Sehari Jadi Pak Jokowi, Ngapain Aja Ya?#WorthyStory

Wednesday, April 13, 2016


Image result for gambar pak jokowi
Yang terhormat Bapak Ir. H. Joko Widodo

Assalamu'alaikum wr.wb.

Dear my readers, jumpa lagi.


Lagi blank tidak punya ide nulis, tiba-tiba terdengar  ringtone syahdu dari WA group komunitas menulisku (Komunitas Gandjelrel)  yaitu tentang info lomba menulis..ya pastinya girang tidak kepalang dong.  Apalagi, topiknya tidak jauh-jauh dari kita yaitu apa yang akan kita lakukan, jika  diberi kesempatan sehari menjadi presiden kita sekarang yaitu Bapak Ir. H. Joko Widodo, ST.  Tentunya  untuk menuju  Indonesia lebih baik.


Sudah dari dulu saya mengagumi sosok Bapak Ir. Jokowi, semenjak beliau terpilih sebagai Gubernur Jakarta. Publik di luar negeri mengenalnya sebagai politisi yang "bersih", sederhana, dan merupakan presiden termuda pertama yang terpilih oleh rakyat Indonesia. Meski gebrakan-gebrakannya sering menimbulkan kontroversi, namun tak ayal Bapak Presiden Jokowi merupakan salah satu pemimpin yang diperhitungkan dalam percaturan politik internasional dan namanya  sering disejajarkan   dengan pemimpin Amerika Serikat sekarang yaitu Barrack Obama.  

Gebrakan-gebrakan apa saja yang telah dilakukan oleh Bapak Jokowi : 
  • Membangun pasar tradisional baru - termasuk pasar barang antik dan pasar peralatan rumah
  • Membangun  trotoar untuk pejalan kaki selebar 3m semacam pedestrian,  di sepanjang jalan utama Surakarta
  • Revitalisasi taman Balekambang dan Sriwedari
  • Peraturan ketat tentang menebang pohon di sepanjang jalan-jalan utama kota
  • Rebranding Surakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa dan pariwisata bawah tagline " The Spirit of Java "
  • Mempromosikan kota sebagai pusat pertemuan , insentif , konvensi dan pameran (MICE)
  • Budaya blusukan , cara di mana Jokowi melakukan kunjungan mendadak ke daerah-daerah tertentu untuk mendengar langsung dari kebutuhan orang-orang dan kritik mereka
Keren ya gebrakan-gebrakannya Bapak Jokowi. senang

Kadang  terngiang dalam pikiran-pikiran saya tentang hal-hal konyol seperti di bawah ini :

  • Indonesia kan luas banget ya dari Sabang sampai Merauke, pastinya dong masalahnya tidak hanya 1, 2 pasti masalahnya seabreg. Kira-kira Bapak kita ini bisa tidur tenang tidak ya sehari-harinya??
  • Kira-kira bisa tidak ya jalan-jalan/wisata tanpa bodyguard?
Bagaimana dengan Anda sempat terpikir seperti itu tidak?

Kalau menurut saya pribadi di pembangunan di era Pak Jokowi udah lumayan berhasil itu ditunjukkan dengan suku bunga bank yang turun, rupiah yang semakin menguat serta perbaikan-perbaikan di semua departemen salah satunya departemen agama yaitu  tentang penyelenggaraan haji, juga citra kita yang naik di mata publik dunia karena berani menenggelamkan kapal-kapal yang melanggar batas perairan di Indonesia oleh Menteri Perikanan dan Kelautan ibu Susi Pudjiastuti. Keberhasilan Pak Jokowi ini patut diapresiasi meski belum 100% sempurna dikarenakan begitu banyaknya masalah yang ada di Indonesia..  

Sesuai dengan tema lomba diatas, maka apabila saya diberikan kesempatan sebagai Bapak Jokowi dalam sehari untuk Indonesia lebih baik maka saya :

1.  Memperbaiki sistem pendidikan Indonesia, menurut saya pelajaran di Indonesia itu terlalu banyak seperti ada sejarah, ips, pkn  yang pelajarannya hampir-hampir mirip menurut saya digabung saja biar tidak terlalu banyak, supaya ketika tes tidak terlalu banyak bahan.  Selain itu sebentar lagi kita akan menghadapi MEA saya rasa penting untuk memasukkan  dan menambah pelajaran bahasa Inggris jam pelajaran ke sekolah-sekolah negeri supaya tiba saatnya kita sudah siap menghadapi MEA.

2.  Menurut saya percuma jika kita mempunyai ilmu tetapi tidak diamalkan dalam kehidupan sehari-hari contohnya tentang Bahasa Inggris.  Saya melihat banyak anak Indonesia yang mempunyai kemampuan lebih di bidang bahasa Inggris namun tidak dipraktikkan seperti belajar berkomunikasi sehari-hari dalam bahasa Inggris antar teman, atau di lingkup terkecil keluarga.  Kalau di sekolah swasta mungkin sudah dimulai ya.  Tetapi yang di sekolah negeri sudahkah?

3. Memperbaiki sistem pertelevisian di Indonesia agar tidak terlalu sering menayangkan gosip dan sinetron-sinetron yang kurang mendidik.  Saya terkadang heran gosip di Indonesia sudah menjadi komoditas dan dikomersilkan bahkan ada penghargaan khusus. Menurut saya entertainment itu penting murni sebagai hiburan tetapi jangan terlalu sering karena sehari bisa 2-6 kali. Curhatan ibu-ibu nih he..he..

4.  Memberikan kemudahan kredit, memberikan subsidi BBM dan alat-alat pertanian,  untuk para petani dan nelayan.  Saya sering melihat di TV betapa nasib petani dan nelayan kadang memprihatinkan.  Sulit mendapatkan solar, pupuk mahal.  Padahal kita sehari-hari tergantung dengan mereka.  Jika tidak ada nelayan dan petani, kita akan makan apa?  Kalau bisa kita jangan mengimpor beras terus, betul tidak? 

5. Menambah perbaikan  jalan-jalan di seluruh Indonesia untuk distribusi ekonomi.  Menurut saya Ini penting karena kalau jalan bagus maka kegiatan ekonomi akan berkembang dengan baik.  Saya beri contoh Papua.  Oia adik saya rumahnya di Papua.  Dia sering bercerita kalau harga-harga di Papua semua mahal mulai dari sayuran, sandang, apalagi papan. Semuanya dua kali lipat harga di Jawa. Itu dikarenakan banyak jalan di Papua yang rusak, satu-satunya alat transportasi adalah menggunakan pesawat, dan pesawat bahan bakarnya mahal.  Alhamdulilah, adik saya dan keluarganya masih bisa membeli semua kebutuhan pokok tetapi mereka-mereka yang ekonominya di bawah kan kasihan sekali ya. 

Demikian hal-hal yang akan saya lakukan apabila diberi kesempatan sehari menjadi Bapak Jokowi, bagaimana dengan Anda?


Salam hangat, 






26 comments:

  1. Waaaah keren emang presiden kita. Aku termasuk yang kagum sama beliau, karena kesederhanaannya. Enggak peduli deh haters bilang itu rekayasa. Bener juga suku bunga menuru, dolar juga stabil. Kemarin itu susah loh, dolar bisa nembus angka 16, sampai ada paradoks bakal nembus 17 lebih ketika ultah RI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak rupiah sekarang sudah menguat kembali

      Delete
  2. Hhhmmm..mau ngapain ya? Ga mau ah kayanya jd presiden indonesia mumet byk yg harus diurus hehhehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..sama mbak...mikir anak aja udah pusying y mbak he..he..

      Delete
  3. membuka komunikasi online dengan para petani mungkin?
    Pastinya aku setuju dengan penertiban acara tv. Tapi masalahnya ada buanyak segudang masalah lain yang sudah menanti untuk dibenahi... *untunglah bukan saya presidennya....loh, apa sih?*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ide yang bagus nih mbak...tapi petaninya harus ditraining dulu ya ...pusing jadi presiden he..he..

      Delete
  4. Suka banget yg memperbaiki pertelevisian Indonesia mak, saya sendiri sekarang kdg g minat banget buat nonton TV mak karena acaranyaaaa g mendidik banget lbh suka nonton berita ajaa disalah satu stasiun TV hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sukanya liat berita aja mbak, salam kenal ya

      Delete
  5. Kalo aku jadi Jokowi? aku pengennya harga2 diturunkan tapi gaji naik..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga maunya gitu...tp sekarang kalau gaji naik pasti harga2 sudah naik duluan ya mbak :) hbs itu susah turunnya lagi

      Delete
  6. Kalau aku jd pak jokowi,, aku mau makan markobar sepuasnya.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. penggemar martabak ya mbak...markobar kan punya anaknya pak jokowi ya ?

      Delete
  7. gak mau jadi presiden... serba salah diprotes melulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak g enak ya diprotes terus..serba salah ...he..he....

      Delete
  8. Kalau saya harus pilih jadi menteri keuangan saja mbak Ningrum, supaya uangnya banyak dan bisa beli apa saja haha ngawur ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..iya paling enak jadi rakyat biasa aja deh

      Delete
  9. Hm..mau ngapain ya, klo ada kesempatan jd Jokowi?? Eh, cuma sehari, lagi! Sik..sik mbak..tak mikir ndisik..hehe..
    Semoga sukses di lomba ini ya mb Ningrum :)

    ReplyDelete
  10. Memperbaiki sistem pertelevisian Indonesia, aku setuju banget. TV indonesia memang kebanyakan programnya ngga memberi edukasi untuk penontonnya ya Maaak, apalagi anak-anak. Huhuhu

    ReplyDelete
  11. kalo saya mimpin diri sendiri aja masih belum sempurna mbak..makanya minta dipimpin suami hehehe..

    ReplyDelete
  12. Waduh dulunya saya tidak memilihi bapak jokowi jadi mungkin saya tidak mau ngapa2in mbak, menjadi diri sendiri aja mbak :)

    ReplyDelete
  13. Jadi presiden berat banget tanggung jawabnya, mending jadi ayah dari anak-anak kamu, halah apa sih ini :D

    Tapi, Pak Jokowi pun udah semaksimal mungkin kok dalam membenahi Indonesia, banyak yang nyata cuma ya gitu kebanyakan orang hanya melihat yang jelek. Sedih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setuju banget...ga usah dengerin haters ya pak jokowi

      Delete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS