Friday, February 14, 2020

5 Manfaat Makan Coklat yang Harus Anda Ketahui

Hai semua,
I'm back again..💓💓
Bagi sebagian orang tanggal 14 Februari adalah hari Valentine atau hari kasih sayang, maka saya akan menulis sesuatu yang berhubungan dengan Valentine yaitu tentang kudapan bernama Coklat. Valentine identik dengan bunga dan coklat untuk dibagikan kepada pasangan atau pacar. Bagi yang masih jomblo  sabar ya. Kalau belum dapat seseorang yang menyukai Anda, sukai aja diri sendiri dulu alias self  love. Anda bisa melakukannya dengan menyalurkan hobi Anda seperti melukis, menulis, membaca untuk melupakan doi. 

Yap, C-O-K-L-A-T.
Siapa sih yang tidak suka dengan kudapan satu ini?Tua, muda, anak kecil eits bahkan anak saya yang baru berumur  1.5 tahun ini sudah mulai suka makan  coklat.Banyak orang bilang makan coklat bisa merusak gigi karena cokelat kan identik manis. Tapi, kalau tidak keseringan ya tidak apa-apalah. Saya pernah berkonsultasi ke seorang dokter spesialis anak justru coklat ini bisa membuat anak menjadi aktif lho. (Wah, pengertian banget ya bapak, tahu aja kalau kita sekeluarga penyuka cokelat).

Biasanya, saya makan coklat pas ulang tahun dibelikan ma yayang bebeb saya alias  suami. Atau pas moodnya lagi ga enak, pingin me time usai ngerjain pekerjaan rumah  belilah cokelat, dijamin langsung hepi.Coklat kesukaan saya ya Silver Queen dan Delfi. Kalau kamu suka yang mana ?

Oia sebulan yang lalu suami saya ada kerjaan di negeri kanguru Australia. Tepatnya di kota Singleton, negara bagian New South Wales. Ini kali keduanya suami saya ke Australia. Pulangnya bawa oleh-oleh cokelat, permen, kaos dan lain-lain.
Makanya, anak-anak senang banget jelang suami pulang. Rasanya sudah tak sabar pingin makan cokelat. Apalagi pas melihat postingan-postingan WA ayahnya tentang cokelat.

Permen coklat yang berada di kemasan botol (banyak banget isinya) dan yang dibawah table cloth itu coklat delfi bergambar koala, selebihnya permen buah khas Australia
Coklat memiliki rasa manis khas, sehingga membuat makanan ini hampir dikonsumsi dan favorit setiap orang di dunia. Sebagian besar kandungan coklat, terdiri dari berbagai jenis zat seperti :
  • 14 % kandungan karbohidrat
  • 9 % protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin)
  • 31% lemak
  • zat-zat lain, seperti alkanoid (zat yang menyebabkan coklat terasa pahit).
Sejumlah kandungan dalam coklat yang begitu beragam inilah yang menjadikan coklat baik untuk dikonsumsi dan juga memberikan manfaat untuk kesehatan.

5 Manfaat dengan memakan coklat :
1. Mencegah penyakit jantung
2. Mencegah penuaan dini.
3. Anti depresan
4. Meningkatkan intelegensia
5. Mengatasi diare 
(diambil dari berbagai sumber)
Wah, ternyata banyak manfaatnya ya memakan coklat. Btw, coklat oleh-oleh suami sebenarnya mau saya irit-irit supaya awet untuk 2 mingguan, ternyata baru 5 hari sudah ludes he he...But it's ok. Sebagian dimakan sendiri dan sebagian dibagi-bagikan anak-anak ke teman-temannya. Kata Lala "Wah, indahnya berbagi". Coklatnya melting banget dan bergambar koala. Sayangnya, saya lupa foto. 


Sedikit Cerita Tentang Australia


Alhamdulilah perjalanan suami ke Australia sangat lancar. Beliau berangkat dengan naik pesawat Qantas. Kami sekeluarga dan ibu saya mengantarnya ke bandara Semarang. Berada di Australia selama 5 hari dan pulang dengan pesawat Garuda.


Foto-foto kota Singleton, Negara Bagian New South Wales, Australia





Ada pelajaran yang bisa dipetik dari negara Australia yaitu tentang mereka sangat menghormati para pejalan kaki. Biasanya pejalan kaki di Indonesia harus menunggu  jalan benar-benar sepi  baru  kita menyeberang kan?Nah, kalau di Australia para pejalan kaki dipersilahkan untuk menyeberang duluan.

Suamiku awalnya juga sempat ketat ketir pas di Australia karena kan juga lagi viral-viralnya virus Corona/Covid-19, tentunya pemeriksaan di bandara Australia bakalan diperketat. Tapi alhamdulilah, pas arrival dan departure lancar. 

Oia, Anda tentu tahu kalau saya juga bergabung di komunitas menulis Gandjelrel. Nah, bentar lagi komunitas saya ini mau berulang tahun yang ke 5 lho. Saya senang sekali bisa bergabung di komunitas ini karena saya bisa mendapat banyak teman, pengalaman dan juga dapat cipratan rejeki dari menulis. Lumayan, bisa menambah uang jajan anak-anak. Komunitas Gandjelrel adalah salah satu komunitas Blogger yang didirikan di Semarang, anggotanya boleh lajang, ibu rumah tangga ataupun ibu pekerja. Didirikan oleh 5 blogger kece yaitu Mbak Dewi Rieka, Mbak Rahmi Aziza, Mbak Lestari,Mbak Wuri dan Mbak Uniek K. Menurut salah satu pendirinya Mbak Dewi, Gandjelrel itu sendiri diambil dari nama roti khas Semarang dengan nama sama roti Gandjelrel, berbentuk kotak dan berwarna coklat bertabur wijen. Roti ini bercita rasa kayu manis. Karena teksturnya ulet jika dimakan dua potong saja sudah cukup mengenyangkan perut. 


Melalui tulisan ini saya hendak mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 5 untuk komunitas Gandjelrel harapan saya semoga Gandjelrel makin banyak anggotanya, makin produktif  menulis dan sukses untuk semuanya. Love you all. #GandjelRel5Th


11 comments :

  1. Wah enak menikmati oleh2 coklat dari Australia...apalagi coklat itu emang mood booster yaa, abis makan bikin kita jadi happy

    ReplyDelete
  2. Aku suka coklat, delfi blakcforest dan silverquen almond..pas hamil apalagi heuheu..anaknya bener cewek coz suka coklat..

    ReplyDelete
  3. Aku pun suka coklat juga, mba. Anak-anak pasti senang ya dapat oleh-oleh dari ayahnya yang baru pulang dari Australia. Aku mupeng ih sama coklat yang di botol, penasaran hahahaa

    ReplyDelete
  4. coklat...pertolongan pertama pada kelaparan, buatku :p tapi kenapa ya minuman hot coklat malah eneg dan rasanya aneh di tenggorokan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah g tau y mb..aku blum pernah makan hot coklat..jd g bs komen 😋

      Delete
  5. aku penggemar cokelat, mau diapain deh pasti lebih suka cokelat, tapi kalau kebanyakan juga eneg ya, hehehe, jadi ya banyak tapi nggak kebanyakan

    ReplyDelete
  6. Coklat memang memiliki banyak manfaat, tapi kalau sudah ada tambahan gulanya, naahh itu yang jadi bikin bahaya. ;) Aku suka tuh beli bubuk coklat dan kuminum dengan gula dikit aja, soalnya kalau ga pake gula sama sekali, paiiittt banget.

    ReplyDelete
  7. Iya ya, kalau abis makan coklat bawaannya hepi mulu. Jadi pengen beli coklat niiy

    ReplyDelete
  8. Waahh ternyata banyak juga ya manfaat coklat. Dulu takut gemuk kalo ngemil coklat hahaa... Mau makanan apa minuman enak semuanya

    ReplyDelete
  9. Coklat itu favoritku. Dan aku lumayan sering jajan coklat karena kalau udah favorit itu ya jadinya sering beli coklat.

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top