Showing posts with label Wisata. Show all posts
Showing posts with label Wisata. Show all posts

Tuesday, October 31, 2017

Jalan-Jalan Ke Tol Salatiga-Bawen

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Setiap sebulan sekali biasanya saya pulang kampung ke Salatiga, kota kelahiran saya. Kota kecil nan sejuk  tempat dimana saya dibesarkan dan juga merupakan rumah 2 kakak saya. Salatiga termasuk kota yang kecil. Kalau saya pulang ke Salatiga saya biasanya jalan-jalan pagi di alun-alun Salatiga yang disebut Pancasila. Disana pula saya bertemu tetangga-tetangga saya juga yang sedang jalan-jalan pagi. Di alun-alun Pancasila pada Minggu pagi biasanya dipadati oleh para penjual kaki lima yang berjualan Leker, Bubur Ayam, Gado-gado dan lain-lainnya. Untuk yang memiliki anak kecil di alun-alun tersebut juga ada persewaan mobil-mobilan, becak-becakan dan lain-lainnya. Kalau tidak di alun-alun Pancasila, kami suka jalan-jalan di Selasar Kartini. Belakang Selasar Kartini itu terdapat bangunan SD dan TK Negeri tempat saya dulu sekolah. Selasar Kartini dulunya adalah sungai kecil tempat masa kecil saya suka mencari ikan-ikan kecil disitu sepulang sekolah, namun sekarang sudah dibeton dan dijadikan tempat orang-orang hang out dan ruko-ruko. SD saya jadi tidak kelihatan he he. 
Image result for bakso salatiga semarang
Bakso Google Image 
Image result for bubur candil
Bubur Candil Google Image

Image result for leker
Leker Google Image 
Kuliner Salatiga adalah salah satu yang saya kangeni. Biasanya saya selalu rutin membeli Bakso Salatiga, Bubur Candil, Sambal Tumpangnya dan Bubur Kacang Ijonya. Selain enak juga murah harganya. Pokoknya kalau Anda ke Salatiga jangan lupa beli kuliner-kuliner ini ya. Jangan lupa pula beli Gethuk Ketheknya dan Enting-enting Gepuknya. Kayaknya sehari saja tidak cukup untuk berburu kuliner Salatiga. 

Nah, karena udah sering ke tempat-tempat tersebut maka suami saya mengajak untuk melihat jalan Tol Salatiga. Sudah dari bulan-bulan kemaren pingin sekali ke jalan Tol Salatiga yang konon merupakan salah satu tol terindah di dunia. Saya sarankan kepada Anda semua yang pingin melihat pemandangan indah tol ini untuk berangkat pagi-pagi, karena kalau tidak pemandangan gunungnya akan tertutup awan. 
Mungkin banyak dari Anda yang berpikir eh jalan tol ya pastinya gitu-gitu saja pemandangannya. Namun, Anda salah, karena di  sepanjang jalan tol Salatiga ini kita disuguhi pemandangan-pemandangan yang indah. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat gambar-gambar berikut ini. 










Anak-anak juga sangat antusias sekali ketika diajak ke jalan-jalan ke tol yang baru ini. Namanya anak-anak, sepanjang perjalanan bercanda terus. Saya tidak sempat mengambil foto mereka, karena saya konsentrasi mengambil foto tentang tol tersebut. Sayangnya, kita tidak  dapat mengabadikan gambar foto tol yang ciamik dengan Gunung Merbabunya lantaran sudah tertutup awan. Yes, kita agak kesiangan pas berangkat ke sana. Tetapi kami punya video pendek tentang tol Salatiga tersebut. Maafkan bila agak ramai videonya n agak dangdutan  he he.
Sampai jumpa lagi di cerita saya selanjutnya ya......

XOXO Mama Lala 




Sunday, July 30, 2017

5 Tempat Wisata Seru di Penang untuk Anda dan Keluarga


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat berakhir pekan temans……..
Liburan ke luar negeri bersama keluarga mungkin menjadi impian Anda. Salah satu keluarga yang hampir sudah berkeliling kelima benua adalah keluarga Gen Halilintar yang baru-baru ini semakin terkenal dengan cover lagu “Despacito” nya. Jika Anda belum memungkinkan untuk berkeliling dunia, mengapa tak mencoba untuk pergi ke negara tetangga seperti Malaysia?
Liburan ke Malaysia tak hanya Kuala Lumpur saja kok. Anda dan keluarga bisa mampir ke Penang. Karena tempat wisata di Penang juga tak kalah menarik. Penang atau Pinang ini merupakan paket wisata yang lengkap, mulai dari wisata kuliner, budaya, surganya belanja, bahkan ada pantai juga.
Yuk, kita kupas apa saja tempat wisata di Penang yang bisa Anda jelajahi bersama keluarga.
1. Penang Bridge
penang bridge thestarcommy.jpg(foto:thestar.com.my)
Penang Bridge merupakan jembatan yang masuk ke dalam daftar salah satu jembatan terpanjang di dunia. Panjangnya lebih dari 13,5 km dan juga merupakan salah satu ikon di Malaysia. Jembatan ini dibangun pada tahun 1985 dan memiliki arsitektur yang megah, menghubungkan antara Sebrang Prai di Malaysia dan Bayan Lepas di Pulau Penang.
Salah satu yang bisa Anda nikmati dari Jembatan ini adalah melihat sunrise dan keindahan langit di pagi hari. Banyak wisatawan yang datang kesini sekedar untuk menikmati kemegahan jembatan atau pun hanya berfoto dengan latar belakang jembatan ini.

2. Penang Hill
penang hill sinicommy.png(foto:sini.com.my)
Penang Hill atau Bukit Bendera menawarkan banyak tempat wisata yang bisa Anda nikmati, dan disini sering banyak turis asal Indonesia yang datang. Untuk mencapai tempat ini Anda bisa menaiki Penang Hill Railway dengan harga tiket sekitar 30 RM. Dan bersiaplah untuk menikmati pemandangan yang  luar biasa indah ketika perjalanan menuju puncak, yang akan membuat perjalanan selama liburan lebih berkesan.
Setelah tiba di puncak dengan ketinggian 830 meter diatas permukaan laut, Anda bisa melihat pemandangan laut dan George Town dengan sempurna.

3. Kek Lok Si Temple
Kek Lok Si malaysiatravel.jpg(foto:malaysia.travel)
Tempat wisata di Penang yang jangan sampai Anda lewatkan selanjutnya adalah Kek Lok Si Temple yang merupakan Kuil Terbesar di Asia Tenggara yang dibangun pada tahun 1.890. Kuil ini merupakan perpaduan dari arsitektur Tiongkok dan Thailand.
Di kompleks kuil ini juga terdapat Pagoda Sepuluh Ribu Buddha yang usianya lebih dari 86 tahun, memiliki 7 lantai dengan arsitektur berbeda. Dibagian bawahnya bergaya China, bagian tengah merupakan gaya Thailand, dan di bagian puncak mengusung gaya Burma.
Anda dapat memasuki Pagoda ini dan naik ke atasnya. Di setiap lantainya terdapat banyak patung Buddha. Saat Anda sampai ke puncaknya, akan terlihat pemandangan keseluruhan dari kuil ini.

4. Penang Toys Museum
penang toys museum timeoutcom.jpg(foto:timeout.com)
Museum ini adalah surganya untuk anak-anak Anda. Pasalnya, museum ini diiisi dengan mainan dari seluruh dunia. Berlokasi di Jalan Tanjung Bungah, Anda dapat berkeliling dan melihat mainan-mainan unik disini. Selain anak-anak, Anda juga mungkin dapat sedikit bernostalgia dengan mainan apa saja yang pernah dimainkan saat kecil. Disini juga terdapat banyak action figure dari tokoh-tokoh kartun dan super hero, hingga kisah Harry Potter.
5. Sri Mahamariamman Temple
Sri Mahamariamman Temple travel2penangwordpress.jpg(foto:travel2penang.wordpress.com)
Terletak di George Town, Penang, kuil ini adalah kuil Hindu tertua di Penang yang memiliki arsitektur ornamen kebudayaan India kuno lengkap dengan patung dewa-dewi Hindu. Untuk memasuki area kuil, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk dan bebas untuk mengambil foto di sudut manapun, kecuali area altar utama.
Masih penasaran dengan tempat wisata lain di Penang? Cek saja tempat wisata Penang rekomendasi Traveloka, masih ada 15 tempat wisata lain yang bisa menjadi referensi liburan Anda dan keluarga. Dijamin liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan!

Tunggu apa lagi, yuk ke Penang!

Saturday, July 15, 2017

5 Orang Yang Paling Ingin Aku Ajak Travelling

Diambil dari pixabay
Assalamu'laikum....
Haiiii...semua 😇. Ketemu lagi. Semoga Anda dalam keadaan sehat wal afiat. Beberapa hari ini saya terserang batuk yang lumayan lama. Sudah sekitar 2 minggunan. Duh, saya takut kayak dulu lagi lantaran saya pernah kena bronkitis sekitar 2-3 tahun yang lalu. Saya malas ke dokter lantaran pas bronkitis itu saya diberi obat banyak sampai belenger. Yang ini jangan ditiru ya. Alhamdulilah, setelah saya meminum jeruk nipis dan kecap lumayan agak berkurang nih. 

Saya termasuk orang yang suka travelling. Mungkin sama dengan Anda semua. Begitu pula dengan suami. Kalau weekend tidak ada acara,  kita sukanya jalan-jalan atau ngemall. Lantaran setelah berkutat dengan  tetek bengek kegiatan rumah tangga kan ibu-ibu kadang suka boring. Makanya, suami suka mengajak saya jalan-jalan supaya saya bisa refreshing sejenak. Berhubung dengan tema arisan putaran ke 6 adalah orang-orang yang ingin saya ajak travelling. Makanya, kayaknya tulisan hari ini juga pas. Oia  pemenang arisannya adalah mbak  Winda Oetomo dan Mbak Dwi Septia . Secara pribadi saya sudah pernah bertemu mbak Winda yang juga berprofesi sebagai Arsitek. Beliau memiliki 2 anak cowok yang ganteng-ganteng lho. Boleh lah nanti besanan ha ha. Kalau mbak Dwi Septia belum pernah ketemu. Mungkin di lain waktu bisa bertemu kalau ada event-event blogger.

5 Orang Yang Akan Paling Ingin Aku Ajak Travelling 

1. Suami 
Sudah pastilah suami saya ajak karena  kalau tidak ya pasti tidak seru lantaran dia itu sudah seperti kompas berjalan bagi saya sementara saya tidak hapal jalan. Bisa dipastikan kalau tanpa suami kita bisa nyasar-nyasar dan tidak sampai. Tentunya akan ada yang kurang kalau tanpa suami, begitu juga sebaliknya menurutnya kalau pergi-pergi tanpa anak-anak dan istri maka perjalanan terasa sepi dan lama. Seperti tahun lalu ketika dia mendapat tugas kantor untuk pergi ke Australia. He looks so lonely. 
Ketika suami di Australia 

2. Anak-anak
Bepergian tanpa anak-anak itu pastinya akan terasa sunyi sepi lantaran merekalah yang suka membuat kehebohan dan kelucuan tersendiri. Suatu hari teman-teman di grup arisan sekolah mengajak piknik tetapi tanpa anak-anak. Saya tidak bisa seperti itu, lantaran kalau anak-anak tidak dibawa justru saya jadi kepikiran.
Ada cerita lagi di Amerika Serikat yaitu seorang Bapak yang pergi liburan tanpa keluarganya karena memang tidak diijinkan oleh pihak kantornya kemudian dia posting foto dengan ekpresi yang sedih, akhirnya atasannya membolehkannya pergi piknik dengan mengajak keluarganya. Ada-ada saja ya. 


Kebersamaan  kami ketika di Dieng 

3. Ibu saya 
Ibu saya kurang piknik.Lantaran kakak-kakak saya yang rumahnya dekat ibu pada sibuk bekerja. Karenanya, saya suka mengajaknya jalan-jalan ketika saya pulang kampung ke Salatiga. Ibu saya langsung sumringah kalau diajak jalan-jalan. Dia bisa melihat pemandangan baru dan berakrab-akrab dengan cucu-cucu.


Ibuku, usia 70 tahun

4 Kakak Perempuan Saya 
Kakak saya adalah orang yang homy (lebih suka di rumah) sejak kecil. Lantaran dia bekerja dari Senin sampai Sabtu. Dia adalah PNS di sebuah departemen pemerintah. Karena dia punya anak yang masih batita,makanya dia jarang banget travelling. Makanya, pingin deh sekali-sekali membujuk dia untuk jalan-jalan. Semoga berhasil. Lantaran dia gampang-gampang susah.

5. Kakak Ipar Perempuan Saya
Kakak ipar perempuan saya ini adalah yang sehari-hari tinggal dengan ibu saya. Dia adalah istri kakak laki-laki saya. Sehari-hari dialah yang menemani ibu saya. Mengingatkan ibu saya kontrol ke rumah sakit dan mengingatkan jadwal minum obat kala ibu sakit. Secara garis besar dialah orang yang mengurusi rumah ibu dan ibu saya. Makanya saya suka mengajak mereka jalan-jalan atau makan-makan. 

Nah, itulah orang-orang yang paling ingin/paling sering saya ajak jalan-jalan. Mungkin sama dengan Anda semua ya. Sebenarnya pingin mengajak tokoh-tokoh idola saya seperti Bruno Mars, Bapak Presiden Jokowi, Barack Obama, Ibu Susi Pudjiastuti Menteri Perikanan dan Kelautan ...masalahnya apa mereka mau he he.

Udah ya..bye-bye see u next time. 






Sunday, July 9, 2017

Liburan Berkesan di Pantai Cahaya

Assalamu'alaikum wr wb.
Aloha....

Wisata  merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan buat kita. Tanpa mengenal usia tua muda kayaknya suka banget deh dengan kegiatan satu ini. Ada sebuah survei bahwa setelah orang-orang melakukan kegiatan liburan/wisata mereka memiliki emosi yang lebih baik dari sebelumnya seperti misalnya rasa bahagia, senang dan lebih semangat. Meskipun harus bermacet ria kayaknya tetap menjadi bumbu yang menyenangkan untuk diceritakan. Saya melihat sebuah tayangan televisi ada seseorang yang mudik dari Jakarta ke Semarang, kemudian ditanya oleh wartawan ketika melewati tol yang setengah jadi Brexit-Gringsing. Berdebu, panas, belum ada pembatas jalan dan rawan kecelakaan. Namun, banyak orang tetap saja pulang kampung. Untuk mudik ataupun sekedar untuk berwisata. Dan orang tersebut berkomentar sudah terbiasa macet tiap  pulang dan dia tidak kapok untuk mudik lagi untuk tahun berikutnya. Keren kan orang Indonesia. 


Indah kan viewnya....apalagi kalau di pagi hari. Ndak tahu juga apa memang pemandangannya yang bagus atau kameranya yang bagus he he (sombong ya)

Indahnya pemandangan sawah-sawah di sepanjang perjalanan ke Pantai Cahaya
Kalau saya ditanya tempat wisata apa yang saya sukai?Saya lebih menyukai tempat-tempat wisata yang berbau alam dan suasana pantai dibandingkan ke mall-mall. Bukan berarti mall saya tidak suka, namun lebih suka ke pantai. Dasar emak-emak.Kalau pantai saya hampir setiap tahun/setengah tahun sekali mertua saya mengajak saya dan keluarga silaturahmi ke saudara-saudara di Jepara. Jadi ke pantai Bandengan merupakan agenda rutin. Lebaran kemaren pantai Bandengan saking ramainya sampe-sampe seperti cendol. Jadinya, saya agak enggan untuk memfotonya. Soalnya susah nyari view yang bagus. Mau foto kapal aja susahnya minta ampun.

Nah, saya akan bercerita pengalaman saya ketika liburan ke Pantai Cahaya. Cerita ini juga merupakan tema arisan blog Gandjelrel yang kelima yang pemenangnya adalah Mbak Muna Sungkar dan Mbak Wuri Nugraeni. Keduanya adalah teman blogger yang humble, ramah  dan produktif. Pantai ini disebut juga sebagai The Sea of Cahaya atau disebut juga Sendang Si Kucing. Pantai ini termasuk salah satu tempat wisata yang komplit karena terdapat beberapa item seperti kolam renang, waterboom, atraksi lumba-lumba. Pantai ini terletak di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah merupakan salah satu pantai yang hits di Jawa Tengah. 
Sebagai informasi :
1. Tiket pantai Cahaya = Rp. 15.000
2. Jangan lupa membawa topi ya duh panas kalau siang.
3. Jangan lupa bawa baju ganti, minyak kayu putih, sabun mandi dan sampo.
4. Jangan lupa bawa uang receh untuk siblon dan BAB/BAK.
5. Jangan lupa membawa alat-alat untuk bermain pasir dan mencari kerang (kebiasaan anak-anakku yang mungkin bisa saya tularkan ke kalian semua) 


Naik kapal yuk 


Pantainya meski pendek tetapi rapi 

Foto Keluarga bareng anak-anak, aduh mak lupa bawa topi panassss di siang hari 
Satu..dua ...tiga meluncur 

Sumuk mah ..sumuk. Jaketnya minta dilepas he he



Mini zoo


Demikian cerita saya tentang liburan berkesan di Pantai Cahaya. Bye....bye.Smoga bermanfaat ^_^.




Friday, April 14, 2017

Sakit Punggung Sembuh Dengan Berenang

Hai....semua

Bagi Anda yang sudah membaca postingan saya yang terdahulu pasti tahu bahwa saya baru-baru saja belajar berenang, setidaknya kurun waktu 1 tahun ini. Ternyata, setelah bisa berenang ada banyak manfaatnya untuk saya pribadi. Seperti tubuh menjadi lebih sehat, rileks dan tidak takut air lagi. 
Baca juga : Belajar Berenang Setelah Menjadi Mommy, Why Not? 


Kolam Renang Fountain, Ungaran
Dulu saya takut banget berenang dikarenakan saya pernah didorong teman ke kolam renang, tetapi dia tidak bilang-bilang terlebih dahulu, hingga saya gelagapan dan minum air cukup banyak. Pengalaman itu menyisakan trauma bagi saya sehingga saya takut berenang. Kemudian, ketika saya sudah menikah melihat suami bisa berenang saya jadi ingin bisa berenang. Karena sudah sifat dasar saya selalu ingin bisa hal-hal yang baru 😎. 


Ada berbagai macam area berenang yang luas, tempat  parkir yang luas dan tempatnya sejuk banget bernuansa pegunungan


Halaman belakangnya luas, cocok buat foto-foto

Suami adalah pendorong utama untuk belajar berenang. Awalnya sih agak ragu karena usia sudah 30 tahunan, masak bisa sih?Pastinya kan tidak selincah anak-anak yang muda.
Karena tekat sudah bulat harus bisa dan suami juga bilang pokoknya harus bisa. Alah bisa karena biasa, coba dulu aja. Alhamdulilah 3 bulan sudah bisa. Beberapa gaya yang bisa saya kuasai sekarang adalah gaya katak dan gaya kupu-kupu. Melihat mamahnya semangat belajar, anak-anak juga lantas terus bisa berenang.

Oia saya mau bercerita tentang pengalaman saya beberapa waktu yang lalu. Tepatnya 2 minggu yang lalu nih saya sakit punggung bahasa jawanya : keceklik. Gara-garanya adalah mengambil jemuran dibelakang rumah kebanyakan. Setelah itu punggung saya keceklik. Sudah diurut, sudah dipijit juga masih saja sakit. Tidur miring kanan, ga enak. Miring kiri juga ga enak. Telentang tidak enak juga. Pokoke tidurnya jadi tidak nyenyak

Nah, paginya pas hari libur hari Minggu. Anak saya yang kecil, Lala, minta berenang. Memang dia itu hobi banget berenang. Secara juga dia baru saja bisa berenang. 
^^Mamah, harus lihat aku sekarang aku sudah bisa berenang. Tidak pakai pelampung lo mah. Minggu kemaren kan mamah ga nungguin aku pas berenang. Jadi, hari ini mamah harus nungguin aku dan lihat aku berenang ya. Please^^.
Minggu kemaren sebenarnya dia sudah berenang, tetapi yang nungguin ayahnya. Soalnya saya nungguin kakaknya belajar untuk persiapan try out.
Melihatnya mengiba-iba seperti itu, saya jadi tidak tega kan? Mana punggung masih sakit. Tapi, demi menyenangkan anak, sakit bisa ditahan. 

Kata ayahe mumpung libur berenangnya di tempat yang agak jauh aja. Kamipun berenang di Kolam Renang Fountain. Viewnya sangat bagus dan tarif masuknya juga murah, hanya Rp. 15.000 perorang. Dan lagi kalau Anda lupa tidak membawa handuk, dipinjami dari dari pihak kolam renangnya, cocok banget buat orang pelupa macam saya he he.


Belum punya baju renang ibu-ibu, mungkin ada yang mau endorse he he,,,

Setelah berenang dari jam 8.00-12.00 (lama banget ya, soalnya si kecil tidak mau mentas), kamipun beranjak meninggalkan kolam renang Fountain.  
Saya juga ikut-ikutan berenang, sakit punggung pun tidak saya hiraukan. Ternyata, setelah berenang sakit punggung saya hilang. Alhamdulilah.  Tidur sayapun nyenyak kembali. Saya jadi tambah suka berenang. Meskipun habis berenang harus agak repot nyuci baju anak-anak ya dinikmati saja. Nah, itulah pengalaman saya beberapa hari yang lalu. 
Semoga bermanfaat ^_^




Saturday, February 18, 2017

Mengenang Semarang Tempo Dulu di Kota Lama



Hai ...hallo...aloha

Sudah lama nih tidak update blog, dikarenakan kesibukan saya di dunia nyata yang lumayan rempong yaitu bisnis kecil di rumah membuat seprei dan lain-lain yang lagi banyak pesanan.
Terkadang saya bingung harus membagi-bagi waktu antara menulis dan menjahit. Dua bidang yang sama-sama saya sukai. Tapi, karena sudah terlanjur  suka ya bagaimanapun saya harus berupaya agar masih tetap bisa menulis. Saya harus bisa membahagiakan pembaca saya yang merupakan raja bagi saya. Kamu...iya....kamu.

Nah, beberapa waktu yang lalu saya kepingin sekali jalan-jalan naik kereta api ke Solo. Sudah hampir 10 tahun lamanya tidak pernah ke Solo lagi. Ingin rasanya jalan-jalan ke kebun binatang atau kraton di Solo. Aturan mainnya kan beberapa hari sebelumnya harusnya saya beli tiket KA. Karena, jalan-jalan yang tidak terencana dan mendadak jadinya ya begitulah gagal sebelum bertanding. 

Sebelum kalian bingung dengan kata-kata diatas maka ada baiknya saya jelaskan dengan terperinci. Jadi, kami lupa tidak membeli tiket KA terlebih dahulu tujuan ke Solo. Sampai stasiun Tawang sekitar jam 8 pagi dengan perjalanan naik BRT, tiket sudah habis. Dikira Ayahnya itu beli tiket KA itu bisa mendadak.
Anak-anak sudah pasang tampang wajah kecewa. 
"Wah, gimana sih Yah? Sudah capek-capek berdiri di BRT malah tiketnya habis. Biasalah anak-anak sekarang jago banget bersilat lidah".
Akhirnya untuk mengobati kekecewaan anak-anak kamipun berkunjung ke kota Lama, karena letaknya berseberangan dengan Stasiun Tawang.
Mengunjungi Kota Lama Semarang, jadi terlintas di benak saya kota Semarang Tempo dulu dengan banyak bangunan-bangunan peninggalan bangsa Belanda yang eksotis. Nampak jalan-jalan yang masih kaya dengan arsitektur jaman Belanda. 

Ada tempat-tempat menarik yang berada di Kota Lama ini seperti 
1. Gereja Blenduk. Dinamakan blenduk karena kubahnya yang berbentuk blendhuk seperti kubah masjid. Gereja ini merupakan gereja kristen tertua di Jawa Tengah. 


Gereja Blenduk


2. Taman Srigunting 
Taman Srigunting terletak di samping Gereja Blenduk. Tempatnya rapi dengan pepohonan yang rindang dan ditanami bunga-bunga. Di taman tersebut sekarang ada tempat persewaan sepeda kuno yang dengan aneka pilihan dengan tarif yang sangat murah yaitu sekitar Rp 5.000,an. Anda bisa berselfie-selfie bareng keluarga atau sekedar menikmati pemandangannya. 


3. Toko Klithikan
Di sekitar Gereja Blendhuk terdapat banyak toko klithikan alias toko-toko yang menjual barang-barang antik. Harganya berkisar antara Rp.30.000an hingga jutaan. Ada berbagai macam barang antik seperti korek api, rokok, setrika, lampu penerang, peralatan rumah tangga, sepeda antik dan lain-lain. Merupakan tempat wisata yang menarik untuk saya dan anak-anak dan bagi Anda yang suka dunia fotografi tempat ini bagus banget untuk foto-foto.




4. 3 D Trick Art Old City Museum 



3 D 3 Art museum merupakan wahana wisata baru di Semarang yang membuat Anda bisa berfoto-foto dengan latar belakang gambar 3 D yang terlihat nyata dengan teknik seni yang canggih. Tiketnya berkisar Rp 40.000 per orang.
So, tunggu apalagi yuk berkunjung ke Kota Lama Semarang.