Wednesday, July 11, 2018

Remaja Yang Kadang Susah Dimengerti


Dear temans,
Memiliki anak remaja itu memang menyenangkan. Secara fisik mereka sudah lebih tinggi dari kita. Sudah bisa bantu-bantu kegiatan di dapur. Mereka merasa sudah tidak anak-anak lagi. Namun, kadangkala tingkah lakunya masih kekanak-kanakan dan bikin geleng-geleng kepala. Kadangkala, saya juga suka bertengkar dengan anak remaja saya tentang hal-hal yang sepele. Seperti misalnya dia suka belajar sambil sesekali lihat WA. Padahal ya tidak penting-penting amat, dan bisa dijawab nanti seusai belajar. Saya paling jengkel melihatnya, makanya kalau pas belajar hp saya sita. Selain itu dia sudah mulai mengenal privasi. Sukanya masuk kamar, kemudian pintu ditutup. Dulu pas jaman SD sih dia tidak pernah seperti itu. Tetapi, saya tidak terlalu mempermasalahkannya. Katanya sih pingin lebih konsentrasi menggambar. Dia memang suka sekali menggambar dan menulis. Untuk mendukung hobinya tersebut saya sudah memasukkannya ke sebuah klub menulis. Sepertinya dia sangat enjoy dengan hal tersebut.

Hasil gambar untuk remaja
Gambar diambil dari giziseimbang.id

Libur kenaikan kelas tahun ini panjang banget. Saya senang-senang saja sih. Bisa istirahat antar jemput sekolah. Namun, saya kadang bingung mencarikan kegiatan untuk mereka. Dan yang pasti lebih boros. Anak-anak pasti minta dibeliin inilah itulah. Untunglah, angpao anak-anak lumayan banyak. Bisa dimanfaatkan. He he.
Sebenarnya dibilang sepi  tidak juga, di komplek saya masih ada anak-anak  tetangga komplek yang suka main di rumah.  Anak-anak sekarang juga sudah tidak mau tidur/menginap di rumah utinya. Dulu sih kalau si kakak menginap, adiknya juga pasti mau menginap disana. Sekarang sudah tidak mau lagi. 

Nah, beberapa hari yang lalu si kakak mendapat WA dari teman-teman SDnya dulu. Mereka mau mengadakan reuni. Sebenarnya cuman teman dekat waktu SD sih. Cewek-cewek semua. Jadi, hanya sekitar 5 orang. Mereka bersekolah di tempat yang berbeda-beda, namun masih suka kontak-kontakan. Mereka janjian untuk bertemu di rumahnya si N. Si kakak sudah minta ijin sebelumnya, dan dia juga membawa uang Rp. 70.000 dari angpao kepunyaannya. Waktu dia berangkat ke rumah N, saya sudah berpesan kalau pingin jalan-jalan di tempat yang dekat saja. Memang, pas dia berangkat dia bilangnya mau jalan-jalan juga. Si kakak juga bilang pulangnya agak sorean. Sekitar jam 4. Soalnya sudah lama tidak ketemu. Sebelum pergi, dia mencium tangan saya. 

Waktu itu si kakak juga membawa hp saya. Sebenarnya, dia sudah minta hp sendiri. Namun, belum saya ijinkan. Karena, sekolahnya juga tidak mengijinkan. Jam 4 sore dia WA ke saya kalau dia dan teman-temannya minta dijemput di Citraland Mall.Jarak Citraland ke rumah sekitar 30 menit.Waduh, kaget saya waktu itu soalnya saya pikir perginya pasti tidak jauh-jauh dari rumah N. Katanya, mau naik Go Car uangnya sudah habis buat beli jajan. Kemudian, saya WA balik. Kak, kok tadi tidak bilang mamah dulu kalau perginya ke situ. Lha, tadi mamahnya N mau sekalian keluar, terus dianter mobilnya ke CL. Padahal, waktu itu suami lagi banyak kerjaan di kantor. Saya juga tidak bisa menyetir mobil. 
Kemudian, saya jawab,''Ya, sudah naik Go Car aja. Nanti bayarnya kalau sudah sampai di rumah N. Alhamdulilah, bisa. Waktu itu jam 6 Maghrib. Selanjutnya, Ayahnya menjemput kakak di tempat N. Karena rumah N itu besar banget, ayahnya bingung mana pintu depan mana pintu belakangnya. Ibu N kebetulan memiliki banyak bidang usaha. Yaitu usaha Salon dan Studio Senam. Waktu itu rumahnya kelihatan sepi tidak ada orang. Pintunya diketuk tidak ada yang keluar. Dan lagi suami lupa bawa hp. Ya, sudahlah pulang ke rumah dengan tangan hampa dan uring-uringan.

Setelah itu saya menelpon si kakak. Kok tadi pas jemput di rumah N, rumah sepi tidak ada orang. Terus saya bilang si kakak, kamu di teras saja. Karena kasihan dengan saya yang lagi hamil, maka ayahnya ke rumah N lagi. Akhirnya, bisa ketemu dan merekapun pulang ke rumah.
Sampai di rumah, ayahnya agak marah soalnya dia pulang kantor sudah banyak kerjaan masih ada juga masalah di rumah. Selanjutnya saya menasihati si kakak, eh dia malah tidak merasa bersalah, malah jawab ; Tadi kan udah bilang mau jalan-jalan ma temen dan pulang sore dan lagi itu kan uangku sendiri mah.
''Iya, tapi kan mamah udah bilang, WA dulu kalau memang pingin jalan-jalan ke CL. Pokoknya drama banget deh''.  Intinya dia tidak mau disalahkan. Namun, akhirnya dia mau juga mengerti. Saya berpesan padanya jangan diulangi lagi.
Kadang saya juga berpikir apa saya terlalu protektif? Mengingat semua ortu teman-temannya tidak ada yang mempermasalahkannya.
Bagaimana menurut Anda?Share di kolom komentar yaaaa...thank you all.
Tulisan saya persembahkan  untuk arisan blog dengan pemenang adalah mbak Christanty Putry Arti dan Mbak Ade Hermawati .











21 comments :

  1. Waduh, serem juga ya, Mbak? Tapi menurutku wajar sih Mbak kalau Mbak Ningrum bersikap demikian. Anak zaman now ya, baru lulus kemarin sudah ada reunian segala. Siap2 kencangkan sabuk ki, Mbak. Karena bagaimanapun, anak-anak tetaplah anak-anak yang butuh diarahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ika setuju banget...iya anak jaman now

      Delete
  2. Punya anak gadis memang suka was-was ya mbak, sebaiknya memang terus mengawasi tanpa mengekang.

    ReplyDelete
  3. Ternyata hampir sama y mbak ngadepin tingkah laku anak yg beranjak remaja.Ada-ada saja hal yg dibuat tanpa menyadari efeknya yg luarbiasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sama aja..kdg2 manis...kdg2 bikin sebel nano2 deh

      Delete
  4. Wah memang deg2an banget mbak punya anak remaja. Tozzz...😂
    Yg diceritakan di atas itu sebenarnya kalau menurut saya masih wajar2 saja sih. Makanya si kakak juga tdk merasa bersalah karena mmg sdh izin. Permasalahannya adalah si ayah mmg sedang capek pulang kerja jadi kadang hal2 biasa sering bikin emosi juga namanya lagi capek kan hehehe...

    ReplyDelete
  5. Waaah kalau anakku nggak kadang lagi mbak, tapi seriiing. :))

    ReplyDelete
  6. namanya remaja ya, yang perlu tarik ulur , kalau tarik terus nanti anak berontak kalau ulur terus nanti kebablasan

    ReplyDelete
  7. Remaja kadang2 seperti punya dunia sendiri ya mba..

    ReplyDelete
  8. Hehe iyaa anak zaman now dah bisa janjian nonton dan ngemal ya hihi..

    ReplyDelete
  9. Mungkin masa pubertas, lagi labil-labilnya hormon juga..
    Kalau anakku sulung, cowok Mbak, kelas 8,ngeyel nya juga superrr . Yang penting tarik ulur saja. Seperti punya HP, karena temannya punya, pas SMP dapat HP, dibawa ke sekolah juga enggak boleh. WiFi baru dibuka passwordnya dari Jumat sore sampai Minggu sore. Jadi ada kebebasan bersyarat. just my two cents Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. maybe yes itu faktor hormonal juga ya mbak ^^...oo gitu ya.

      Delete
  10. hehehe... berinteraksi dgn anak remaja itu sebaiknya dgn menganggaps bg teman sih. itu lbh masuk buat mereka.
    misalnya nih kita bayangin aja. waktu kita kesel liat temen yg ngga konsen belajar malah hp-an, kita bakal sita ngga hpnya? kalo ngga, berarti mestinya kita ngga lakuin itu. ato bisa jadi jg kita tetep rebut hpnya. tp pasti cara ngomongnya beda deh dgn ngomong ke anak. misal, "aku tu pingin kamu sukses. jangan main hp dulu ya biar belajarnya bisa segera kelar."
    ya semacam itu lah. bikin kaget memang krn harus ganti gaya. tapi nikmati aja. dan sambutlah teman baru yg hidup bareng satu rumah dgn kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya bener banget mbak...aku kadang suka ga sabaran he he....mungkin aku harus ganti gaya nih

      Delete
  11. Mbaa.. dulu lagi remaja pasti pernah berada di posisi si gadis kan? samaaa.. saya juga gitu, berusaha ngeles sana-sini, pas gede baca ini yo kok kesel. Tapi inget lagi emang semua anak remaja itu menyebalkan, jadi solusinya memposisikan diri kita seperti si anak remaja tersebut

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top