Sunday, December 11, 2022

Menjadi Pribadi Otentik Seperti Deepika Padukone

gambar diambil dari google 


Assalamualaikum guys,

Bagi penyuka film India pastilah tahu dengan selebriti India yang satu ini. Cantik, tinggi semampai (174 cm) dan aktingnya tidak lagi diragukan. Dia juga menjadi salah satu selebriti yang pernah terpilih untuk hadir di festival penghargaan film dunia di Cannes, Prancis pada tahun 2022. Yah, siapa lagi kalau bukan artis Deepika Padukone. I really like her smile. Dia juga selalu tampil modis, penuh percaya diri dan tampil memukau dalam setiap film yang diperankannya. Deepika Padukone juga seorang filantropis dan pengusaha yang telah mendirikan Yayasan Live Love Laugh, yang bekerja keras untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental di India, menghilangkan stigma penyakit mental yang dicap buruk.

gambar diambil dari google


Mungkin kalian penasaran mengapa sih saya menulis tentang Deepika Padukone?


Jadi tu gini suatu hari pulang sekolah anak saya perempuan kelas 2 SMP itu menanyai saya, mah, aku cantik ga ?

Saya jawab,"cantik dong dan soleh. Dia kayak setengah tidak percaya saat saya berkata seperti itu.

Trus dia bilang,"Ah, masa?

Iya, bener kok coba tanya saja sama budhe A, kakak ipar saya kan pernah memujinya cantik kala dia memakai gamis coklat di hari Raya Idul Fitri tahun kemaren.

Emang kenapa kakak nanya kayak gitu? 

Temen sekelas ku itu lo mah pada cantik-cantik semua. Emang saya akui temen-temennya rata-rata cantik dan tinggi semampai semua. 

Ssst, selain itu ternyata dia bilang lagi naksir seseorang di kelasnya sebut saja namanya A. Orangnya ganteng dan tinggi mah. Nanti tak liatin kalau mamah pas jemput sekolah.

Dalam hati saya berpikir pasti anak saya lagi puber nih. Tiap hari pulang sekolah yang diceritain A terus. Dari mulai hal-hal sepele seperti, eh, mah tadi to A lepas masker lo mah pada saat badminton. Ganteng banget. Sampai yang misal tadi A toss sama aku pakai kepalan tangan lo. Terus tertangkap basah sedang liat-liat kakak. Widiih.

Kalau berangkat sekolah mulai dandan all out, mengaca berkali-kali. Kalau kakaknya kan dulu tidak kenal yang kayak gini. Kalau kakaknya cenderung cuek. Sampai sekarangpun, kalau saya tanya-tanya cowok dia bilang,"pingin fokus belajar".

Cuma karena ada gebetan yang satu kelas itu jadinya dia jadi agak kurang pede kalau ketemu A. Dikarenakan juga banyak saingan katanya, banyak cewek yang naksir bahkan dari beda kelas. Suka membandingkan dirinya dengan teman lain yang lebih cantik. Suka insecure sendiri.

Saya bilang tidak percaya diri itu tidak baik lo. Kakak kan juga banyak kelebihan. Yang penting itu kecantikan hati kata saya. Akhirnya, saya bilang tidak usah mikir cinta-cintaan belajar saja sudah cukup saya bilang. Eits, malah dia bilang tidak bisa mah wong tiap hari ketemu. 

Ya, udah kalau ketemu dia pura-pura ga usah liat kata saya hehe.

Deepika Padukone dari yang pernah saya lihat di sebuah akun YouTube pernah diwawancarai apa yang diajarkan ortumu? Dia menjawab menjadi otentik. Otentik bisa diartikan menjadi diri kita yang sebenarnya, dan jangan menjadi orang lain. Atau bisa diartikan berani tampil beda.  Termasuk diantaranya mungkin dalam hal menulis ya, tulislah gaya tulisan kalian sendiri. Jangan ikuti gaya penulisan orang lain karena menurut saya setiap blog itu akan memiliki pemirsanya sendiri.

"Pribadi autentik juga dapat diartikan sebagai orang yang selalu bersikap selaras dengan perasaannya karena mereka tidak mau "bermuka dua" saat menghadapi orang yang berbeda atau mengubah kepribadian sesuai konteks. (saya kutip dari wikihow)"

Pribadi yang rendah diri kerap meniru perilaku orang yang percaya diri, suka bersolek dan berpura-pura menjadi orang yang sangat percaya diri. Hal tersebut merupakan ciri-ciri orang yang tidak otentik.

Contohnya: orang yang rendah diri akan meniru model baju atau selera musik orang terkenal. Alih-alih seperti ini berfokuslah pada apa yang kalian minati terlepas orang lain menyukainya atau tidak. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa menjadi pribadi otentik adalah menjadi diri kita sendiri apa adanya, tanpa syarat. Kuncinya adalah kita harus bisa menerima diri kita sendiri, mampu mengenal kelebihan yang ada pada diri, jangan bandingkan diri kita dengan orang lain serta jangan terlalu memikirkan komentar negatif orang tentang diri kita. Semoga bermanfaat^^

1 comment :

  1. Malah capeeek kalo ngikut orang lain. Segala macam tingkah laku harus kita perhatiin jangan sampe beda dari si A yg kita tiru. Aku malah ga suka begitu. Memang lebih enak jadi diri sendiri ya mba. Apa adanya, ga usah ditutupi kec utk hal pribadi.

    Menulis blog pun, kalo memang ada idola gapapa. Tapi sebaiknya gaya tulisan ya ttp gaya kita, supaya kalopun suatu saat ada yg menjiplak, orang2 udah hapal siapa penulis aslinya.

    Aku juga ajarin anak2ku utk berani jadi diri sendiri. Ga usah takut di anggan ga gaul dll. Malah ga enak kalo apa2 harus niruin orang

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top