Showing posts with label inspirasi. Show all posts
Showing posts with label inspirasi. Show all posts

7 Tips Agar Suami Mau Membantu Istri

Wednesday, April 20, 2016




Assalamu'alaikum wr. wb.


Dear my readers,

Terkadang dalam sebuah rumah tangga selalu ada masalah, entah itu besar atau kecil. Menurut saya pribadi, masalah dalam suatu rumah tangga itu wajar adanya.  Banyak orang termasuk saya menganggapnya sebagai bumbu penyedap rasa.  Jika tidak ada itu,   rasanya kok hambar.  Tapi, jangan terlalu banyak ya bumbunya, bisa eneg. Saya rasa tidak ada sebuah rumah tangga yang datar-datar saja tanpa ada masalah.  Masalah akan membuat kita semakin dewasa dan pintar mengambil keputusan. 


Mengarungi hidup berumah tangga ibarat mengarungi lautan yang luas.  Suami sebagai nahkodanya dan kita penumpangnya.  Baik buruk sebuah nahkoda tergantung keduanya.  Sudah semestinya dalam sebuah rumah tangga, suami membantu istri dan juga sebaliknya istri membantu suami. Terkadang, ada seorang suami yang tidak mau membantu istri dalam pekerjaan rumah tangga, ini sering membuat para ratu rumah tangga gemes.  Diminta momong anak sebentar belum 30 menit sudah mengeluh ini itu padahal hari libur.  Atau, lebih gawat lagi disuruh mbetulin genteng bocor, tidak kunjung diperbaiki atau tidak segera memanggil tukang.  Alhamdulilah, suamiku tidak begitu.  Dianya ringan tangan.  Bahkan, selalu membantu tanpa diminta. Ada teman yang saking tidak sabarnya nunggu uluran bantuan suami sampai bilang, "Aku tidak pernah minta bantuan suami tuh!"

Namun begitu, masalah-masalah kecil seperti tetek bengek urusan rumah tangga jangan dibiarkan ditumpuk, karena akan menjadi "bom waktu".

Berikut saya sharing beberapa tips agar suami mau membantu istri:

1.  Mulailah dengan pujian 


Siapa sih yang tidak suka dipuji ?Saya rasa hampir semua makhluk,  baik itu laki-laki atau perempuan, bahkan binatang sekalipun suka dengan pujian.  Pernah tidak, Anda melihat di TV seekor anjing apabila berhasil menangkap bola. Biasanya, si tuan pemilik anjing akan memuji anjingnya dengan "Good Dog" atau "Good Boy". Biasanya si anjing langsung nyengir seneng. Apalagi, kita manusia yang identik dengan pujian.

Sesekali puji suami Anda lebih dulu seperti misalnya "Wah, hari ini kamu kelihatan ganteng deh.  Lebih  ganteng lagi kalau mau bantu akyu".

2.  Mulailah dengan tugas sederhana dan jangan terlalu banyak

Anda bisa memulai meminta tolong suami dengan kata-kata "Tolong Dong". Misalnya setelah subuh suami belum berangkat kerja, Anda yang menyapu lantai dan suami yang mengepel lantainya.  Sesekali sambil bercanda, romantis banget ya. Hindari kata-kata, habis ini list daftar yang harus kamu kerjakan ya he..he..

Pada prinsipnya,  jangan berlebihan memberi tugas, selama yang lain-lainnya bisa kita kerjakan sendiri.
       

3.  Kenali suami Anda

 Maksudnya cobalah teliti latar belakang kehidupan suami Anda.  Coba cari tahu mengapa suami tak pernah mau melakukan pekerjaan-pekerjaan tetek bengek itu. Sebab, bukan tak mungkin "kelakuannya" itu mempunyai "dasar hukum" yang jelas. Ada sebuah kasus seorang suami yang tak pernah mau membetulkan genteng bocor. Usut punya ternyata dia adalah anak manja/anak mamah.  Bila dia pulang ke tempat ibunyapun masih diperlakukan sebagai anak mamah/belum punya istri. 

4.  Buka Jalur Komunikasi

Isteri sering mengeluh bahwa suami susah diajak ngomong.  Sekalinya diajak diskusi    tentang masalah rumah tangga malah terjadi pertengkaran. Tapi, benarkah suami sulit   diajak komunikasi ?

Banyak pasangan kurang menyadari bahwa komunikasi itu tak hanya menyampaikan     pesan dan berdiskusi namun juga mendengarkan secara aktif. Simpelnya,   mendengarkan keluhan pasangan dan tidak memonopoli pembicaraan. 
Sudahkah Anda membuka jalur komunikasi dengan pasangan?

5.  Buatlah kesepakatan bersama

Bila suami memang susah untuk diajak berkomunikasi maka buatlah kesepakatan     bersama tentang pembagian pekerjaan di rumah tangga. Mana yang harus dikerjakan   suami dan mana yang dikerjakan seorang istri. Apalagi, bila Anda tidak memiliki pembantu anak banyak, masih kecil-kecil misalnya. 

6. Hargai hasil kerja suami

Hargai semua hasil kerja suami, meskipun mungkin kurang sempurna.  Menyapu kurang bersih, mengepel juga kurang bersih. 
Jangan pernah mengkritik.  
Contoh : - Dari tadi kok tidak selesai-selesai sih? 
               - Wah, sebenarnya aku bisa ngerjain sendiri.

7.  Jangan lupa ucapkan terima kasih

Meskipun sebenarnya simpel, tetapi pada realisasinya terkadang sulit untuk dilakukan. Tentunya, pasangan Anda akan merasa senang apabila Anda mengucapkan terima kasih setelah dibantu.  Bukan tidak mungkin, selanjutnya dia akan lebih ringan tangan dalam membantu Anda. Ingatlah ketika masa pacaran, berapa kali dalam sehari kita mengucapkan terima kasih.  Ingat-ingat  juga quote di bawah ini :



If there were a heaven in the earth, it must be a harmonius family 
 Jika ada surga di dunia ini, maka itu pasti sebuah keluarga yang rukun.


Demikian tips-tips dari saya semoga bermanfaat. Apakah tips Anda sama dengan saya? Share di komen ya. Tunggu postingan saya selanjutnya. Bye..bye....



Salam hangat,








Dilarang Ghibah Saat Bermotor

Wednesday, April 6, 2016

Assalamu'alaikum wr. wb.


Dear my readers, jumpa lagi.


Pada dasarnya saya adalah orang yang tidak suka menggibah, kecuali apabila ada seseorang yang memancing duluan. Itupun paling saya tidak pernah merespon lebih lanjut. Biasanya aku hanya berkomentar : Ow...gitu ya? atau Masak sih?Malu dong, ayah saya almarhum adalah takmir masjid, begitu juga dengan mertua saya.  Dulu kalau ibu saya ngomongin orang, ayah saya langsung menasehati bahkan terkadang dimarahi. 

Ghibah itu apa ya?  Ghibah adalah membicarakan kejelekan orang lain, meski itu benar sekalipun.  Karena di dalam agama Islam diterangkan bahwa membicarakan kejelekan orang lain/saudara adalah ibarat memakan daging saudaranya yang telah busuk.  Ghibah dimanapun tempatnya tidak diperbolehkan.  



Image result for gambar ghibah
Ghibah ~ Google Image

Nah, seperti biasa  Sabtu pagi jam 07.30 aktivitasku adalah  pengajian liqo bersama teman-teman. Biasanya terdiri dari 5-7 orang.  Liqo merupakan pertemuan yang di dalamnya secara garis besar diisi oleh aktivitas pengajian dan mendengarkan nasihat/tausiyah dalam rangka meningkatkan keimanan. Umumnya, kegiatan ini bisa kita temui di masjid dengan membentuk "lingkaran" lesehan semacam kelompok diskusi.  Karena membentuk lingkaran inilah Liqo' kadang disebut juga "Halaqoh" yang artinya lingkaran.  Rasanya hati akan gersang apabila dalam 1 minggu kita tidak mendapatkan siraman rohani.  Tak hanya mendapat ilmu biasanya kita mengkaji Al Quran, membicarakan parenting, dengan MC yang bergantian tugasnya.  Kami berlima sudah saling akrab satu sama lain seperti saudara sendiri.  Tempat liqo bergantian dari rumah ke rumah.

Suatu hari, karena teman liqoku tidak bisa menggunakan motor, maka beliau memintaku untuk nebeng pulang kerumah ketika liqo usai.  Beliau sudah agak tua, umurnya mungkin sekitar 50-an.  Beliaulah yang dituakan dalam liqo.  Jadi, kalau ada apa-apa di dalam liqo biasanya konsultasi dengan beliau. Sebut saja namanya Bu Lala. 

Sepanjang jalan pulang ke rumah semuanya berjalan lancar2 saja.  Sampai suatu saat Bu Lala membicarakan seseorang yang memang sifatnya ceplas ceplos.  Banyak yang sudah "kena" korban ibu X termasuk saya.  Mungkin sudah sifatnya ya.  Kalau sudah watak memang agak susah untuk merubahnya. Selain itu bu X itu kadang suka ngomongin hal-hal yang tidak baik dari suaminya. 





Pada tulisan diatas telah saya singgung bahwa ghibah dimanapun tempatnya dilarang, meskipun faktanya benar.  Jujur waktu itu saya memang dalam keadaan khilaf ya.  Mungkin banyak setan yang berkeliaran di sekitar kami.  Tidak biasanya saya seperti itu.  Tak terasa sudah hampir sampai ke rumahnya Bu Lia.  Karena keasyikan ngomongin Bu X tidak kusangka dari arah yang berlawanan ada mobil  di saat saya mau belok ke rumah Bu Lia.  Maka tabrakanpun tak terhindarkan.  Meski mobil menyenggol sedikit motor saya, maka tanpa ampun motor sayapun oleng ke samping.  Saya dan Bu Lalapun jatuh.  Waktu itu saya sama sekali tidak memikirkan diri sendiri.  Yang saya pikir justru Bu Lala dan si empunya mobil.  Takut dimarahi.  Untungnya mobilnya tidak mengalami kerusakan yang berarti.  Untungnya lagi si empunya mobil tidak marah-marah.  Saya juga minta maaf memang saya juga salah tidak berhenti dulu waktu belok.  Alhamdulilah, Bu Lala juga tidak mengalami luka-luka sedikitpun.  Saya juga tidak menyadari kalau kaki kanan saya kena knalpot yang lumayan besar lukanya.  Juga kaki kiri saya gosong-gosong di bagian paha.  

Kemudian setelah urusan dengan si empunya mobil kelar.  Saya diajak Bu Lala ke rumahnya.  Disana, luka kena knalpot saya dioles dengan lidah buaya. Baru tahu loh kalau lidah buaya bisa menyembuhkan luka.  Rasanya adem, rasa perih-perihnya juga langsung hilang.  Sayapun langsung istighfar karena telah menggibah teman kami sendiri.  Peristiwa ini semacam peringatan dari Allah swt untuk lebih berhati-hati dalam bertutur kata dan juga untuk berhati-hati di jalan raya.  Smoga bermanfaat.


Salam hangat,





















Jeli Melihat Peluang Google

Sunday, March 13, 2016

Assalamu'alaikum wr. wb...

Dear my readers,

Beberapa waktu yang lalu saya sempat melihat  di TV yaitu tentang seorang pengusaha muda yang membuat lampion dari balon dibalut benang konon omzetnya bisa 20 jutaan perbulannya . Jika Anda penasaran tentang gambarnya, Anda bisa melihat gambar di bawah ini.  Kece banget deh.  

Sekilas membuatnya gampang ya.  Balon ditiup terus dililitkan benang sampai menutupi balon.  Tapi ternyata butuh ketelitian juga loh.  Kata mbak reporter TVnya.



kecenya lampion dari balon- google image

Ketika diwawancarai, kata masnya usahanya itu terinspirasi melihat You tube. Dari You Tube iseng-iseng bikin terus jadi, tentunya sudah harus melewati trial dan error beberapa kali.  Kalau ditelisik, ini merupakan sebuah usaha yang cerdas dari seorang pemuda. Alih-alih merepotkan orang tuanya untuk biaya kuliah, pengusaha muda tadi malah berhasil menciptakan peluang kerja untuk banyak orang, padahal dia masih berstatus mahasiswa lo.

Selain itu, jika diperhatikan di Google ada ratusan, bahkan ribuan tutorial yang berkaitan dengan berbagai macam hobi yang bisa mendatangkan uang seperti tutorial menjahit, tutorial membuat kue, tutorial membuat masakan-masakan.  Karena saya suka menjahit, saya menyukai beberapa tutorial dari Indonesia yaitu design by vitarlenology, creativity tutorial, polaku, dan kalau dari luar negeri saya menyukai tutorialnya Craftiness is not optional. Yang terakhir ini, saya sering mempraktikkan cara membuat baju dengan cara yang sangat simpel tanpa menggunakan pola. Jika kebetulan Anda menyukai jahit menjahit Anda bisa mencobanya.  Sangat mudah. 

Cerita sedikit yah, saya mempunyai 5 bersaudara dan 3 diantaranya cewek.  Ketiga-tiganya mempunyai hobi yang sama yaitu menjahit.  Kakak saya, meski dia berstatus PNS terkadang masih menyempatkan waktunya untuk membuat seprei sendiri. Bukan untuk dijual tentunya tetapi untuk dipakai sendiri. Dengan menjahit sendiri, selain mendapat kain yang kualitasnya bagus, adem yaitu seprei katun (yang per meternya 32 ribu permeter) juga menghemat uang.  Sedang adik saya juga piawai membuat baju, boneka, pernak-pernik dompet dll.  Ketrampilan menjahit sebenarnya diturunkan dari ayah saya.  Ayah saya (alm) seorang pensiunan PNS yang senang menjahit baju-bajunya secara otodidak.  Malah ibu saya yang tidak bisa menjahit memakai mesin, jadi kalau ada baju-baju yang sobek Ayah saya yang menjahitnya he..he..


Sebenarnya peluang bisa kita ciptakan bila kita jeli.  Entah itu dari melihat televisi, melihat internet atau dari membaca buku.  Ide-ide cemerlang kita jangan hanya dipendam begitu saja.  Ide kita harus dibarengi keberanian kita untuk merealisasikannya.  Tanpa realisasi, ide kita hanya akan menjadi impian saja. 

Berkaca dari pengusaha muda yang piawai membuat lampion cantik tadi, mari kita menggunakan teknologi sesuai porsinya.  Jangan kita menggunakan internet melulu hanya untuk melihat gosip-gosip, atau hal-hal  yang negatif.  Teknologi bila tidak digunakan sesuai porsinya bisa menjadi bumerang.  Seperti misalnya kasus bullying karena melihat tontonan di internet tanpa pengawasan orang tua.  Tetapi, bila kita menggunakannya sebaik-baiknya peluang akan selalu didepan mata dan kita tinggal menangkapnya.


Salam hangat,










#Inspirasi

Recycle, UpCycle Apa Sih Bedanya ?

Thursday, February 18, 2016

Dear My Readers, Selamat beraktivitas ya... 

Tahu enggak guys kalau tanggal 21 Februari 2016 nanti adalah Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2016 lho.  Sudah pedulikah Anda dengan sampah di lingkungan Anda ?Tentunya sudah ya:). Kereeeen.
Jangan sampai deh kita buang sampah di sembarang tempat.  Selain lingkungan jadi tidak sedap dipandang, juga bisa menjadi sarang penyakit.  Seperti baru-baru ini penyakit Demam Berdarah juga tampaknya sedang booming di hampir seluruh Indonesia terbukti di Rumah Sakit dekat rumah jumlah pasien DB membludak. Anda tentu bertanya-tanya kok saya bisa tahu ? 
Ceritanya begini, ...
Suatu hari anak teman saya hendak dioperasi usus buntu karena mengeluh sakit perut yang amat sangat.  Ketika dibawa ke rumah sakit tersebut, pihak administrasi menyatakan kalau bangsal anak penuh karena menjamurnya sakit Demam Berdarah.  Apalagi beberapa diantaranya sampai memakan korban jiwa.  Prihatin sekali ya.

Sebagai pencegahan awal demam berdarah bisa dilakukan gerakan 3 M plus (ini versi baru lo).  Hampir sama dengan yang dulu (1) menguras bak mandi (2) menutup (3)mengubur potensi sarang nyamuk Aedes Sp yang merupakan penyebar virus dengue penyebab demam berdarah.  Plus yang bisa kita lakukan ini sebenarnya tergantung kreativitas kita dan sudah ada sejak dulu.  Bisa dijadikan plus disini adalah pemberdayaan setiap individu dalam menggunakan daya dan upayanya mencegah "gigitan" nyamuk penyebar virus dengue.  Misalnya dengan menggunakan obat nyamuk, fogging (pengasapan), kelambu saat tidur, menata ruangan dalam rumah sedemikian rupa sehingga cukup terang dan tidak sumpek, sehingga nyamuk tidak memiliki tempat bersembunyi.






Menurut Anda sampah apa sih yang paling banyak di lingkungan kita?  
Kalau menurut saya sampah plastik itu yang paling banyak.  Setuju nggak?  Kalau sampah organik seperti daun-daunan, kotoran binatang mudah sekali terurai oleh alam.  Nah, kalau sampah plastik butuh sekitar 7 tahun untuk mengurainya, dan sekalinya terurai racunnya bisa membuat banyak penyakit seperti kanker misalnya.  Sebagai tambahan, sampah plastik kita selama 7 tahun itu kalau dikumpulkan,  bisa membungkus bumi kita. Wow.


Beberapa waktu lalu di Bandung yang walikotanya Pak Ridwan Kamil, ada wacana untuk diadakan kantung plastik berbayar bagi retail-retail semacam Alfamart, Indomart dll.  Jadi setiap orang yang belanja di retail akan dikenakan charge Rp 500,00 per kantung plastik. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan karena Bandung adalah kota no 1 dengan jumlah sampah plastik terbanyak dan juga untuk mendidik masyarakat mengurangi sampah plastik.  Tapi seperti biasa selalu ada pro kontra.  Saya juga tidak tahu apakah wacana ini berlanjut atau tidak, karena akhir-akhir ini saya jarang lihat tv, seringnya liat buku pelajaran anak saya.  Maklum lagi banyak ulangan hi..hi


Recycle Upcycle Apa sih Bedanya ?

Anda tentunya pernah mendengar istilah recycle.  Bahasa Indonesia nya adalah daur ulang. Contoh konkritnya adalah setiap hari kita buang sampah.  Lebih bagus lagi bila kita mempunyai 2 jenis tempat sampah.  Satu untuk sampah organik, satu lagi untuk sampah an organik. Sampah an organik yang berisi sampah-sampah plastik seperti kantung plastik, botol-botol plastik, kaleng bekas biasanya dibawa oleh pemulung untuk kemudian dijual ke pengepul, dari pengepul dijual ke perusahaan pengolahan limbah menjadi botol plastik dan kaleng yang baru.

Upcycle adalah membuat produk yang baru dari limbah baik itu berupa botol plastik, kaleng, atau kayu dan mempunyai nilai tambah seperti membuat pot dari botol Aqua bekas, membuat kerajinan bunga dari sedotan 
Singkatnya bisa Anda lihat di gambar berikut :


instagram :Bebassampahid






Dengan membuang sampah ditempatnya, recycle, dan upcycle diharapkan Indonesia bisa bebas sampah tahun 2020.  Tentunya ini harus ditunjang juga dengan kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi, baik dari seluruh masyarakat Indonesia dan tentunya Dinas yang terkait, menurut salah seorang pemerhati lingkungan. 

Bayangkan seandainya di tahun 2020 Indonesia bisa bebas sampah seperti layaknya negara maju seperti Singapura, Amerika, Jepang dan negara lainnya sudah pasti kita akan bangga.  Makanya ayo dong kurangi sampah plastik di lingkungan Anda, gunakan tas kain ketika berbelanja dan jangan buang sampah di sungai. 
Semoga ini bisa menjadi inspirasi Anda hari ini.


Image result for jalan di jepang yang bersih
Jalan di jepang yang bersih-google.com

Image result for gambar singapura yang bersih
Sungai singapura yang bersih-doc kompasiana




instagram : Bebassampahid



Mari Wujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020









Jangankan Yang Halal Yang Haram Saja Susah

Wednesday, January 27, 2016

Dear my readers,


Suatu hari yang terik ketika menjemput sekolah si kecil, biasalah emak-emak pada ngerumpi di tempat parkiran termasuk saya tetapi ngerumpi yang positif loh... Begitulah kegiatanku sehari-hari, setelah mengantar makan siangnya kakak (si kakak pulang sore) selanjutnya adalah menjemput si kecil yang pulang pukul 12 siang. Semuanya saya jalani dengan suka cita. Tidak ada kata bosan dalam kamusku karena alhamdulilah saya tipikal orang yang tidak suka terlalu lama berdiam diri terlalu lama di rumah.  Jadi dalam 1 minggu kegiatanku kuisi dengan hal-hal positif seperti mengaji, senam, kadang-kadang juga menjahit seprei,  mukena anak-anak.  Oia satu lagi kegiatanku adalah menulis di blogku ini. Pokoke enjoy aja. 


Karena sering bertemu dengan ibu-ibu penjemput biasanya lalu terbentuk komunitas. Biasanya kita saling sharing anak-anak masing-masing tentang belajar, nilai, dan lain-lain.Nah, waktu itu tanpa sengaja aku mendengar 2 orang ibu-ibu (keduanya aku tidak kenal) yang sepertinya sama-sama punya bisnis yang sama yaitu gas LPG dan air mineral galon merk Aq*a dan terjadilah percakapan :

Ibu A :  Gimana bisnismu bu ?
Ibu B :  Alhamdulilah lumayan. Jenengan ? 
Ibu A :  Sepi bu.  Sekarang Aq*a sering kosong.  Apalagi kalo tidak ada hajatan 
             penjualannya seret. Bisnis sekarang susah bu.  Gong terakhirnya adalah :


"Sekarang ini cari uang halal aja susah bu, apalagi yang haram"


Malam harinya saya cerita dengan suami.  Suami menanggapinya bahwa sebagai ibu kita seharusnya memberikan suri tauladan yang baik kepada anak-anak.  Saya sendiri juga tidak tahu si ibu A tadi konteksnya bercanda atau tidak tetapi meskipun bercanda, kita harus memilih candaan yang baik.  Karena Allah itu sesuai prasangkaan umatnya, dan setiap perkataan mengandung doa.  Jika kita berpikir bisnis kita pada hari ini akan dimudahkan Allah, Allah juga akan memudahkannya dan juga sebaliknya (Hadist). 

Pengalaman lain saya dapat dari seorang teman yang memiliki bisnis berjualan jilbab. Bisnis ini terbilang baru sekali baginya.  Baru satu bulan.  Namun dia selalu menanamkan mindset yang bagus di dalam pikirannya yaitu Ya, Allah berilah aku kemudahan dalam menjalankan bisnis ini.  Alhamdulilah bisnisnya berjalan lancar dan berkembang, tak cuma berjualan jilbab teman saya ini juga memperluas bisnisnya dengan berjualan baju dan sepatu.  Smoga menginspirasi.









    Salam hangat, 


Bisnis Apa Yang Paling Bagus ?

Wednesday, January 6, 2016




Banyak orang yang bertanya-tanya bisnis apa yang paling bagus ?

Image result for gambar orang yang ragu-ragu
google.com

Bisnis yang paling bagus adalah bisnis yang secepatnya dimulai.  
Daripada bingung, yuk mulai bisnis Anda.  Jangan takut gagal.


Smoga Menginspirasi

Ternyata Ada Lho Hari Ayah Di Indonesia

Tuesday, December 29, 2015

Dear temans,


Tanggal 22 Desember kemarin  kita baru saja merayakan hari ibu.  Kakak jauh-jauh hari sudah mengingatkan tentang hari itu.  Mah, tanggal 22 Desember hari ibu lo.  Iya, mama tahu jawab saya.  Mama mau dikasih hadiah  apa ? Mama enggak mau hadiah apa-apa cukup ciuman saja dari kakak dan adik.  Oke lah kalo begitu jawab si kakak.  Terus si kakak bisik-bisik sama ayahnya.  Ayahnya tersenyum.  

Tibalah tanggal 22 Desember.  Hari itu saya lupa sama sekali tentang hari itu, karena  kesibukan rumah tangga.  Jadinya surprise sekali ketika ayah pulang kerja membawakan 2 batang coklat silver queen kesukaan saya.  Tak lupa si Ayah mengucapkan selamat hari ibu ya sayang...begitu juga dengan anak-anak.  Bikin terharu. 


Image result for gambar coklat silver queen
Google.com


Hari itu sudah lewat, tapi terkadang dalam hati saya berpikir kenapa ya tidak ada hari Ayah? padahal jasa Ayah juga banyak.  Setidaknya pengorbanan seorang Ayah juga besar seperti halnya ibu.  Jika saya melihat almarhum Ayah saya  (yang seorang PNS)  bagaimana dia bisa menghidupi 5 orang anak yang gajinya pada waktu itu bisa dibilang kecil.  

Kalo diurut-urut apa saja jasa Ayah kita :
  • Sebagai imam keluarga 
  • Mencari nafkah dari pagi hingga sore hari 
  • Menemani kita belajar
  • Pemberi rasa aman
  • Saya ingat ketika masih kecil berada di rumah jika Ayah sedang bekerja di luar           kota, rasanya rumah kurang aman bila tidak ada Ayah.  Meski ada ibu dan saudara-saudara yang banyak tapi kalo tidak ada Ayah rasanya ada yang kurang.  Sampai sekarang kalo suami belum pulang kantor, rasanya hati juga tidak tenang. 
  • Membetulkan genteng bocor he..he..

Sudah selayaknya kita tak hanya menghargai jasa mulia seorang ibu, tetapi juga Ayah kita. Sayangi Ayah Ibu kita selagi mereka masih hidup.  Ketika Ayah saya meninggal 2 tahun yang lalu terus terang saya merasa kehilangan.  Apalagi saya berumah tangga jauh dari Ayah dan Ibu tidak bisa menemani Ayah saya detik-detik ketika beliau sakaratul maut.  Juga ketika beliau sakit di rumah sakit, tidak bisa menemani di rumah sakit.  Apalagi waktu itu anak-anak masih kecil-kecil. Kehilangan Ayah itu rasanya seperti kehilangan satu kaki.

SSSttt...kawan ada info terbaru ternyata ada juga hari Ayah di Indonesia yaitu tanggal 12 November tapi memang gaungnya tidak semeriah Hari Ibu..tapi ini menjadi kabar baik buat kita semua. Mungkin sudah saatnya kita memberi Ayah kita hadiah dan kecupan kecil. Tentunya beliau akan senang sekali dengan penghargaan kita. 




#cerita inspirasi

Jangan Biarkan Cemas Merenggut Kehidupanmu

Monday, September 21, 2015

Hai, teman-teman semua ? Gimana kabarnya hari ini?Tentunya sudah kangen ya sama saya?  Cieeeeh....
Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas topik yang sangat menarik yaitu tentang kecemasan.  Tentunya semua orang pernah mengalami cemas, misalnya ketika suami tak kunjung pulang dari kantor, anak sudah usia 1 tahun tapi tak kunjung bisa jalan, trus ketika menunggu pengumuman ketrima kerja atau masuk sekolah favorit. Tak ayal semua itu membuat cemas, dag..dig..dug, atau tegang.  Tapi kadar cemasnya masih terhitung normal (seandainya ada alat yang bisa mengukur kecemasan).  

Namun, beberapa orang ada yang memiliki kecemasan tingkat tinggi.  Cemas berlebihan yang sampai bisa mengganggu tidur malam. Agak malu nih, sebenarnya saya juga termasuk orang yang suka cemas berlebihan.  Sebenarnya sudah tahu kalo ini tidak baik untuk kesehatan pribadi namun tahulah mungkin sudah bawaan lahir ya (pasrah).  Salah satu pencetusnya mungkin karena saya dulu memiliki unhappy family. Ayah ibu yang sering bertengkar...ya tak perlu saya ceritakan lebih detil yang penting sekarang saya memiliki keluarga yang happy.  Dengan semakin matangnya usia dan pengalaman, saya menjadi sadar bahwa menjadi orang pencemas itu sangat tidak ada gunanya.  Cemas bisa berujung ke berbagai penyakit lainnya seperti penyakit syaraf atau penyakit jantung.  Jangan habiskan waktu Anda dengan "bercemas ria".  Sedih boleh, tapi jangan berkepanjangan. Berikut ada tips-tips mengatasi cemas yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda semua.




Image result for gambar orang cemas
Kecemasan sumber:google.com

 Tips-tips untuk mengatasi kecemasan :

1.  Banyak-banyak berdoa menjelang tidur, beristighfar.
2.  Banyak-banyak bersyukur akan semua nikmat yang telah diberikan Allah Swt kepada kita  di hari itu  seperti nikmat kesehatan, masih bisa bertemu anak-anak dan teman-teman yang kita sayangi.
3.  Bahagiakan diri Anda sendiri.  Yang paling  tahu banyak tentang diri Anda adalah Anda sendiri.  Orang lain mungkin hanya bisa menasihati ketika Anda dirundung galau atau kecemasan, namun yang terpenting adalah hiburlah Anda sendiri dengan melihat televisi, mendengarkan radio, membaca Al Quran, dan lain-lain.
4.  Put your happy face in the mirror (Pasang muka bahagia di kaca).  Itu juga bisa membantu bila galau Anda sudah tingkat dewa.
5.  Jangan banyak melamun.  Melamun selain membuang-buang waktu Anda juga bisa menyebabkan Anda bisa "kemasukan" jin lo.  Ini nih yang bahaya he...he...
6.  Bicarakan kecemasan Anda dengan orang terdekat seperti teman, suami.
7.  Bila kecemasan Anda sudah akut jangan ragu untuk berkonsultasi kepada ahlinya yaitu seperti ke psikolog, psikiater, atau ke hipnoterapi misalnya 
8.  Biarkan berlalu pasti akan hilang dengan sendirinya tentunya disertai usaha dan doa.

Semoga tips-tips berikut ini bisa menjadi inspirasi Anda dan jangan biarkan kecemasan merenggut kehidupan Anda, semua orang berhak untuk bahagia termasuk Anda.  Cheers....


Ini Kebiasaanku, Apa Kebiasaanmu Untuk Menjaga Bumi ?

Saturday, June 20, 2015

Tak banyak yang tahu kalo tanggal 5 Juni 2015 adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day).  Saya pun tahunya dari acara  Metro TV secara tidak sengaja dan baru sempat ditulis sekarang :). Dari tayangan itu saya menjadi sadar bahwa kita sebagai warga bumi harus secepatnya menyelamatkan bumi supaya kerusakannya tidak bertambah parah.  Lihatlah  video ini :






Dampak kerusakan lingkungan yang mulai kita rasakan sekarang adalah perubahan cuaca yang ekstrim. Cuaca yang  sering berubah-ubah, seharusnya sudah musim panas tetapi kadang tiba-tiba hujan.  Oia saya lahir dan besar di kota Salatiga.  Kota itu terkenal sebagai kota yang sejuk dan dingin.  Namun sudah sekitar 5 tahun ini menurut saya kota ini tak sedingin yang dulu. Tetangga-tetangga saya yang tinggal di dekat rumah juga suka mengeluh kalo Salatiga sumuk/gerah. Dulu sehabis maghrib, orang-orang Salatiga sudah tidak berani keluar rumah sangking dinginnya.  Sekarang jam 8 malampun tetangga-tetangga saya pada keluar dengan keluhan yang sama yaitu gerah (alias sumuk). Selain Salatiga, Semarang juga sekarang lebih panas ketimbang 15 tahun yang lalu.  Ya, 15 tahun yang lalu ketika masih kuliah di kota Semarang, khususnya di daerah Banyumanik cuaca masih dingin dan sejuk.  Sekarang hampir kebanyakan orang di Banyumanik  memakai AC karena tidak tahan panas. Tentunya buat orang yang mampu beli AC dong.  Yang tidak mampu beli ya pakai kipas tangan atau kipas angin he3.  Becanda lo...

Cuaca ekstrim yang kini sering terjadi menurut penelitian, disebabkan oleh pemanasan global.  Pemanasan global adalah peningkatan suhu bumi.  Karena suhu panas orang kemudian beralih ke AC, padahal AC juga turut berperan dalam pemanasan global dengan gas freonnya yang merusak ozon.  Selain itu,  sekarang banyak dijumpai bangunan-bangunan dengan menggunakan kaca seperti gedung pencakar langit misalnya. Padahal kaca mempunyai sifat memantulkan, tidak menyerap panas jadilah bumi semakin panas.  

Nah, sebagai penduduk bumi yang baik kebiasaan-kebiasaan apa yang harus kita lakukan untuk menjaga bumi ini tetap cantik :

1.  Jangan buang sampah sembarangan
     Ini kedengarannya klise, tapi pada praktiknya susah untuk diterapkan.  Sebagai contoh dari lingkup terkecil.  Lingkungan yang dekat dengan kita misalnya taman di komplek saya, sudah ada tulisan Jangan Buang Sampah Sembarangan plus tempat sampahnya.  Masih saja  ada sampah berserakan setiap harinya. Setelah itu kita keluar ke mall-mall, atau tempat-tempat wisata sekaliber Candi Borobudur masih saja ada sampah berserakan.  Rasa2nya sulit untuk menemukan tempat yang benar-benar bersih di negara ini.  Kalo menurut saya, kesadaran  lingkungan untuk orang Indonesia itu masih kurang.  Makanya saya seringkali salut kepada orang-orang yang dengan tangan kreatifnya dapat mengubah sampah plastik menjadi barang yang berguna seperti tas misalnya karena sangat membantu pemerintah dalam masalah sampah.

      Sebagai seorang ibu saya rasa penting bagi kita untuk mengajarkan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Sejak anak saya mulai berjalan, saya disiplin untuk mengajak anak-anak membuang sampah pada tempatnya.  Di mobil saya siapkan tempat sampah begitu pula di kamar anak-anak.  Hasilnya anak-anak jadi disiplin dan bila berada di tempat umum kalo mau buang sampah selalu bertanya "Mah, dimana tempat sampahnya?"
      

2.  Matikan Listrik Bila Tidak Perlu
     Pemerintah sudah gencar untuk mengkampanyekan hemat listrik.  Tapi untuk beberapa orang sangat sulit untuk menjalankannya.  Apakah Anda tahu bahwa listrik lama kelamaan bisa habis dengan sendirinya? Sedangkan kita belum memiliki energi alternatif  optimal untuk menggantikannya.  Beberapa waktu lalu komplek saya sempat byar pet untuk waktu yang cukup lama.  Usut punya usut ternyata karena penduduk komplek semakin banyak yang menggunakan AC sedangkan cadangan listrik mungkin kurang memadai jadilah terpaksa menikmati kegelapan. Alhamdulilah, saya dan suami sudah sepakat kalo pagi lampu-lampu dimatikan.  AC pun nyala kalo malam hari saja.  Selain itu kalo cucian sedikit saya lebih suka memakai tangan, untuk menghemat listrik.

3.  Maksimalkan bukaan, kurangi penggunaan AC
     Bagi Anda yang memiliki rumah dengan lahan yang luas, bisa memaksimalkannya dengan membuat bukaan (jalan keluar masuknya udara) sehingga rumah tidak menjadi pengap dan sejuk.  Ini bisa menjadi solusi buat Anda yang kebetulan tinggal di tempat yang bersuhu panas (dekat pantai misalnya).  Seperti saya, saya tinggal di daerah Klipang, klipang termasuk daerah yang bersuhu panas.  Ketika membangun rumah, saya  membuat banyak bukaan di depan dan di belakang rumah.  Alhamdulilah rumah saya tidak terlalu panas meskipun tetap memakai AC di malam hari, tapi siang hari saya off  tidak memakainya.

Rumah dengan bukaan  (sumber :google.com)

4.  Bersepeda 
     Bila saya berbelanja sayur yang tidak jauh dari rumah dan bisa ditempuh dengan sepeda, saya lebih suka memakai sepeda.  Bersepeda selain menyehatkan juga bisa mengurangi emisi beracun yang biasanya dikeluarkan oleh kendaraan bermotor seperti mobil atau motor.  Sekarang ini, kredit motor dan mobil dipermudah.  Hampir semua orang baik di kota atau desa memiliki alat transportasi yang disebut sepeda motor.  Memang teknologi transportasi itu memudahkan manusia, tetapi ada juga efek buruknya yaitu polusi udara dan juga kemacetan lalu lintas.

5.  Mematikan keran air bila tidak perlu
     Tahukah Anda bahwa menggunakan shower lebih menghemat ketimbang Anda mandi menggunakan gayung.  Hal ini saya tahu dari majalah. Jadi saya kemudian mempraktikkan dengan mengganti gayung dengan shower.  Hasilnya tagihan air saya  menurun.  Makanya bagi orang-orang yang mempunyai usaha kos-kosan saya sarankan untuk menggunakan shower untuk kamar mandi Anda dijamin menghemat air.  Bener lo, karena mertua saya juga punya kos-kosan dan kadang dicurhati.

6.  Memakai ulang plastik kresek belanjaan 
      Biasanya setiap kali kita belanja sayur ke tukang  sayur  kita selalu dapat plastik kresek. Plastik tersebut saya simpan dan saya pilah-pilah.  Yang masih bagus dalam artian tidak bau amis ikan saya simpan dan kumpulkan.  Kemudian setelah jumlahnya mencukupi, saya kasihkan ke tukang sayur langganan saya.  Dia senang sekali bila saya kasih kantong plastik bekas tersebut karena bisa menghemat uang untuk membeli plastik.


Ini adalah sekelumit kebiasaan saya yang semoga bisa sedikit mengurangi kerusakan lingkungan  kita.  Bagaimana dengan Anda ?  



Seven Billion Dreams, One Planet, Consume with Care-World Environment Day 2015

  
#cerita inspirasi

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS