Tips dan Trik Mengetahui Travel Umroh yang Baik

Friday, February 9, 2018

Image result for umroh
Diambil dari Google.Image

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Anda pastinya pernah dong melihat iklan berikut ? Hooo...hooo....hooo kena tipu....barang palsu. Iklan yang sangat easy listening dan mudah dicerna menjadikannya salah satu iklan yang disukai publik. Di dalamnya terdapat pesan agar kita berhati-hati kala berbelanja online, dikarenakan ada juga penjual online yang menjual barang-barang KW. Saya soalnya sudah pernah punya pengalaman tertipu kala berbelanja online. Saya lumayan suka berbelanja online, tetapi biasanya untuk beberapa produk yang susah di cari di offline. Ceritanya waktu itu harbolnas (hari berbelanja online nasional). Seperti biasa banyak toko-toko online yang jor-joran dalam memberikan diskon. Ada beberapa jam bermerk bagus yang tadinya harga jualnya ratusan ribu, hanya dijual dengan harga puluhan/belasan ribu. Siapa sih yang tidak pingin? Namun, biasanya dalam hitungan menit jam tersebut langsung terjual ha ha. Saya  tertipu saat berbelanja online di sebuah toko online yang tidak perlu saya sebutkan namanya kala harbolnas tersebut. Niat hati ingin membeli sepatu branded. Kalau tidak salah merek sepatunya CB...di harbolnas tersebut harganya 60 ribu...ya mana ada sih sepatu branded harganya dibandrol jadi 60 ribu, ya sudah pasti kualitasnya sesuai harga tersebut, dan usut punya usut ternyata sepatunya abal-abal buatan sekitaran Bandung. Grrr gemes deh. Saya jadi menyadari kebodohan saya. Namun, tidak semua toko online itu penipu ya sobat. Banyak juga yang baik. Ini sekedar contoh saja. 

Ilustrasi di atas bisa menjadi sentilan juga kepada kita yang hendak melaksanakan umroh. Jangan mudah tertipu dengan travel umroh yang menawarkan harga-harga murah di bawah harga yang ditetapkan pemerintah. Biasanya tarifnya sekitar 20 juta ke atas tergantung hotel dan pesawatnya. Jika, dibawah harga tersebut Anda patut untuk waspada. Bisa, jadi hotelnya jauh ..atau Anda bisa ditelantarkan ketika sampai disana, lebih buruk lagi Anda tidak jadi diberangkatkan seperti kasus yang terjadi di First Travel. Sudah ribuan orang yang menjadi korban dari First Travel dan bulan ini muncul lagi korban dari agen travel yang lain yaitu Hannien Tour di Solo. Saya juga heran mengapa banyak orang yang tidak berhati-hati dalam memilih travel umroh. Harusnya pengalaman dari First Travel menjadikan pelajaran yang berharga. Namun tetap saja masih ada korban dari travel umroh. Rupa-rupanya masih banyak orang Indonesia yang tergiur umroh dengan harga murah seperti kasus First Travel yaitu 16 jutaan. Menurut saya pemerintah harus secepatnya turut tangan, karena sudah banyak korban yang dirugikan.

Nah, Anda tentunya tidak ingin jadi korban kan? Simak tips berikut ya :

1 Pilih Travel Resmi Yang Terdaftar Di Kementerian Agama
Untuk dapat terdaftar secara resmi di Kementerian Agama, sebuah travel Umroh harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan dan memiliki surat-surat izin berikut ini, yaitu:
  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • NPWP Perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • SK Menteri Kehakimah: Akta Pendirian Perusahaan
  • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Haji Khusus)
  • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh)
  • Sertifikat Anggota Amphuri
  • Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI
2 Periksa Alamat Kantor Travel
Sebelum kita tentukan akan memilih jasa travel yang mana, pastikan lakukan survei atau pengecekan kantor travel yang akan kita gunakan jasanya.
Pastikan wujud kantornya ada dan bisa dipercaya.
3 Perhatikan (Track Record) Rekam Jejaknya
Travel Umroh yang baik dan dapat dipercaya pastinya memiliki rekam jejak yang bagus juga.
Untuk melihat rekam jejak travel Umroh tersebut, kita dapat memperhatikan mulai tanggal didirikannya travel. Makin lama travel Umroh didirikan, makin banyak pengalaman perusahaan tersebut dalam melayani Jemaah.
Selanjutnya perhatikan sudah berapa kali travel Umroh menyelenggarakan perjalanan ibadah Umroh.
Semakin sering dan rutin perusahaan tersebut melakukan pemberangkatan jemaah, membuktikan bahwa travel umroh tersebut memiliki kredibilitas yang baik. Hal ini pastinya memberikan pelayanan yang memuaskan untuk perjalanan ibadah Umroh.
4 Jangan Tergiur Dengan Harga Murah
Hal inilah yang dialami oleh pengguna jasa First Travel. Mereka tergiur karena harga paket yang ditawarkan oleh First Travel sangat jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jasa travel lainnya.
Waspada travel yang menawarkan paket perjalanan ibadah Umroh dengan harga murah bahkan saking murahnya hingga tidak masuk akal, apalagi bila sampai menawarkan fasilitas kelas satu selama perjalanan.

5 Cek Fasilitas Umroh
Travel umroh yang baik pastinya akan terbuka mengenai fasilitas apa saja yang akan didapatkan dan fasilitas yang harus dibayar sendiri, karena tidak termasuk dalam fasilitas yang disediakan travel umroh.
Jadi, pastikan Anda memperhatikan fasilitas apa saja yang diberikan travel umroh agar Anda tidak kecewa di kemudian hari.
6 Cek Cara Pembayaran
Travel Umroh resmi umumnya selalu menggunakan jasa perbankan untuk segala transaksi pembayaran. Pastikan travel umroh yang Anda pilih memiliki rekening atas nama perusahaan dan bukan atas nama pribadi.
7 Gali Informasi dari Kerabat
Sebelum memilih dan menentukan travel umroh, ada baiknya Anda bertanya kepada kerabat yang pernah melakukan perjalanan ibadah umroh atau kerabat yang memang mengetahui travel umroh yang sesuai dan aman.


8 Tanyakan Ada/Tidaknya Pembimbing saat Umroh

Pastikan travel yang dipilih telah menyediakan pembimbing ibadah umroh yang akan menemani selama perjalanan ibadah di Tanah Suci.
Keberadaan pembimbing sangat penting bagi jemaah, dengan adanya pembimbing yang selalu menemani maka kita tidak akan kesulitan saat beribadah.
Misalnya : pembimbing akan mengarahkan kita dalam memenuhi rukun umroh, memandu saat kita berkunjung ke tempat wisata, bahkan pembimbing dapat menjadi penerjemah saat berkomunikasi dengan penduduk setempat.

9 Jangan Pilih Travel Umroh yang menjanjikan keberangkatan 
Jika menemui travel Umroh yang menjanjikan keberangkatan Umroh satu atau dua tahun lagi, dengan alasan apapun, hal tersebut tidak dapat dibenarkan. Umroh bukanlah Haji yang harus mengantri karena banyaknya Jemaah yang mendaftar dan terbatas pada kuota-kuota Haji tiap tahunnya.

10 Hindari Travel Umroh yang menggunakan Sistem MLM
Dalam sistem ini, biasanya calon jemaah diminta untuk membayarkan sejumlah uang untuk bergabung. Setelah bergabung, calon jemaah harus mengajak orang lain untuk bergabung dan menjadi downline. Setelah terkumpul downline yang telah ditentukan, barulah dapat berangkat ibadah umroh.
Sistem ini sebenarnya hanya mengacu pada keuntungan semata dan travel umroh ini tidak berfokus pada pelayanan jasa yang baik. Selain itu, banyak ulama yang mengharamkan sistem MLM karena dianggap menguntungkan satu pihak dan merugikan yang lain.
Diambil dari : www.finansialku.com
Semoga bermanfaat ^^










9 comments:

  1. Ngeri ya mak sekarang banyak penipuan travel biro umrah gini. Pas aku umrah dulu banyak juga temen seperjalanan yg sempet kena tipu bahkan ada yg 3x lho mak padahal uangnya haisl nabung susah payah

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat beberapa tetangga yang kena kasus First Travel Mbak..karena memang mau berangkat rombongan. Padahal itu banyak yang nabung dari uang pensiunan..Kasian.
    Btw, thanks infonya..bermanfaat:)

    ReplyDelete
  3. Baru tau mba ada travel umroh yang sistm MLM kaya gtu

    ReplyDelete
  4. benar2 harus jeli ya kalau gak mau ketipu

    ReplyDelete
  5. Thanks for sharing the tips ya :)

    ReplyDelete
  6. Sekarang banyak penipuan, kudu jeli dan banyak doa juga.

    ReplyDelete
  7. Nomor 4 dan 9 nih jadi catatan penting banget..

    ReplyDelete
  8. Hai Mama Lala... tipsnya bagus nih disaat org sdh mulai ragu dgn bbrp travel umroh yg s3dang bermasalah saat ini.

    ReplyDelete
  9. Nah iya, sepertinya seringkali urusan harga yang akhirnya bikin bermasalah. Siapa juga yang gak mau harga murah. Padahal jangan langsung tergiur, ya

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS