Pentingnya Memilih Mainan Sesuai Usia

Friday, February 7, 2020

Halo semua ^^
Selamat berakhir pekan 💞
Maaf sudah lama Mimin tidak posting tulisan. Maklum emak-emak rempong dengan pekerjaan rumah yang segambreng. Pada kesempatan ini saya akan menulis topik yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yaitu tentang mainan.
Memiliki anak balita tentu tak lepas dari yang namanya mainan. Mainan sekarang bagus-bagus dan lebih variatif ketimbang mainan kita jaman dulu. Mainan sangat bagus untuk :
1. Merangsang kecerdasan si kecil dan gerak kinestetiknya.
2. Mengajak si kecil berkreasi dan berimajinasi.
3. Menambah kepercayaan diri anak.
4. Mengajarkan empati, kerjasama dan pertemanan.
5. Media si kecil mempelajari banyak hal.

Lisa imut

Si kecil saya sekarang umurnya 17 bulan. Alhamdulillah perkembangan nya sangat cepat. Di usia 17 bulan ini dia sudah lancar berjalan bahkan berlari.Saya terkadang sampai ngos-ngosan mengejar si kecil karena larinya terlampau kencang. Selain itu dia sudah bisa mengucapkan beberapa kata seperti ayah, mbak, pus, mama dan kosakata lainnya. Dibanding kedua kakak nya Lisa termasuk paling aktif. Saya sangat bangga dengan perkembangan nya.

Pentingnya memilih mainan sesuai usia
Ibu-ibu, penting sekali lho memilih mainan sesuai usia. Jangan seperti yang pernah saya lakukan. Jadi, ceritanya saya tertarik dengan mainan anak tetangga saya yang umurnya selisih 4 bulan yaitu 21 bulan. Nah, saya belikanlah si kecil mainan Dancing Duck namanya. Padahal di labelnya tertulis untuk usia 2 tahun, masih ndablek beli. Lucu banget bebeknya. Bisa joget-joget kiri kanan. Eh, baru 2 Minggu suara bebeknya hilang karena dibanting-banting si kecil. Nyesel deh. Harganya Rp. 70.000,00. Saya belinya di offline daerah Pati. Kalau beli di online justru lebih mahal yaitu Rp. 110.000,00 plus ongkir.

Nasib malang mainan bebek Dancing Duck..kehilangan suaranya akibat "keganasan" Lisa membanting-bantingnya. padahal sebelumnya ada suaranya wek...wek..gitu.

Hampir semua mainan yang ada di Indonesia ternyata buatan China. Hebatnya orang China mereka bisa membuat mainan yang murah-murah namun kualitasnya tetap bagus. Dengan catatan yang harganya diatas Rp. 30.000an ya. Seperti misalnya mainan piano ini. Saya beli di online seharga Rp. 32.000. Piano ini konsepnya seperti di kebun binatang. Ada macam-macam binatang seperti kuda, kambing, anjing, ayam dan lain-lain yang kalau dipencet bisa berbunyi sesuai suara binatang tersebut. Selain itu pianonya bisa mengeluarkan macam-macam lagu anak-anak versi Inggris. Si kecil suka banget ma mainan ini. Biasanya saya memainkan nya di kasur supaya tidak dibanting ma si kecil berkaca dari kejadian Dancing Duck.


Susah bo' kalau bikin video ma bocil...yah pokoknya begini ya gambaran mainannya kalau dipencet bisa keluar suara-suara binatang 

Makanya Amerika Serikat ketar ketir ketika berhadapan perang dagang dengan China. Saking takut nya Amerika mengenakan bea masuk tinggi untuk produk-produk China. Sayangnya, kejayaan China sekarang sedang "diuji"dengan masuk nya virus Corona yang makin lama penyebarannya semakin mengkhawatirkan. Semoga tidak sampai masuk ke Indonesia ya. Kalaupun masuk, semoga bisa ditangani. Jaga kesehatan ya pemirsa^^.

18 comments:

  1. Betul sekali. Memang perlu memilih mainan yang sesuai usia anak agar tumbuh kembangnya optimal ya

    ReplyDelete
  2. Betul sekali, aku sekarang kalau belikan mainan benar-benar sesuai usia anakku. Pernah aku belikan mainan robot gabungan 4+ saat ultahnya yang ke-3. Ternyata dia belum bisa merangkainya, alhasil setiap mau diubah menjadi robot, mamanya pun harus turun tangan.

    ReplyDelete
  3. Penting nih memilih mainan sesuai usia anak ya, dulu juga udah ada petunjuk usia di kemasan mainan. Sekarang tentunya juga udah makin banyak pilihan mainan yang sesuai usia

    ReplyDelete
  4. Dulu aku pun gitu, ngeyel beliin mainan yang akhirnya hancur juga. Apalagi anak lanang ya lebih parah.

    ReplyDelete
  5. Anakku yang perempuan dari kemarin rewel aja minta make up mainan.. Tapi aku masih ragu mau beliin. Walau ada stiker SNI. Ntar aja deh, nunggu remaja aja beliin RedA hahaaa

    ReplyDelete
  6. Aku senengnya beli mainan di toko2 mainan yang besar karena ada info baiknya dipakai untuk usia berapa. Jadi bisa ngira2 Mana mainan yang tepat untuk usia anak-anak. Yaa untungnya anak-anakku dikasih plastik sama rafia Aja udah seneng sih wkwk.

    ReplyDelete
  7. Kudu hati-hati juga mbak dengan mainan murah dari Cina, kadang bahan plastiknya kurang aman untuk anak, seperti timbal dan merkuri, seram kalau digigit balita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb tp yg ini kyke g mungkin diemut ..soale ak jg ngawasin trs 24 jam. Klu beli yg bikinan Amrik gitu ya mahal bgt mbak.ini agak mahal smoga lbh safe. Tp bgsnya yg sni aja ya mungkin.

      Delete
  8. Hihi. Nasibnya si Dancing Duck persis waktu Hasna dulu pakai. Dibanting2 akhirnya nggak bersuara dan nggak bisa gerak-gerak lagi. Dulu juga ndableg beli mainan nggak sesuai usianya 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he ya bgtlah emak2 y mb saking pinginnya nyenengin anak

      Delete
  9. Sepakat.
    Penting banget buat membelikan koleksi mainan yang sesuai dengan umur anak.
    Jadi tumbuh kembang mereka pun bisa optimal

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS