Jangan Takut Dengan Hantu, Nak

Monday, May 14, 2018

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Dear temans,
Beberapa bulan ini lagi booming dengan yang namanya tontonan dengan muatan horor seperti Pengabdi Setan, Danur, Jailangkung dll. Film-film seperti Pengabdi Setan bahkan sudah melanglang buana ke beberapa negara seperti Belanda, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dll. Film yang disutradarai Joko Anwar tersebut juga telah mendapatkan berbagai penghargaan di dalam negeri seperti di festival FFI dan beberapa penghargaan di luar negeri. Saya jujur belum pernah melihat film Pengabdi Setan ini dan baru membaca resensi ceritanya saja sudah membuat saya ketakutan. Awalnya, si kakak mengajak saya untuk nonton film ini, namun saya rasa belum waktunya untuk dia, anak remaja 12 tahun,  melihat tontonan seperti ini. Sebenarnya, film ini merupakan remake dari film dengan judul yang sama pada tahun 1980an. Kabarnya, film ini sempat membuat beberapa penonton kesurupan.

Hasil gambar untuk penghargaan pengabdi setan
Film Pengabdi Setan atau Satan Slaves di luar negeri 

Nah, mulai deh si kakak cerita dengan adiknya tentang film ini, kemudian tanpa sepengetahuan saya mereka melihat trailernya di Youtube, adiknya sampai-sampai nangis ketakutan. Langsung saja saya tegur si kakak ini yang suka banget ngusili adiknya.
Baca Juga : 5 Tips Membangkitkan Semangat Anak Usai Libur Panjang 

Adiknya ini kalau pulang sekolah kadang-kadang suka memberi "oleh-oleh" cerita bergenre horor ala anak kecil. Katanya ada temannya yang melihat hantu di kamar mandilah, atau cerita pocong, genderuwolah, kuntilanak dan lain-lain. Padahal, dia juga belum pernah melihatnya sendiri lho. Pernah, suatu ketika Lala ini sempat ketakutan kalau masuk kamar mandi. Tidak tahu kenapa kalau ke kamar mandi rumah itu dia merasa ketakutan. Mungkin, lantaran teman-teman di sekolahnya kadang suka nakut-nakuti pas dia di kamar mandi sekolah. Jadinya, kebiasaan itu sampai terbawa di rumah. Saya pernah jengkel waktu menghadapi hal itu. Namanya, rumah kompleks pastilah kamar mandi letaknya dekat. Tidak seperti orang-orang kampung yang memiliki tanah luas. Kamar mandi di kebun. Sudah pastilah ada rasa takut ketika ingin buang air kecil/BAK di kamar mandi. Nah, ini kamar mandi di dalam rumah masih saja ketakutan. Makanya, sekarang kamar mandi untuk anak-anak saya sendirikan dan saya rombak tampilannya dengan motif anak-anak sehingga mereka tidak serem kala masuk kamar mandi. Alhamdulilah, Lala sekarang tidak takut lagi masuk ke kamar mandi.

Memang, ada kalanya setelah melihat tayangan yang agak serem di televisi biasanya anak-anak suka takut dengan perasaan mereka sendiri. Mungkin, sama halnya dengan kita orang dewasa ya. Tetapi, saya dan suami selalu menasihati anak-anak untuk tidak terlalu takut dengan makhluk kasat mata seperti jin, setan dan lain-lain. Karena, mereka memiliki dunia yang sudah berbeda dengan kita manusia. Tidak mungkinlah bisa menyentuh dan mencelakai kita. Kalau yang di dalam film itu kan memang dilebih-lebihkan saja supaya orang tertarik untuk menonton. Selain itu saya biasakan mereka untuk sholat 5 waktu. Kalau kakaknya udah rutin sholat 5 waktu, kalau yang kecil ini masih oglangan kadang sholat, kadang tidak. Tetapi, kedepannya akan saya tingkatkan supaya rutin sholat 5 waktu.
Baca Juga : OPPO F7 Membuat Selfie Makin Indah

Saya biasakan setelah Maghrib anak-anak mengaji. Insya Allah, rumah yang diwarnai dengan hal-hal positif seperti sholat, mengaji dan lain-lain tidak akan terganggu dengan makhluk kasat mata tersebut.  Karena, sesungguhnya mereka itu sesuai dengan cara pandang kita juga. Kalau kita terlalu takut dengan mereka, justru mereka akan mendekati kita dan sebaliknya. Beberapa tetangga juga pernah cerita kalau di depan rumah saya katanya pernah ada "penampakan", namun saya yang tinggal di dalamnya alhamdulilah belum pernah ketemu, jangan sampailah. Saya malah lebih takut dengan orang nyata seperti pencuri/perampok ketimbang yang kasat mata itu. Bagaimana dengan Anda?


Semoga bermanfaat ^^. See you next time.






17 comments:

  1. Wah sama kaya anak kunjadi penakut sekarang gara2 sepupunya yg lebih tau suka ngomng hantu2. Padahal aku sudah berusaha menjaga anak kubagarbtdk keracunan omngan/tontonan mistis tp tetep saja ia jadi penakut ditambah tonton televisa yg gak sengaja ia lihat. Uhuhuh si kakak usil banget yang 😂 bener bun harus di sering di kasih tau tentang sisi pandangan agama juga. Agar anak malah rajin baca doa supaya berani ya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak anak2 tuh kadang lucu og blum pernah liat udah takut duluan karena cerita2 teman/lihat film..kita yg harus banyak2 kasih nasihat yg tepat ya mbak ^^

      Delete
  2. Alhamdulillah anakku makin beranih sih mba. Tapi memang harus kita dampingi terus :)

    ReplyDelete
  3. anakku jg begitu mb 😂 yg nakutin ayahnya jd kadang aku suka jengkel klo anaknya jerit2an eh ayahnya mah ngakak2 jail bingits suamiku siy

    ReplyDelete
  4. Samaaa. Aku juga lebih takut sama orang jahat mbak. Kalo hantu mah kadang karena kebawa perasaan dan pas kecapekan aja. Tapi anakku sekarang jadi agak penakut karena ikut-ikutan teman-temannya. Padahal dari awal udah aku set menjadi anak pemberani dan kuat. Ini PR besar juga, karena aku enggak mau nantinya dia 'kalah' dengan hal-hal yang berbau mistis.

    ReplyDelete
  5. Iya bener mba, nonton2 horor itu malah bikin kayak gitu, jadi membayangkan sesuatu yang mungkin sebenarnya tidak ada apa2. Aku paling ogah nonton horor, apalagi klo di bioskop. Udah mbayar, ntar nontonnya sambil nutup mata, pulang2 takut ke ruang2 sepi. Hedeeewww.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak niek...aku juga males kalau liat horor...lbh suka liat drama yg romantis2 he he

      Delete
  6. Anak-anak emang sukanya penasaran. Anakku kadang pengen nonton film atau baca novel horor. Tapi setelah punya pengalaman sekali baca novel horor takut kemana-mana dan emaknya nggak mau nganter atau nemenin pas dia ke kamar mandi malem-malem, trus kapok mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he begitulah anak2 bikin gemes ya mbak

      Delete
  7. Anakku juga nih. Padahal di rumah nggak Ada TV, tapi ya gitu ditakut-takutin temannya jadi terpengaruh. Kalau ke kamar Mandi harus Ada yang nungguin di depan pintu hehe

    ReplyDelete
  8. Aku waktu kecil kayak Lala nih, hahahaa. Sekarang sih udah terlatih gara2 suami gak mau istrinya penakut. Anak2 ku juga untungnya pmberani semua. Kalo soal rumah, kata suami dan anak2 ada sih. Tapi waktu awal ditempati. Mereka bertiga pernah melihat, kalo aku sih enggak, hahahaa

    ReplyDelete
  9. film pengabdi setan nih yaa.. juga bikin anak-anakku takut ke kamar mandi..tapi bagus juga lho filmya..gitu anakku nonton di ulang-ulang..tapi habis nonton lagi ya takut ke kamar mandi lagi..kapok lombok kata orang jawa..hihii..

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS