6 Panduan Kesehatan Ala Dokter Reisa Broto Asmoro di Masa New Normal

Friday, June 19, 2020

Dokter Reisa Broto Asmoro (gambar diambil dari liputan 6.com)

Assalamualaikum temans, 

Masuknya Dokter  Reisa Broto Asmoro dalam Tim Komunikasi Publik Percepatan Penanganan Covid 19 memberikan warna baru dan angin segar bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk saya. Kalau biasanya kita tiap sore hari memperoleh edukasi Covid-19 dari bapak Achmad Yurianto saja, kini kita juga mendapatkan info tentang sosialisasi kebiasaan baru di New Normal lewat dr Reisa Broto Asmoro . Saya akui saya sangat jarang update berita tentang Covid-19 karena terus terang sejak kemunculannya di bulan Februari 2020 membuat saya jenuh dengan berita seputar Covid-19. Jadinya, kalau sedang berada di depan televisi saya lebih suka menonton tayangan televisi yang berisi hiburan seperti misal acara memasak, TikTok, film-film drama, dan acara hiburan lainnya. Dengan adanya dokter Reisa ini saya jadi lumayan rajin melihat breaking news demi melihat dokter Reisa yang cantik, apalagi yang merasa kaum Adam ya. Hehe.

Apa saja 6  Panduan Kesehatan dr Reisa Broto Asmoro di masa new normal ? :

Jaga Jarak dan memakai masker bila keluar rumah

Virus Covid-19 bisa bertahan beberapa saat di benda-benda seperti gagang pintu, keybord komputer, mesin atm, uang dan benda-benda lainnya karenanya sebaiknya kita jaga jarak minimal 1-2 meter untuk penularannya karena jaga jarak terbukti sangat efektif untuk mengurangi penularan Covid-19. Selain itu jangan lupa untuk selalu memakai masker bila keluar rumah. Untuk masker kain lebih baik 4 jam sekali ganti.

Jangan memegang anak kecil dan bayi jika bukan orang tuanya sendiri

Karena ada sebuah kasus anak bayi yang terpapar Covid-19 akibat kontak fisik dari orang yang sebelumnya sudah terpapar Covid-19. Kasihan banget kan kalau ada adik bayi yang terkena Covid-19. Kita yang sudah berumur saja kesusahan kalau sampai terkena Covid-19. Dalam berita televisi pernah beredar, akhirnya bayi yang terkena Covid-19 meninggal dunia. Meski kita terkadang gemas melihat anak balita/bayi untuk sementara hindari kontak fisik dengan mereka ini.


Makan makanan dengan gizi yang seimbang

Ingat dengan jargon empat sehat 5 sempurna ? Karena Covid-19 ini saya jadi makin perhatian dengan suami dan anak-anak saya. Saya jadi lebih rajin masak dan jarang beli karena anak-anak di rumah otomatis pengeluaran jadi membengkak. Jadinya, saya harus pintar-pintar untuk membuat menu yang sederhana tetapi tetap memenuhi gizi empat  sehat lima sempurna.  Semuanya ada protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Bahkan, suami saya juga sekarang membelikan susu buat anak-anak. Padahal, sebelumnya karena mereka sudah besar-besar jarang minum susu formula. Makan dengan gizi seimbang akan bagus di masa pandemi Covid-19. Alhamdulilah, anak-anak jarang sakit. Sakitpun yang ringan yang masih bisa saya obati sendiri seperti pilek/flu misalnya.


Banyak minum air putih

Minum air putih disarankan 8 gelas sehari untuk dewasa dan 5 gelas sehari untuk anak-anak. Lima puluh persen tubuh kita adalah air karenanya tiap hari kita harus mengkonsumsi air putih untuk metabolisme tubuh.

 

5.      Istirahat yang cukup

Meski sudah makan makanan bergizi tetapi kita kurang istirahat sama saja zonk. Misalnya kita suka begadang tengah malam. Tidur kurang dari 8 jam dalam sehari sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Buntutnya kita bisa terserang penyakit lainnya seperti diabetes misalnya.


Olahraga teratur

Olah raga sangat penting juga untuk menjaga tubuh kita tetap bugar dan sehat. Jangan berlebihan juga ya...sesuaikan juga dengan kemampuan tubuh. Kalau olah raga yang mudah dan murah ya jalan kaki saja keliling kompleks kita misalnya. Jangan lupa pula bawa botol air putih atau yang sedang ngetrend sekarang itu infused water juga bagus. Oia, kalau kamu suka olah raga sepedaan kadang suka ngos-ngosan kan kalau pakai masker?Baiknya selama bersepeda, masker kalian lepas saja tetapi saat kalian ketemu dengan orang lain baru masker dipakai. Karena, berbahaya juga kalau sepedaan dengan memakai masker, bisa kekurangan oksigen.

Semoga saja dengan kemunculan dr Reisa setiap hari menjadikan orang Indonesia itu jadi lebih manut dan efek kedepannya Covid-19 bisa lebih cepat selesai. Mungkin itu juga yang diharapkan oleh Pemerintah Indonesia. Pemerintah sepertinya ingin agar kegiatan ekonomi bisa terselenggara lebih cepat, lantaran kalau tidak ekonomi Indonesia bisa terpuruk gara-gara Covid-19. Tidak hanya Indonesia bahkan negara besar seperti Amerika Serikat bisa terpuruk ekonominya di masa pandemi Covid-19. Banyak orang Amerika yang menjual rumahnya lantaran menjadi korban PHK karena Covid-19.

 


No comments:

Post a Comment

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS