Yuk, Kepoin Mbak Kanianingsih, Blogger dengan 4 Blog

Sunday, April 24, 2016

Mbak Kania dan Jagoan-jagoannya -Courtesy Mbak Kanianingsih


Assalamu'alaikum wr.wb.

Dear my readers, 


Banyak praktisi bisnis mengatakan bahwa kita harus berfokus pada satu hal untuk kesuksesan usaha. Namun, teori ini tidak berlaku dengan teman blogger kita saat ini yaitu mbak Kanianingsih, seorang ibu rumah tangga dengan 2 orang anak yang masih kecil. Beliau memiliki blog yang berjumlah 4 dan masing-masing blognya selalu menyajikan sesuatu yang brand new alias fresh from the oven, dan tetap eksis. Blognya ada yang bernuansa Parenting, Kuliner, Review Buku dan gado-gado. Dua diantaranya telah berdomain sendiri yaitu www.petualanganzara.com dan www. rumahmayakania.com..Jika Anda penasaran dengan isi blognya mbak Kania, bisa ulik-ulik di alamat di atas ya. 

Saya terkadang heran ya, gimana caranya mbak Kania membagi-bagi waktu antara menulis blognya yang 4 itu, dengan kesibukan rumah tangga yang juga cukup menyita perhatian. Saya aja yang cuman satu, terkadang 3 hari sekali baru posting ihiks....
Sementara mbak Kania, kalau saya liat dari tanggal-tanggal postingannya. Produktif sekali. Beliau kayaknya sehari sekali posting...saluut deh.

Karena keproduktifan dan kualitas tulisannya yang kece maka tak heran pada bulan April Mbak Kanianingsih dianugerahi penghargaan sebagai Blogger of the Month dari KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger).  Doain ya, semoga saya juga suatu saat nanti menyusul jejak Mbak Kania *uhuk* (bermimpi dulu ga papa ya?mimpi itu perlu lo)
Tak hanya produktif dalam menulis, mbak Kania juga telah menerbitkan banyak buku lo. 

Penasaran dengan sosok mbak Kania, maka tergerak hati saya untuk melakukan wawancara kecil-kecilan.  Kebetulan beliau sudah lama menjadi kontak saya di twitter dan sudah saling follow blog masing-masing. Berikut kutipannya :

Selamat malam mbak Kania, apa kabarnya ?Selamat ya mbak dengan penghargaan Blogger of The Monthnya
Alhamdulilah baik. Terima kasih mbak.

Bisa diceritakan mbak sejak kapan ngeblognya?
Ngeblognya sendiri sudah lama sejak awal tahun 2000an, dimulai dari friendster.  Saat friendster beralih ke Multiply seterusnya menggunakan Blogger. Sejak ikut komunitas KEBlah jadi semangat ngeblognnya.

Sudah lama ya mbak ngeblognya, terus gimana ceritanya kok bisa blognya 4?
Waktu lagi semangat ngeblog, sehari bisa bikin lebih dari 1 tulisan.  Seorang blogger senior (Pakdhe Abdul Kholik) mengatakan,  kalau  semangat menulis bikin aja lebih dari 1 blog.  Akhirnya, saya bikin blog lagi untuk resep makanan, review buku, parenting dan satu blog gado-gado. Supaya sesuai dengan niche blognya.
Semua awalnya gratisan, yang domain pribadi cuman 2  yaitu www.petualanganzara. dan www. rumahmayakania.com.

Apa saja sih tips ngeblog dari Mbak Kania, mengingat mbak Kania juga sibuk sebagai seorang ibu rumah tangga yang juga cukup menyita waktu?

1.  Luangkan dalam sehari menulis walau sedikit.
2.  Kondisikan suasana yang mendukung untuk menulis misalnya :
  • Saat hening saat anak dan suami pergi bekerja.
  • Pagi hari biasanya otak masih segar untuk berpikir.
  • Saat semua pekerjaan rumah telah selesai, sehingga tidak terganggu oleh pemandangan rumah yang berantakan.
  • Mandi sebelum menulis
  • Sediakan teman ngeblog yang bisa menyegarkan badan, saya suka jus tapi lebih seringnya ngopi.
3.  Ceritakan kegiatan ngeblog kepada keluarga, agar mereka mengerti waktu mereka dipakai (walau mungkin  mereka tidak sepenuhnya mengerti), setidaknya mereka tahu apa yang kita lakukan di depan laptop atau komputer.

Tipsnya asyik banget nih mbak (*siap laksanakan*), oia pernah tidak sih keluarga terutama suami dan anak-anak komplen dengan kesibukan ngeblog Mbak Kania?

Saya boleh menggunakan komputer dan internet di rumah itu adalah bentuk dukungan keluarga. Tetapi untuk undangan event blogger memang saya batasi, disesuaikan dengan kondisi suami apakah bisa menjaga anak-anak atau tidak. 

Iya sempet juga anak-anak dan suami komplain, biasanya kalau ada lomba yang akan diikuti dan butuh riset, otomatis saya harus cari bahan referensi dan lama di depan komputer.  Bentuk komplainnya, internet dibatasi pemakaiannya, kalau anak-anak langsung bilang dan marah-marah he..he..

Lucu juga ya mbak, anak-anakku juga kadang komplain kalau aku kelamaan di depan laptop. Pertanyaan terakhir mbak, apa harapan mbak Kania ke depan semisal keempatnya mau dibuat domain sendiri atau mau bikin blog yang kelima mungkin :)?

Harapannya bisa terus menulis blog sambil terus mengurus keluarga. Menulis Blog merupakan hobi yang menyenangkan, syukur-syukur kalau bisa menghasilkan rejeki untuk membantu ekonomi keluarga.


Oke, Mbak Kania, terima kasih waktunya dan sukses dengan tulisan-tulisannya ya, salam untuk keluarga.
Sama-sama mbak terima kasih juga.



Demikian wawancara singkat saya dengan Mbak Kania via WA, semoga Anda bisa mengambil manfaatnya.  Kayaknya tukang sayurku sudah lewat tuh, takut kehabisan.  See you soon.  Tunggu postinganku berikutnya ya.


Salam hangat,























11 comments:

  1. Wuaaa keren... aku bulan ink ngeblognya lagi menurun..tiap.malam kalo.anak bonok ikuta dech...salut sama Mbak Kania...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..sama aku ngeblognya masih que sera sera...kdang malam kalo si kecil tidur ikutan tidur

      Delete
  2. Makasih mba :) yuk semangat ngeblog bareng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..aku masih harus banyak belajar dari mbak Kania nih..

      Delete
  3. semangat ngeblog untuk sharing pengalaman :)

    ReplyDelete
  4. Inspiratif bu :)
    Saya juga punya beberapa blog.. tapi yang sering update cuman 2 saja...
    salut dech buat ibu kanianingsih... plok plok plok.... keren :)

    ReplyDelete
  5. 4 blog dan sering update, wuaaah sesuatu..semangat ngeblognya saya masih kembang kempis #hiks

    ReplyDelete
  6. Mba Kania mantab ya, blognya 4, saya satu aja masih suka males nulis wkwkkwk

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS