Showing posts with label sampah. Show all posts
Showing posts with label sampah. Show all posts

Yang Tersisa Dari Liburan

Sunday, May 8, 2016



Assalamu'alaikum 

Dear my readers,


Tidak terasa liburan sudah usai,, bertemu saudara-saudara, teman lama, tetangga-tetangga lama tentunya membuat kita bahagia. Sampai-sampai untuk sementara gadget-gadget saya cuekin. Ya, pinginnya ngobrol-ngobrol dengan saudara-saudara aja.  Percuma dong, kalau kita ketemuan cuman pegang hape.  Lupakan sejenak gadgetlah. Bagi yang tidak pulang kampung tidak usah berkecil hati soalnya beberapa bulan lagi kita akan menyambut hari raya Idul Fitri. Tentunya libur lagi dong. 

Liburan selain menyisakan bahagia juga menyisakan cerita duka seperti yang ada diberita TV yaitu ada 5 orang pria yang meninggal ketika sedang memancing ikan. Usut punya usut ternyata kapal yang dikendarai para penumpang ini bocor ketika mereka sedang tertidur lelap. Beberapa diantaranya ada yang tidak bisa berenang.  Sungguh ironis ya, penginnya sih kalau liburan kan bersenang-senang ya, ternyata berakhir tragis. Cerita lainnya adalah kabarnya pengunjung yang datang ke Dieng meningkat tajam di liburan ini yaitu 14.000 orang.  Wow, banyak sekali ya.  Saya sih liburan ini cuman berdiam diri di rumah ibu saja, keluar ya ketempat-tempat yang dekat seputar Salatiga, soalnya suami tidak tahan kalau harus bermacet-macet ria di jalan. Anak-anakpun entahlah liburan ini diajak keluar yang agak jauh juga tidak mau, ketemu dengan saudaranya aja udah seneng kali ini, ditunjang suasana Salatiga yang kurang mendukung, hujan terus di siang dan sore.  

Cerita apa lagi ya yang tersisa dari liburan??

1.   Sampah yang menumpuk
Sampah adalah masalah yang krusial yang sering dihadapi di hampir semua Pemkot.  Di hampir semua tempat wisata yang pernah saya kunjungi, masih saja ada pengunjung yang tidak mau membuang di tempatnya. Padahal sudah ada tulisan Dilarang Membuang Sampah Sembarangan berikut tempat sampahnya.  Saya selalu mengajarkan kepada anak-anak untuk membuang sampah di tempatnya, dan kalau seandainya tidak ada tempat sampah untuk sementara saya masukkan ke dalam kantong plastik yang saya bawa dari rumah.




Image result for sampah di tempat wisata
Sampah di tempat Wisata~ Google.com
2.  Cucian yang menumpuk 
Cucian Anda menumpuk?? Sama dong.  Biasanya habis liburan ibu-ibu RT macam kita ini "panen". Panen cucian maksudnya.  Tapi dont worry be happy karena cucian menumpuk Anda bisa diserahkan kepada asisten rumah tangga ups salah kepada mesin cuci kita. Dulu ketika anak-anak kecil saya ada asisten rumah tangga, tetapi setelah anak-anak besar, saya sudah tidak memakai jasa mereka lagi. Sungguh beruntung, sekarang kamu punya mesin cuci kata ibu saya.  Jaman dulu ibu mencuci sendiri pakai tangan, dan terkadang tangan sampai lecet-lecet.  Atau kalau Anda ingin terima bersih, sudah dicuci, wangi dan disetrika rapi Anda bisa mengunjungi londri-londri terdekat Anda.
Image result for cucian yang menumpuk
Awww, Cucian Menumpuk ~ Google. com


3. Capek yang Menumpuk
Sudah pasti seusai liburan rasanya badan pegal-pegal semua.  Apalagi kalau kita pergi ke tempat-tempat wisata yang jauh letaknya.  Sekali-kali tidak ada salahnya Anda memanggil tukang pijat untuk menghalau rasa capek Anda.  Kalau tidak saya terkadang membalur kaki dan tangan saya dengan parem. Bau parem yang segar karena terbuat dari bahan-bahan tradisional bisa membuat tidur kita lelap. Saya awalnya tidak terlalu mengenal parem dan manfaatnya, saya mengenal parem ini dari ibu mertua saya. Wah, ternyata enak banget maknyes dikaki. 

Aku suka pakai parem ini ~ Google.com

4.  Tugas Kantor Yang Menumpuk


Bagi Anda pekerja kantoran harus siap-siap dengan berita buruk ini karena biasanya setelah liburan tugas kantor Anda akan menumpuk. Kecuali, apabila Anda sebelumnya sudah mencicil-cicil tugas-tugas Anda sehingga pas liburan datang tugas Anda sudah berkurang. Namun, Anda tidak usah khawatir saya akan membantu Anda.


Image result for tugas menumpuk
Tugas kantor yang menumpuk ~ Google.com




Tips menghadapi tugas kantor yang menumpuk:
1.  Jangan terbiasa menunda pekerjaan, kerjakan pekerjaan yang menurut Anda mudah terlebih dahulu.
2.  Jangan menganggapnya sebagai beban, anggap itu sebagai tugas yang menyenangkan.
3.  Biasakan membuat catatan deadline-deadline tugas Anda.
4.  Fokuslah kepada  tugas Anda, jangan biarkan pikiran Anda melayang kemana-mana.

Demikian cerita saya untuk hari ini, semoga bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah membaca ^_^, selamat beraktivitas.


Salam hangat,








Recycle, UpCycle Apa Sih Bedanya ?

Thursday, February 18, 2016

Dear My Readers, Selamat beraktivitas ya... 

Tahu enggak guys kalau tanggal 21 Februari 2016 nanti adalah Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2016 lho.  Sudah pedulikah Anda dengan sampah di lingkungan Anda ?Tentunya sudah ya:). Kereeeen.
Jangan sampai deh kita buang sampah di sembarang tempat.  Selain lingkungan jadi tidak sedap dipandang, juga bisa menjadi sarang penyakit.  Seperti baru-baru ini penyakit Demam Berdarah juga tampaknya sedang booming di hampir seluruh Indonesia terbukti di Rumah Sakit dekat rumah jumlah pasien DB membludak. Anda tentu bertanya-tanya kok saya bisa tahu ? 
Ceritanya begini, ...
Suatu hari anak teman saya hendak dioperasi usus buntu karena mengeluh sakit perut yang amat sangat.  Ketika dibawa ke rumah sakit tersebut, pihak administrasi menyatakan kalau bangsal anak penuh karena menjamurnya sakit Demam Berdarah.  Apalagi beberapa diantaranya sampai memakan korban jiwa.  Prihatin sekali ya.

Sebagai pencegahan awal demam berdarah bisa dilakukan gerakan 3 M plus (ini versi baru lo).  Hampir sama dengan yang dulu (1) menguras bak mandi (2) menutup (3)mengubur potensi sarang nyamuk Aedes Sp yang merupakan penyebar virus dengue penyebab demam berdarah.  Plus yang bisa kita lakukan ini sebenarnya tergantung kreativitas kita dan sudah ada sejak dulu.  Bisa dijadikan plus disini adalah pemberdayaan setiap individu dalam menggunakan daya dan upayanya mencegah "gigitan" nyamuk penyebar virus dengue.  Misalnya dengan menggunakan obat nyamuk, fogging (pengasapan), kelambu saat tidur, menata ruangan dalam rumah sedemikian rupa sehingga cukup terang dan tidak sumpek, sehingga nyamuk tidak memiliki tempat bersembunyi.






Menurut Anda sampah apa sih yang paling banyak di lingkungan kita?  
Kalau menurut saya sampah plastik itu yang paling banyak.  Setuju nggak?  Kalau sampah organik seperti daun-daunan, kotoran binatang mudah sekali terurai oleh alam.  Nah, kalau sampah plastik butuh sekitar 7 tahun untuk mengurainya, dan sekalinya terurai racunnya bisa membuat banyak penyakit seperti kanker misalnya.  Sebagai tambahan, sampah plastik kita selama 7 tahun itu kalau dikumpulkan,  bisa membungkus bumi kita. Wow.


Beberapa waktu lalu di Bandung yang walikotanya Pak Ridwan Kamil, ada wacana untuk diadakan kantung plastik berbayar bagi retail-retail semacam Alfamart, Indomart dll.  Jadi setiap orang yang belanja di retail akan dikenakan charge Rp 500,00 per kantung plastik. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan karena Bandung adalah kota no 1 dengan jumlah sampah plastik terbanyak dan juga untuk mendidik masyarakat mengurangi sampah plastik.  Tapi seperti biasa selalu ada pro kontra.  Saya juga tidak tahu apakah wacana ini berlanjut atau tidak, karena akhir-akhir ini saya jarang lihat tv, seringnya liat buku pelajaran anak saya.  Maklum lagi banyak ulangan hi..hi


Recycle Upcycle Apa sih Bedanya ?

Anda tentunya pernah mendengar istilah recycle.  Bahasa Indonesia nya adalah daur ulang. Contoh konkritnya adalah setiap hari kita buang sampah.  Lebih bagus lagi bila kita mempunyai 2 jenis tempat sampah.  Satu untuk sampah organik, satu lagi untuk sampah an organik. Sampah an organik yang berisi sampah-sampah plastik seperti kantung plastik, botol-botol plastik, kaleng bekas biasanya dibawa oleh pemulung untuk kemudian dijual ke pengepul, dari pengepul dijual ke perusahaan pengolahan limbah menjadi botol plastik dan kaleng yang baru.

Upcycle adalah membuat produk yang baru dari limbah baik itu berupa botol plastik, kaleng, atau kayu dan mempunyai nilai tambah seperti membuat pot dari botol Aqua bekas, membuat kerajinan bunga dari sedotan 
Singkatnya bisa Anda lihat di gambar berikut :


instagram :Bebassampahid






Dengan membuang sampah ditempatnya, recycle, dan upcycle diharapkan Indonesia bisa bebas sampah tahun 2020.  Tentunya ini harus ditunjang juga dengan kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi, baik dari seluruh masyarakat Indonesia dan tentunya Dinas yang terkait, menurut salah seorang pemerhati lingkungan. 

Bayangkan seandainya di tahun 2020 Indonesia bisa bebas sampah seperti layaknya negara maju seperti Singapura, Amerika, Jepang dan negara lainnya sudah pasti kita akan bangga.  Makanya ayo dong kurangi sampah plastik di lingkungan Anda, gunakan tas kain ketika berbelanja dan jangan buang sampah di sungai. 
Semoga ini bisa menjadi inspirasi Anda hari ini.


Image result for jalan di jepang yang bersih
Jalan di jepang yang bersih-google.com

Image result for gambar singapura yang bersih
Sungai singapura yang bersih-doc kompasiana




instagram : Bebassampahid



Mari Wujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020









 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS