Mari Sambut Ramadhan Dengan Suka Cita

Monday, June 15, 2015

Dear bunda,....


Tidak terasa ya Bunda sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan.  Sudah siapkah kita menyambut bulan yang penuh rahmah dan ampunan ini ?  Jangan sampai  kita menyambut ramadhan dengan tidak semangat apalagi menggerutu seperti,"Wah, gara-gara puasa nih semua harga-harga naik!" atau seperti ini "Males nih kalo sahur harus bangun pagi-pagi, nyiapin makan,  belum lagi anak-anak bangunnya susah."  


Image result for gambar marhaban ya ramadhan
google.com

Dikisahkan bahwa pada jaman Rasulullah saw, orang-orang pada waktu itu selalu menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan, bahkan banyak yang sampai menangis, karena di bulan Ramadhan itu ada banyak peristiwa penting di dalamnya seperti Nuzulul Qur'an (malam turunnya Al Qur' an), dan Lailatul Qodar (Malam yang lebih baik dari malam 1000 bulan atau 83 tahun) yang hanya ada 1 tahun sekali.  Di bulan ini semua amalan sunnah ataupun wajib dilipatgandakan. Jadi kita akan rugi sekali apabila tidak memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya karena kita tidak tahu apakah tahun berikutnya kita masih bisa merasakan bulan ini.  Naudzubillahi min dzalik.....
Dalam sebuah hadist Allah Swt telah menjanjikan bahwa orang yang menyambut puasa dengan suka cita dan melakukan apa yang telah diperintahkan dan menjauhi laranganNya akan dimasukkan ke surga yang disebut Surga Rayyan dimana orang yang masuk ke dalamnya tidak akan merasakan kehausan.  Semoga kita termasuk di dalamnya ya Bunda.  Amien.

Semangat kita dalam menyambut bulan Ramadhan ini juga perlu kita tularkan ke anak-anak. Misalnya :  "Kakak, Adik....tahu tidak sebentar lagi kita akan kedatangan tamu lho...nanti anak-anak pasti akan bertanya :  Tamu siapa Bunda ?  Tamunya adalah bulan Ramadhan...tentunya dengan bahasa anak-anak. Ceritakan kepada anak-anak tentang makna bulan suci Ramadhan, ajak anak kita yang sudah menginjak SD untuk berpuasa.  Awalnya sehari 1 jam dulu tidak boleh makan dan minum, setelah itu 2 jam, selanjutnya sampai jam 12 siang dan seterusnya sampai Maghrib.  

Menjelang ramadhan ini aku selalu teringat dengan ibuku di rumah.  Apalagi sekarang Bapakku sudah tiada.  Untungnya masih ada kakak yang ada di rumah, jadi ibuku tidak kesepian. Biasanya seminggu sebelumnya aku telepon beliau, minta maaf  bila selama ini aku ada salah, biar puasaku dimulai dengan hati yang bersih. Beliau pula yang paling sibuk ngingetin aku supaya banyak-banyak membaca Al Quran, bersedekah ke anak yatim (jangan takut miskin hanya dengan bersedekah, sebaliknya apabila kita suka bersedekah pahalanya akan berlipat ganda).  Sebenernya tidak ada niatan untuk menangis, tapi nasehat ibu itu selalu membuatku berlinang air mata.  

Nah, apabila kita sudah bersemangat dalam menyambut bulan Ramadhan, persiapan-persiapan berikutnya adalah :

1.  Persiapan Ilmu  
    Yang dimaksud persiapan ilmu adalah kita harus tahu ilmu tentang puasa Ramadhan seperti hal-hal yang wajib yaitu Niat puasa, sahur, niat berbuka, hal-hal yang membatalkan puasa dll

2.  Persiapan Fisik
     Kita harus menyiapkan fisik (badan) kita untuk puasa.  Jangan melakukan aktivitas-aktivitas yang terlampau berat, sehingga menyebabkan kita sakit. 

3.  Persiapan Harta
     Misalnya kita punya tabungan yang berlebih untuk bersedekah, maksimalkan harta kita itu untuk bersedekah seperti ke panti asuhan, panti jompo karena sedekah kita akan meringankan beban mereka, bila perlu ajak anak-anak ke panti untuk menumbuhkan sifat sosial anak-anak kita di kemudian hari.

4.  Persiapan Target untuk Peningkatan Diri/Upgrading
      Maksudnya adalah selama bulan Ramadhan kita perlu membuat target-target yang akan kita capai dalam beribadah sunnah contohnya membuat to do list seperti ini :

  • Sholat Dhuha      :  full/not full
  • Sholat Tahajud   :  full/not full
  • Khatam Al Quran :  full/not full
  • Sholat Taraweh    :  full/not full
  • dll............................
Menyusun target-target (to do list) penting untuk kita kerjakan karena bisa menjadi tolok ukur keberhasilan kita dalam mengalahkan hawa nafsu selama bulan Ramadhan.  Tentunya to do list ini akan berbeda-beda dari orang ke orang. Apalagi buat wanita, yang tiap bulannya ada tamu spesial yaitu haid. Jangan sampai setelah bulan Ramadhan kita hanya menjadi pribadi yang sama seperti sebelum berpuasa.  Bila perlu, ibadah sunnah harus terus konsisten sampai setelah Ramadhan selesai. 

Semoga ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua ya Bunda.  Sebelum Ramadhan saya minta maaf  bila ada salah saya dalam bertutur kata.  Marhaban Ya Ramadhan........ Selamat menjalankan ibadah puasa untuk semuanya :)










#Ceritaku











Alhamdulilah, Sekarang Anakku Suka Tempe

Thursday, June 11, 2015

Suatu sore  3 bulan yang lalu.....

Siapa mau tempe goreng anget? teriakku dari dalam dapur. 
Sepi,  tidak ada jawaban.  Kalo tidak, pasti anak-anak pada geleng-geleng. Bener nih ga mau, kalo ga mau mama habiskan sendiri lo.  Karena tak ada jawaban, kemudian aku berjalan ke ruang tengah di ruang TV, biasanya mereka berdua lagi main bareng (kalo lagi rukun he3).
"Mamah taruh di meja ya, kalo kalian mau ambil aja."  
Tetep aja ga ada yang ambil.  Kadang-kadang usilku kambuh terus kucuilkan sedikit tempe  kumasukkan ke mulut mereka.  


Gimana, enak ga?tanyaku. 
"Mamah ki lo, udah dibilangin enggak mau ya enggak mau dong,"kata si Kakak, kalo yang adik malah lebih parah lagi langsung menjulurkan lidahnya...emm....ga enak mah."

Sudah berbagai macam cara kucoba supaya mereka suka makan tempe.  Mulai digoreng tepung , dibacem, dibikin mendoan tetep aja mereka enggak  mau. Padahal semasa mereka bayi, aku suka kali  membuatkan mereka tim dengan diberi campuran tempe di dalamnya (sebagai selingan). Herannya setelah mereka besar kok malah enggak mau. Tapi aku bukan ibu yang mudah putus asa. Ganbatte!!  

Kenapa aku ngotot supaya anak-anak suka tempe :

  1. Karena tempe adalah makanan yang murah meriah, bergizi, mengandung antioksidan untuk pencegah kanker.  Banyak lo kaum vegetarian Eropa dan Amerika yang beralih ke tempe sebagai pengganti daging dengan nilai gizi yang hampir sama.
  2. Karena aku ingin mengajarkan anak-anak untuk mencintai warisan budaya indonesia.  Iya tempe adalah buatan Indonesia, kita haruslah bangga dengan produk Indonesia. 
  3. Aku ingin mengajarkan anak-anak untuk hidup sederhana dan pandai bersyukur. Aku selalu menekankan ke anak-anak (terutama si kakak) yang udah agak besar, untuk mensyukuri apa yang ada.  Meski sebenarnya bisa beli lauk yang lebih enak dan mahal, supaya bila kelak mereka menjadi pemimpin tidak korupsi he3. 


Aku kemudian ingat kalo ibu mertuaku dulu pernah membuat tempe dibalut telur..ceritanya aku memang lagi berusaha mengurangi MSG...jadi kalo aku masak jarang sekali memakai MSG dan teman-temannya itu. Karena dari sedikit-sedikit itu bisa menumpuk penyakit bila kita sudah tua nanti.


this is it....Resep Tempe Goreng  Balut Telur :


Sumber :foto pribadi
Bahan      :   

  • 1 papan tempe
  • 1 telur ayam 


Bumbu     :   

  •  Bawang Putih 2 siung
  •  ketumbar secukupnya 
  •  Garam secukupnya 
  •  *)kalo Anda suka bisa ditambah tepung beras 1 sendok biar crispy


Cara         :   

           1.  Semua bumbu diuleg halus dikasih sedikit air
           2.  Potong2 tempe sesuai yang Anda inginkan.
           3.  Celupkan potongan tempe ke dalam bumbu yang sudah 
                dihaluskan tadi.
           4.  Diamkan beberapa menit
           5.  Kocok telur 
           6.  Masukkan tempe yang sudah diberi bumbu ke dalam kocokan telur
           7.  Goreng sampe kuning kecoklatan
           8.  Makanlah selagi hangat :)


Sangat mudah kan cara membuatnya :) Andapun bisa mencobanya di rumah...Selain enak, tempe goreng ini juga tidak mengandung MSG. Jadi sangat sehat untuk anak-anak dan orang dewasa.  Tak disangka setelah mencoba resep mertuaku ini, anak-anak jadi suka makan tempe, baik untuk kudapan atau dimakan bersama nasi dan sayuran.  Senang rasanya !! 
Tunggu postinganku berikutnya yaaaaaa....


Salam hangat,




























Serunya Kopdar Bareng Dancow Parenting Center

Monday, June 8, 2015

Dear teman-teman,


     Tanggal 7 Juni 2015 Hotel Santika Premier yang beralamat di Jalan Pandanaran Semarang (berdekatan dengan Gramedia) tampak meriah dengan logo dan jingle iklan  susu Dancow  Excel Nutri+. Para peserta seminar juga terlihat berdesakan di pintu lobi hotel.Tiket sold out. Hari itu menjadi hari yang istimewa bagiku, pasalnya sebagai blogger  baru, berkesempatan KOPDAR (pertama) dengan temen-teman  Komunitas Gandjel Rel.  Akhirnya aku bisa bertemu muka dengan para anggota Komunitas yaitu:Mbak Dewi Rieka, Mbak Uniek K, Mbak Wuri, dll.  Ternyata lebih cantik yang aslinya lo ketimbang yang selama ini saya liat di dunia maya :)

         Pada kesempatan kali ini Dancow Parenting Center mengundang Komunitas Gandjel Rel untuk mengikuti Seminar yang bertajuk "Maksimalkan Perlindungan Si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat".  Apa itu Dancow Parenting Center? Dancow Parenting Center (DPC) adalah mitra andalan para orang tua untuk tumbuh kembang si kecil. Sebagai Brand terkemuka di kategori susu pertumbuhan anak, Nestle Dancow memiliki visi untuk menjadi pemimpin dan mitra terpercaya orang tua dalam memastikan tumbuh kembang anak-anak secara optimal dan mencapai potensi yang maksimal.  Teman-teman dapat memperoleh berbagai tips dan info seputar parenting dari DPC. Nara Sumber Seminar  ada 3 orang yaitu:  Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psi( Pakar Psikolog), dr. Vinka Desria, dan Dr.dr. Saptawati Bardosono, M.Sc (Pakar Nutrisi/Gizi)  Dan yang tak kalah menarik adalah penampilan dari Shahnaz Haque sebagai moderator yang mampu menyemarakkan  suasana dengan gaya ngemsinya yang humoris.

              Masing-masing narasumber menekankan pentingnya Nutrisi dan Stimulasi yang tepat bagi anak ditinjau dari berbagai macam sisi yaitu Psikologi, Nutrisi dan Medis. Pembicara pertama adalah Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psi, seorang psikolog handal di Indonesia.Beliau memaparkan bahwa Indonesia menjadi penyumbang 40% masalah kekurangan gizi di dunia.  Yaitu adanya anak yang bertumbuh pendek dan mal nutrisi (tubuh kurus).  Tentunya ini akan menjadi pr penting bagi Pemerintah Indonesia.  Apabila kita konsisten memperbaiki 2 hal ini, kita akan sangat mungkin bisa menjadi seperti negara Jepang.  Seperti yang kita ketahui, dulunya orang-orang Jepang itu juga postur tubuhnya mungil. Tapi sekarang orang-orang Jepang generasi baru, memiliki postur tubuh yang tinggi seperti orang Eropa. Mengagumkan bukan? Dikatakan butuh waktu 30 tahun bagi Jepang untuk memperbaiki gizi rakyatnya terutama anak-anak. 

          Selanjutnya Dr.dr. Saptawati Bardosono, M.Sc menambahkan bahwa nutrisi pertama haruslah dimulai dari kandungan.  Setelah bayi lahir, susu pertama bagi bayi adalah ASI yaitu selama 6 bulan.  Disusul dengan pemberian makanan pendamping ASI.  Sebagai perkenalan, sebaiknya pilihlah makanan pendamping ASI  berasa manis dan gurih contohnya pisang, karena pisang yang paling mendekati rasa ASI supaya bayi tidak kaget. Jika ingin menambahkan sayur-sayuran, pilihlah sayur yang tidak memiliki serat yang tinggi seperti wortel misalnya.  Setelah 1 tahun keatas dapat mulai dikenalkan susu formula seperti Dancow Excel Nutri+ misalnya.  


Apakah itu Excel Nutri + ?
"Excelnutri+ adalah inovasi terbaru dari Nestle Research Centre dengan formula yang telah disempurnakan mengandung berbagai nutrisi untuk tumbuh kembang anak optimal".  Dancow Nutri+ mengandung bakteri baik yaitu bifidobacteria dan Lactobacilus yang bisa membasmi bakteri jahat dalam pencernakan anak sehingga anak bisa tumbuh sehat.

         Dokter muda yang cantik, dr. Vinka Desria, juga memberikan sedikit "puzzle" ke peserta seminar yaitu Lebih cepat mana mengejar BB(Berat Badan) atau mengejar TB(Tinggi Badan)? Jawabannya adalah lebih cepat mengejar berat badan.  Logikanya, seorang anak yang tubuhnya kurus, bisa dengan cepat ditambah BBnya dengan terus makan dan makan, tapi anak yang bertubuh pendek apabila makan terus menerus tidak diimbangi dengan nutrisi dan stimulasi yang seimbang akan sulit untuk mengejar TB.

Inilah gambar-gambar liputannya....tring...tring (sulapan he3) :

dari ki-ka: dr. Vinka Desria, Dra. Ratih Ibrahim,M.M, Psi,Shahnaz  
Mbak Shanaz yang cantik dan pinter
                                                                     


para peserta seminar tampak khusyuk mendengarkan  nara sumber.  Siapa tuh ya yang pake kerudung biru?
                 

Jadi,  stimulasi dan nutrisi apa saja yang penting untuk tumbuh kembang anak.  Simak tulisan dibawah ini ya guys.....

Stimulasi apa sajakah yang penting untuk pertumbuhan anak :
  • Orang tua memberikan contoh yang baik
  • Lakukan semenjak di dalam kandungan sampai remaja
  • Dengan kasih sayang/attachment perhatikan  minat anak
  • Kebebasan mencoba dan mengulang
  • Dipuji/dihargai
Nutrisi apa sajakah yang penting untuk pertumbuhan anak :

  • Nutrisi  untuk Pertumbuhan otak, dibutuhkan dukungan nutrisi dari lemak baik yaitu PUFA dengan ALA yang dapat i diubah menjadi ARA juga, LA yang dapat diubah menjadi DHA.  Pertumbuhan Otak akan dimulai dari minggu ketiga kehidupan dan akan terus berlanjut sampai mereka dewasa dengan masa kritis pada 2 tahun atau 1000 hari pertama kehidupan dan bersamaan dengan faktor stimulasi hal ini akan menjadi Maksimal
  • Nutrisi kedua adalah nutrisi untuk perlindungan, dibutuhkan kehadiran probiotik dan prebiotik untuk mempertahankan sistem imunitas yang 80% berada pada saluran cerna.  Tubuh kita didominasi oleh bakteri dimana jumlah bakteri 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jumlah sel di tubuh kita.  Terdapat strain probiotik yang sudah terbukti dapat membantu menjaga dan melindungi daya tahan tubuh kita seperti halnya bakteri Bifidobacteria dan Lactobacilus yang ada di Nestle Dancow Excel Nutri+
           Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan pemilihan susu yang tepat, nutrisi dan stimulasi yang tepat insya Allah anak akan tumbuh optimal.  Buat ibu-ibu dan calon ibu yang masih bingung dengan banyaknya pilihan susu di pasaran bisa mencoba Dancow ExcelNutri+ dengan harga yang bersahabat dan berbagai varian rasa (coklat, vanilla, dan madu).

         
Menjelang berakhirnya acara seminar Chef  Hendrik hadir dengan beberapa Demo Masakan. Selesai masak para peserta Seminar diminta untuk mencicipinya.  Kata Mbak Uniek K. masakannya mantap euy! Dari Demo masak ini juga diperoleh satu ilmu lagi yaitu minyak goreng bisa dipakai ulang maksimal sampai 3 kali saja.  Lebih dari itu berbahaya lo..

Demo Masak Chef  Hendrik

   Alhamdulilah seminar Dancow Parenting Center dan KOPDAR Gandjel Rel kali ini berlangsung dengan lancar.  Semua peserta seminar sangat antusias mendengarkan, maupun memberikan pertanyaan kepada para narasumber.  Enaknya jadi blogger udah dapet tiket gratis , dapet ilmu,  dapet goodie bag pula  dari Dancow.  Makasih Dancow, makasih GRs. Aku dan Kau Suka Dancow.....





sebelum pulang narsis dulu ah...

emak happy, anakpun happy karena dapat goodie bag bermanfaat



Info Nestle DANCOW Excelnutri+
Website :   http://www.dancow.co.id/dpc/
Fanpage Facebook: Dancow Parenting Center
Twitter: @DancowCenter





#Event Komunitas Gandjelrel, Review Produk

Second Opinion

Sunday, May 31, 2015

Foto pribadi Blog Mama Lala
    
Dear my readers,

        Hai semua......sudah lama sekali tidak nulis blog,  karena sibuk dengan si kakak yang sedang UKK.  Sekarang aku mau bercerita tentang pengalamanku beberapa waktu lalu. Simak ya.

         Peristiwa ini sudah terjadi 10 tahun yang lalu...namun aku masih ingat benar sampai sekarang.  Waktu itu usia anakku yang pertama masih 6 bulan..lagi lucu-lucunya.  Karena aku full time mom atau bahasa kerennya ibu rumah tangga aku bisa memberi ASI sepenuhnya buat si kecil.  Senang sekali rasanya melihat si kakak bisa tumbuh sehat dan gemuk...kemana-mana jadi "piala bergilir".  Ya iyalah, wong aku waktu itu masih tinggal bersama dengan mertua di Pondok Mertua Asri karena kakak  suami kebetulan sudah punya rumah sendiri, jadi aku dan suami diminta untuk menjaga mertua di rumahnya yang asri.
          Ada enak tidaknya tinggal dengan mertua, enaknya kalo kita pergi kemana-mana ada yang nemenin si kecil.  Bahkan keluar sebentar ke Indomaret yang deket rumah sekitar 100m dari rumah aja ibu mertua selalu bilang, "Cilikan ben neng omah wae mengko ndak mambu angin (b jawa :Si kecil di rumah aja biar ga kena angin).  Mungkin saking sayangnya ma si kecil yang waktu itu cucu pertama.  Jadi kalo pergi kemana-mana dengan suami serasa masih pacaran saja....Ga enaknya..... ga usah diceritain ya?Ya, namanya hidup satu rumah dengan kadang ada sedikit riak-riak itu biasa..aku mengambil yang positifnya saja.

       Tahun itu adalah tahun kesedihan buat aku dan suami.  Bagaimana tidak, pada tahun itu aku masuk rumah sakit karena sakit maag. Memang kadang-kadang kalo suka telat makan maagku kambuh. Otomatis si kecil sementara dalam pengasuhan mertua dan  minum susu formula.  Aku yang waktu itu dirawat dirumah sakit hanya bisa berdoa semoga segera pulang karena selalu terbayang-bayang wajah si kecil...bagaimana makannya....bagaimana susunya.  Apalagi waktu itu adalah masa peralihan buat si kecil dari minum ASI ke makanan yang lebih kasar seperti bubur tim, kue-kue kering, buah dll..

       Untunglah, 3 hari kemudian aku boleh pulang kerumah.  Bahagia rasanya  ketika bertemu si kecil mengalahkan rasa sakit bekas suntikan jarum infus.  Kupeluk dan kuciumi si kecil dengan erat tak lupa kuucapkan terima kasih kepada mertuaku karena sudah mengasuh si kecil selama aku di rumah sakit.

       Semenjak aku dirawat di rumah sakit dan si kecil minum susu formula serta makanan-makanan pendamping lainnya,  si kecil pupnya menjadi kurang lancar. Biasanya tiap hari pup, ini bisa 4 hari baru pup itu saja harus menggunakan obat pencahar untuk bayi..kalo tidak salah namanya Microlax cair. Padahal tiap hari aku selalu rutin memberinya buah pepaya, juga rutin memberinya air putih sehabis makan bubur tim.  Dan yang paling lama adalah si kecil baru pup setelah 1 minggu.  Selanjutnya juga begitu, pupnya tidak pernah lancar.  Padahal kalo terus menerus memakai Microlax kan tidak bagus untuk area pupnya.

       Karena bingung bercampur panik akupun lalu berkonsultasi ke dokter spesialis anak di sebuah RS A. Pada pemeriksaan awal si dokter muda ini memeriksa bagian perut dengan stetoskopnya. Kemudian memberiku beberapa pertanyaan. Kemudian beliau membuat analisa kalo kemungkinan si kecil memiliki kelainan usus yang disebut Hirshprung, yaitu kelainan usus besar yang menyebabkan penderitanya sulit untuk BAB (untuk lengkapnya bisa lihat di google). Dan harus segera dioperasi.  Itu tanpa melalui prosedur seperti rontgen misalnya.  Beliau menambahkan,kalau tidak segera dioperasi akan berkelanjutan sampai dia dewasa nanti.  Lututku serasa lemas  ketika mendengar pernyataan dokter tadi.  Sepulang dari dokter aku hanya bisa menangis dan merenung.  Meski suami dan mertuaku berusaha menghibur tetapi  hati ini rasanya sedih sekali dan tidak bisa menerima kenyataan.
  
       Namun aku dan suami tidak menyerah begitu saja, suamiku kemudian berinisiatif  googling di komputer untuk melihat informasi tentang Hirsprung.  Ternyata banyak yang tidak sesuai dengan apa yang diungkapkan si dokter.  Tak perlu aku ceritakan semua. Diantaranya adalah kalo seseorang menderita Hirshprung logikanya dia akan rewel terus karena menahan sakit.  Tapi kok si kecil itu biasa aja.  Ketawa ketiwi.  Main dengan mainannya juga biasa.  Malah aku yang sering nangis he..he...he..

   Singkat cerita, kemudian aku dan suami berkonsultasi ke dokter spesialis lain untuk mencari second opinion.  Dokter ini berbeda pendapat dengan dokter yang pertama, menurutnya si kecil itu baik-baik saja, tidak ada masalah...bahkan menurutnya tidak perlu dioperasi hanya perlu pijatan lembut dibagian perut yang disebut pijatan LOVE  yaitu mengurut  perut  bayi dengan gerakan menyerupai bentuk cinta.  Ini dilakukan searah jarum jam beberapa kali bila si bayi telat pup.  Selain itu juga ditambah konsumsi buah-buahan,sayur-sayuran serta air putih.  Lega rasanya mendengar keterangan dokter ini, rasa sedihku langsung hilang seketika.  Begitu juga suami.

    Sepulang dari rumah sakit aku lalu mempraktikkan apa yang telah dikatakan dokter.  Alhamdulilah si kecil menjadi rutin pup dan tidak ada masalah dengan pupnya sampai sekarang.  Si kecil sekarang telah berumur hampir 10 tahun dan tumbuh menjadi anak yang pintar.
     
Salam hangat,




Bye...bye Masa Lalu

Friday, May 22, 2015

Image result for bye-bye masa lalu
Diambil dari google.com
       
        Semua orang di dunia ini punya masa lalu.  Masa lalu yang menyenangkan maupun masa lalu yang kelam. Masa lalu yang menyenangkan akan selalu kita kenang dan akan menjadi cerita buat anak cucu kita di masa depan.  Sebaliknya dengan masa lalu kita yang kelam.  Semakin kita kenang akan semakin membuat kita terpuruk dan sangat tidak mudah untuk move on untuk melupakannya.


       Kejadian ini nyata terjadi pada seorang teman sebut saja namanya M. Dia seorang ibu rumah tangga muda.  Mempunyai 2 anak-anak yang sempurna. Cantik-cantik dan lucu.  Rumah yang besar.  Suami yang baik hati. Tapi dia pernah bercerita kepada saya bahwa sebenarnya dia punya masa lalu yang kelam. Dia bercerita bahwa semenjak dia berusia 4 tahun kedua orang tuanya sering sekali bertengkar.  Awalnya dia tidak peduli dengan hal itu (mengingat usianya msh kecil).  Tapi lambat laun ketika dia SMP dia menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan kehidupannya.  Ibunya berpendidikan SD tidak lulus sementara ayahnya PNS.Dia bercerita lagi kalau dalam seminggu bisa 1-2 kali orang tuanya bisa dipastikan bertengkar.  Biasanya pertengkaran itu disulut oleh sifat ibunya yang "gila harta".Ini terjadi tiap kali si ibu arisan/pengajian di tempat tetangganya yang rumahnya bagus.  Sepulang dari mengaji terus si ibu seringkali membanding-bandingkan rumahnya yang tidak sebagus rumah orang lain. Padahal menurut M rumah ibunya itu memang tidak mewah tapi masih layak dibandingkan tetangga-tetangga lain yang masih mengontrak, dan juga orang tuanya itu tidak  pernah berhutang kesana kemari.  Tapi entah mengapa si ibu M itu tidak pernah mau mensyukuri hal itu.


       Sifat buruk ibu M yang lainnya adalah dia suka sekali mengumbar aib, bahkan tak segan-segan suka sekali menjelek-jelekkan M dan saudara-saudaranya yang lain tiap kali mereka berbuat salah di depan orang banyak dari semenjak mereka kecil. Selain itu ibu M ini suka sekali menggunjing, apa saja menjadi bahan gunjingan bahkan sesuatu hal yang kurang penting sekalipun.  Dan yang paling menyakitkan bagi M adalah bahwa si ibu itu suka sekali membanding-bandingkan dia dan saudaranya dengan anak-anak yang lain yang lebih pinter, lebih sukses dengan bahasa-bahasa yang sangat menyakitkan hati....seperti kamu itu bisanya apa?!! trus kita ini keturunan semut tidak akan bisa menjadi Gajah !! Alhasil karena perlakuan ini M dan saudara-saudaranya tumbuh dengan rasa percaya diri yang kurang.... ini berlangsung berulang-ulang dan terus menerus....bahkan sampai sekarang ketika M sudah berumah tangga kebiasaan si ibu ini belum juga berubah..Dia masih suka membanding-bandingkan anaknya dengan anak-anak tetangganya yang lebih sukses termasuk dalam pemberian nafkah per bulan dengan kata-kata yang tidak pantas:  Anaknya si A itu lo kalo ngasih uang untuk ibunya per bulan sampe jutaan kamu kok cuman segitu......padahal setiap bulannya si ibu rutin mendapat uang pensiun yang jumlahnya lumayan ....dan anak-anaknya sudah "mentas" semua dan rutin memberi jatah bulanan. Tetapi selalu mengeluh kurang...


       Sulit bagi M untuk melupakan bayang-bayang ibunya dan melupakan semua yang telah dilakukan si ibu sampai sekarang.  Dia sama sekali tidak membenci ibunya tetapi tidak dapat dihindari bahwa "kedekatan" mereka kurang. Kadang untuk sekedar pulang menemui ibunya di desa si M merasa malas sekali dan didera rasa takut kalau ibunya akan membandingkan pemberian uangnya dengan anak tetangga lain....  M ingin sekali ibu menyakan kabar cucu-cucunya selain setumpuk uang. Di lain waktu  M berinisiatif  berkonsultasi ke seorang psikolog yang superbaik.  Masih muda cantik lagi.  Kemudian psikolog tersebut memberikan beberapa nasihat yang langsung mengena di hatinya.  


Image result for gambar cinta


      Apa nasihat psikolog tadi?


"Anda jangan berpaling ke masa lalu Anda yang buruk. Anda itu memiliki kehidupan yang komplit.  Anak-anak yang lucu, rumah, suami yang baik. Itu adalah kehidupan Anda yang sekarang.  Berfokuslah kepada apa yang ada sekarang.  Ciptakan kehidupan indah yang mungkin semasa kecil Anda impikan.  Tidak ada kehidupan yang benar-benar sempurna.  Semua orang pasti punya masalah/ujian."



Salam hangat,







































































   
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS