Jangan Spam Dong

Monday, August 24, 2015

Saya adalah newbie blogger. Baru satu tahun ini belajar menulis.  Ternyata menjadi blogger itu ternyata asyik juga ya  buat mengisi waktu luang saya sebagai seorang ibu rumah tangga sejati. Selain kegiatan lain saya seperti menjahit seprai, mukena anak, korden anak-anak. Ketika kedua anak saya sekolah, di rumah menjadi sepi, daripada mengisi waktu dengan melamun mending menulis saja kalo pas menjahit sepi.
Sudah sejak SMP saya suka menulis apa saja seperti puisi, cerpen sesekali dikirimkan ke sebuah majalah remaja waktu itu tapi tidak pernah dimuat.  He..he..
Ada sebuah kenangan yang tak terlupakan berkaitan dengan menulis yaitu pas SMP iseng ikut lomba menulis yang diadakan oleh kantor kakak saya dan mendapat hadiah jam dinding warna kuning.  Jam dindingnya masih ada lo sampai sekarang.  Walau cuman dapat jam tapi hepi banget. 


Image result for spam
Sumber : google image

Banyak cerita yang bisa dirajut dengan menjadi blogger, diantaranya bertemu dengan banyak teman, mendapat banyak ilmu, juga nilai yang lainnya menjadi blogger kita jangan putus asa.  Dulu pas awal-awal nulis blog kalo tidak ada yang komen dan baca trus males nulis lagi.  Kalo sekarang sih tetapi berpikir optimis dan tetap saja blog walking siapa tahu next time ada yang komen dan berusaha untuk membuat postingan yang berkualitas.

Blogwalking itu juga  menyenangkan, kita bisa tahu karakter blogger-blogger lain, terus kita semakin terpacu untuk menulis lebih baik lagi serta memperbaiki tampilan blog kita.  Tapi adakalanya ada batu sandungan juga ketika blog walking.  Eh, sudah komen baik-baik dan sesuai dengan isi masih juga kena spam.  Apa itu spam? Kata spam merupakan istilah atau kosakata di dunia internet.  Tahun 1998, Kamus Oxford menambah definisi spam yaitu "pesan tanpa arti atau tidak pantas dikirim ke internet pada sejumlan news group atau pengguna."  Dalam bahasa Indonesia belum ada terjemahan yang pasti tentang kata spam dan tidak termasuk kosakata bahasa Indonesia.
Contoh kecilnya  adalah pengalaman saya beberapa waktu yang lalu ketika blog walking ke sebuah blog yang tak perlu saya sebutkan.  Ketika blog walking saya selalu menekankan diri saya untuk berkomentar sesuai konten kalaupun tidak lebih baik tidak komen.  Seperti waktu itu saya sudah berkomentar baik-baik dan sesuai konten dan apa jawab pemilik blog sungguh di luar dugaan :  Trims gan.

Setelah itu saya jadi males untuk blog walking ke blog itu.  Kapok.  Sudah jelas kan? Kalo kita melakukan spam, kita jadi rugi sendiri.  So, jangan pernah coba-coba untuk melakukan spam ya.  Berkomentarlah yang berkualitas yang sesuai konten blog atau kalo tidak lebih baik tidak usah komen.  


#cerita Tips Blogging

24 comments:

  1. Oke Gan...

    hahahaha,,,

    spammer emang ga kapok2 ya mbak

    ReplyDelete
  2. hihiiii aku juga sebisa mungkin komen sesuai yang dibahas bukan sekedar kalimat pendek kalau bisa, hihihi...
    karena kadang yang bikin nyebelin selain spam adalah yg ga baca postingan langsung komen ato cuma liat foto...
    samaan pemikiran kita mb

    ReplyDelete
  3. Hhahaha trims gan... :D
    asli ketawa teh baca tulisan ini, berantas para spammer :D

    ReplyDelete
  4. Hmmm benar banget 0.o Memang jadinya sebel maksimal kalau ada spam semacam itu, bikin mood langsung drop ke angka -0 (apatoh).
    O iya, sejujurnya baru tahu definisi spam dari artikel mbak, eh mbak atau emak ya (KEB) ??? *bingung* hihi ^_*"V

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak atau emak gpp. iya mksh sudah berkunjung y mbak

      Delete
  5. Uda sembuk mak?

    Saya agak bingung dengan maksudnya spam, spammer di blog biasanya lebih mengacu ke komen-komen "iklan" atau jualan yang bener-bener ngga sama konteksnya dengan isi tulisan. Tapi ini kan mbak Ningrum kasi komen ke salah satu blog terus penulisnya kasi respon balik "Trims, gan," gitu?

    "Seperti waktu itu saya sudah berkomentar baik-baik dan sesuai konten dan apa jawab pemilik blog sungguh di luar dugaan : Trims gan."

    Em, kenapa dianggap spam?

    Apakah kemungkinan komen mbak Ningrum hanya pernyataan membangun dan bukan pertanyaan makanya umpan baliknya seperti itu? Biasanya istilah "gan" itu informal sih, dan bisa jadi dia ngga tau mbak Ningrum itu wanita kali - dan mungkin juga si pemilik blog ngga terlalu "aware" dengan komentar-komentar di blognya. Tapi kalo menurut saya pribadi sih, kayak gitu bukan spam juga - hanya reaksi yang "kurang perhatian" hehehe...

    Sorry lho kalau misalnya saya salah ngeliat situasinya ^^ keep blogging ya..

    ReplyDelete
  6. nah iya ,, spammer kadang menyertakan link di dalam komentarnya . bikin sebel ..saya selalu hapus komentarnya kalau dia cuma bilang "makasih ya" gitu doang .. kadang ga kapok dia komentar suplemen blablabla lah .. harusnya kalau jualan ga gitu juga ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh mbak putri sudah berkunjung iya mbak betul :)

      Delete
  7. eh begitu ya, saya kalo komen nggak ngecek lagi di jawab apa tidak, tapi komen di blog saya sekarang di moderasi selalu, biar nggak ada komen yg tidak-tidak, kayak iklan obat atau togel...

    ReplyDelete
  8. Fenny juga sering "black list" spammer :D

    ReplyDelete
  9. Hihi, aku kok kurang suka dengan bahasa "Gan" itu ya mbak :p Blognya di moderasi aja mbak, jadi spam langsung masuk folder spam :)

    ReplyDelete
  10. iya mbak nanti tak moderasi aja ya ...mksh komennya

    ReplyDelete
  11. iya di blog aku juga banyak yang sukses ya gan, terimakasih gan :@ angry bird datang hehehe bikin bete banget jadinya ...

    ReplyDelete
  12. komentar saya sebetulnya kurang lebih sama dengan Noniq *udah diwakilin hehehe* Tapi kalau ada yang komen gitu di blog saya suka saya lihat dulu siapa yang komen. Kalau tukang obat biasanya langsung saya delete :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimksh mak sudah berkunjung n mksh masukannya :)

      Delete
  13. Hahaha, pasti sakitnya tuh di sini .... Tapi gimana pun juga sifat tiap orang kan beda. ;)

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS