Saturday, February 8, 2020

Tak Banyak yang Tahu, Kalau Hasil Hutan Ini Banyak Manfaatnya

hutan indonesia diambil dari pinterest

Hutan tropis Indonesia adalah salah satu bentang alam paling kaya secara biologis dan budaya. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, terdiri dari hampir 18.000 pulau yang membentang antara Pasifik dan Samudra Hindia. Hutan tropis Indonesia merupakan  hutan terbesar di seluruh Asia, rumah bagi ratusan  suku yang langka  dan lebih dari 3.000 spesies hewan termasuk harimau Sumatra, Gajah, Badak dan Orangutan. Hutan merupakan sumber pangan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan, hewan dan makhluk hidup kecil lainnya. Hutan tropis Indonesia sebenarnya memiliki banyak simpanan air dan banyak karbondioksida untuk menangkal pemanasan global. Namun, sayang keberadaannya sekarang terancam.

Ancaman utama terhadap hutan alam Indonesia adalah pembalakan liar, konversi, kebakaran dan eksploitasi hutan yang tidak berkelanjutan untuk pemukiman atau industri dan perambahan. Gangguan fungsi hutan mengakibatkan ketidakstabilan ekosistem hutan. Meningkatnya konflik manusia - satwa liar adalah konsekuensinya. Habitat yang terbatas, telah mendorong hewan berkeliaran dan mencari makanan dalam jarak dekat dengan manusia — yang mengakibatkan malapetaka bagi kedua belah pihak. Seperti yang pernah kita lihat dalam tayangan-tayangan televisi Indonesia apabila Anda mengikuti di tahun 2018, kawanan gajah memporakporandakan kebun seorang petani di Lampung dan membuat pemiliknya Saudah 60 tahun tewas. Menurut suami Saudah kawanan gajah yang masuk ke kebunnya berjumlah 12. Mereka masuk ke lingkungan warga dikarenakan berkurangnya pasokan makanan lantaran banyak hutan yang dibakar menyebabkan habitat mereka berkurang. Nah, seperti manusia pula kan kalau rumah kita digusur tentunya kita bakal marah. Kasus terbaru adalah masuknya ular sanca, kobra di pemukiman warga diduga karena alasan yang sama yaitu berkurangnya habitat dan pangan mereka.  

diambil dari pinterest 

Bagaimana caranya agar hutan kita itu ekosistemnya selalu terjaga? Diantaranya adalah dengan :
1.  Melakukan penanaman kembali (reboisasi)  hutan-hutan yang gundul.
2.  Melakukan sistem tebang tanam.
3.  Menghukum para pembalak liar.
4. Melakukan penebangan secara konservatif artinya menebang pohon yang sudah tidak produktif  lagi. Sehingga pohon-pohon muda yang masih produktif dan menghasilkan tetap dipertahankan sementara yang sudah tua dan tidak produktif ditebang. Jadi, jangan sampai ada salah tebang.
5. Mengidentifikasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan. Belakangan ini kita merasakan dampak dari terjadinya kebakaran hutan yang dialami Indonesia tepatnya di Riau yang meluas ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Dampak tersebut adalah bencana kabut asap menyebabkan ratusan orang menderita sesak napas dan penyakit pernapasan lainnya. Maka dari itu pemerintah sangat perlu mengidentifikasi apa penyebab kebakaran tersebut dan mencegah terjadinya kebakaran hutan lagi di kemudian hari yang sangat merugikan di  sektor negara seperti sektor pendidikan dan ekonomi.
Riau Cemaskan Asap Kiriman dari Sumsel dan Jambi
Kabut asap di Riau mengganggu jarak pandang para pengendara- Antara 
6. Jangan membuang puntung rokok yang masih menyala di hutan. Akibatnya akan sangat fatal yaitu kebakaran hutan.

Seperti yang telah saya sebut diatas hutan merupakan sumber makanan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Nah, apa sajakah makanan dari hutan tersebut yang saya sukai? Sebenarnya banyak sekali hasil hutan yang mungkin kalau ditulis disini akan tidak cukup seperti misal dari jenis tumbuhan : mangga, sagu,kopi, kedelai, kemiri, kayu manis, jamur, singkong, aren dan lain-lain. Saya tidak akan membahasnya satu persatu. Salah satu hasil hutan yang saya sukai adalah kolang-kaling yang merupakan buah dari pohon aren  (enau) sejenis dengan pohon kelapa dan identik sebagai pohon khas Asia. Alasan saya menyukai nya adalah karena teksturnya kenyal, enak kalau digigit dan rasanya segar. Saya biasanya memasaknya bersama dengan pisang dan santan sehingga disebut kolak kolang kaling pisang. Kolang kaling ini kerap jadi buah favorit di bulan Ramadhan dan sayangnya tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya buah kolang kaling mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.
Kolak Pisang dan Kolang-kaling kesukaan saya-dokpri
Hasil gambar untuk pohon kolang kaling
Buah kolang kaling yang diambil dari pohon aren (enau) gambar diambil dari google.com 
Hasil gambar untuk pohon kolang kaling
Buah kolang kaling yang sudah dibuka google.com
Apa saja manfaat dari buah kolang kaling :
1. Pohon ini menghasilkan gula yang sangat aman bagi penderita diabetes. 
2. Bisa diambil buahnya dan niranya.
3. Buah ini mudah ditanam tetapi tidak disukai oleh hama apapun. Jadi menanam buah aren sama dengan menyelamatkan lingkungan dan kehidupan.
4. Menghasilkan banyak nilai ekonomis bagi penanamnya terutama di bulan puasa sebagai campuran cendol, es buah dan makanan tradisional lainnya.
Pembuatan kolang kaling diawali dengan mengambil buah dari pohonnya kemudian dipisahkan dari airnya, setelah terpisah enau direbus menggunakan drum bekas selama satu jam lalu diangkat dan buah aren tersebut dibelah berdasarkan posisi biji yang akan diambil.

WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) adalah organisasi lingkungan hidup independen, non profit terbesar di Indonesia. Tujuan utama WALHI adalah mengawasi pembangunan yang berjalan saat ini dengan mempromosikan solusi untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan serta menjunjung tinggi keadilan sosial masyarakat. Latar belakang dibentuknya WALHI adalah sebagai reaksi dan keprihatinan atas ketidakadilan dalam pengelolaan sumberdaya alam dan sumber-sumber kehidupan sebagai akibat dari proses pembangunan yang tidak memihak keberlanjutan dan keadilan.

Marilah kita jaga kelestarian hutan kita untuk anak cucu kita.


27 comments :

  1. Namun sekarang ada masalah baru, meski penanaman kembali terus digalakkan, kebakaran hutan selalu berulang menghanguskan ribuan hektar sumber daya alam kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu mas makanya hrs ada komitmen antara masyarakat, pemerintah, LSM, dan perush2 yg produk nya menggunakan hasil hutan untuk menggunakan hasil hutan secukupnya dan konsisten reboisasi serta menindak tegas perush yg lalai.

      Delete
  2. Wah asik banget nih pohon aren, gampang tumbuh tp nggak disukai hama. Aku kok jadi pengen nanem ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mb nanem..klu aku sih pingin tp g punya lahannya

      Delete
  3. sebenarnya pengen juga nanem, apalagi taman di depan rumah sepi tanaman, tapi kok sering mati ya hiks, mungkin aku kurang telaten

    ReplyDelete
  4. Prmbalak liar nih yg menurutku masih lemah penegakan hukumannya apalagi yg di paling atas, ga tersentuh. Semoga tahun2 ke drpan kesadaran kita untuk jaga lingkungan utamanya hutan makin meningkat ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hukuman k pembalak liar mungkin hrs diperberat y mb

      Delete
  5. Sejak tahu kalo 1 pohon itu bisa kasih udara segar buat dua orang, aku sekarang suka nanam. Serumah harus punya pohon 2 atau 3. Biar makin seger. Lempar biji segala jenis buah kalo habis makan.

    ReplyDelete
  6. Prihatin ya dengan kondisi hutan kita saat ini. Begitu banyak permasalahan yang harusnya sesegera mungkin tertangani. Semoga pemerintah semakin tegas dengan penegakan hukum untuk menyelamatkan hutan kita ya?

    ReplyDelete
  7. Aku suka sih makan kolang kaling, bhkan skrg sering minum rimpang dengan gula aren. Dan aq baru tau klo nanemnya gampang, tapi aq heran d deketbrimah gk pernah liat pohon ini

    ReplyDelete
  8. Aku suka adem tapi ogah nanem-nanem wkwk. Untung suamik suka nanem-nanem.. jadi alhamdulillah depan rumah lumayan lah ada pohon2 hehe. Aku Juga suka tuh makan kolak yang ada kolang-kalingnya.

    ReplyDelete
  9. Aku juga sangat suka hutan, suka gemes kalau liat orang ngerokok trus lsg buang aja. Padahal lagi kemarau, meranggas semua, kan bisa bikin kebakaran.

    ReplyDelete
  10. Iya kalau ada berita gajah atau ular masuk pemukiman pada kaget padahal ya habitat mereka terancam..

    ReplyDelete
  11. Hutan adalah salah satu sumber kehidupan manusia yang kini makin sedikit dan menyempit keberadaannya gara2 ulah manusia juga. Hutan dieksplor sedemikian rupa. Semoga manusia segera sadar dan dapat memperbarui kembali kondisi hutan seperti sedia kala

    ReplyDelete
  12. aku ngerasa manusia udah jadi super jahat banget sih sama bumi. apalagi sama hutan. aduh beneran deh. butuh banyak-banyak disadarin manusia teh. semoga WALHI bisa terus memperjuangkan hak-hak bumi ya :")

    ReplyDelete
  13. Salah satu yang aku suka ini
    dari pengolahan dalam bentuk apapun doyan
    sate kolang kaling dikolak. suka semua WALHI emang keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dl pas kecil doyan bgt sate kolang Kaling sekrg mah dah jarang di Semarang

      Delete
  14. Kolang-kaling bisa masuk jadi jenis makanan abadi kali ya.
    Secara mulai dari balita sampai tua, tetap aman dikonsumsi dan varian olahannya pun juga banyak macam.

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top