5 Tips Sehat Setelah Lebaran

Wednesday, July 5, 2017

Assalamu'alaikum wr. wb. 

Haiiii...semua 😍
Tak terasa Ramadhan dan lebaran Idul Fitri  sudah usai, namun semua kenangan sukacitanya akan selalu terekam dalam memori kita sampai kapanpun. Semoga tahun depan kita diberi kesempatan untuk menjalani Ramadhan yang lebih indah dari tahun ini. Amiin. 

Nah, setelah lebaran biasanya bagi kaum wanita akan mengalami masalah baru seputar berat badan. Mungkin ada yang mengalaminya?Jadi,selama Ramadhan dan setelah lebaran berat badan bukannya turun malah naik he he. Kayak saya nih. Berat badan saya yang sebelum lebaran sekitar 50an malah sekarang jadi 60an. Jadi, bulan ini kayaknya saya harus mempunyai program khusus untuk menurunkan berat badan. 
Saya memiliki beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk Anda semua, baik itu laki-laki maupun perempuan. Simak yuk :




#1. Makan jangan berlebihan dan jangan lapar mata


Kitchen Scale, Weighing, Baking, Cooking
Diambil dari pixabay 

Kita harus bisa memperhatikan berapa kalori yang harus masuk dalam tubuh kita. Idealnya untuk laki-laki adalah 2500 kalori, sementara perempuan 2200 kalori. Sebagai gambarannya bisa Anda lihat ini :
  • 1 porsi nasi = 200 gram kalori 
  • 1 porsi lauk = 50 gram kalori
  • 1 irisan roti = 50 gram kalori
  • 1 porsi buah = 100 gram kalori 
Nah, sekarang Anda bisa menghitung sendiri berapa kalori yang Anda butuhkan dalam sehari. Karenanya pada saat ada acara Halal Bihalal dengan teman-teman Anda jangan lantas Anda menjadi lapar mata, semua makanan yang terhidang dimeja Anda makan dikarenakan tidak enak dengan yang punya hajat.

#2. Perbanyak aktivitas bergerak


Running, Runner, Long Distance, Fitness
Perbanyak aktivitas fisik - pixabay
Jika pada saat puasa mungkin aktivitas fisik Anda lebih berkurang, misalnya jadi agak malas-malasan berangkat dan pulang kantor Anda menggunakan fasilitas lift. Ada baiknya setelah lebaran ini Anda lebih memperbanyak aktifitas fisik dengan menggunakan anak tangga ketika pulang bekerja. Atau mungkin bersepeda ketika ke kantor. Atau bagi Anda ibu-ibu rumah tangga yang memiliki lebih banyak waktu luang di rumah bisa mengawali pagi Anda dengan jalan kaki di pagi hari atau berjalan kaki/bersepeda ketika berbelanja.

#3. Mengkonsumsi air putih 2 liter sehari


Bottle, Mineral Water, Bottle Of Water
Banyak mengkonsumsi air putih -pixabay
Seperti yang kita ketahui hampir 50% komposisi badan manusia adalah air. Karenanya kita membutuhkan banyak air putih untuk ketahanan fisik kita. Secara medis dianjurkan untuk orang dewasa mengkonsumsi air putih 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas air. Sedangkan anak-anak cukup 5 gelas air saja. Banyak minum air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, kecantikan dan juga bisa untuk membakar kalori. Bahkan, kita sebenarnya bisa lebih tahan hidup dengan hanya mengkonsumsi air putih saja tanpa makanan.

#4. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-buahan


Still Life, Still-Life, Vegetables
Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-buahan -pixabay
Pada saat lebaran hampir dipastikan semua orang di Indonesia memasak opor ayam dan sambal goreng yang merupakan penyumbang kalori dan kolesterol tertinggi. Makanya, biasanya usai lebaran banyak orang yang mengeluh sakit kolesterol, diare, dll dikarenakan mungkin karena makanan kurang hiegienis, atau dikarenakan terlalu banyak makanan yang beraneka macam sehingga usus kurang dapat menyerap secara optimal. Oleh karena itu, ada baiknya usai lebaran Anda memasak masakan yang lebih banyak sayur dan buah-buahan untuk menetralisir kolesterol.

#5. Kurangi minuman bersoda dan bergula 
Bottle, Syrup, Market, Balm
Kurangi minuman bersoda dan bergula - pixabay
Saat lebaran tentunya kita jadi lebih banyak mengkonsumsi minuman bersoda (just mention it) dan minuman sirup yang mengandung gula. Minuman-minuman tersebut berpotensi untuk menaikkan gula darah yang menjadi biang penyakit diabetes mellitus. Karenanya apabila Anda suka minuman tersebut, lebih baik Anda kurangi dari sekarang.
Semoga bermanfaat ^_^.

Sumber : Trans7 



13 comments:

  1. Untungnya saya g suka minum minuman yang bersoda...

    ReplyDelete
  2. Harusnya setelah lebaran lanjut ouasa sunnah syawal dan senin kamis. Dengan puasa biasanya badan lebih enak. Tapi suka banyak godaannya 😔😔

    ReplyDelete
  3. Iya neh, saya H+4 kena demam dan tenggorokan sakit karena kecapekan dan kebanyakan minum minuman kemasan. Anak-anak juga, malah Aira sampe batuk karena kebanyakan makan wafer :-(

    ReplyDelete
  4. Mbaaak makasih sarannya, aq ingat2 xixixi

    ReplyDelete
  5. dulu pernah kebablasan, eh akhirnya sakit deh hehe,,, alhamdulillah tahun ini enggak

    ReplyDelete
  6. Tengkyu tipsnya Mbak. PAs bange nih capek2 habis lebaran, masak, beberes, mudik. Wow, harus menjaga stamina nih

    ReplyDelete
  7. Andai aja makanan2 lebaran kmrn bisa naikin beratku, sekilo ajapun gpp, udah bersyukur bgt aku mah -_- .problem punya badan underweight mba. Tp khusus utk minuman soda, aku memang ga prnh nyentuh. Serem ya mba ama kandungan gulanya itu :D. Drpd ntr kena diabetes, jauhin dr skr deh..

    ReplyDelete
  8. beneer nih..lebaran memang bikun heboh padahal selama puasa kita udah oke yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak indah....lebaran memang bikin heboh

      Delete
  9. trus nastar di toples kapan dimakan? kasihan kan kelamaan di meja tamu *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ...baru tahu nih mbak kenapa BBku ga turun2 hbs lebaran...krn kebnykan nastar

      Delete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS