8 Jenis Baju Gamis Di Seluruh Dunia yang Harus Kamu Ketahui

gamis  pinterest


Assalamu'alaikum teman-teman,

Semoga pada hari ini kamu dalam keadaan sehat wal'afiat ya. Mungkin pada akhir pekan ini kamu tidak kemana-mana karena kondisi yang belum stabil akibat Covid19. Nah, untuk mengisi waktu luang kamu, kamu bisa mampir aja ke blog saya ini ya. Hari ini saya punya informasi penting yang kudu kamu baca sampai selesai ya..  

Setiap negara muslim yang ada di dunia tentunya memiliki budayanya yang berbeda-beda. Begitupun mengenai busana yang digunakannya sehari-hari. Seperti yang diketahui bahwa busana muslim yang banyak digunakan di negara-negara muslim, terutama di Timur Tengah adalah baju gamis. Baju ini gamis ini tentunya memiliki nama dan ciri khasnya masing-masing di setian negara. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang jenis-jenis baju di gammis di seluruh dunia sebagai berikut : 

  1. Kanzu


contoh baju kanzu pinterest


Baju gamis ini biasanya digunakan oleh masyarakat di negara-negara Afrika. Seperti Uganda, Kenya. Dan Tanzania. Gamis ini menjadi identitas warga muslim disana. Dan gamis ini biasanya memiliki warna krem atau putih. Keberadaan Kanzu ini disinyalir merupakan pengaruh dari para pedagang Arab yang datang ke kawasan ini di masa lalu.


  1. Shalwar Kameez
Baju gamis ini merupakan busana nasional dari negara Pakistan. Selain itu, gamis ini juga menjadi model baju yang digunakan di negara-negara Asia Selatan, seperti India, dan Afghanistan. Shalwar Kameez ini merupakan satu set pakaian yang terdiri dari celana yang disebut shalwar dan baju yang disebut kameez.


contoh sharwal kameez pinterest




 

  1. Kurta 
contoh kurta pinterest


Baju gamis ini banyak digunakan oleh masyarakat dari negara-negara di Asia Selatan, seperti Afghanistan, Pakistan, India, dan Banglasdesh. Dimana model gamis ini biasanya berbentuk memanjang hingga bagian lutut. Namun ada juga desain kurta dengan bentuk yang lebih pendek, yang disebut kurti. Gamis ini, baik kurta maupun kurti menjadi pakaian sehari-hari yang biasa digunakan untuk beraktivitas, maupun untuk acara formal, oleh masyarakat di Asia Selatan. Dalam penggunaannya, kurta ini dikombinasikan dengan celana jeans. Selain itu, secara tradisional kurta ini memiliki ciri khas dengan tidak memiliki kerah. Namun pada saat ini, desain kurta modern tersedia dengan pilihan kerah maupun tidak.

 

  1. Thawb atau Thobes
contoh thawb pinterest


Thawb ini merupakan baju gamis yang biasa digunakan oleh pria di Timur Tengah. Pada umumnya thwab atau thobes yang ada di Timur Tengah kebanyakan dibuat dengan panjang hingga mata kaki dan menutupi semua sisi badan. Dari segi warna dan motif, thawb ini lebih terkesan netral, tidak terlalu banyak ornament dan identik dengan karakter beberapa orang dari Timur Tengah. 

 

  1. Sherwani
contoh serwani pinterest


Sherwani merupakan pakaian adat bangsawan muslim dari wilayah India dan negara tetangganya Pakistan yang biasanya digunakan oleh aristokrat, bangsawan dan keturunannya, raja serta sultan. Baju gamis ini seringkali dijadikan sebagai lambang dari kemewahan dan strata sosiak.

 

  1. Jubbas
contoh jubbas pinterest


Jubbas adalah salah satu busana muslim pria dari Arab yang dibuat dalam bentuk terusan panjang. Sebagai pelengkap, gaya busana pria jubbas ini sendiri tidak memiliki banyak warna dan cenderung lebih polos. Kebanyakan jubbas ini didominasi dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, dan biru dongker serta tidak bermotif.

 

  1. Galabbiya/Kaftan 
contoh kaftan pinterest


Baju ini merupakan jenis busana muslim yang sering digunakan oleh masyarakat di Afrika Utara, seperti Sudan, Mesir, dan Ethiopia. Sekilas Galabbiya ini mirip dengan Thawb yang digunakan oleh masyarakat di Arab. Namun perbedaannya, Galabbiya ini memiliki potongan yang lebih lebar. Selain itu baju ini juga tidak memiliki kerah, dan juga tidak ada kancing.

 

  1. Djellaba
contoh djellabba


Gamis ini berasal dari Maroko, Afrika Utara. Gamis ini juga bukan hanya digunakan oleh kaum laki-laki saja, namun kaum perempuan juga bisa menggunakannya. Selain itu, gamis ini memiliki 2 varian jenis bahan yang disesuaikan dengan musim. Misalnya, pada saat musim dingin akan menggunakan Djellaba dari bahan wol , sedangkan pada musim panas akan menggunakan Djellaba dari bahan katun.


Baca juga : 

Model Dress Terbaru Kekinian yang Banyak Diburu Perempuan Masa Kini



Comments

  1. Eh kok lucu, sih! Beneran nambah insight soal pergamisan nih. Baru tau ternyata gamis banyak jenisnya ya, terlebih gamis pria. Makasii infonya, mba!

    ReplyDelete
  2. Aku blas kurang paham nama-nama gamis mbak. Dan baru ngeh ya banyak jenisnya hihi. Tahunya kaftan doang

    ReplyDelete
  3. Eeh ternyata ada macam macam ya.
    Cakep banget nih infonya. Dan sangat bermanfaat. Thank for sharing ya

    ReplyDelete
  4. Baru tau. Dari sekian gamis, ternyata nyelip Sherwani dan Shalwar yg cocok dg bawaan maskulin.
    Mirip seperti tunik gitu ya.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu kalau gamis ada banyak jenis. Tahunya selama ini ya gamis aja. Ternyata kaftan dan kurta pun masuk dalam jenis gamis ya..

    ReplyDelete
  6. Ealaah, ternyata jenis gamis juga macem-macem ya. Kebanyakan gamisku model payung, di bagian bawah (rok nya) lebar gitu dan suka yang polos

    ReplyDelete
  7. Banyak juga ya macam2 gamis modelnya pun unyu2. Abangku suka pake khurta klo pas shalat ke masjid

    ReplyDelete
  8. Jebul gamis banyak juga ya jenisnya mba. Baru tau aku loh. Ngertiku ya jubah itu. Hanya saja kalau di Indonesia masih aneh klo menurutku menggunakan itu karena memang bukan berasal dari akar budaya sini ya.

    ReplyDelete
  9. Beragam banget ya mbak, baju2 muslimnya. Dari tulisan Mbak ak jadi tau nih kalau ada baju gamis dengan model2 kayak gitu. Yang model Kurta tuh suamiku punya, ternyata banyak digunakan di Asia Selatan ya. Thank you infonya mbak

    ReplyDelete
  10. Wah ada bnyak macam nama y tyta gamis itu. Haha yg shalwar kameez mengingatkanku pd sseorang. Pernah ngedate sama org pakistan dan dia pke baju itu, jomplang bgt sama pakaianku

    ReplyDelete
  11. Ya ampyun..ternyata punya nama sendiri2 toh. Baru tau aku. Dari dulu taunya kaftan doang..hihi

    ReplyDelete
  12. Ternyata baju koko suamiku namanya kurta, selama ini aku nyebutnya baju koko panjang hahaha kidetny diriku, makasih nbak infonya

    ReplyDelete
  13. Favoritku gamis yang ga ada potongannya di bgian perut biar ga nmpak buncit hahahaaa. Sekarang cowok2 juga pakai gamis ya udha mulai populer juga di Indonesia.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^