3 Kuliner Lampung Yang Terkenal Bikin Ketagihan

Wednesday, January 31, 2018

Lampung tidak hanya memiliki pantai dan situs sejarah sebagai destinasi wisata unggulannya. Kuliner yang ditawarkan pun ternyata tak kalah enaknya, lo. Lampung memang memiliki ragam kuliner yang memadukan cita rasa khas Jawa dan Sumatera yang mampu menggoyang lidah.
Di provinsi paling ujung Pulau Sumatera ini Anda dapat dengan mudah menemukan deretan makanan terkenal dari seantero negeri, mulai ayam penyet, nasi uduk, aneka mi, hingga pempek. Bahkan, ada yang bilang, pempek Lampung rasanya bisa mengungguli pempek khas Palembang.

Penasaran kuliner apa saja yang patut Anda coba saat berkunjung ke Lampung? Simak 3 rekomendasinya berikut ini. Kemudian jangan lupa untuk pesan tiket pesawat murah ke Lampung segera ya. 
1. Mi Khodon Bandar Lampung

Source : jajanjajanhemat
 

Banyak yang bilang, belum ke Lampung kalo belum mencicipi mi khodon. Ya, mi satu ini memang identik dengan Lampung. Berbeda dari mi kebanyakan, mi khodon punya tekstur yang lebih tebal dan besar mirip udon khas Jepang. Bedanya, mi khodon khas Lampung tidak disajikan dalam mangkuk besar. Mi khodon lebih sering dihidangkan di piring dengan siraman kuah kaldu ayam dan taburan ebi, ayam kampung, serta sayur-mayur yang menggugah selera.
Rumah makan mi khodon yang paling terkenal berlokasi di Jalan Ikan Bawal Nomor 22A, Teluk Betung, Bandar Lampung. Konon, rumah makan mi khodon satu ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Itulah sebabnya, banyak orang yang merekomendasikan Mi Khodon Bandar Lampung sebagai tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi saat di Lampung.

Warung makan Mi Khodon Bandar Lampung dibuka setiap hari mulai pukul 13:00-19:00. Soal harganya, Anda tidak perlu khawatir. Seporsi mi khodon dapat Anda nikmati dengan harga mulai Rp15.000.
2. Pindang Meranjat Riu
Source : sajiansedap

Pindang merupakan sajian yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Lampung. Salah satu menu pindang yang paling tersohor di Lampung ada di Pindang Meranjat Riu yang berlokasi di Jalan Pramuka-Rajabasa, Bandar Lampung.
Tempat makan yangmemiliki konsep pedesaan tradisional ini menyajikan aneka pindang yang dijamindapat membuat siapapun yang mencobanya ketagihan. Beberapa menu pindang andalanyang ditawarkan Pindang Meranjat Riu meliputi pindang kepala simba, pindang baung kepala, pindang iga sapi, pindang udang sotong, dan pastinya pindang patin.
Kuah pindang yang sedap dan segar berkat olahan rempah ditambah dengan potongan daging ikan yang tebal membuat para pengunjung selalu mampir ke warung makan yang buka mulai jam 10:00-22:00 ini. Harga pindang di warung Pindang Meranjat Riu ini dibanderol mulai Rp30.000. Cukup terjangkau, bukan?
3. Rumah Makan Khang Mengan Jejama
Source : travelerien

Rumah makan satu ini berlokasi di Jalan Raden Intan, Way Mengaku, Liwa, Lampung Barat. Di Rumah Makan Khang Mengan Jejama, Anda dapat menikmati berbagai hidangan lezat seperti ayam goreng, seafood, hingga aneka sup. Namun, ada satu hidangan unggulan Khang Mengan Jejema yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni gulai taboh.
Gulai taboh pada dasarnya merupakan gulai ikan air tawar yang khas dengan rasa santan dan rempah khusus yang membuatnya memiliki kombinasi rasa asam, manis, pedas yang pas. Konon, gulai taboh dulunya hanya disajikan untuk para raja dan orang penting.
Kini, Anda dapat menikmati seporsi gulai taboh di Rumah Makan Khang Mengan Jejama dengan harga mulai Rp30.000 saja. Rumah makan favorit warga Lampung Barat dan sekitarnya ini lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata Danau Ranau. Jadi, sehabis berwisata di Danau Ranau, pastikan Anda mengisi perut di Rumah Makan Khang Mengan Jejama.
Nah, itu dia tiga rekomendasi kuliner Lampung yang wajib Anda coba. Sebelum traveling ke Lampung, pastikan untuk memesan tiket pesawat Anda dari jauh-jauh hari. Masalah tiket pesawat, percayakan pada tiket pesawat murah Airy yang menawarkan kemudahan booking dan harga tiket terbaik untuk setiap penerbangan domestik. Klik di sini untuk mendapatkan penawaran harga tiket menarik dari Airy.

11 comments:

  1. Mi Khodonnya menggiurkan... Delicious one...

    ReplyDelete
  2. Aku ke Lampung tapi nggak pernah nih mencoba makanan kuline rini. Aduh liat ikannya benar jadi ngiler bener :)

    ReplyDelete
  3. wah pas ke Lampung belum pernah icip ini kuliner xixixi semoga next bisa icip :)

    ReplyDelete
  4. Meski dari 3 diatas pernah saya coba ....kalau untuk Favorit lebih memilih Rumah Makan Khang Mengan Jejama.

    Yaa!! Meski sekarang jarang kelampung lagi...😂😂

    ReplyDelete
  5. Waduh, kulliner lampung ternyata enak-enak ya :D Aku jadi ngiler wkwk

    ReplyDelete
  6. Duh mba, ngiler banget liat ikan bakarnya tuh

    ReplyDelete
  7. Aku pernah coba sekali mba dan ketagihan banget... Sayang jauh belinya

    ReplyDelete
  8. Duuh dulu pernah ke lampung tapi cuma lewat aja. Aku penggemar mie mbak. Ngiler niiih huhuh

    ReplyDelete
  9. SAya Insya Allah mau ke Lampung next liburan..postingan ini musti di bookmark nih ..:). Pindangnya bikin tergodaaa!

    ReplyDelete
  10. Aduh ini mah pas laper baca begini, jadi makin ngiler sama kulineran lampung.

    ReplyDelete
  11. wuih, yang ada ikan itu bener-bener menggoda. Jadi laper...#fishlover

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS