Ingin Seperti Budi ? Cek Resolusi Tanggal Tua Berikut

Tuesday, May 17, 2016

Dear temans, 

Thik..Thok..Thik...Thok
Waaah, dari tadi kok jam segitu aja. Perasaan waktu terasa lama bila tanggal tua. Betul engga sih? 
Lihat dompet..eh tinggal 10 ribu....
Mah, jalan-jalan yuk ini kan hari Minggu. 
"Enggak sayang, Mama lagi tanggal tua."
Tanggal tua itu apa sih Mah ?? 
Tanggal tua itu berarti Mama tidak punya uang, dan Ayah belum gajian.
Thik..thok...Thik..Thok
OOOh begitu ya Mah..
Keluar sebentar lihat tetangga sebelah lagi menjemur baju.
Bu, enggak jalan-jalan nih ?(biasa basa-basi)
Enggak bu, lagi tanggal tua, sambil tersipu-sipu malu.
Inilah pengalaman tanggal tua saya, mungkin Anda juga pernah mengalaminya.
Image result for tanggal tua
Meme lucu buat hiburan yang lagi galau belum gajian he..he..he...


Bagi para pekerja kantoran, ibu rumah tangga, anak kos seperti Budi, pasti mengenal yang namanya tanggal tua. Si Budi anak kos mensiasati  tanggal tuanya dengan makan mie instan melulu, numpang wifi gratisan yah, gak papa deh asal jangan sampai ngutang ya. Di komplek saya kalau tanggal tua semua orang pada di rumah semua, beda kalau pas tanggal muda sepi banget, semua pada pergi entah itu ke mall atau ke tempat-tempat wisata. 

Kalau saya sebagai seorang ibu rumah tangga menyikapi tanggal tua sebagai hal yang biasa. Itu adalah bagian dari Circle Of Life/Siklus Kehidupan. Ada malam ada siang, ada cowok ada cewek, ada uang ada tidak ada uang. Saat kita punya uang kita harus pandai menyisihkan uang dengan menabung, sehingga dikala tidak ada uang kita bisa mengambil cadangan uang kita, tentunya untuk hal-hal yang benar-benar kita butuhkan. 

Dalam mengelola keuangan keluarga saya sebenarnya banyak belajar dari ibu saya.  Beliau murni seorang ibu rumah tangga, tanpa embel-embel apapun.  Pendidikannya saja hanya sampai SD. Namun, beliau banyak mengajarkan saya untuk pintar mengelola uang baik itu sebelum berumah tangga ataupun setelah berumah tangga.  Saya masih ingat benar ketika saya masih pengantin baru, ibu saya banyak berpesan untuk membeli barang-barang yang kamu butuhkan, dan jangan berhutang.  Kalau terpaksanya harus kredit ya harus cepat-cepat dilunasi.  

Mumpung saya lagi baik hati, maka saya akan membagikan tips-tips resolusi tanggal tua ala saya :




Image result for makan di luar



1.  Mengurangi makan di luar 
Kalau Anda sedang tanggal tua usahakan jangan makan di luar seperti cafe atau resto. Makan diluar selain bisa menambahkan kolesterol di dalam tubuh Anda, juga akan menambah bujet pengeluaran Anda. 






Image result for kartu kredit
2.  Jangan terlalu sering menggunakan Kartu Kredit 
Segala hal pasti ada sisi positif dan negatifnya.  Meskipun memiliki  kartu kredit sepertinya menguntungkan namun ada dampak negatif juga dari produk perbankan ini.  Karenanya kita harus berhati-hati dalam menggunakannya. Dampak negatif dari penggunaan kartu kredit ini adalah membuat kita konsumtif. Dengan memiliki kartu kredit membuat kita seringkali tanpa sadar membeli barang atau jasa yang sebenarnya tidak kita butuhkan atau inginkan. Membuat kita merasa mampu membeli apa saja, padahal utang mulai melilit.  Jangan sampai terjebak ya, pikir dan hitung dulu uang kita sebelum menggesek.


Image result for gambar koin di wadah3.  Menyediakan tempat koin 
Saya sejak dari dini mengajari anak-anak untuk menabung. Karenanya saya menyediakan tempat khusus bagi anak-anak untuk menyimpan koin-koin sisa jajan mereka atau sisa belanja saya.  Kadangkala, koin-koin ini sangat membantu saya apabila tengah tanggal tua seperti membeli snack, uang jajan sekolah anak-anak atau pengemis lewat.









4.  Mencari pundi-pundi lain
Saya seorang ibu rumah tangga. Meski suami sudah punya penghasilan yang insya Allah cukup, namun saya lebih suka menjadi wanita yang mandiri yang bisa  menghasilkan uang sendiri yaitu dengan menekuni dua hobi saya yaitu menjahit dan menulis blog. Di rumah saya menerima pesanan seprei, mukena karakter anak, mukena dewasa, jilbab dan saya sedang memperdalam untuk membuat gamis sendiri. Meski masih saya kerjakan sendiri tapi lumayanlah.  Hasil dari menjahit saya masukkan dalam rekening pribadi saya sendiri dan saya tabung dan dipakai hanya untuk  kebutuhan mendesak saja. Sedang untuk menulis blog saya sudah mulai memonetize blog saya. 



dua hobi kesukaan saya, menjahit dan menulis blog 

Akhir kata mari kita sebagai seorang ibu rumah tangga, bapak dan ibu pekerja, mahasiswa, pintar-pintar dalam mengelola uang tak hanya pada akhir bulan tapi juga di awal bulan. Jadilah ibu rumah tangga yang kreatif dan jadilah mahasiswa kreatif seperti Budi. Satu lagi pesan saya hindari berhutang. Semoga bermanfaat ^_^






Courtesy : Google.com




17 comments:

  1. nyiapin koin saya banget tuh mbak..ada toples khusus buat wadah koin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama dong kita...toss ya mbak..memang banyak manfaatnya itu koin

      Delete
  2. Sama mba.. Koin yang dirasakan gak peting saat gajian. Klo pas tanggal tua. Butuh banget.

    Wahh mbanya nerima jahit sprei to. Boleh donk sy jahit ke mba. Semarang mana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sangat bermanfaat mbak uang koin itu. mbak bisa banget kalau mau pesen kita ada di grup wa gandjel rel kan bisa colek aku mbak. nt tak ksh gambar2nya.

      Delete
    2. aku di klipang mbak rumahnya, klipang pesona asri

      Delete
  3. Wah hebat mbak ningrum ternyata bisa menjahit ya, kapan-kapan saya pesan gamis dong mbak, serius :)

    Iya benar mbak, tanggal tua nggak perlu ditakuti yang penitng kita punya tips dan trik untuk mengatasinya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak boleh..nanti tak bikinke mbak. setuju mbak..ada banyak trik di tanggal tua

      Delete
  4. Waah..tipsnya boleh juga mba Ningrum, sekarang aku lagi ngumpulin koin seribuan tapi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga lagi suka koleksi koin seribuan mbak....memang bagus untuk dikoleksi mbak. bentuknya juga imut.

      Delete
  5. Tips terakhir makjleb tuuh.. Ni lg menguatkan diri dr godaan slh 1 bank yg banting bunga..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh mbak...memang banyak banget godaan untuk berbelanja he..he..

      Delete
  6. Tips nya oke banget mbak, bisa di tiru nih. Tapi gegara ngajarin nabung anankku terlalu bersemangat kalo liat koin langsung di masukin ke celengannya, emak ga kebagian deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha..ha..anak2 memang lucu mbak...terkadang anak2ku jg seperti itu. semuanya minta dimasukkin.

      Delete
  7. Setuju bangeet sama Mama Lala!

    *kemudianlanjutngumpulinkoin :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Arin bener..yuk kumpulin koin. bermanfaat pas tanggal tua he..he..

      Delete
  8. Yg koin aku ga pake wadah mbak, tp lgs msukin ke celengan anak :D. Jd ga bisa diambil sih memang, tp hrs digituin biar ga bisa diambil2. Lumayan kalo udh penuh bisa utk beli apa yg sikecil mau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi...hi..iya mbak...kadang ambil pas butuh koin aja mbak..misal ada pengemis lewat, ga punya uang kecil gitu.

      Delete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS