Friday, January 12, 2024

Sigandul View, Temanggung Tempat Healing yang Lagi Viral

Assalamualaikum semua sebelumnya saya ingin mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2024" semoga di  tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Harapan saya di tahun ini adalah lebih rajin lagi update blog saya. Sebenarnya saya punya segudang materi untuk ditulis tapi ya itu karena kesibukan saya dengan si kecil membuat hobi menulis saya sedikit terhambat hiks. Kalau kalian apa harapan kalian di tahun ini ?

Nah di kesempatan kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya berkunjung ke sebuah tempat yang lagi hits di daerah Temanggung yaitu Sigandul View sehari sebelum tahun baru.

Sebenarnya saya agak males kalau keluar rumah jelang tahun baru karena takut terjebak macet. Tetapi karena sudah kelamaan dirmh lantaran anak2 libur sekolah tp yg no 2 sempat sakit gejala DB jadi acara jalan2 kita sempat tertunda. Jadi cuma sisa 1 hari aja, akhirnya kita ke Sigandul View aja sepertinya tempatnya seru nih. Dalam hati kecil saya penasaran juga nih, emang bener ga ya seseru yang kita liat di YouTube. Terkadang kan ketika liat tempat wisata di YouTube itu sepertinya cantik banget, begitu didatengin ternyata biasa2 aja. Ternyata Sigandul View itu bener-bener cakep dan sejuk.

Sigandul View itu ada sekitar 2 jam perjalanan dari Semarang dan perjalanan kita smooth banget, enggak yang jalannya berkelok-kelok dan penuh tikungan tajam seperti wisata 2 pegunungan lainnya. Melewati kota Temanggung seperti flashback ke sekitar 10 tahun yang lalu ketika saya masih jadi pengangguran selepas kuliah haha. Kerjaannya dulu maen ke tempat pakdhe saya yang notabene adalah kakaknya bapak saya di Temanggung.

Dulu 10 tahun yang lalu  Temanggung itu adalah tempat yang sepi menurut saya lo, jarang banget lalu lalang orang di waktu itu dan tempat wisata masih belum banyak. Setahu saya Temanggung itu terkenal dengan sentra penghasil  kayu olahan yang diekspor ke luar negeri, madu asli serta tembakau. Sekarang saya pangling dengan kita Temanggung yang ramai, sejuk serta lebih berwarna. Mulai nampak tempat-tempat wisata yang kece dan menyejukkan mata dan pikiran seperti salah satunya Sigandul View ini.

Sesampainya saya di Sigandul View itu sudah ramai orang. Saya berangkat jam 8 pagi dan sampai sama sudah jam 11.30 siang. Kabut sudah mulai turun, jadi maaf kalau foto gunung nya kurang terlihat jelas. Sebenarnya suami sudah bilang berangkat pagi saja sekitar jam 6 pagi tapi ya karena punya anak kecil yang disuruh mandi alesan terus jadinya ya tidak sesuai yang kita harapkan.

Banyak sekali spot2 foto yang kece serta instagrammable yang bisa kalian post di media sosial anda.

Tempat ini pasti akan disukai bagi kalian yang punya anak kecil karena ada kolam ikan koi dan kelincinya. Ditambah lagi dengan yg ikonik di Sigandul View yaitu jembatan kaca yang pastinya menggugah keinginan Anda untuk selfie.

Fasilitas lain di Sigandul View diantaranya adalah :

• Spot foto,
  • Gazebo atau saung,
  • Penginapan atau Villa.

Saya sebenarnya itu agak takut ketinggian tp karena ingin terlihat berani didepan si kecil, ya saya paksain aja. Meski deg-degan banget, padahal asli aman banget kok. Berkaca dr accident di jembatan kaca Banyumas jadinya pemilik wisata ini tampaknya aware dan sigap dengan membatasi pengunjung di jembatan kaca hanya untuk 10 orang saja. Untuk tiket masuk ke Sigandul View itu kalian harus membayar Rp. 15.000 dan parkir mobil Rp. 5000,00. Di Sigandul View itu fasilitasnya lengkap guys yaitu terdapat jembatan kaca seperti yang saya ceritakan di atas, taman kelinci, teropong, villa dan lain-lain.

Saya agak menyesal tidak bisa berfoto di ikon tulisan "Sigandul View" lantaran waktu saya mau foto sudah digeruduk sama rombongan-rombongan dari luar kota yang ingin berfoto juga. Ya sudah saya mengalah saja deh.

Karena waktu itu resto Sigandul Viewnya penuh, saya tiba waktu jam makan siang dan perut ini sudah keroncongan saya tidak bisa berlama-lama di Sigandul View ini guys, lantaran itu tadi bawa anak kecil yang sudah kelaparan juga. Akhirnya kita mencari tempat makan yang lain yang tak kalah bagusnya dan merupakan langganan kita kalau berkunjung ke Wonosobo yaitu Resto Waroeng Djoglo. Resto Waroeng Djoglo berjarak sekitar 15 menit dari Sigandul View dan yang saya suka dari Resto ini pelayanannya sangat bagus. Tiap pelayan ada handy talki. Waktu itu saya pesan beberapa menu makan yaitu nasi goreng ayam, ayam goreng bakar, dan nila bakar manis. Nila bakar manisnya itu untuk anak saya yang paling kecil karena memang dia suka banget makanan berbahan ikan. Ternyata, setelah dateng itu nilanya bumbu ladanya kebanyakan dan membuatnya agak pedas. Kemudian merekapun dengan cepat menggantinya dengan nila bakar manis yang tidak pedas. Mungkin mereka mengira nila bakar manis itu untuk kita yang dewasa :). Juga karena pengunjung sangat banyak jelang tahun baru jadi saya agak maklum juga. Berikut foto-foto saya di Resto Waroeng Djoglo. Oia kalau kalian ingin ke Sigandul View pastikan berangkat pagi ya, sekitar jam 6 jadi pas sampai pemandangan gunung terlihat jelas. Bye, semoga bermanfaat.

Salah satu menu yang harus kalian coba di Resto ini adalah mendoannya serta pisang, semuanya crispy

Nasi gorengnya enak lo...

Resto Waroeng Djoglo kental dengan nuansa joglo dan ukir-ukiran yang membuatnya betah berlama-lama disini

11 comments :

1. Menantang sekali pasti ya berdiri di jembatan kaca yang tinggi begitu. Udaranya juga pasti sejuk

ReplyDelete
  2. Pertama lihat jembatan kacanya langsung mempertanyakan keamanan. Semakin dibaca ohhh udah ada pembatasan. Emg penting banget keamanan tuh, ya. Hepi deh liat bisa liburan gini hihi

3. Wah ada yg baru di sekitaran Temanggung ya.. hm..bisa dicoba nih .. Terima kasih sharing infonya mba...

4. Gimana ya rasanya berjalan di atas jembatan kaca? Jadi penasaran juga nih, Mbak. Jadi pengen piknik ke Temanggung deh setelah baca postingan ini.

ReplyDelete
  5. Gimana ya rasanya berjalan di atas jembatan kaca? Jadi penasaran juga nih, Mbak. Jadi pengen piknik ke Temanggung deh setelah baca postingan ini.

6. Aku belum nyampe sini euy. Ternyata cantik ya tempatnya. Kebayang udaranya juga pasti sejuk. Bikin betah deh main ke situ

7. Waduuh, kalaj saya ngga berani berdiri di jembatan kaca. Mbayangin kalau pecah kacanya padahal itu kan tinggi banget.

ReplyDelete
  8. Aku malah belum sempat mampir ke Sigandul, padahal cukup sering ke temanggung. Ntar deh, kapan pas ke temanggung musti nyempetin wisata sejenak

9. Sering lewat temanggung tapi belum pernah mampir kesini. Kyanya seru dan enakk disana

10. Temanggung itu tempatnya seru, adem udaranya, jadi aku selalu kangen kesana. Tapi aku belum pernah ke Sigandul view, tempat yang sedang viral ya. Alhamdulillah kalo ada pembatasan bagi pengunjung untuk foto foto di jembatan kaca, jadi pemilik nya nggak asal terima duit aja tapi juga memperhatikan keamanan pengunjung

11. gemes banget ada taman kelinci, jadi pengen mampir :D

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.