Mensugesti Anak Perlu Lho

Saturday, October 24, 2015

Image result for gambar mensugesti
Diambil dari Google Image


Assalamu'alaikum

Hai teman, apa kabar?

Anda punya pengalaman seputar anak yang susah membaca dan menulis? Mungkin Anda perlu membaca artikel saya ini :).  

Alkisah, anak saya yang kedua usia 6 tahun, Lala, masuk SD tahun ini. Sebenarnya  kami berdua menginginkan agar dia mengulang lagi TK tapi sayangnya Lala tidak mau. Keinginannya kuat untuk masuk SD, padahal baca tulis aja masih grothal grathul.  Juga sudah diberi penjelasan ke Lala kalo pelajaran SD itu lebih banyak dibanding tk dianya tetap ngeyel. Setiap kali diajak mengulang  TK dianya menangis meraung-raung. Yah, daripada dia kecewa tidak masuk SD maka kamipun sepakat memasukkannya ke sebuah SD Islam Swasta di dekat rumah dan kami berdua sepakat untuk tidak berorientasi ke nilai, yang paling penting bagi kami berdua adalah Lala mau belajar.  Begitu juga dengan si kakak kami tidak terlalu memusingkan nilai tapi alhamdulilah prestasi belajarnya bagus.


Sebenarnya di SD Lala, tidak ada paksaan juga agar anak bisa baca tulis lancar namun karena saya lihat pelajaran kelas 1 itu sudah banyak saya rasa tidak ada salahnya mengajarkan baca tulis ke anak.  Hal itu sudah saya mulai sejak Lala tk.  Saya dan suami sering ke Gramedia untuk membeli buku-buku baca tulis untuk anak TK. Saya baru merasakan susahnya mengajarkan baca tulis kepada Lala. Beda banget dengan kakaknya dulu.  Padahal buku-buku yang saya beli itu semuanya bagus-bagus dan full color.  Entahlah mungkin karena faktor usia juga ya.  Baru sebentar diajari sudah bilang capek, bosen malah langsung tiduran di lantai.  Suami saya juga sering bilang nyerah ngajarin Lala. Kemudian suami bilang udah dilesin aja Mah.  Siapa tahu dianya mau baca tulis. Kemudian Lala kami masukkan ke sebuah tempat les yang keren yaitu ke Bimba AIUEO.  Alhamdulilah dengan masuk ke Bimba AIUEO sangat membantu kami berdua.  Lala jadi semangat belajar baca tulis karena banyak temannya dan juga mbak-mbak nya baik-baik dan sabar dan tanpa paksaan juga metodenya sangat menarik.  Meskipun begitu baru jalan 3 bulan Lala sudah mogok tidak mau berangkat les dia beralasan sudah capek kalo pulang sekolah.  Lesnya memang jam 11 sementara dia pulang sekolah (waktu itu masih TK besar) berangkat  jam 7-10.  Duh, kalo sudah enggak mau, dirayu dengan metode apapun susah banget.   Akhirnya dengan berat hati terpaksa deh cuti sementara dari Bimba AIUEO. Namun alhamdulilah sudah lumayan lancar membaca. Itu membuat hati saya lumayan lega.  Cuti dari Bimba AIUEO, Lala masih saja aras-arasen kalo disuruh membaca di rumah, lebih-lebih menulis.  Menulis baru sebentar terus tiduran.  Alasannya sudah capek. 


Kemudian saya ingat pernah membaca sebuah artikel tentang mensugesti anak supaya rajin membaca. Hal ini sebaiknya dilakukan ketika anak menjelang tidur.  Karena kekuatan alam bawah sadar bekerja menjelang tidur.  Saya usap-usap dahinya sambil mensugesti dengan kata-kata :  Lala pinter, lala anak soleh, lala suka membaca, lala suka menulis.  Ajaib, keesokan harinya Lala jadi rajin membaca dan suka sekali menulis padahal baru 2 hari sugesti itu saya lakukan.  Namun ini harus dilakukan terus menerus dan konsisten. Lala memang sudah lumayan bisa baca tulis namun agaknya semangat belajarnya yang perlu ditumbuhkan. Alhamdulilah, ketika masuk SD dia sudah  lancar membaca, menulis dan kekhawatiran kami tentang usianya yang belum 6 tahun sudah masuk SD tidak terbukti.  Di SD alhamdulilah Lala bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan nilainya juga bagus. 









Lalaku sayang 

Semoga bermanfaat.  Tunggu postinganku berikutnya ya ^_^


Salam hangat,








20 comments:

  1. Hihi mengajari bocil memang gampang2 susah y mb...mungkin bawaannya baru pengen maen

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..gampang-gampang susah butuh kesabaran ekstra...memang msh suka maen...

      Delete
  2. iyak, sama, aku jg gt mak, sugesti si kecil ken waktu mau tdur, tpkudu berkali2, kalau sekali dua kali pasti nggak ngaruh, tau dah tu anak..
    pokoknya berusaha melakukan yg terbaik y mak bwt si kecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap betul banget..memang harus konsisten dan terus menerus ...mksh dah mampir salam u si kecil ken :)

      Delete
  3. gampang2 susah memang tapi pasti aja jalan ya mak, thanks for sharing : )

    ReplyDelete
  4. Harus tiap malam kalo mau berhasil mensugesti anak, biasanya anak jadi nurut pas bangun pagi. Moga makin berprestasi ya Lala :)

    ReplyDelete
  5. Karena perkataan adalah do'a ya mbak
    Mau ditiru nih tips nya. Belajar baca sebelum sd
    Makasih mb sharingnya

    ReplyDelete
  6. Wah, nanti Asma masuk SD juga usia 6 tahun. Semoga tidak ada halangan yang berarti. :)
    Asma sudah mulai aku ajarkan baca dan nulis juga. Tapi dia lebih suka kalau saya kasih dongeng sebelum tidur. Untuk sugesti, selalu saya lakukan hampir tiap ada kesempatan.
    :)

    ReplyDelete
  7. setuju mak, mensugesti agar itu yang ternama dalam pikiran anak...

    ReplyDelete
  8. Itu semacam doa juga ya, biar Lala makin rajin dan soleh, hore sudah SD lagi yaa :)
    Semangat ya belajar membacanya, abis gitu nulis ikutan bundanya bikin blog juga hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh tante noniq....iya kayaknya suka nulis juga

      Delete
  9. setujuuu dear :)

    please follow and i'll follow back
    http://nabilaariani.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  10. memang perlu memberi anak sugesti posirtif agar tak patah semangat

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS