Thursday, June 7, 2018

Indonesia 2020 Sebuah Takdir Kejayaan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Dear temans,
Selamat pagi dan selamat beraktivitas ya....semoga hari ini lebih baik daripada hari kemaren. 
Pada pagi yang cerah ini saya akan berbagi tentang kegiatan saya pada hari Senin, tanggal 4 Juni 2018 bersama Titik Tengah Partnership dan Sembutopia dalam rangka memperingati World No Tobacco Day. Kegiatan tersebut bertempat di sebuah hotel yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang tinggal di kota Semarang yaitu Hotel Aston Semarang Hotel & Convention Center Jl. Mt. Haryono No.1 Purwadinatan, Semarang. Sebelumnya,yuk kita berkenalan dengan Sembutopia. Apa itu Sembutopia?


Foto-foto bareng mbak @Noorma Fitriana Zain dan @Nuno Orange 
Sembutopia adalah sebuah organisasi kesehatan digital di Indonesia yang sedang mengkampanyekan budaya hidup sehat. Sembutopia didirikan pada bulan November 2017 oleh Kafi Kurnia dan teman-teman,  dan dalam tempo yang singkat yaitu 6 bulan, Sembutopia telah memiliki followers lebih dari 52.000 orang. "Sembutopia adalah ide sederhana untuk memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar kita bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan. Sembutopia telah melakukan pemberdayaan komunitas melalui kegiatan seperti lomba foto dan lomba tulis blog. Mulia sekali ya? Di tengah kehidupan yang serba hedonis dan individual seperti sekarang, masih ada segelintir orang yang peduli tentang perbaikan mental Indonesia terutama tentang konsumsi rokok di kalangan generasi muda dan meningkatnya sampah plastik di Indonesia.
Founder dan CEO Sembutopia, Bapak Kafi Kurnia

#Rokok di Indonesia
Konsumsi rokok di kalangan generasi Indonesia dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan. Meskipun, perusahaan rokokpun telah mengkampanyekan bahaya di balik rokok seperti penyakit jantung,paru-paru, dan itu digambarkan dengan sangat ekstrim di kemasan-kemasan rokok, namun tetap saja itu tidak mempengaruhi seseorang untuk tidak merokok. Beberapa waktu yang lalu sempat ada petisi rokok Rp. 50.000, namun tidak tahu apakah petisi tersebut dilanjutkan atau tidak.

Mindset orang Indonesia kebanyakan adalah mereka ingin sakit terlebih dahulu sebelum benar-benar menyadari akibat dari rokok. Padahal, perokok pasif sekalipun bisa menderita sakit jantung, akibat menghirup asap rokok. Beberapa waktu ini, Kementrian Kesehatan RI mengeluarkan iklan rokok yang bercerita seorang laki-laki bernama Richard Maradona, 35 tahun, yang harus menjalani operasi torakoskopi dan torakotomi akibat penyakit paru-paru. Dalam video tersebut ditampilkan secara jelas dan asli potongan gambar proses operasi yang dijalani Richardparu-paru sebelah kanannya rusak, akibat merokok. Dan dia berada lama di rumah sakit, dan merasakan sakit yang luar biasa akibat operasi dan sakit paru-parunya.

#Laut Indonesia Surga Sampah Plastik
5 Juni 2018 diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia, namun ironisnya dari tayangan CNN Indonesia, kita patut bersedih hati melihat keadaan laut Indonesia yang banyak sampah. Mulai dari Pantai Donggala, Laut Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta hingga pantai-pantai yang ada di Bali hampir semuanya terdapat sampah plastik. Sampah-sampah plastik tersebut banyak dikira makanan oleh ikan-ikan dan akibatnya banyak ikan yang terindikasi memakan bahan-bahan mikroplastik dan akhirnya ikan tersebut dimakan oleh manusia. Akibatnya, dalam jangka panjang hal itu menjadi tidak baik bagi kesehatan kita. Beberapa waktu yang lalu sempat ada ikan paus yang terdampar di Thailand, dan sempat ditolong oleh masyarakat dan dokter hewan, namun sayangnya paus tersebut akhirnya mati. Ketika dilakukan pembedahan, didalam perutnya terdapat 80 kantung plastik yang tidak sengaja dimakannya.

#Indonesia Darurat Sedotan Plastik
Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan konsumsi sedotan plastik terbanyak di dunia. Diperkirakan dalam 1 harinya orang Indonesia menggunakan 93.2 juta batang sedotan plastik. Itu kalau dibentangkan sama dengan jarak Jakarta ke Mexico City. Dan apabila dikumpulkan dalam 1 minggu itu mencapai 3 kali keliling bumi. Dan sedotan plastik ini meski hanya sekali sudah pasti akan langsung dibuang, dan sampahnyapun akan dengan mudah memenuhi gorong-gorong dan got. Bayangkan, berapa jumlahnya kalau dalam waktu 1 tahun? Saya rasa kita orang dewasa, sudah waktunya kita mengurangi sampah sedotan plastik dengan menolak menggunakan sedotan plastik dan menggantinya dengan sedotan yang kita bawa sendiri dari rumah yaitu berupa sedotan yang terbuat dari logam yang bisa dipakai berkali-kali.

#Indonesia 2020 Sebuah Takdir Kejayaan
Tanggal 20 Mei 2018 Sembutopia meluncurkan #Indonesia 2020 sebuah visi tentang kesembuhan dan kejayaan Indonesia. Kita tidak bisa memungkiri bahwa Indonesia memiliki begitu banyak "jejak kejayaan" mulai dari tradisi, budaya, sejarah dan kearifan lokal. Jejak kejayaan ini sambung menyambung menjadi sebuah mozaik kekayaan dan kemakmuran menunggu masa panen. Dan jejak kejayaan ini sudah semakin dekat dengan takdir kejayaan. Misalnya tahun 2030 Indonesia diramalkan akan menjadi ekonomi terbesar ke 5 dunia dengan nilai ekonomi US$ 5.424 triliun.


Jejak Kejayaan Indonesia di Prasasti 


#Filosofi Ikan Asin
Kita sering menganggap makanan ikan asin sebagai makanan yang remeh temeh. Padahal, ikan asin tersebut sebenarnya sudah sangat terkenal di berbagai negara terutama di Jepang sebagai cita rasa ke 5 yaitu cita rasa Umami/cita rasa MSG yang membuat hidangan semakin lezat. Kita seringkali gagal memanfaatkan potensi yang ada dalam ikan asin. Begitulah, kita harus menggali lebih dalam potensi yang ada di Indonesia untuk mencapai Indonesia 2020 sebuah takdir kejayaan.

Ada 5 pilar yang dirumuskan Sembutopia dalam edukasi pola hidup sehat ke masyarakat yaitu :
1. Hope (dibutuhkan harapan untuk sembuh)
2. Heal (upaya penyembuhan)
3. Habitat (lingkungan yang sehat)
4. Health (kondisi sehat yang optimum)
5. Happiness ( tingkat kebahagiaan setelah pencapaian kondisi optimum)
Mari Wujudkan Negara yang Gemah Ripah Loh Jinawi, negara yang maju aman tentram sejahtera, dengan tidak mengesampingkan hal-hal yang ada di sekeliling kita 

Semoga harapan kita semua tentang kejayaan Indonesia di tahun 2020 mampu diwujudkan oleh pemimpin negara kita sehingga kita bisa menjadi negara yang lebih maju lagi Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kerto Raharjo. Amiin.











9 comments :

  1. Aamiin, semoga terwujud semua harapan di tahun 2020 Indonesia bisa lebih maju dan jaya :D

    ReplyDelete
  2. Masalah sampah ini juga jadi salah satu peer bangsa kita yaa. Harus dimulai dari rumah juga sih

    ReplyDelete
  3. Setelah ikut acara ini aku cuma mikir, Mbak, apa yang bisa kulakukan untuk Indonesia ini? Alhamdulillah aku sudah action meskipun action kecil2an. Semoga istiqomah dan bisa membawa dampak yang baik di kemudian hari.

    ReplyDelete
  4. Semoga lebih baik semuanya, dimulai dari Indonesia yang lebih sehaat..

    ReplyDelete
  5. Mb apak kabar

    Semoga indonesia makin jaya
    Sedotan plastik bikin miris ya mbak

    ReplyDelete
  6. Semoga di 2020 Indonesia bisa kembali berjaya dan seluruh masyarakat sehat sentosa.

    ReplyDelete
  7. Semoga mulai tahun ini masyarakat Indonesia sudah tergerak hatinya untuk mewujudkan kejayaan di 2020 nanti.. Amin

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top