Tuesday, December 13, 2022

Navya Arma, Bis Otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City

Navya Arma, Bis Otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City


Beberapa waktu yang lalu  kalau kalian mengikuti berita di televisi/online ramai diberitakan tentang rencana Pemerintah untuk melakukan peralihan dari mobil berenergi bensin/solar (energi tak terbarukan) menjadi mobil berenergi listrik untuk mengurangi emisi karbon sebagai pencetus pencemaran udara khususnya yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dll. Nah, ternyata hal ini direspon dengan baik oleh Sinar Mas Land salah satunya adalah dengan menghadirkan Navya Arma, First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City. Bisa diterjemahkan ini adalah bis otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City. Bis autonomous vehicle ini juga telah dipamerkan di gelaran G20 Summit 2022 di Bali sebagai side event  untuk menunjukkan moda transportasi berkonsep green mobility yang sudah ada di Indonesia.

Wah, bagi para penghuni BSD City pastinya senang dan bangga ya dengan kehadiran bis Navya Arma ini ditambah lagi dengan infrastruktur kelas satu, fasilitas lengkap dan rumah dengan kualitas terbaik.

Area seluas setengah Paris, BSD City adalah skema perencanaan kota paling ambisius di Indonesia untuk menggabungkan perumahan, bisnis, dan properti komersial.

BSD City memiliki total luas sekitar 6.000 hektar, dengan sekitar tiga perempat dari lahan yang tersedia belum dikembangkan, skema besar ini merupakan peluang investasi yang unik.


BSD City telah berkembang selama lebih dari 38 tahun. Sejak tahun 1984 proyek raksasa ini dikelola sepenuhnya oleh anak perusahaan Grup Sinar Mas, Sinar Mas Land, salah satu pengembang terkemuka di Asia Tenggara.

Baca juga : Serunya Blogger Gathering di Mall Terlengkap di Semarang

Nah, kalian tentunya penasaran seperti apa sih penampakan dari bis Navya Arma?


tampilan bis Navya Arma dari depan 

Bapak Moeldoko ikut meresmikan bis otonom Navya Arma


Navya Arma merupakan sebuah proyek kolaborasi antara Sinar Mas Land bersama Mitsubishi Corporation serta pabrikan bus Navya dari Perancis. Bagi kalian yang tertarik ingin mencobanya jika suatu saat berkunjung ke BSD City, kalian bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan mengisi survei lewat aplikasi OneSmile di ponsel pintar yang kalian miliki.

Bagaimana spesifikasi Navya Arma dan cara kerjanya ?


GPS

Pintu bis


Navya Arma memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Navya adalah merupakan nama merek sedangkan Arma merupakan  tipe kendaraannya.Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri. Dari tampilannya cukup mungil ya, namun kelihatan berkelas. 

Arma dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian/pengereman secara otomatis apabila ada kendaraan lain yang memotong  jalur bis otonom ini.

Untuk jarak operasionalnya terbatas di 30 km sekali pengecasan. Adapun kecepatan maksimalnya dibatasi sekitar 25 km/jam memang tidak bisa kencang karena penggunaannya untuk di dalam kota selain itu bertujuan agar daya baterainya lebih awet. Bis ini memang tidak dirancang untuk pengguna transportasi yang mengejar waktu namun hanya untuk tempat-tempat tertentu seperti kompleks perumahan, tempat wisata, kompleks pemerintahan dan lain-lain. Adanya bis otonom juga bertujuan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas yang seringkali disebabkan oleh human error/kesalahan manusia. Bagaimana kesan kalian tentang bis otonom ini ?Tertarik mencobanya? Kalau saya sepertinya tertarik sih karena saya suka mencoba hal-hal baru, sayang belum ada di tempat saya hehe. Semoga bermanfaat^^.

 


18 comments :

  1. Kendaraan listrik baik untuk pribadi maupun transportasi umum mulai digalakkan pemerintah dan menjadi isu global juga. Apalagi ini bus otonom juga serba otomatis, mengurangi pemakaian kendaraan pribadi. Oh ya saya follow blog ini ya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mas serba otomatis..mksh sudah follow..nt saya folbek🙏

      Delete
  2. Suka banget kalau seandainya di kotaku sudah ada kendaraan yang otomatis dan tidak memakai BBM. Karena tampaknya lebih ramah lingkungan dan lebih hemat. Sayang sekali kotaku belum ada bis otomatis seperti itu, karena kendaraan bermotor yang tidak memakai BBM saja masih jarang.

    ReplyDelete
  3. saya tuh suka deg-degan kalau naik bus, tapi kalau busnya semungil dan secantik ini sih ga bakalan takut, pengen cobain jadinya, ternyata bus listrik ya, makin penasaran buat cobain

    ReplyDelete
  4. Semoga di Surabaya bisa menyusul ada Navya Arma juga. Pengen banget naik bus listrik, karena bisa mengurangi polusi. Kontribusi kecil yg bisa saya lakukan untuk melestarikan alam

    ReplyDelete
  5. Semoga di Surabaya bisa hadir Navya Arma ya. Keren banget sih konsepnya ini. Sinar mas land selalu punya inovasi demi lingkungan yg lebih baik

    ReplyDelete
  6. Busnya emang canggih dan keren ya. Kalo saja lagi di Jakarta bisalah melipir ke BSD terus nyobain. Kereen.

    ReplyDelete
  7. Nama busnya cantik ya ... Navya Arma. Bisa jadi nama anak perempuan hehe. Saya penasaran merasakan naik di dalam kendaraan tanpa sopir seperti ini, bagaimana ya rasanya?

    ReplyDelete
  8. Wah, gimana tuh rasanya, hhe. Jadi penasaran.
    Aku pun sama, berharap Navya Arma juga ada di Surabaya.
    Semoga gerakan ramah lingkungan ini bisa tersebar merata, aamiin.

    ReplyDelete
  9. Pernah lihat di tipi, kayaknya tetap ada awak 1 orang yang duduk di depan kayak supir ya, tapi fungsinya untuk jaga2 kalo bisnya error hehe. Apa benar begitu atau ini full auto jalan sendiri tanpa awak?

    ReplyDelete
  10. Setiap inovasi baru kayanya memang tidak langsung diterima.. Tapi ketika dampak baiknya sudah dirasakan, penikmatnya hanya berdiam diri saja..
    Navya Arma mungkin mengalami hal yang sama di masa awalnya.. Tapi kalau pengembangan nya terus berlanjut, bukan gak mungkin Arma ini masuk ke jajaran angkutan umum resmi dari pemerintah

    ReplyDelete
  11. Penasaran kenapa pakai nama Navya Arma Kak? Adakah kisahnya eh sejarah latar belakangnya? Bersyukur kendaraan seperti ini sudah hadir di Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Kereen semoga bisa diikuti kota kota lain di Indonesia ya bun...pengen ajak anak2 naik ini (gusti yeni)

    ReplyDelete
  13. Keren banget ini konsepnya, semoga di kota-kota lain juga ada nantinya.
    Btw namanya cakep ya, Navya Arma

    ReplyDelete
  14. Suka deh dengan konsep kendaraan tanpa sopir ini, jadi lebih modern dan lebih ramah lingkungan ya. Mungkin beberapa tahun transportasi publik juga mengadaptasi model seperti ini

    ReplyDelete
  15. Sepertinya tinggal menunggu waktu saja segala hal akan beralih menggunakan tenaga listrik. Kita harus senantiasa siap menghadapi perubahan-perubahan.

    ReplyDelete
  16. Next moga di jati ada🤩 kalau dilihat lihat semacam bajaj tapi listrik ya

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top