya di era modern ini.
Penelitian Joan Robert menemukan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya.
Hormon melatonin merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh yang dapat memerangi dan mencegah sejumlah penyakit, termasuk kanker payudara dan kanker prostat.


Alhamdulilah keluarga saya sekarang sudah mulai untuk tidur dalam keadaan  lampu mati dan ternyata bisa menghemat pengeluaran lo. Lumayan kan Moms kalau kita tidur jam 9 dan bangun jam 5 pagi itu sudah 8 jam ya. Dan jika itu dilakukan oleh semua orang Indonesia dan dunia, bayangkan pasti itu signifikan banget. Semoga bermanfaat...







41 comments :

  1. Klo tidur bareng suami biasa dimatikan lampu tp klo kyk sekarang dinas luar dihotel harus terang benderang wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Klo sama suami biasa dimatiin tapi klo kayak sekarang lagi dinas luar aku ga berani matiin lampu mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow lagi dinas luar kota yah..asyik dong bisa sekalian jalan-jalan mbak

      Delete
  3. Dari kecil aku terbiasa tidur dalam keadaan gelap mbak. Eh, dapat suami kok juga punya kebiasaan sama. Makanya, ke Kak Ghifa pun aku biasaain gitu juga. Sekarang malah kalau pas mau tidur minta dimatiin dulu lampunya baru mau tidur. Oh ya, aku baru tahu ada hadist tentang ini. Makasih mbak untuk sharingnya.

    ReplyDelete
  4. Aku masih susah tidur gelap Mbak. Jadi sesak nafas sampai tersengal2 heheh. Tapi lampu kecil aja udah cukup sih, penghematan soalnya

    ReplyDelete
  5. Kalau saya memang dari kecil pe sekarang tidur dimatiin lampunya mbak, lebih nyaman, Subhanalloh ya Islam itu indah, dan memang betul sunah Rosul itu banyak yang bikin kita sehat 😊

    ReplyDelete
  6. Aku juga mesti lampu mati kalo pengen tidur. Tapi suami kadang protes. Kalo anak2 yg biasa mati lampu saat tidur, ya si bungsu.

    ReplyDelete
  7. Saya blm bisa gelap total mbak..rasanya spt sesak nafas.. Tp tdr dg lampu menyala juga blereng, jadi saya biasanya tetap pakai lampu kecil atau menutup mata dg selimut bila lampu nyala..hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga belum bisa sih gelap total..aku sukanya setengah gelap

      Delete
  8. Walah aku malah nggak bisa tidur Klo lampunya dinyalain mba. Jd kudu gelaaaaap bngt baru bsa tidur. :D

    ReplyDelete
  9. Smg lancar uas-nya ya..

    alhamdulillah sy sejak dl Suka matiin lampu klo tidur. Tp skrg kipas angin nyala terus..

    ReplyDelete
  10. Wah Terimakasih sudah diingatkan mba ningrum. Saya kadang nyala, kadang mati mba. Tapi memang enakeun kalau dimatiin si, lebih nyenyak dan sehat tentunya

    ReplyDelete
  11. sudah terbiasa tidur dengan lampu mati nih sekeluarga, hihi^^
    iya bener tuh mba kos2an sekarang aja udah selangit. temen2 yg sesama semarang banyak yg pilih laju aja walaupun tentunya lebih capek daripada ngekos..

    ReplyDelete
  12. Sama, lagi uas juga si bungsu. Besok hari terakhir, yeayy
    Selama uas ini, kadang si bungsu lupa matikan lampu, soalnya kadang ketiduran di tengah belajar

    ReplyDelete
  13. kalo lampu, aku memang harus mati mba saat tidur.. kalo ga gitu, malah tetep melek trs nih mata :D... anak2u jg dr bayi aku biasain tidur hrs gelap.. supaya terbiasa.. soalnya nenek mereka, mertuaku, itu kalo tidur hrs terang benderang.. duuuuh, aku prnh tidur sekamar yg bikin akhirnya aku ga bisa tidur ampe pagi ;p, krn trang benderang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sekarang aku dan keluarga tidurnya lampu mati aja selain hemat juga bagus untuk kesehatan ya ...

      Delete
  14. Aku kalau lagi ga ketiduran, selalu matiin lampu, mbak. Soalnya kalau ga, kerasa silau banget. Tidurnya ga nyaman, Tapi kalau dah kecapean ya, nyium bantal langsung lupa. Bangun2 pagi. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..iya mbak. aku kalau kecapean ya udah sama nyium bantal terus lupa

      Delete
  15. Aku kalau tidur lampunya dimatikan Mba.. Kalo lampunya mati tidurpun menjadi nyaman dan lelap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak kok mbak kalau tidur pas lampu mati ...mksh dah mampir

      Delete
  16. Karena saya tidur sama anak-anak, kalau malam diganti lampu tidur. Tapi tagihan listriknya luar biasa ya mbak. Saya paling sebulan 100ribu. AC dipasang pas mau tidur malam saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. murah ya mbak 100 ribu..ndak tahu tuh..tapi sekarang udah mulai turun

      Delete
  17. Betul banget, Mak. Saya juga dulu tidur dengan lampu menyala, tapi begitu tau bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jadi kanker, berusaha dimatiin dan terbiasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..saya juga berusaha sekarang matikan lampu ketika tidur

      Delete
  18. samaaaa sedang merasakan nikmatnya nemenin anak UAS. Lampu selalu mati, silau juga kalau lampu nyala, kan dari luar sudah ada penerangan juga

    ReplyDelete
  19. Kebiasaan matiin lampu udah lama aku terapkan mbak..awalnya krn mataku perih kena sinar..trus aku lihat efeknya kok lebih enak ya tidur bila gelap..akhirnya keterusan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak dew...aku sekarang kalo bobok juga mati lampu. mksh udah follow ya mb

      Delete
  20. kalo tidur lampunya dimatiin itu lebih enak ya mbak, lebih nyaman dan pengen tidur terus >_<

    ReplyDelete
  21. Tadinya suami nggak terbiasa tidur dengan lampu dimatikan/cuma pakai lampu kecil. Tapi sekarang justru silau nggak bisa tidur kalau lampu terang benderang he he. Selain bermanfaat u kesehatan memang jadi irit pemakaian listrik ya.

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top