Menjelajahi Grojogan Sewu dan Tlogo Sarangan Part 2

Thursday, December 29, 2016

Assalamu'alaikum wr wb.

Liburan sekolah hampir saja usai, tentunya banyak cerita yang telah terjadi. Nah, sesuai janji saya akan melanjutkan cerita saya tentang wisata-wisata yang ada di sekitar RiverHill. Bagi Anda yang belum membaca part 1 nya bisa dong ulik-ulik cerita travelling saya di halaman sebelumnya: Menginap di RiverHill Kamar 110 Sangat Berkesan.

Grojogan Sewu

Mari kita lanjutkan perjalanan kita😁.
Kita akan menuju suatu tempat yang terkenal dengan air terjunnya yang sangat eksotis yaitu Grojogan Sewu yang terdapat di Pintu 2 berdekatan dengan hotel RiverHill yaitu berjarak 300 meter dari RiverHill dengan transportasi mobil/motor. Grojogan Sewu terletak di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Sebelum masuk ke area Grojogan Sewu kita terlebih dulu membayar tiket sebesar Rp. 10.000 tiap orang. Kemaren petugasnya baik banget anak saya yang kecil tidak bayar alias gratis. Cukup murah kan? 
Setelah itu Anda akan masuk ke tempat yang suasananya mirip hutan, namun Anda tidak perlu takut karena ada banyak orang berjualan di area Grojogan Sewu seperti penjual jagung bakar, sate kelinci, jajanan anak-anak. Sehingga bila Anda lupa tidak membawa jajanan Anda bisa membelinya disana. 

Saya begitu terpesona akan suasana kebersihan di dalam area Grojogan sewu, karena jarang terdapat ada sampah, dan ternyata ada tukang sapunya loh. Kami berempat menyusuri undak-undakan yang tersusun rapi menuju ke Grojogan Sewu.

Saya sarankan kepada Anda untuk berangkat ke tempat ini pagi-pagi karena pemandangannya sangat indah. Anda akan melihat matahari mengintip dari balik air terjun. Merupakan obyek yang indah untuk difoto. 

Akhirnya sampai sudah di Grojogan Sewu. Dan benar saya begitu menikmati air terjun yang airnya mengalir begitu deras dan saya biarkan baju saya sedikit basah terkena cipratan airnya. Ini kali pertama saya ke Grojogan Sewu dan untungnya tidak ada kera waktu itu. Saya agak takut dengan kera. Kata suami saya dulu waktu ke sini banyak sekali kera.




Setelah puas berfoto-foto dan menikmati pemandangan Grojogan Sewu. Sekitar pukul 12.00 saya dan keluarga segera menuju hotel RiverHill untuk makan siang dan check out.
Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju Tlogo Sarangan. 

Tlogo Sarangan
Tlogo Sarangan adalah sebuah telaga/danau alami yang terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Ha?Kita sudah sampai di Jawa Timur? Ternyata kita sudah jauh meninggalkan rumah hiks..hiks...
Tlogo Sarangan terletak di 1200 meter diatas permukaan laut, dan mempunyai kedalaman 28 meter. Ternyata dalem banget ya? 
Karena kecapekan dan kekenyangan anak-anak tidur sepanjang perjalananπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ƒ. Namun, saya tidak bisa seenaknya saja tidur karena sebisa mungkin saya membuat suami sebagai pak sopir senantiasa terjaga, jangan sampai ngantuk (tugas yang lumayan berat he3).
Karena letaknya yang berada di lereng gunung Lawu membuat perjalanan kita diiiringi dengan kabut tebal. Suami saya sebenarnya mengajak kami untuk berfoto di tengah kabut, namun anak-anak sudah capek. 

Akhirnya sampailah kita ke Tlogo Sarangan yang memang sangat cantik. Dengan latar belakang pegunungan semakin mempercantik pemandangan Tlogo Sarangan. 
Dari RiverHill menuju ke Tlogo Sarangan berjarak 12 km. Tiket masuk Rp. 10.000,00 per orang dan parkir mobil Rp. 5.000,00.
Sesampainya di Tlogo Sarangan kami berfoto-foto  dan karena keseringan foto, baterenya sampai habis dan hanya inilah foto yang bisa kami sajikan 😁. 
Di area Tlogo Sarangan ada banyak penjual souvenir, menyewakan kuda, dan boat. Kami naik boat dengan tarif Rp 50.000,00. Anak-anak takut kalau naik kuda jadinya kami tidak naik kuda. Hei, Anda bisa juga memancing di telogo sarangan, tapi di pinggir ya.



Demikian cerita travelling saya kali ini, mungkin Anda tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat ini? Recommended banget. Sebenarnya suami masih ingin meneruskan perjalanan ke Candi Cetho, namun apa daya kami sudah capek.😊  Nantikan cerita travelling saya selanjutnya ya...


26 comments:

  1. Hi..hi, bener, ikut2an melek ndampingi pak suami nyetir..kadang perjuangan mbak..

    Aku blm pernah ke Sarangan, pengen pdhl...bisa mancing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak kyknya...pas kesana ada yg mancing tapi harus hati2.air tenang tanda airnya dalam hi hi

      Delete
  2. Penasaran sama tlogo sarangannya... Btw itu grojogan sewu yang disekitaran karang anyarkan ya :)

    ReplyDelete
  3. Ya ampun, aku lama banget nggak ke sini Mbak. Kayaknya makin indah dan bagus ya :)

    ReplyDelete
  4. Belum pernah ke sini. Bagus pemandangannya. Itu patung kok seram ya? Tapi si kecil enjoy aja berfoto di situ. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak tahu tuh kok ga dibikin patung yg imut2 gitu eh ada teletubbies nya kok kalo ndak salah.untunglah anak saya tidak takut mbak karena cuman patung

      Delete
  5. syukkkaaa pengen banget menjelajahi bumi Alloh yang lain semoga ada rezekinya bisa keliling2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak herva mksh dah mampir. ayuk mbak ketawangmangu

      Delete
  6. Penasaran sama tlogo sarangan, bisa ngapain aja disitu? Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. berenang juga bisa mbak kalau berani ha ha kedalamannya aja 28 meter, naik kuda speed boat, belanja ya kayak tempat2 wisata pada umumnya lah

      Delete
  7. Wah asyik ya mbak Ningrum, bisa ke Grojogan sewu dan tlogo Sarangan. Saya pernah kesana, hiks :(

    Keduanya mempunyai pemandangan yang sangat indah ya mbak, jadi pengen naik boat juga nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..mumpung libur panjang, dan anak2 udah lumayan gedhe,

      Delete
  8. salam kenal
    beberapa tahun yang lalu pernah ke sana dan lewat cemoro kandang ke tawang mangu.

    sepertinya tambah ramai ya Mbak?
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. Kalau mudik ke Magetan, aku sering lewati perbatasan Jatim-Jateng tapi ga sampe Grojogan Sewu. Pemandangan di perbatasan itu yang cantik. Banyak kebun stroberi.

    ReplyDelete
  10. Tempatnya makin bagus, Mbak. Terakhir ke sana pas aku masih SD kelas 3 deh kayaknya. Makin mupeng nih pengen piknik ke tempat kayak gini. Tapi kapan yo? Nyolek paksu dulu dah.

    ReplyDelete
  11. Subhanallah indahnya 😍😍😍
    Sempat nyicipin sate kelinci gak mbak? πŸ˜œπŸ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak mbak..soale pas brangkat kesana hbs makan dr hotelnya.pingin tp udh kenyang bgt

      Delete
  12. Udah berapa tahun aku nggak ke grojogan sewu lagi, mending yang nggak naik turun banyak anak tangga deh, nyeraaah, hahahaa. Itu tlogo sarangan airnya lagi surut ya, sampai terlihat tepinya yang dangkal. Dulu pas aku kesana nggak terlihat. Naik lagi menuju jalan ke atas, ada air terjunnya loh, mbak, cantik banget pemandangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada air terjun lg selain grojogan sewu mb?ndak tahu ya surut pa enggak..mungkin ya.aku jg bru sekl kesini

      Delete
  13. ohh..kaki gunung lawu. pantas berasa ga asing denger nama Grojongan Sewu :D

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS