Luka Kena Knalpot? Jangan Diberi Lidah Buaya

Friday, April 22, 2016




Assalamu'alaikum wr. wb.

Dear my readers,


Anda yang berkulit sensitif sebaiknya berhati-hati dengan penggunaan obat yang tidak direkomendasikan oleh dokter. Bagi kebanyakan orang memberi lidah buaya pada luka bakar atau luka knalpot akan sangat membantu penyembuhan, namun tidak bagi orang yang berkulit sensitif seperti saya.

Baca juga postingan berikut : Dilarang Ghibah Saat Bermotor 

Apa saja sih ciri-ciri kulit sensitif? Tentu Anda ingin tahu bukan.  Berikut saya tuliskan ciri-ciri kulit sensitif yang saya ambil dari  www.femina.co.id , let's check it out.

Ciri-ciri kulit sensitif :

  1. Mudah bereaksi dengan faktor lingkungan seperti sinar matahari, polusi, cuaca dingin dan bahan-bahan kimia yang terdapat pada kosmetik atau perlengkapan mandi.
  2. Kulit sensitif ditandai dengan iritasi, rasa menyengat, gatal, rasa seperti terbakar dan kencang.
  3. Perhatikan kondisi kulit Anda di siang hari.  Bila kulit terlihat bersisik dan sangat kering, kemungkinan besar Anda termasuk jenis kulit sensitif.
  4. Biasanya, noda yang ada pada kulit seperti bekas luka, vlek hitam, atau bekas jerawat sukar dihilangkan.
  5. Kulit tampak sangat tipis sehingga garis-garis halus pembuluh darah terlihat jelas.
  6. Setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah dan mengeringkannya dengan handuk wajah tampak memerah selama beberapa saat.  Hal ini karena kulit sensitif sangat peka terhadap tekanan sekecil apapun.
  7. Sering terkena alergi seperti gatal, vlek dan jerawat 
Setelah luka knalpot saya beri lidah buaya memang terasa adem, namun setelah itu ada sensasi lainnya seperti tertera pada nomer 2. yaitu tambah melepuh, rasa iritasi, menyengat, gatal, rasa seperti terbakar dan kencang. Saya sendiri baru tahu jenis kulit saya ternyata sensitif setelah berkonsultasi dengan bu dokter cantik dan baik, sebut saja bu dokter Ayu, di sebuah Klinik. Karena, selama ini saya menyangka kulit saya normal-normal saja, memang sih gampang jerawatan.

Sebelumnya, sudah 2 hari saya tahan rasa itu, toh nanti bisa sembuh sendiri pikir saya. Ternyata, malam hari kadang saya sampai tidak bisa tidur karena menahan gatal dan nyeri.
Mungkin karena iba melihat saya, dan juga luka lebam-lebam yang lumayan besar, akhirnya suami membawa saya ke dokter. 

Setibanya disana.
Bu Dokter  :  "Bu, besok lagi jangan diberi lidah buaya ya.  Kulit ibu sensitif nih."
Saya          :  "Iya bu, saya juga menuruti saran teman aja bu. Soalnya banyak yang cocok.
Bu Dokter  :  "Iya bu, bagi yang kulitnya tidak sensitif memang cocok. Tetapi bagi yang kulitnya tidak tahan seperti ibu, justru akan memperparah karena lendir dari lidah buaya itu sifatnya keras.
Saya: "Oh, begitu ya bu dokter."
Bu Dokter : "Iya. Ini saya kasih salep dulu ya. (Hi..hi..lupa tanya salepnya namanya apa)

Oia baru inget juga nih,  dulu pernah ada produk kosmetik yang ngehits dari Swedia, hampir semua teman saya memakainya. Terus ditawari teman, iseng-isenglah nyoba.  Waktu itu kalau tidak salah produknya adalah pelembap. Satu dua hari cocok.  Setelah itu hari ke 3,4, langsung wajah saya merah semua seperti terbakar. Semenjak itu saya tidak pernah ganti-ganti produk kecantikan.  Sekalinya cocok ya udah untuk selamanya. Dan satu lagi, jangan menuruti tren teman. Jadilah diri Anda sendiri. Bisa kacau, kalau kulit Anda tidak cocok. Tidak ragu lagi, memang kulit saya sensitif.

Setelah diberi salep selanjutnya rasa gatel, panas, terbakar langsung hilang dalam hitungan detik. Dokter memang canggih ya.  Bu Dokter lantas memberi saya 3 jenis resep yaitu antibiotik, vitamin, obat penahan nyeri. Antibioktiknya harus dihabiskan, sementara obat penahan nyerinya kalau sudah tidak nyeri lagi jangan dipakai. 

Bu Dokter juga berpesan agar selama penyembuhan saya banyak makan makanan yang bergizi, serta penyembuhan luka knalpot itu lama mungkin sekitar 3 minggunan.  Ketika saya menulis ini juga masih belum kering benar kok padahal sudah 2 minggu.

Bu Dokter juga menambahkan bahwa lidah buaya sebaiknya digunakan untuk luka memar, luka bengkak,  dan tidak disarankan untuk luka  yang terbuka. 

Selain itu untuk pengobatan bengkak, Anda juga bisa menggunakan salep gel Thrombophob. Mengenai kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.  Ketika saya jatuh dari motor tempo hari, luka lebam saya oles dengan salep ini dan dalam 2 hari langsung berkurang rasa sakit dan bekas noda di kaki yang biasanya berwarna coklat kebiru-biruan juga berkurang. Salep ini sudah menjadi kepercayaan keluarga saya dari dulu semasa anak saya kecil. 


Image result for thrombophob gel adalah
Salep gel Thrombophob ~ Google.com

Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat buat Anda.  Tunggu postingan saya berikutnya ya. Selamat beraktivitas ^_^


Salam hangat,













17 comments:

  1. Cepet sembuh y mba lukanya :)
    Waktu pas saya kejedot kepala lumayan memar pake salep thrombophob itu lgsg lumayan hehehe.

    ReplyDelete
  2. kalau aku sukanya diberi odol kalo yang salep bio plasenton kalo ga salh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi..hi..aku juga dulu gitu lo mbak pakai odol...mksh mb nova

      Delete
  3. dari aku kecil bapak juga rekomen dan selalu sedia thrombophob mbak.. sampe sekarang aku siapin ini di rmh. anak2 aktif bgt sih, rentan kena benturan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak Dini aku juga selalu sedia di rumah ....

      Delete
  4. Kadang kita gak sadar ya kulit kita sensitif apa gak

    ReplyDelete
  5. kalo daku pas waktu masih kecil suka langsung pegang knalpot bokap balik dari kantor, hehe

    dikasih odol juga manjur mbak :)

    ReplyDelete
  6. Iya sih kalo kulitku gak sensitif jadi pas kena knalpot aku kasih lidah buaya. Tapi kalo sensitif kayak Ningrum jangan dikasih, bisa malah parah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tambah parah...terus dibawa ke dokter deh ma misoa

      Delete
  7. Aku selalu sediain trombopo di rumah, mba. Kalau ada luka memar biasanya langsung ampuh dpakein trombopo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sama aku juga selalu sedia thrombo di rumah

      Delete
  8. Iya bener mbak Ningrum, memang obat luka bakar yang rekomended itu trombopop. Suami saya juga simpan, karena di tempat kerja pernah kena luka bakar juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. trombo itu sebenarnya buat luka lebam mbak.he..he...justru jangan untuk luka bakar mbak.

      Delete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS