5 Karakter Emosi Dalam Film Inside Out

Thursday, May 5, 2016

Image result for film inside out
Diambil dari Google.com


Assalamu'alaikum Wr. Wb,


Dear My Readers,


Yeayy, kayaknya minggu ini adalah minggu yang menyenangkan buat semua orang.  Baik itu anak-anak, yang masih jomblo, atau yang sudah berkeluarga macam kita nih.  Liburnya puanjang banget mulai hari Kamis, Jumat...(bablas aja ke Sabtu he..he...)-------> Mulai jadi kompor nih. 


Makanya beberapa hari sebelum libur tiket kereta api ludes terjual, jalan-jalanan sudah mulai macet. Di sekolahnya anak-anak juga telah menjadikan liburan minggu ini sebagai "trending topic".  Bu, besok libur kemana? Mudik ya?

Kalau saya sih rencananya hari Jumat saja mudiknya karena berdasarkan pengalaman-pengalaman tahun lalu, kalau mudik pas hari pertama liburan pasti jalanan akan macet. Apalagi kalau harus berlama-lama antre di tol. Males banget.  Makanya saya dan suami berencana mudik ke Salatiga pada hari Jumat saja. Hari kamisnya, saya dan suami puasa. Tetapi, memang berencana mampir sebentar di rumah mertua di Banyumanik (biar adil he..he..) yang hanya berjarak 30 menit dari rumah.  Benar saja, baru naik ke Sigar Bencah, kemacetan sudah mulai terlihat.  Baik itu mobil dari arah masuk atau keluar Semarang. 

Image result for gambar mobil macet
Macet, cet ~ Google.com

Karena puasa, saya hanya sebentar saja di rumah mertua selanjutnya pulang ke rumah. Setelah berbuka puasa, sholat,  anak-anak meminta nonton film Inside Out. Kebetulan di rumah kami memakai fasilitas Indihome yang dulunya bernama Speedy. Enaknya, memakai TV kabel Indihome itu, film-film yang kita sukai bisa diset untuk diputar ulang, atau ditunda. Sebenarnya film Inside Out ini sudah ditonton anak-anak berkali-kali,  tiap akhir pekan. Tetapi mereka meminta untuk menontonnya lagi.  Tidak ada alasan lain, memang bagus banget.  Saya aja suka kok. 


Inside out bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Riley berumur 11 tahun, yang memiliki daya khayal yang tinggi.  Suatu hari, ayahnya berencana untuk pindah rumah tetapi Riley tidak terlalu suka dengan rencana ayahnya itu hingga dia berencana untuk kabur dari rumah dan mengambil kartu kredit ibunya. Selanjutnya pulau kejujurannya runtuh. Pokoknya seru deh, tonton sendiri ya. Kayaknya kurang seru kalau saya ceritakan. Inside out diproduksi pada tahun 2015 dan dibuat oleh perusahaan film besar di Amerika yaitu Pixar Studios yang selalu menghasilkan film-film anak berkualitas seperti Finding Nemo, A Bug's Life. Film ini juga melibatkan para psikolog anak dan jujur saya terpukau dengan film-film garapan Hollywood ini. 

Film ini mengajarkan pentingnya kita sebagai orang tua untuk mengajarkan anak tentang 5 karakter emosi yaitu rasa senang, rasa sedih, rasa marah, rasa takut, dan rasa jijik. Kelima karakter ini di wujudkan dalam bentuk manusia untuk memudahkan anak memahaminya. Menurut saya ini adalah salah satu bentuk kepedulian insan film Hollywood untuk mengajarkan parenting ke orang tua dan anak-anak dengan cara yang sangat menyenangkan.  Kelima karakter itu Joy, Sadness, Anger, Anger dan Fear saling melengkapi, dengan gambar kartun yang sangat bagus dan nyaris sempurna..

Perlukah kita mengenalkan macam-macam karakter emosi pada anak?
Perlu sekali.  Apalagi untuk anak-anak  balita, terlebih lagi untuk anak-anak di usia golden age (0-7 tahun). Pernah sekali saya membaca sebuah artikel parenting dalam sebuah surat kabar bahwa sebagai orang tua kita harus mengenalkan kelima karakter emosi ini, supaya anak-anak memiliki kecerdasan emosi yang baik, serta pandai untuk mengelola emosi sendiri.  Selama ini orang seringkali berpendapat bahwa IQ (Inteligence Quotient) adalah segalanya padahal IQ bila tidak ditunjang oleh EQ(Emosional Quotient)  maka ibarat nasi tanpa lauk. Keduanya harus berjalan seimbang. Anak yang memiliki IQ yang tinggi saja, akan menjadi anak yang pandai tetapi terkadang memiliki kecemasan atau tingkat emosi yang tinggi. 

1. Joy (rasa senang, bahagia)
Image result for about inside out


2.  Sadness (rasa sedih)
Image result for about inside out



3.  Anger (rasa Marah)

Image result for about inside out


4.  Fear (rasa Takut)
Image result for about inside out

5. Disgust (rasa Jijik)
Image result for about inside out


Di dalam film Inside Out ini digambarkan apabila salah satu sifat mendominasi maka akan tidak baik akibatnya.  Misal marah mendominasi, atau takut yang mendominasi. Beruntunglah Riley memiliki kedua orang tua yang bijak yang sangat mengerti kebutuhan anak.  Semoga kita bisa mencontoh dari film ini.  Apabila Anda liburan ini tidak kemana-mana maka Anda bisa melihat film ini untuk anak-anak Anda. Tak harus lewat tv kabel kok Anda bisa meminjam CDnya. Selamat berlibur !!

Salam hangat,





6 comments:

  1. Tahu film ini krn baca di majalah gatra knp sampe pny ide spt ini lgsg minta misua download deh. Yg saya suka adlh cara pengemasannya bgmn si cara kerja otak dlm kelola emosi pokona bagus ni film hahaha

    ReplyDelete
  2. waahh.... baru tahu nih
    entar coba cari info ttg film ini
    thanks ya mak

    ReplyDelete
  3. Ah saya sih nontonnya film apa aja pokoknya yang tayang di TV. Film ini sepertinya harus ditonton ya mbak Ningrum, saya tertarik dengan karakter emosinya. Bagus juga untuk mengajarkan anak-anak belajar mengelola emosi dengan baik :)

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS