Traveling Impian Saya : Mengunjungi Antwerpen

Friday, March 6, 2020

Assalamualaikum...
Dear pembaca,
Apa yang terlintas di benak kalian ketika liburan tiba? Pastilah inginnya jalan-jalan ya. Apalagi jalan-jalan dengan seluruh anggota keluarga di rumah a.k.a. suami, istri dan anak-anak  pasti makin seru ya. Liburan adalah sebuah kegiatan yang bisa menghibur hati. Saya pernah membaca sebuah hadist Al Bukhari ada sebuah nasihat bagus yaitu "Hiburlah hati karena kalau tidak ia akan menjadi buta". Jadi, sesekali keluarlah sebentar dari rutinitas dan berkumpul dengan keluarga di akhir pekan dan rasakan bedanya. Karena apabila mereka sudah tiada, kita akan menyesal mengapa kita tidak sedikit saja meluangkan waktu untuk orang yang kita cinta. Ini bukan kata saya lho, kata mbak BCL yang baru saja kehilangan suaminya, Ashraf Sinclair.

Saya akhir-akhir ini sedang jarang posting tentang Travelling karena masuknya virus Corona membuat saya membatasi diri untuk pergi-pergi ke tempat wisata.  Bukan paranoid ya, saya juga tidak beli masker selama ini. Sebenarnya virus Corona itu tidak akan menular kalau kita tidak kontak dengan penderita Corona/spreader Corona lho. Seperti misal kita sering bertemu/bekerja dengan orang-orang Korea, Jepang, Italia yang negaranya sedang terserang wabah Corona. Atau kita pegawai rumah sakit misalnya. Baru kita patut was-was. Kata Pak Menkes Terawan asal imunitas kita bagus kita tidak akan tertular kok dan bisa disembuhkan. Jangan lupa banyak makan sayur dan buah-buahan, cukup istirahat dan olahraga. Melalui blog ini saya hendak menghimbau pada Anda semua jangan terlalu panik menghadapi Corona apalagi sampai menimbun beras atau masker kemudian dijual lagi itu benar-benar tidak bisa ditolerir. Kasihan, orang-orang yang benar-benar membutuhkan barang tersebut kan.

Nah, beberapa waktu yang lalu saya ikut arisan link yang diadakan oleh komunitas Gandjelrel lumayan buat nambah-nambah traffic blog he he. Secara melalui arisan tersebut, saya "dipaksa" untuk menulis. Karena kalau tidak, saya cenderung stagnan dalam menulis. Kali ini temanya adalah tentang Travelling impian. Karena impian semisal tidak terwujud tidak masalah juga kan. Jadi, traveling impian saya adalah pingin ke Belgia tepatnya ke Antwerpen. Saya pertama kali melihat Antwerpen ketika melihat tayangan Muslimah Traveler di Net teve. Antwerpen adalah sebuah kota di negara Belgia memiliki stasiun kereta api terbaik dengan pemandangan terindah di dunia bernama Antwerpen Central State. Antwerpen Central State adalah stasiun kereta api yang berdiri sejak tahun 1892 dan sempat mengalami renovasi karena perang dunia 2. Belgia adalah sebuah negara multikultur dengan prosentase Kristen Katolik 60 persen, 6 persen Muslim selebihnya agama Yahudi dan agama minoritas lainnya. Antwerpen dihuni oleh 850 ribu orang jiwa dengan berbagai macam ras dan suku bangsa. Disini kebanyakan para imigran bermukim dan berdagang. Melihat Antwerpen seperti melihat Indonesia kedua dimana semua agama bisa duduk berdampingan dan minim konflik.

Hasil gambar untuk stasiun kereta api antwerpen
Antwerpen Central State gambar diambil dari Tripadvisor 

Di Antwerpen juga sering kita lihat masjid-masjid, Sinagog, dan banyak sekali orang yang berhijab. Disana juga banyak toko-toko yang menjual gamis, hijab, dan Al-Qur'an. Saya akan merasa senang sekali bila diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk bisa berkunjung ke Antwerpen. Sebagai kota terpadat kedua di Belgia setelah Brussel mayoritas penduduk Antwerpen lebih menyukai naik kendaraan umum dibandingkan dengan naik mobil pribadi. Seperti naik trem misalnya. Trem sejenis dengan bis BRT kalau di Indonesia.

Antwerpen terkenal juga sebagai tempat belanja, seni dan keragaman budaya. Selain itu Antwerpen juga terkenal dengan berliannya. Kebanyakan berlian di dunia diolah di Antwerpen dari mulai bentuk bongkahan menjadi berlian yang cantik dan kebanyakan didatangkan dari Afrika Selatan dan Indonesia juga lho. Cewek-cewek langsung bling-bling nih kalau dengar kata-kata berlian. Nah, sekian cerita saya tentang Antwerpen. Kalau kalian apa destinasi wisata traveling impian  kalian? Share di kolom komentar ya .....

berlian-antwerpen
Gambar diambil dari keluarga pelancong.com


31 comments:

  1. Corona semakin membuat panik karena ditambah info2 hoax yang sangat menyesatkan. Belum lagi yang mengambil keuntungan ditengah kepanikan tsb

    ReplyDelete
  2. Wahhh jadi pusatnya berlian berlian berkualitas di dunia disini yaa, jadi pengen punya satu huhuw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Antwerpen saja mas, borong yang banyak ya he hg

      Delete
  3. Taunya dari Belgia itu cokelat hehehe ternyata berliannya terken juga. Berburu tiket dr skrg mbak siapa tau dapeet hihi

    ReplyDelete
  4. Nggak familiar sama nama destinasinya. Ternyata banyak blink-blink di sana yaa

    ReplyDelete
  5. Jadi penasaran dengan Antwerpen, letaknya di Belgia ya mba. Membaca tulisan ini aku membayangkan pejalan kaki yang sedang menikmati suasana kota.

    Semoga suatu saat bisa terwujud impian mba Ningrum ke Antwerpen.

    ReplyDelete
  6. Ah jadi pengen ke Antwerpen juga nih. Aku penasaran dengan stasiun keretanya yang cantik itu.

    ReplyDelete
  7. Aku juga pengen nih ke eropa mba. Kapan ya? Tentunya setelah corona selesai dan dananya terkumpul nih serta ada kesempatan kesana.

    ReplyDelete
  8. Wah tempat yg keren ni ya.. Antwerpen. Catat aah namanya, dan masukkan dalam wishlist saya.. Trims infonya mba dan semoga impian traveling ke Antwerpen terwujud ya.. Aamiin.. *Mechta*

    ReplyDelete
  9. Whoaaaa antwerpen tuh di belgia ya kan. Alhamdulillah juni kemarin sempat ke brussel belgia setelah dari belanda dan paris, tapi belum sempat khusus jalan-jalan ke antwerpen. Mau jugaaaa

    ReplyDelete
  10. Wow keren juga ya kalau banyak berlian yang ternyata pengolahannta di Antwerpen. Ami malah baru tau 😂 Semoga tercapai buat berkunjung kesana ya mba Aamiin

    ReplyDelete
  11. Noted baru tahu kalau Antwerpen penghasil dan pengrajin berlian... Membayangkan kotanya yg multikultural ada masjid dan sinagog aku jd kepoin di google

    ReplyDelete
  12. Semoga bs kesampaian untk mengunjungi Antwerpen ya mba, dan semoga wabah corona in sgera berahir jga

    ReplyDelete
  13. aku baru tahu lho ada tempat wisata ini, apalagi banyak tempat yang bisa dikunjungi dan yang menarik ya bisa wisata belanja hahaha

    ReplyDelete
  14. aku baru tahu ada tempat wisata ini, apalagi menarik dan banyak yang bisa dikunjung dan ... bisa belanja hahaha

    ReplyDelete
  15. aku baru tahu ada tempat wisata ini, apalagi menarik dan banyak yang bisa dikunjung dan ... bisa belanja hahaha

    ReplyDelete
  16. aku baru tahu ada tempat wisata ini, apalagi menarik dan banyak yang bisa dikunjung dan ... bisa belanja hahaha

    ReplyDelete
  17. aku baru tahu ada tempat wisata ini, apalagi menarik dan banyak yang bisa dikunjung dan ... bisa belanja hahaha

    ReplyDelete
  18. aku baru tahu ada tempat wisata ini, apalagi menarik dan banyak yang bisa dikunjung dan ... bisa belanja hahaha

    ReplyDelete
  19. Antwerp dulu papaku pernah ke sana mbak dari ceritanya aja sungguh bikin iri hati deh. Moga kesampean ya ke sana. Ntar ajakin aku ya

    ReplyDelete
  20. moga kesampaian ke sana. jangan lupa bawain yang blink blink ituh yaa

    ReplyDelete
  21. Semoga tercapai impiannya ya mbak, semoga segera aman sentosa bebas dari Corona nih, meresahkan sekali..

    ReplyDelete
  22. Aiihh senangnya ya jika bisa berkunjung ke negara di Eropa yang ramah terhadap muslim. Bahkan bisa hidup berdampingan secara damai gitu. Mau pake gamis dan hijab kemana-mana enggak dicurigai. Pengin juga nih kalau ada rejeki usia dan rejeki materi bisa mengunjungi Antwerp juga.

    ReplyDelete
  23. Wah, asyik banget mbak kalau beneran bisa kesana. Semiga kesampaian ya, impiannya. E tapi ada corona, yah mungkin ditunda dulu mbak.

    ReplyDelete
  24. Moga kesampean ya mbaaa. Aku juga jd pengen ke Antwerp. Impianku bisa ngajak jalan2 ortu keliling dunia. Terutama ke Eropa. Aamiin.

    ReplyDelete
  25. aku doakan semoga kesmpaian ke sana ya mbak. aamiin ya Allah.. biar bukan hanya jadi impian saja

    ReplyDelete
  26. Selama ini yang kutahu tentang Belgia adalah coklat dan susunya, ternyata ada destinasi wisata yang gak keren ya..

    ReplyDelete
  27. Semoga aku juga bisa jalan2 ke tempat impianmu mbaaa
    keliling di sana dan menceritakan banyak hal
    doa2 baik semoga terwujud ya mba

    ReplyDelete
  28. Duuuhh, semoga kesampaian yaa,, banyak blink blink kaching2
    Jadi pengen deh. Hahaha

    ReplyDelete
  29. Corona memang bikin deg-degan ya, tapi bener sih nggak perlu worry berlebihan. Cukup hindari traveling ke tempat-tempat yang bisa jadi sumber corona. Wah, semoga keinginan untuk ke Antwerp tercapai ya mbak. Aamiin.

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS