Saturday, June 4, 2016

Mah, Aku Tak Sabar Pingin Puasa !!



Assalamu'alaikum wr. wb.

Dear temans,


Alhamdulilah, sebentar lagi kita akan menemui bulan mulia yaitu bulan Ramadhan yang penuh berkah yang senantiasa kita tunggu kedatangannya. Mendengar kata Ramadhan saja hati ini selalu mendadak bahagia, karena hanya setahun sekali dan sudah pasti suasananya akan berbeda dengan bulan-bulan biasa.  Berjamaah bersama tetangga-tetangga kompleks menjalankan sholat trawih, berburu takjil di sore hari, menyiapkan buka puasa,  tadarusan. Momen-momen itulah yang membuat kita selalu merindukan bulan ini. Karenanya, akan rugi apabila kita tidak memanfaatkannya sebaik mungkin, karena semua amal ibadah di bulan ini dilipatgandakan. Subhanallah, betapa mulianya Allah swt.

Alhamdulilah lagi, tahun ini adalah tahun ke 2 buat Kakak Lia bisa puasa full. Sementara si kecil Lala masih puasa bedhug (puasa hanya sampai jam 12 siang pas Sholat dhuhur) Meski kalau sahur Kakak Lia agak susah untuk dibangunkan. Tapi, menjadi tantangan tersendiri buat saya dan juga suami.  Biasanya jelang puasa sudah saya jadwalin menu-menu yang dia suka seperti nugget, abon, ayam goreng crispy, ayam goreng dibumbu kecap. Kalau sahur kita sekeluarga jarang pake sayur. Enggak tahu kenapa lebih suka pakai sayur  kalau pas berbuka aja. Soalnya, saya juga tidak terlalu suka sayur dari kecil. (Tapi, hobinya maksa-maksain anak pake sayur he..he..ya kan mereka masih masa pertumbuhan).

Si kakak sudah mulai puasa full semenjak dia kelas 3 SD.  Sebelumnya sih puasa juga mulai kelas satu tapi hanya sampe bedhug saja. Si Kakak kelas 5 sekarang. Di sekolahnya juga teman-temannya sudah banyak yang sudah puasa full. Suatu hari, kakak membawa jajan ke sekolah, eh teman-temannya ternyata banyak yang puasa full jadilah dia malu sendiri. Akhirnya mulai itu dia puasa full. Selain itu, biasanya di sekolahnya kalau puasa Ramadhan, kantin ditutup selama sebulan. Untuk membiasakan anak-anak berpuasa. Sehari sebelum puasa, sekolahnya mengadakan pawai ramadhan dengan membawa manggar dan botol aqua diisi pasir sebagai alat musik. Mereka berkeliling mengitari kompleks sekitar sekolahan. Sepulang pawai mereka diberi spaghetti sama ustadahnya. Mungkin sekalian perpisahan, karena kelas 6 mereka akan diajar ustad/ustadah yang berbeda. Kalau si Lala, kemaren ustadahnya mengadakan makan bersama ayam goreng yang uangnya diambil dari uang kas kelas, begitu juga dengan si Kakak. Jujur, saya terharu banget dengan cara ustad/ustadahnya memperlakukan anak-anak.  Sampai-sampai anak saya yang kecil menangis katanya kelas 2 sudah tidak diajar Ustadah Mia lagi. Lala dan Ustadah Mia itu sudah seperti mamah kedua deh temans. Kemana-mana lengket banget dengan Ustadah Mia. Orangnya juga sangat sabar, lemah lembut, penyayang tapi tegas.


Image result for gambar manggar
Seperti inilah manggar yang dibawa kakak dan adik hari ini, sayang saya tidak sempat memfoto mereka. kalau pagi rempong banget jelang sekolah.


Jauh-jauh hari si Kakak udah heboh tentang puasa. Di sekolahnya, juga menjelang puasa biasanya ustad dan ustadahnya sudah bercerita banyak hal tentang manfaat puasa. Diantaranya dengan dibuatkan rumah di surga, bisa masuk surga Royyan. Sehingga, ketika pulang biasanya si kakak antusias dengan oleh-oleh ceritanya. 
Kakak : Mah, kalau puasa itu siang laper banget ya, tapi kalau sudah minum satu gelas teh kok langsung kenyang ya?ceritanya. 
Saya : Iya, memang itulah kak nikmat orang berpuasa kak jawab saya.  
Kakak:  Aku sudah tak sabar pingin puasa Mah," katanya. 
Saya : Mamah juga tak sabar ingin puasa.
Seneng banget dan terharu mendengarnya.
Kakak : Mah, nanti kalau aku bangun sahurnya susah piye?
Saya: Nanti mamah bangunin, kata saya. Kan, mamah punya beker.
Itulah obrolan-obrolan saya dengan bocah polos bernama Lia. Love You.

Oia, karena hari ini spesial maka saya dan keluarga juga turut mengucapkan selamat menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan bagi temans yang merayakan ya. Mohon maaf bila selama saya menulis ada tutur kata yang kurang mengenakkan.  Jangan lupa follow blogku ya kalau bermanfaat. Nantikan postingan selanjutnya ya. See You Soon...




Salam hangat,


Ningrum







20 comments :

  1. wah hebat si kakak ^_^ kelas berapa mbak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah mbak...sekarang kelas 5 mb tahun ini insya Allah naik kelas 6...

      Delete
  2. Alhamdulillah ya..anak-anak kita gampang diajak berpuasa. Alhamdulillah anak-anakku sudah mulai puasa full sejak kelas 1 SD. Waktu TK mereka kadang buka pas waktu dhuhur, tapi kadang juga bisa full seharian :)
    Selamat puasa Ramadhan ya mbak Ningrum...maaf lahir batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak alhamdulilah..selamat berpuasa juga buat mbak Ika dan keluarga..mohon maaf lahir dan batin ya..

      Delete
  3. Alhamdulillah, senang banget kalo anak2 mudah mengikuti kewajiban puasa ya mbak. Meski susah membangunkan, tapi itu kelak jadi kenangan, hehehe.

    Mohon maaf lahir bathin ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak wati..betul seneng banget ..mohon maaf lahir batin juga ya mbak wati

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Wah bagus soleh soleha sudah pada ikut berpuasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. amien mbak doanya..semoga mbak Vita lekas diberi momongan ya..

      Delete
  6. Alhamdulillah ya mbak anaknya sudah mengenal puasa dan cara menjalankannya dan juga merasakan langsung puasa, waduh jarang sekali lo kaya gituh.

    ReplyDelete
  7. dari kecil udah ngerti agama, semoga gedenya nanti pun makin baik mbak :)

    ReplyDelete
  8. Selamat menjalankan ibadah puasa ya, mbak Ningrum :)

    Iya anak-anak memang harus dilatih berpuasa sejak dini ya mbak, meskipun tidak boleh dipaksa juga. Yang penting kita sebagai orang tua memberi contoh yang benar ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mbak Andjar..selamat menjalankan ibadah puasa juga ya..kapan kopdar lagi ?

      Delete
  9. Anakku jg lagi belajar puasa :) aku dah joint n follow twit nya ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah selamat ya mbak putranya sudah belajar puasa...

      Delete
  10. alhamdulillah.... saya sangat bahagia jika datang bulan puasa..
    selamat menjalankan ibadah puasa mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak selamat menjalankan ibadah puasa juga ya ...

      Delete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top