Home Sweet Home, Rumah Adalah Tempat Yang Paling Indah Untuk Kembali

Friday, June 30, 2017



Assalamu'alaikum wr. wb. 
Setelah 10 hari lamanya vakum menulis karena mudik kekampung halaman, berkeliling silaturahmi ke saudara-saudara saatnya kita untuk kembali ke real life kembali ke kehidupan kita yang nyata. Berjibaku dengan pekerjaan rumah tangga bagi ibu-ibu rumah tangga, berjibaku dengan kehidupan kantor untuk yang ngantor.

Mudik menjadi semacam obat yang manjur untuk melupakan sejenak semua masalah hidup kita dan memberikan kesempatan bertemu dengan saudara-saudara  Anda yang rumahnya di luar pulau seperti saya. Bagi saya lebaran tahun ini terasa sepi karena adik saya yang di Papua tidak pulang tahun ini karena perusahaan suaminya sedang ada masalah. Biasanya setahun sekali dia pulang. Selain itu juga Om saya yang rumahnya di Jakarta dan Malang juga tidak pulang lantaran tidak kebagian tiket kereta api. Biasanya seminggu sebelum lebaran rumah ibu saya ramai dengan anak-anak dari adik saya, namun sekarang terlihat sepi. Tapi, tak apalah yang penting semuanya sehat dan semoga tahun berikutnya masih bisa bertemu kembali. 

Lebaran ini saya sama sekali tidak berwisata kemanapun dikarenakan tahun kemaren pas pergi ke tempat wisata Chimory dan ketika pergi ke pemancingan Tlatar terjebak kemacetan, sehingga saya dan suami memutuskan untuk tidak kemana-mana hanya berdiam diri di rumah ibu saya di Salatiga. 
Memiliki rumah di Salatiga membuat saya nyaman untuk berlama-lama disana lantaran suasananya sejuk dan airnya dingin segar. Beda sekali dengan tempat tinggal saya di Klipang yang super panas dan airnya tidak sesegar di Salatiga. Makanya, anak-anak biasanya enggan pulang ketika berada di Salatiga. 

Apa saja sih kegiatan saya selama di Salatiga ?
1.  Jalan-jalan di pagi hari
Jalan-jalan pagi di Salatiga dengan latar belakang hawa pegunungan yang sejuk sangat menyenangkan bagi saya dan anak-anak. Biasanya hari pertama di Salatiga saya ke makam ayah saya.  Sayang tidak ada foto hadeh, maaf ya.

2.  Membeli bubur kacang ijo, leker, dan bubur candil
Anda pastinya sudah awam dengan bubur kacang ijo dan leker. Mungkin ada yang belum mengenal bubur candil. Nah, bubur candil adalah bubur kesukaan saya pas kecil dan kesukaan tersebut menurun ke anak saya. Si kakak yang suka sekali dengan bubur candil. Makanya kalau pulang ke Salatiga, saya selalu membeli bubur candil yang kebetulan dekat dengan rumah ibu saya. Berikut gambarnya :


Cara Membuat Bubur Candil Ketan Enak dan Kenyal
Bubur Candil --->diambil dari ResepHarian.com


3.  Naik Delman 
Anak-anak sangat suka naik delman. Biasanya kalau pulang ke Salatiga saya suka naik delman dengan keluarga saya berkeliling alun-alun Pancasila. 

4.  Beli bakso 
Beli bakso menjadi agenda rutin kami ketika pulang ke Salatiga. Salatiga adalah sentranya para pembuat bakso. Dari ujung ke ujung banyak sekali orang yang berjualan bakso di Salatiga. Bakso di Salatiga terkenal enak lho.

Meskipun kegiatan diatas terlihat sederhana tetapi sangat menyenangkan kok, meskipun kita tidak berwisata kali ini. Lebaran kemaren benar-benar saya nikmati tanpa harus bercapek-capek antri di tempat wisata. Tetap bisa berhaha hihi dengan saudara-saudara. 

Sebagai gantinya anak-anak saya ajak ke bulek saya yang rumahnya di desa Boyolali. Letaknya cukup jauh dari kota. Itupun pas berangkat sempat macet di jalan. Anak-anak sudah mulai merengek minta pulang. Tetapi hal itu terbayar dengan perjalanan yang seru melihat sawah-sawah yang hijau, bukit-bukit, melihat para petani membajak sawah dan melihat beberapa binatang seperti sapi dan kerbau berlalu lalang. Anak-anak jadi belajar banyak tentang susahnya para petani memproses padi menjadi beras. Suami saya bahkan berandai-andai ingin tinggal di desa. 


Pemandangan sawah di desa yang sedang panen
Saya sangat  menikmati semua suasana lebaran baik itu di rumah mertua, dirumah ibu saya ataupun di rumah sanak saudara saya yang lainnya. Waktu lebaran saya paling lama saya habiskan di rumah ibu saya. Saya sih sebenarnya masih ingin berlama-lama tetapi memang lebih enak berada di rumah kita sendiri. Rumah adalah tempat yang paling indah untuk kembali. Setuju kan? 


******************************************





26 comments:

  1. Yg penting bisa bersendagurau dan berhahahihi dengan sanak saudara itu sdh bahaia ya mbak.

    ReplyDelete
  2. HAi Mbak Prana, maaf lahir batin ya...

    Wah menyenangkan sekali, sama nih Mbak, mo memulai buka lepi lagi masih males ya hehehe. Sibuk keliling rumah saudara

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf lahir bathin juga ya mbak wahyu,,,

      Delete
  3. Wah iya mba klo liburan tanpa makan bakso itu ada yang kurang menurut saya hihi

    ReplyDelete
  4. Waaah, tahun kemaren saya masih ngerasain mudik mba, tahun ini udah nggak. Emang kerasa banget di tanah rantau saat pulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,,,sepi ya. moga2 tahun depan bisa mudik mbak

      Delete
  5. Wah lebih dari 3 tahun saya belum pernah naik delman lagi..
    Mksh Mb.. tulisan Mb udah buat saya ingat kenangan masa kecil..

    ReplyDelete
  6. ngumpul2nya itu lo mbak yang bikin kangen

    ReplyDelete
  7. bikin rindu memang rumah. capekk hilang ketika masuk rumah. apalagi saat di rumah disambut dengan senyum mengembang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. senyumnya siapa tuh mas?senyumnya bapak ibu ya

      Delete
  8. mudik saatnya bertemu keluarga satu tahun sekali , jadi sangat perlu ya

    ReplyDelete
  9. Rumah adalah tempat di mana hati berada. Di mana hati merasa nyaman, di situ rumah 😊

    Bubur candilnya kok bikin ngiler ya? 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak banget lho mbak...ayuk ke Salatiga mbak Katerina

      Delete
  10. Terakhir nik delman jaman SD apa ya hehe
    Gak wiskul kuliner yg lain mbak? hehe
    AKu kalau di Sby biasanya puas2in makan makanan yg gk ada di jkt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enggak mbak...aku menikmati aja semuanya...yg pasti ya cicipin semua kuliner di Salatiga he he

      Delete
  11. Bubur candiiil kesukaankuuuuu
    Hiks
    Bakalan lama g makan bubur ini...

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah sudah mudik ya mbak, sudah segar kembali dong ya siap memulai aktivitas lagi :)

    Iya betul mbak, kemanapun kita pergi meskipun sebentar pasti tetap kangen rumah ya. Meskipun mudik itu kegiatan yang sangat menyenangkan karena bisa berkumpul dengan keluarga dan bersilaturahim dengan tetangga-tetangga lama sekaligus jalan-jalan menikmati suasana yang berbeda..

    Saya pengin mudik juga nih mbak Ningrum, kapan-kapan aja saya dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak andjar ayok...aku malah pingin main ke rumah mbak andjar he he

      Delete
  13. Libur lebaran kmrn kita jg ga bisa mudik, tp akhirnya mutusin jalan2 ke bandung, bogor , puncak. Yg deket2 ama jkt aja deh. Mikirnya krn deket gitu :p. Ternyata jarak tempuhnya sama aja kyk aku mudik k solo dlm wkt normal wkwkwkwk... Kyknya thn dpn klo g mudik lagi, mnding staycationnya jkt aja deh :D.

    Aku kalo mampir k salatiga suka singgah makan soto mba :D. Segeeeer soto di sana.. Coba ah kapan2 gantian nyobain baksonya :D

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS