Tuesday, June 20, 2017

Yuk Gunakan Aplikasi Zakat Online Untuk Membayar Zakat Fitrah


Haiiiii......
Assalamu'alaikum temans ....Tidak terasa sebentar lagi Ramadhan akan usai setelah satu bulan lamanya kita berpuasa. Tentunya, kita tidak ingin momen Ramadhan lewat begitu saja kan? 
Jika kita telah membeli hal-hal yang tidak wajib seperti baju baru, sepatu baru, snack dan kue-kue masak sih kita meninggalkan hal yang wajib seperti zakat. Karena sebenarnya dalam harta kita ada hak untuk anak-anak yatim piatu dan orang-orang yang berhak untuk mendapatkan zakat yaitu para mustahik. 
Nah, sudahkah Anda menyisihkan sebagian rezeki untuk kewajiban zakat?
Membayar zakat merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim yang mampu. Zakat tak hanya bermanfaat untuk membantu sesama yang membutuhkan, melainkan juga dapat menyucikan harta yang kita miliki. Di antara sekian jenis zakat, tentu saja zakat fitrah adalah salah satu yang paling dikenal.
Jika ingin tahu lebih banyak seputar zakat fitrah, yuk simak dulu ulasan lengkapnya berikut ini!
Awalnya Dibayar dengan 1 sha gandum atau 2.5 kilogram beras
Zakat fitrah awalnya harus dibayarkan dengan jumlah minimal 1 sha atau sekitar 2.5 kilogram bahan kebutuhan pokok. Hal ini didasarkan pada aturan yang diwajibkan Rasulullah SWT untuk membayar zakat berupa 1 sha kurma atau 1 sha gandum bagi mereka yang mampu. Itulah sebabnya di Indonesia, zakat fitrah identik dengan 2.5 kg beras.
Kini Zakat Fitrah Bisa Dibayar dengan Uang Tunai
Kebutuhan hidup kini semakin beragam, bukan hanya berupa bahan makanan pokok saja. Oleh sebab itu, kini para ulama memperbolehkan pembayaran zakat fitrah dengan uang tunai sebagai pengganti beras. Karena uang tunai dianggap lebih fleksibel bagi orang-orang yang dibutuhkan. Penggunaannya tak hanya terbatas untuk kebutuhan konsumsi, melainkan juga dapat membantu mencukupi kebutuhan hidup lainnya.
Bahkan kini zakat fitrah juga bisa dibayarkan melalui aplikasi zakat online. Seperti MatahariMall yang bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk menghadirkan aplikasi zakat online. Kita bisa membayar kewajiban zakat fitrah dengan cara yang praktis dan cepat. Hanya perlu mengandalkan koneksi internet dan metode pembayaran yang variatif.
Masjid Istiqlal Menjadi Salah Satu Penerima Zakat
Salah satu masjid yang menjadi wadah penerima zakat terbesar di tanah air adalah Masjid Istiqlal. Selain melalui cara tunai, umat muslim juga bisa memilih metode transfer untuk membayar zakat fitrah. Jumlah zakat fitrah yang biasa diterima Masjid Istiqlal mencapai ratusan juta rupiah setiap tahun. Zakat fitrah tersebut kemudian dibagi-bagi ke masjid dan musala di sekitar Masjid Istiqlal atau langsung diberikan pada fakir miskin yang datang ke Masjid Istiqlal di hari terakhir bulan Ramadan.

Ramadan, Eid, Muslim, Islamic, Mubarak
Diambil dari pixabay
Ulasan tentang zakat fitrah ini tentu menambah pengetahuan kita mengenai kewajiban zakat. Mari sisihkan zakat fitrah dari sebagian rezeki kita untuk sesama yang membutuhkan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan mari berzakat.


4 comments :

  1. Mari bayar zakat... Makasih sudah diingatkan mbak, takut lupa...

    ReplyDelete
  2. yuk ah membayar zakat jangan semua dihabiskan buat baju bedug hehehe

    ReplyDelete
  3. Selain wajib puasa, kita juga wajib bayar zakat ya Mbak.. Apalagi sekarang bayar zakat lebih mudah karena bisa online.. ;)

    ReplyDelete
  4. Biasanya sebelum belanja-belanja nyiapin buat zakatnya duluan

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top