Belajar Dari Mak Irits

Monday, August 10, 2015

Saya sangat mengagumi dengan negara Jepang. Meskipun negara tersebut telah menjajah Indonesia selama 3.5 tahun tapi saya tidak mendendam lo. Saya hobi banget baca. Sedari kecil saya sangat menyukai komik-komik buatan Jepang seperti Miss Modern, Hagemaru, Candy-Candy, Doraemon dll. Dulu sih seringnya pinjem ke persewaan buku . Waktu itu saya masih SMP masih culun banget. Kalo berangkat sekolah dikucir dua.  Jerawatan. Biasalah puber  hi..hi..


Yang kusuka dari komik Jepang itu pasti ceritanya bagus-bagus dan lucu.  Lucunya itu bener-bener natural.  Matanya gedhe. Baju-bajunya yang chic dan modis. Komik Indonesia masih jarang waktu itu.  Kalopun ada ya yang ceritanya tentang silat-silat. Saking cintanya dengan komik Jepang, saya punya obsesi ingin sekali pergi ke negara Jepang.  Karena kabarnya negara tersebut dengan pemandangan pegunungannya yang cantik, tingkat kebersihan lingkungannya yang tinggi, disiplin dan orang-orangnya pekerja keras.  Semoga suatu saat nanti impian tersebut bisa jadi kenyataan. Amien...





Bagaimana dengan komik-komik Indonesia? 

Komik Indonesia juga tak kalah bagus.
Banyak animator-animator muda berbakat yang bermunculan di Indonesia.  Salah satu komik Indonesia yang baru-baru ini saya kenal adalah Mak Irits. Mak Irits diilustrasikan sebagai seorang ibu rumah tangga yang mempunyai moto "Cinta gratisan, Potongan Harga dan Beli Satu Dapat 5.  Siapa sih yang tidak suka gratisan? Saya juga suka lo. Komik ini mewakili kisah nyata emak-emak seluruh Indonesia yang berjibaku mengatur roda perekonomian biar tidak defisit. Komik ini bisa dibaca untuk semua kalangan lo, tak hanya emak-emak, buktinya anak saya yang berumur 10 tahun aja bisa terkekeh-kekeh ketika membaca komik ini.  Penulis komik ini adalah seorang ibu muda yang aktif menulis di blog yaitu Mbak Rahmi Aziza.  Sempet ketemu lo di bukber KEB 2015 kemaren tapi lupa minta tanda tangan he..he..








Komik Mak Irits 
Mak Irits yang ngirits

Belajar dari Mak Irits

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dengan membaca komik Mak Irits. Mak Irits digambarkan sebagai seorang emak-emak yang suka ngirit sana sini, demi memutar roda ekonomi keluarga.  Mengirit atau menghemat itu adalah sikap yang baik di tengah kehidupan  sekarang lebih hedonis dan konsumtif. Bahkan dalam kehidupan nyata, baik kita sebagai ibu rumah tangga atau bekerja bila  tidak pandai mengatur ekonomi seperti menghambur-hamburkan uang atau membeli barang-barang yang  tidak perlu, itu bisa mengganggu kestabilan ekonomi keluarga.  Pernah suatu ketika, ibu saya bercerita tentang teman ayah yang sampai detik ini belum memiliki rumah mengontrak sana-sini, kemana-mana ditagih debt collector  dikarenakan beliau memiliki gaya hidup yang bermewah-mewahan tidak mengukur kemampuan.  Dalam peribahasa dikatakan "Besar Pasak Daripada Tiang".  Hal ini patut disayangkan  karena biasanya ketika usia kita sudah tidak lagi muda seharusnya kita sudah matang dalam hal finansial seperti memiliki rumah, mobil (kalo bisa) atau investasi-investasi lainnya.  

Saya rasa penting juga sebagai ibu rumah tangga untuk tidak sepenuhnya mengandalkan keuangan kita kepada suami.  Apalagi bila kita sebelumnya adalah wanita pekerja.  Menjadi ibu rumah tangga tak hanya harus piawai di dapur, kasur dll......tapi amat bagus apabila kita juga bisa membantu ekonomi keluarga.  Misalnya bila kita memiliki ketrampilan di bidang menjahit kita bisa mengoptimalkannya dengan menjahit baju orang lain, membuat seprei atau membuat mukena anak dll.  Atau kita pintar menulis, kita bisa menjual kemampuan menulis kita orang lain. Hasilnya, selain mendapat uang kita juga mempunyai kepuasan pribadi karena bisa membantu suami.  Minimal bisa buat tambah-tambah jajan he3.

Komik Mak Irits adalah salah satu dari karya anak bangsa yang patut untuk diapresiasi. Komik ini bisa menjadi sentilan kepada kita dalam kehidupan sehari-hari untuk lebih pandai mengatur keuangan sehari-hari. Lebih baik mengirit daripada mengutang.               Iya kan ? Salut untuk Mbak Rahmi Aziza, semoga selalu berkarya.
   


#Review Produk

23 comments:

  1. Saya suka juga baca komik Mak Irits (tapi blom ada bukunya #terus-dijitak) - bacanya langsung dari blog. Hahaha, itu memang ngena banget deh sama kehidupan nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kmrn aku beli ternyata memang menghibur ^_^ ceritanya emak2 bgt

      Delete
  2. mak, saya juga hobu gambar komik diantaranya sudah saya upload di blog, sayangnya belum ada penerbit yang mampir n taken kontrak karya saya huhhu
    kalo komik mak irit ma saya suka banget gambarnya lucu lucu, keseharian saya banget rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja trs mbak gambarnya...tetap semangat bikin komiknya...siapa tau ada yg ngelirik

      Delete
  3. cara yang benar menikmati komik mak Irits ya...pinjam sama yg dah punya...gak perlu beli sendiri komiknya,,,heheh...pinjem sinih.. ^_^

    ReplyDelete
  4. Wah itu yg bkin ketawa barang dagangan sblm laku dipake dulu...bollleeeehhhh hahahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh mak dah mampir...he3...mb tambah cakep lo pk hijab

      Delete
    2. alhamdulillah...makasih mba prana :)

      Delete
  5. Aku baru tau ada komik beginian. Maklum jarang ngelirik komik Indonesia, hehehe...
    Boleh banget nih pinjem, mak. Ahahaha...
    Kan biar irit, mak. Wkwkwkkwwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini mbak tak pinjemi...tapi kerumahku ya he3...

      Delete
  6. Waaa anaknya suka juga ternyata. Gimana dek, Mak Irits mirip mama ngga kelakuannya? Hihihihi. Makasih ya mba reviewnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata adek :mamanya agak miriplah sedikit2 kyk mak irits..kan hemat pangkal kaya mbak he3. iya mbak sama2

      Delete
  7. menarik juga sepertinya dari judulnya juga udah keren Mak Irits, udah gitu mottonya top banget "pecinta gratisan" mungkin kira kira kalo ada yg gratis kenapa harus beli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. penginnya sih mbak semuanya gratis ya di dunia .....nanti g ush nyetak uang ya mbak he3..becanda lo

      Delete
  8. hihihi mak irits memang seruu...suka nampol aja gitu bacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..sehari langsung selesai.buat hiburan emak2 kyk kita nie..mksh dah mampir ya mbak :)

      Delete
  9. pengen deh baca komik nya mak irits... aku belum tahu cerita nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli aja mb di toko2 buku terkemuka di indonesia, gramed ada mungkin ...atau twit aja ke mbak rahmi aziza

      Delete
  10. Aku belum punya. Wajib beli nih kayanya. :D

    ReplyDelete
  11. Aku baca dari blog ato poto di fbnya Mak Irits aja udah ngakak, gimana baca komik benerannya ya Mak. Guling2 di lantai kayae hihihihi

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS