7 Tips Sehat Ala Mama Lala

Wednesday, March 18, 2020

Assalamualaikum..
Dear pembaca,
Kita seringkali menyangka bahwa kekayaan hanya berupa materi seperti rumah, mobil, perhiasan dan lain-lain. Kita seringkali lupa bahwa tubuh yang sehat juga merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya. Meski memiliki harta berlimpah, namun tubuh tidak sehat akan membuat hidup kita terasa kurang sempurna.
Berikut ini akan saya tuliskan 5 tips sehat ala saya yang mungkin bisa kalian contek di kehidupan sehari-hari:

1. Bangun pagi dan tidur cukup
Sebagai seorang ibu  saya memiliki tanggung jawab yang sangat besar di pagi hari seperti menyiapkan makan anak dan suami misalnya. Jadi, biasanya jam 4 pagi saya auto bangun meski tanpa beker. Kemudian sholat tahajud, mendoakan anak-anak dan suami supaya diberi kelancaran dalam bekerja dan sekolah. Setelah itu saya belanja dan menyiapkan makan anak-anak. Bangun pagi membuat saya jadi lebih sehat dan makin optimis menjalani hari. Malam hari jam 9 biasanya saya sudah bobok.
Hasil gambar untuk bangun pagi
Gambar diambil dari google.com
2. Jalan pagi
Saya lebih suka belanja tiap hari di pagi hari untuk mendapatkan sayur dan lauk segar untuk anak-anak ketimbang belanja 2/3 hari sekali. Untunglah, saya memiliki langganan tukang sayur rumahan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Saya biasa jalan kaki ke tetangga saya tersebut terkadang bawa si kecil dengan stroller. Sekalian berolahraga ceritanya. Biasanya saya belanja jam 5.30 dan udara pada jam tersebut terasa segar sekali.

3. Makan buah sebelum makan nasi
Saya selalu makan buah dulu sebelum makan nasi karena makan buah lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Baru setelah itu makan nasi. Buah kesukaan saya adalah jambu, pisang, mangga, pear, apel, semangka. Kayaknya hampir semua buah saya suka. Maklumlah saya pemakan segala alias omnivora hehe. Kadang-kadang kalau bosen dimakan biasa, buah-buahan tersebut saya jus. Seperti jus jambu di gambar berikut ini.



4. Merawat kecantikan
Sama seperti wanita pada umumnya saya juga suka berdandan. Senjata kecantikan saya seperti pembersih, penyegar, krim malam. Untuk menghilangkan komedo saya suka memakai putih telur karena selain murah juga sehat dan membuat kulit muka terlihat kencang.



5. Berpikir positif
Kalian pernah mengalami depresi?Well, saya pernah lho. Jadi, ceritanya setelah melahirkan anak saya yang ketiga saya sempat baby blue untunglah belum kebablasan. Saya merasa sedih terus-terusan mungkin karena kelelahan mengurus anak-anak dan hormon yang belum stabil. Saya merasa seperti ditarik-tarik ke segala arah untuk menjadi ibu yang sempurna. Belum lagi anak saya yang remaja suka memancing-mancing emosi saya. Banyak orang bilang masa remaja adalah puncak kenakalan anak. Setelah konsultasi ke ahlinya saya berusaha untuk berpikir yang positif untuk semua hal yang terjadi pada saya. Karena semua ini adalah skenario dari Allah SWT dan merupakan ladang pahala apabila kita ikhlas menjalaninya. Saya jadi sadar saya agak kurang perhatian dengan si sulung. Sejak itu saya merubah diri saya, setiap berangkat sekolah saya cium pipi mereka berdua. Pulang sekolah, hape saya simpan sementara, selanjutnya saya ajak mereka ngobrol. Kalau dulu pulang sekolah mereka langsung pegang hape. Sekarang tidak lagi.

6. Banyak minum air putih
Saya biasakan diri saya untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Sedang untuk anak-anak cukup 5 gelas sehari. Banyak minum air putih membuat kita sehat dan awet muda. Kalau makan di luar saya juga lebih suka minum air putih/jus buah ketimbang minum es teh. Karena minum teh setelah makan, membuat sari-sari makanan jadi sulit diserap tubuh. Untuk penderita maag minum air putih hangat 1 gelas sebelum tidur dan 1 gelas ketika bangun tidur sangat dianjurkan lho.

7. Membuang sampah sebelum tidur
Sebelum saya tidur saya cuci piring dan membuang sampah lebih dulu, jadi di rumah saya jarang ada tikus dan kecoa. Karena, kabarnya sampah bisa mengundang tikus dan kecoa. Menurut saya pola hidup sehat akan membuat penghuninya sehat pula.

Nah, itulah sekilas info tentang tips sehat ala saya. Bye. See you next time..muach

14 comments:

  1. Huhu aku susah banget membiasakan pola istirahat yang cukup nih. Rasanya susah sekali buat tidur cepat.

    Bismillah, semoga aku bisa konsisten menerapkan pola hidup sehat. Hihi

    ReplyDelete
  2. Saya paling malas merawat kecantikan mbak. Untuk sehari-hari paling hanya pakai bedak dan lipstik aja, selain itu nggak pernah, hehe pemalas sekali saya yaa. Pengen juga sih bisa mearawat kecantokan apalagi di usia saya yang mulai timbul keriput. Harus disediakan waktu meskipun sebentar yaa, ini PR banget buat saya nih mbak.

    Minum air putih banyak-banyak juga masih menjadi PR buat saya. Kadang malas karena seringnya jadi beser, sering ke kamar mandi buat kencing, hehe. Semoga next saya lebih perhatian terhadap kesehatan terutama minum air putih banyak-banyak ya :)

    ReplyDelete
  3. Mbaaa..bagi tips hilangkan komedo dg putih telur Doong..aku penasaran niih..

    ReplyDelete
  4. Mba Ningrum tertib banget bisa tidur jam 9 malam. Tapi emang harusnya gitu ya mbak karena emang jam tubuh kudu istirahat. Duh, aku masih sering kemaleman deh kalo tidur.

    ReplyDelete
  5. Wku baru tau ternyata pitih telur bisa menghempaskan komedo. Setuju sama mbak Tanti bikin post khusus dong mbak gmn caranya bikin masker putih telur

    ReplyDelete
  6. Mbak itu beneran bisa ngilangin komedo? Aku taunya biar lembab aja kulitnya kenyal.
    Tipsnya oke nih mbak terutama yg berpikir positif. Masih harus byk belajar :)

    ReplyDelete
  7. Mba Ningrum rajin banget merawat tubuh terutama wajah ya. Aku masih nggak bisa komit, kadang rajin, tapi masih banyak malasnya sih, hahahaa

    ReplyDelete
  8. Aku juga penyuka segala jenis buah. Pas mau ikutan diet yang hanya boleh makan alpukat aku mlipir aja. Buah itu sehat kok malah dilarang. Seger lagi

    ReplyDelete
  9. Mbaaa aku yang kurang buah nih, hehehe harus diusahakan makan buah sebelum makan ya.
    sama berpikir positif nih, aku perlu banget

    ReplyDelete
  10. Yang masih belum kulakukan yang tidur cukup nih mba. Aku masih sering melek mpe dini hari. Baru bisa ON jam-jam segitu soalnya. Emang ga bagus sih, harus diperbaiki ini.

    ReplyDelete
  11. Putih telor bisa buat komedo ya, boleh dicoba nih. Langsung diusapin gitukah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..diusapin aja diamkan 15-30 menit lalu bilas dgn air hangat dijamin komedo ilang.aku males klu k salon sakiiit

      Delete
  12. PR saya bangun pagi jam 4 yang belumbbisa sampai sekarang. Sampai sekarang masih berusaha biar bisa begitu. Minta tipsnya mbak

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS