Showing posts with label Lomba Blog. Show all posts
Showing posts with label Lomba Blog. Show all posts

Belajar Bahasa Inggris Lebih Menyenangkan dan Efisien Dengan Indiehome

Sunday, November 13, 2016

Image result for indiehome



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dunia internet merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hampir semua orang di dunia sekarang menggunakan internet. Bahkan, Indonesia tercatat sebagai negara nomer 4 dengan pengguna internet terbanyak. Maka, bisa dibilang Indonesia merupakan salah satu negara yang melek digital. Kehadiran internet bahkan mampu mengalahkan alat-alat komunikasi konvensional seperti surat, telegram, dan lain-lain dikarenakan internet lebih praktis dan jangkauannya sangat luas. Selain itu, sekarang orang bisa saja bertatap muka dan berkomunikasi langsung hanya lewat internet meskipun mereka berbeda tempat ataupun negara dengan teknologi bernama Skype. Berkat kehadiran internet juga  orang bisa sukses berjualan online.

Saya dan suami adalah salah satu pengguna internet. Saya sehari-hari menggunakan internet untuk menulis blog, melihat tayangan Discovery Channnel, FYI  (hiburan) atau hanya untuk sekedar  chatting dengan teman dan keluarga  lewat BBM atau WA. Sedangkan suami saya menggunakan internet untuk belajar bahasa inggris yaitu lewat Skype atau Video YouTube. Selain itu anak-anak menggunakan internet sebagian besar adalah untuk bermain game, belajar bahasa Inggris dan Matematika,  serta melihat video-video anak-anak di Youtube. Semua fasilitas tersebut saya peroleh dengan menggunakan Indihome. Saya sudah menggunakan fasilitas Indiehome selama kurun waktu 2 tahun. Namun, bukan berarti saya lantas melupakan televisi-televisi nasional. Saya tetap mengkonsumsi tayangan televisi Indonesia berselingan dengan program Indiehome karena saya juga cinta produk Indonesia.
Keunggulan dari Indihome adalah koneksi internet yang stabil, kecepatannya memadai untuk video chat tanpa buffering. Untuk berlangganan Anda cukup membayar 250 ribuan perbulan dengan mendapatkan fasilitas telepon rumah, internet dan tv kabel dengan ratusan channel. 





Suami saya sedang berlatih bahasa Inggris dengan Italki

Suami saya bekerja dengan beberapa klien dari Australia dan Amerika Serikat, yang mengharuskannya  untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Saya sih sebenarnya bisa saja mengajarinya bahasa Inggris tetapi waktu saya sangat terbatas. Bisa dibilang waktu saya sudah habis untuk keluarga dan anak-anak. Sedangkan, waktu suami sudah habis untuk pekerjaannya. Bila dia kursus bahasa Inggris di luar selain biayanya relatif mahal juga waktunya tidak ada. Karenanya, suami lebih suka belajar bahasa Inggris dengan menggunakan internet saja. Dengan berlatih berbahasa inggris lewat internet suami saya bisa berkenalan dengan orang-orang dari berbagai negara, diantaranya dia berkenalan dengan orang India, Amerika, Australia sedikit banyak bisa mengetahui bagaimana kehidupan budaya orang-orang Barat terutama tentang kedisiplinan, kerja kerasnya dan kehidupan sosial mereka. Istilahnya sambil menyelam minum air. Nah, koneksi internet yang cepat Indihome sangat membantunya dalam belajar berbahasa Inggris tanpa adanya buffering. Lancar jaya deh pokoknya. 

Sekedar informasi buat Anda yang ingin belajar bahasa Inggris melalui internet ada layanan gratis belajar internet yaitu Speaking24.com, kebanyakan adalah orang-orang yang memang ingin belajar berlatih berbahasa Inggris bersama-sama. Sedangkan yang berbayar adalah Italki.com, jika Anda ingin belajar dengan guru native speaker dengan biaya yang relatif tidak begitu mahal yaitu rata-rata 5-10 dollar per jam.

Mampu berbahasa Inggris dengan baik menurut saya merupakan sebuah modal yang sangat penting untuk generasi muda Indonesia. Kita ketahui pasar bebas sudah mulai berlaku melalui MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dan Indonesia perlu membentuk generasi muda yang mampu bersaing dengan tenaga kerja dari negara-negara tetangga. Saya rasa semua keluarga muda Indonesia harus menyiapkan anak-anaknya untuk dapat berbahasa Inggris dengan baik sedini mungkin.
Jadi, mari kita menggunakan internet dengan sebaik-baiknya mengambil hal-hal positif dari internet dan jadikan #IndonesiaMakinDigital. Semoga bermanfaat










Berpikir Positif Sejak Bangun Tidur dan Hangout Dengan Teman Membuatku Cantik di Usia Cantik

Wednesday, November 9, 2016

Hi Moms,


Sudah lama sekali tidak menulis blog dikarenakan putri kecil saya, Lala, sakit typus dan sempat dirawat di Rumah Sakit untuk beberapa hari. Alhamdulilah, sekarang dia sudah sehat dan bersekolah kembali. 

Kalau Anda melihat judulnya kesannya maksa banget deh, padahal yang nulis tu enggak cantik-cantik amat. He..he....
Baiklah, tak terasa tahun ini usia saya sudah 37 tahun. Usia yang bisa dibilang tidak muda lagi, anak sudah lumayan besar. Banyak tantangan. Si sulung sudah berusia 11 tahun, tahun depan dia sudah masuk SMP. Sedangkan si bungsu berusia 7 tahun kelas 2 SD. 


Saya di usia 37 tahun



Saya dan anak-anak
Ketika reunian teman-teman kuliah, banyak teman yang berkomentar kalau saya awet muda lantaran belum banyak ada kerutan di wajah. Tentunya, saya merasa tersanjung  (kayak judul sinetron he3). Mungkin salah satunya karena saya rajin merawat diri, minimal setiap hari 2 kali saya membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar sebuah produk kecantikan, kalau sempat 1 bulan sekali saya pergi ke salon. Selain itu juga saya usahakan seminggu 2 kali berolah raga. Minimal jalan kaki keliling kompleks selama 10-15 menit. 

Setiap hari saya bangun pagi, menunaikan sholat subuh tidak lupa bersyukur akan nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Saya masih diberikan banyak kesempatan untuk tetap produktif, meski saya memutuskan pilihan saya menjadi seorang ibu rumah tangga. Sungguh, menjadi ibu rumah tangga awalnya adalah pilihan yang sulit bagi saya. Saya tidak suka hal-hal yang berbau monoton. Saya dulu sempat tidak yakin apakah saya bisa menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik, di tengah rasa kecemburuan saya melihat teman-teman yang sukses dengan berkarier. Alih-alih memikirkan hal-hal yang negatif lebih baik saya berpikiran yang positif saja deh. 

Berawal dari hobi menulis saya kemudian mencoba untuk belajar ngeblog lewat suami saya. Meski diapun sebenarnya tidak jago-jago amat di blogging. Selain itu, suami juga bekerja alhasil dia tidak bisa intens mengajari ngeblog. Hasilnyapun ala kadarnya. Tetapi, saya menyukai hal-hal yang baru dan berkeinginan keras harus bisa. Dari membuat template dan menghiasnya saya pelajari dengan otodidak. Hasilnya blog Mama Lala adalah blog yang murni  hasil kerja saya, setidaknya 80%nya adalah saya, 20% bantuan suami. Piss. 
Dikala saya didera jenuh bosan di rumah, saya menulis blog. Dan ngeblog adalah aktivitas yang sangat menyenangkan buat saya, disamping itu juga "nduiti" alias menghasilkan uang bila kita tekun dan telaten. Banyak keuntungan lain yang saya peroleh dengan bergabung di Komunitas Blogging seperti mempunyai banyak teman baru, bertemu dengan tokoh-tokoh terkenal.
Bertemu Shanaz Haque di event blogger

Cita-cita saya kedepan adalah ingin mengembangkan bisnis lain saya yaitu membuat seprei dengan label saya,  serta menjahit produk lainnya karena bidang jahit menjahit merupakan bidang yang terlanjur sudah saya sukai. Mompreuner wanna be ceritanya.

Selain itu aktivitas lain yang saya sukai di usia cantik ini adalah hang out bersama teman-teman sesama ibu rumah tangga teman anak-anak sekolah. Jangan berpikiran yang tidak-tidak. Kita jarang ngemall kok alias jarang ngabis-ngabisin uang suami, justru kami suka sekali menghasilkan uang he..he.. Jujur paling ya sekedar ketemuan seminggu sekali di sekolah tiap hari Jumat. Ngeteh-ngeteh cantik di kantin sekolah. Kami adalah kumpulan mama-mama yang senang berkegiatan yang positif, seperti menjenguk anak teman yang sakit, mengaji dan lain-lain. 

Me and My Gank

Nah, itulah sekilas info tentang perjalanan hidup saya. Semoga di lain waktu saya bisa menceritakannya dengan lebih detail. Tetap cantik di usia 30 an, why not? Abaikan deretan angka usia kita, yang penting adalah tetap bermanfaat bagi orang banyak dan jangan lupa untuk bersyukur apapun keadaan kita. Semoga bermanfaat.


Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L’Oreal Revitalift Dermalift.”


Ayo Dolan Nang Semarang !

Sunday, September 18, 2016


Hai moms,
Sebagai seorang ibu rumah tangga atau ibu pekerja tentulah kita butuh yang namanya refreshing. Baik itu bisa hanya berkumpul saja dengan keluarga di rumah ataupun jalan-jalan keluar (travelling). Terlalu sibuk dengan rutinitas membuat kita merasa jenuh,  apalagi seorang ibu rumah tangga yang nyaris 24 jam berkutat dengan urusan rumah tangga. Dengan jalan-jalan ke tempat-tempat wisata bersama keluarga tercinta membuat hati kita senang dan melupakan kepenatan hidup untuk sementara waktu.


Peta Kota Semarang dan Sebutan-sebutan untuk Semarang

Semarang disebut juga kota kota Atlas, kota Lunpia, Venetie van Java (Venesianya Jawa).
Di kota itulah sekarang saya tinggal sejak saya menikah tahun 2005. Dari sekian banyak kota besar yang ada di Indonesia ini menurut saya kota yang ideal untuk saya adalah Semarang. Tempatnya tidak terlalu padat seperti Jakarta, banyak tempat-tempat wisata yang seru, dan juga banyak wisata-wisata kuliner yang tersebar di mana-mana. Meski sekarang Semarang sedikit agak panas ketimbang 15 tahun yang lalu ketika saya kuliah,  namun saya senang dan betah tinggal di kota ini. Dengan tinggal di Semarang saya juga tidak terlalu jauh dengan saudara-saudara  baik yang ada di Salatiga ataupun di Semarang. Kalau sewaktu-waktu orang tua ada yang sakit tidak terlalu terjebak kemacetan. Tentunya, tidak semua orang yang memiliki "keberuntungan" seperti saya, dalam artian mempunyai rumah yang berdekatan letaknya dengan saudara-saudara. Alhamdulilah.

Saya dan suami kebetulan memiliki hobi yang sama yaitu travelling. Karena kami suka travelling alhasil anak-anak saya juga suka travelling. Makanya, kalau akhir minggu pertanyaan anak-anak yang diajukan adalah : Mah, jalan-jalan kemana?
Sudah banyak tempat-tempat wisata yang kami jelajahi di Semarang seperti Gua Kreo&Waduk Jatibarang, Pantai Marina,  Tlogo Plantation (Gua Rong). Beberapa tempat yang baru-baru ini saya kunjungi adalah :


1. Wihara Budhagaya di Watu Gong,Semarang





Di tempat ini saya ingin mengajarkan kepada anak-anak tentang toleransi beragama. Betapa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam adat, suku, dan agama bisa duduk berdampingan dengan rukun dan damai. Sangat berbeda dengan negara-negara konflik seperti Suriah, Irak dll. Di Wihara ini Anda dibuat  takjub oleh bangunan wihara yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia. Bangunan wihara ini terlihat kokoh dengan ornamen-ornamen khas agama Budha. 

2. Lawangsewu

Mengapa disebut Lawang Sewu (bhs jawa : pintu seribu), karena konon pintu di Lawangsewu ada 1000. Banyak banget ya. Saya juga belum pernah menghitung sih he..he..Lawangsewu angker? Ah, enggak tuh. Waktu kesana saya tidak ketemu hantu ataupun sosok2 makhluk halus yang katanya mendiami Lawangsewu. Jujur, baru pertama kali ini saya mengunjungi Lawangsewu untuk kurun waktu 11 tahun saya tinggal di Semarang. Awalnya, saya takut untuk berkunjung ke sana karena banyak cerita-cerita mistis yang diceritakan oleh teman-teman tentang Lawangsewu. Ternyata, ketika berkunjung ke Lawangsewu saya dibuat takjub oleh bangunan peninggalan Belanda ini. Struktur bangunannya sangat indah, kokoh dan instagrammable. Selain itu juga tempatnya bersih, tidak ada sampah. Semoga pemandangan itu yang akan selalu bertahan. Berkunjung ke Lawangsewu mengingatkan saya akan perjuangan para pahlawan pada jaman dulu.Jika Anda menginginkan wajah Anda dilukis, di sekitar area Lawangsewu juga ada seorang seniman lukis yang bisa melukis wajah Anda dengan tarif murah Rp 25.000,00 (kalau belum naik lho). 


 3. Curug Lawe

Selain ke Lawang Sewu, jika Anda menginginkan berwisata ke tempat yang berbau alam Anda harus mengunjungi Curug Lawe yang berlokasi di Ungaran. Tempat ini cocok sekali buat anak-anak muda pecinta alam, atau pasangan muda yang ingin mengenalkan alam kepada anak-anak sejak dini. Di Curug Lawe terdapat air terjun dengan kualitas air yang terjaga ekosistemnya ditunjukkan dengan banyaknya capung-capung hutan yang bersiliweran.  Anda juga bisa berfoto-foto di Jembatan Curug Lawe, berselfie-selfie. Pokoknya seru deh, so jangan lewatkan tempat wisata ini.




4. Wisata Alam Air Panas dan Air Terjun Gonoharjo

Wisata air terjun dan pemandian air panas Gonoharjo berlokasi di Kendal, Semarang. Tempat ini hampir mirip dengan Curug Lawe, terdapat air terjun dengan air yang masih jernih dan terjaga kealamiannya. Bedanya, tempat ini terdapat pemandian air panasnya. Jadi, bagi Anda yang menyukai mandi air hangat , yang dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit, maka Anda akan dimanjakan  dengan pemandangan alam hutan-hutan hijau yang sangat sejuk. Di sekeliling tempat wisata ini sesekali akan terdengar suara nyanyian burung dan monyet-monyet liar. Tempatnya memang agak naik turun, cocok buat Anda yang sedang melaksanakan diet he3 (biar langsing). Anak-anak saya biarkan  bertelanjang kaki masuk ke dalam sungai yang airnya jernih, bermain air, dan melihat keseruan mereka kala mereka menangkap udang-udang kecil yang menyelip diantara bebatuan sungai dengan botol Aqua. Tentunya sulit sekali. Well, lain kali saya akan membawa serok ikan saja. Biar dapat banyak. Jangan lupa juga melihat sumur air panas yang merupakan muara air panas Gonoharjo. Sayangnya, saya lupa tidak membawa telor mentah, pasti langsung matang dan bisa jadi kudapan he..he..(just kidding). Sungguh, petualangan yang sangat berkesan.

5. CimoryLand

Cimory adalah salah satu wisata agro berlokasi di Bawen yang sangat digemari oleh orang Semarang, termasuk saya dan keluarga. Apalagi dengan produk  susu yogurt aneka varian rasanya, chocomorynya (coklat batangan dengan aneka rasa), susu segarnya serta es krim. Selain itu Cimory juga menjual aneka macam oleh-oleh khas Jawa Tengah. Ini adalah kali ketiga saya mengunjungi Cimory. Anak-anak saya sangat suka dengan produk susu segarnya Cimory yang tidak terlalu mahal 800 ml dibandrol dengan harga Rp 19.000, sedang susu yogurtnya 1 botol seharga Rp 7500. Di Cimory, anak-anak banyak belajar tentang bagaimana proses susu bisa diolah menjadi aneka olahan makanan yang tidak mengurangi nilai gizinya. Selain itu anak-anak diajarkan bagaimana mencintai lingkungan, makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan. Lelah berkeliling area Cimory, Anda bisa berkunjung ke Resto Cimory yang menyajikan aneka masakan yang buka pada jam  08.00-21.30.



So, tunggu apa lagi Ayo Dolan Nang Semarang (Ayo Jalan-jalan ke Semarang). Lupakan sejenak masalah hidup Anda, serta pekerjaan Anda. Untuk para pengunjung tempat-tempat wisata saya mohon untuk selalu menjaga lingkungan tempat wisata untuk tetap selalu bersih, jangan membuang sampah disembarang tempat, selfie boleh tetapi selalu tetap berhati-hati. Untuk pemkot Semarang untuk terus meningkatkan pembangunan  tempat-tempat wisata terutama fasilitas jembatan di Curug-curug, sehingga akan makin banyak orang untuk berkunjung ke kota Semarang. I love you Semarang. 

Tulisan Ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @Visit Jawa Tengah (www.twitter.com/visitjawatengah)









Sun Life Bright Advisor Membuat Liburanmu Lebih Terencana

Monday, September 5, 2016



Hai moms,

Semua orang tentunya senang dengan yang namanya liburan. Makanya, banyak orang menunggu-nunggu waktu weekend, sabtu dan minggu, dan hari-hari libur lainnya. Karena hari itulah mereka bisa sejenak melupakan masalah hidup, rehat sebentar dengan pekerjaan kantor dan rumah tangga, berkumpul dengan keluarga di suasana santai liburan. Tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada asuransi untuk travelling Anda? Jadi, Anda tidak perlu takut dan khawatir apabila terjadi sesuatu yang buruk terhadap Anda seperti kecelakaan atau sakit di waktu Anda travelling, maka resiko itu sudah bisa dicover oleh Asuransi.





Indonesia merupakan negara dengan persentase pengguna asuransi yang masih kecil hanya sekitar 2.5%, karenanya perlu diadakan sosialisasi agar makin banyak orang menjadi melek akan manfaat dari asuransi terutama asuransi perjalanan.

Oleh karena itu pada hari 28 Agustus 2016, saya mengikuti seminar  yang diadakan oleh Sunlife Financial Indonesia bertempat di Mall Ciputra, Semarang, tentang  Asuransi perjalanan dengan tema "Wujudkan Liburan Terbaikmu".

Sebagai Nara Sumber ada 2 orang yaitu Mbak Muna Sungkar dan  Mbak Donna Imelda yang sama-sama memiliki profesi sebagai dosen dan travel blogger.
Keduanya kemudian berbagi ilmu  seputar perencanaan keuangan selama travelling.


Dari kiri ke kanan : Mbak Donna Imelda, Mbak Muna Sungkar, dan Pak Fabi diambil dari : Twitter Sunlife

Tapi sebelumnya ada sambutan dari pihak Sun Life yang diwakili oleh Ahmad Emir Farabi (Pak Fabi) yang akan menjelaskan sekilas tentang Sun Life Financial Indonesia.  Misi dari Sun Life Financial adalah memberikan kemapanan untuk keluarga Indonesia. Sunlife Financial sendiri sudah berdiri sejak 150 tahun yang lalu di Kanada, dan saat ini diperdagangkan di Toronto (TSX), New York (NYSE) dan bursa saham Filipina (PSE) dengan kode saham SFL.

Menurut Mbak Donna Imelda ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan sebelum kita travelling :
  • Jangan menggunakan kartu kredit, apabila pengelolaannya kurang baik maka akan membuat masalah di kemudian hari.
  • Pertimbangkan masalah akomodasi seperti hotel, penginapan
  • Transportasi selama di tempat tujuan : sewa kendaraan atau menggunakan transportasi umum
  • Tempat-tempat yang akan didatangi selama perjalanan : perhatikan admission fee atau harga tiket masuk
  • Belanja : belanja oleh-oleh dan belanja pribadi
  • Biaya tak terduga
  • Asuransi perjalanan 
Apa saja yang perlu dipertimbangkan kala travelling bersama keluarga menurut Mbak Muna Sungkar :

Langkah 1 : Planning.
  • Tetapkan tanggal dan tujuan keberangkatan.
  • Cek kalender kemudian tentukan waktu yang tepat untuk cuti terutama bila anak-anak sudah memasuki usia sekolah.
  • Sesuaikan cuti saat libur sekolah atau bila hendak membolos pastikan tidak ada agenda sekolah yang penting.
  • Diskusikan dengan seluruh keluarga tempat seperti apa yang ingin dikunjungi.

Langkah 2 : Budgetting.
  • Tentukan budget liburan sejak awal.
  • Pertimbangkan ingin membeli paket liburan dari travel agent/merencanakan sendiri.
  • Manfaatkan asuransi perjalanan untuk seluruh anggota keluarga bila memungkinkan.
  • Buat perincian anggaran sedetil mungkin (tiket pesawat, akomodasi, transportasi selama liburan, uang makan, oleh-oleh, dll)
  • Bila memungkinkan susun anggaran per hari.


    Langkah 3 : Browsing tiket murah.
    • Mulai sejak jauh hari.
    • Luangkan waktu untuk membandingkan harga tiket antara satu maskapai dengan lainnya.
    • Subscribe member beberapa maskapai agar ketika ada promo tiket murah kita akan selalu mendapatkan informasi lebih cepat.
    • Cek situs-situs booking online.


      Langkah 4 : Menyusun itinerary.
      • Diskusikan dengan suami dan anak-anak agenda liburan yang diinginkan.
      • Cari informasi sebanyak mungkin mengenai tempat yang akan dikunjungi. Termasuk jarak antara hotel dan lokasi wisata, info mengenai transportasi umum, dsb.
      • Pilih tempat wisata yang ramah anak.
      • Susun agenda kegiatan harian.
      • Tentukan budget harian baik untuk budget transportasi, makan, shopping, kebutuhan mendadak (misalnya obat, diapers,dll)
      • Usahakan tidak melebihi budget yang sudah ditentukan.
      • Be flexible (make plan B if necessary).


        Langkah 5 : Packing.
        • Buat daftar barang bawaan untuk seluruh anggota keluarga.
        • Susun bawaan dari yang terberat hingga teringan.
        • Tempatkan toiletries, make up dan aksesori pada wadah khusus.

        Karena begitu pentingnya asuransi perjalanan untuk kenyamanan travelling, untuk itu pada kesempatan baik ini Sun Life memperkenalkan situs onlinenya yang bernama Bright Advisor. Bright Advisor diciptakan untuk dapat memberikan informasi dan menjawab pertanyaan dengan cermat serta dalam bahasa yang mudah dimengerti. Dalam memanfaatkan Bright Advisor pengunjung tidak akan dikenakan biaya apapun ataupun harus menjadi nasabah Sunlife terlebih dahulu. Bright Advisor sudah dapat diakses melalui http://brightadvisor.co.id. 

        Sunlife percaya bahwa akses yang mudah dalam mendapatkan informasi seputar asuransi dan investasi akan membantu dan mempercepat masyarakat untuk berkembang secara ekonomi dan sosial. Sehingga, hal tersebut dapat memujudkan #Indonesia lebih baik. Selamat menikmati travelling yang menyenangkan dan terencana dengan Sunlife Bright Advisor.



        Anda Kalah Lomba ?Cabut Linknya

        Sunday, May 22, 2016




        Assalamu'alaikum wr. wb.

        Dear my readers,


        Arrgghh..maaf dah lama engga nulis.  Lagi males tingkat dewa nih. 
        Eh, tahu enggak readers ternyata menulis blog itu asyik lo.  Bisa menjadi kegiatan untuk mengusir kejenuhan kita di rumah dan juga bisa menyalurkan hobi menulis kita. Saya menyukai menulis blog sejak tahun 2014. Awalnya, saya sama sekali tidak tahu tentang blog, bahkan buta sama sekali.  Perkenalan saya dengan aktivitas ngeblog berawal dari suami saya. Suami saya menulis blog hanya untuk iseng-iseng saja sih.  Dia menulis tentang hobinya di design mesin teknik. Sempat sudah ada akun Adsensenya juga di blog misua, tapi karena penasaran diklik sendiri Adsensenya, yaa langsung dibanned dong ma Mbah Google. Tetapi, karena memang pada dasarnya cuman iseng ya sampe sekarang blog itu tidak diurusi lagi. Padahal, pengunjungnya udah buaanyak lo.

        Dari tahun 2014 saya mulai menulis di blog menggunakan fasilitas Blogspot. Jangan ditanya, tulisannya waktu itu acak adul pokoknya.  Saking rajinnya menulis blog, sebulan cuma sekali aja nulisnya (pelit ya he..he..). Karena kesibukan mengurusi si kecil Lala, yang waktu itu berumur 3 tahun, saya vakum dulu dari dunia perbloggeran. Walah, baru mulai sudah vakum.  Jadi, resminya sih baru satu setengah tahun menulis blog. Yang tahun 2014 itu cuman pencitraan ha..ha..

        Prestasi saya di bidang blogging masih biasa-biasa aja.  Karena sadar diri masih cupu dan batita banget. Beberapa kali ikut lomba belum pernah hoki. Bukan karena kalah lomba juga lho lantas frustasi bikin postingan ini.  Bukan juga...


        Jujur, menurut saya alasan pokok saya ikut lomba :
        Yang pertama adalah saya tidak mau munafik yang pertama karena hadiahnya (ya pasti dong), alasan kedua ingin mengasah ketrampilan menulis, alasan ketiga ingin menambah ilmu, alasan keempat ingin mengharumkan nama komunitas tentunya.

        Tetapi seandainya saya kalah saya tidak pernah kecewa tuh. Tidak lantas nangis-nangis sambil ngekep bantal gitu. Menurut saya ya memang belum rejeki, atau belum hoki aja. Masih ada kesempatan-kesempatan lain. Betul tidak readers?


        Image result for gambar aku rapopo


        Setelah Anda serius untuk menekuni ngeblog ada baiknya Anda mempunyai komunitas. Mempunyai komunitas ada banyak manfaatnya loh. Ada teman-teman baru,  ada info-info lomba, ada info-info tentang seminar parenting buat Anda yang sudah berumahtangga, pokoknya seabreg deh manfaatnya.  Apalagi bila Anda ingin menjadi blogger profesional. Saya ikut 3 komunitas yaitu Komunitas Gandjelrel, Komunitas IIDN dan KEB (Komunitas Emak-emak Blogger).  Selain itu saya juga memiliki grup WA komunitas Gandjelrel.  Banyak komunitas Gandjelrel yang sama-sama menjadi anggota Komunitas IIDN dan KEB.
        Di Gandjelrel juga saya mengenal banyak penulis terkenal seperti mbak Dedew (Dewi Rieka) Penulis Buku Anak Kos Dodol, Mbak Dian Nafi, Mbak Keisya Avicenna dll.  Buku-bukunya sangat terkenal loh.

        Kalau Anda seorang bloggger, Anda tentunya pernah ikut lomba blog kan? Nah biasanya nih saya lupa mencabut link yang mengarah ke sebuah situs.  Ternyata, mbak Dedew bilang, sebaiknya setelah kita kalah lomba, link yang mengarah ke sebuah situs yang merupakan sponsor lomba kita di cabut aja.  Kalau tidak ya, mereka (brand) akan beruntung dong.  Sementara kita tidak dapat apa-apa. Hiks..

        Demikian tips blogging saya untuk Anda hari ini.  Tunggu postingan saya berikutnya yaaaa

        Salam hangat,



        N.i.n.g.r.u.m



















         
        FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS