Alhamdulilah, Sekarang Anakku Suka Tempe

Thursday, June 11, 2015

Suatu sore  3 bulan yang lalu.....

Siapa mau tempe goreng anget? teriakku dari dalam dapur. 
Sepi,  tidak ada jawaban.  Kalo tidak, pasti anak-anak pada geleng-geleng. Bener nih ga mau, kalo ga mau mama habiskan sendiri lo.  Karena tak ada jawaban, kemudian aku berjalan ke ruang tengah di ruang TV, biasanya mereka berdua lagi main bareng (kalo lagi rukun he3).
"Mamah taruh di meja ya, kalo kalian mau ambil aja."  
Tetep aja ga ada yang ambil.  Kadang-kadang usilku kambuh terus kucuilkan sedikit tempe  kumasukkan ke mulut mereka.  


Gimana, enak ga?tanyaku. 
"Mamah ki lo, udah dibilangin enggak mau ya enggak mau dong,"kata si Kakak, kalo yang adik malah lebih parah lagi langsung menjulurkan lidahnya...emm....ga enak mah."

Sudah berbagai macam cara kucoba supaya mereka suka makan tempe.  Mulai digoreng tepung , dibacem, dibikin mendoan tetep aja mereka enggak  mau. Padahal semasa mereka bayi, aku suka kali  membuatkan mereka tim dengan diberi campuran tempe di dalamnya (sebagai selingan). Herannya setelah mereka besar kok malah enggak mau. Tapi aku bukan ibu yang mudah putus asa. Ganbatte!!  

Kenapa aku ngotot supaya anak-anak suka tempe :

  1. Karena tempe adalah makanan yang murah meriah, bergizi, mengandung antioksidan untuk pencegah kanker.  Banyak lo kaum vegetarian Eropa dan Amerika yang beralih ke tempe sebagai pengganti daging dengan nilai gizi yang hampir sama.
  2. Karena aku ingin mengajarkan anak-anak untuk mencintai warisan budaya indonesia.  Iya tempe adalah buatan Indonesia, kita haruslah bangga dengan produk Indonesia. 
  3. Aku ingin mengajarkan anak-anak untuk hidup sederhana dan pandai bersyukur. Aku selalu menekankan ke anak-anak (terutama si kakak) yang udah agak besar, untuk mensyukuri apa yang ada.  Meski sebenarnya bisa beli lauk yang lebih enak dan mahal, supaya bila kelak mereka menjadi pemimpin tidak korupsi he3. 


Aku kemudian ingat kalo ibu mertuaku dulu pernah membuat tempe dibalut telur..ceritanya aku memang lagi berusaha mengurangi MSG...jadi kalo aku masak jarang sekali memakai MSG dan teman-temannya itu. Karena dari sedikit-sedikit itu bisa menumpuk penyakit bila kita sudah tua nanti.


this is it....Resep Tempe Goreng  Balut Telur :


Sumber :foto pribadi
Bahan      :   

  • 1 papan tempe
  • 1 telur ayam 


Bumbu     :   

  •  Bawang Putih 2 siung
  •  ketumbar secukupnya 
  •  Garam secukupnya 
  •  *)kalo Anda suka bisa ditambah tepung beras 1 sendok biar crispy


Cara         :   

           1.  Semua bumbu diuleg halus dikasih sedikit air
           2.  Potong2 tempe sesuai yang Anda inginkan.
           3.  Celupkan potongan tempe ke dalam bumbu yang sudah 
                dihaluskan tadi.
           4.  Diamkan beberapa menit
           5.  Kocok telur 
           6.  Masukkan tempe yang sudah diberi bumbu ke dalam kocokan telur
           7.  Goreng sampe kuning kecoklatan
           8.  Makanlah selagi hangat :)


Sangat mudah kan cara membuatnya :) Andapun bisa mencobanya di rumah...Selain enak, tempe goreng ini juga tidak mengandung MSG. Jadi sangat sehat untuk anak-anak dan orang dewasa.  Tak disangka setelah mencoba resep mertuaku ini, anak-anak jadi suka makan tempe, baik untuk kudapan atau dimakan bersama nasi dan sayuran.  Senang rasanya !! 
Tunggu postinganku berikutnya yaaaaaa....


Salam hangat,




























25 comments:

  1. ih sama kayak anakku kalo sudah gak suka ya gak mau, walaupun udah disuruh cicip pasti bilangnya gak enak hehehe, tapi anakku suka tempe mbak, digoreng biasa gini aja dia doyan, yang susah mah makan sayur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh komennya mb..mksh sdh berkunjung k blog sy :) salam kenal

      Delete
  2. Semoga anakku doyan tempe kayak bapaknya :D

    resepnya enak nih keknya... *ngebayangin kalo telurnya dikocok tambahin dikit tepung kanji keknya jadi tambah crispy. hmm.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb...mksh komennya...salam kenal ya :D mksh dah berkunjung

      Delete
  3. Resepnya simpel Mbak. Kapan2 nyoba ah. TFS ya Mbak ")

    ReplyDelete
  4. mksh komennya...trimksh sudah berkunjung ke blog sy :) dicoba aja enak bgt lo

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. mksh mbak komennya...trimksh sdh berkunjung di blog sy...salam kenal :)

      Delete
  6. Wah resepnya enak nih buat dicoba hehe

    Yuk di cek blog kita bunda :)
    Peluang bisnis yg cocok untuk ibu rumah tangga :)
    Modal kecil dengan potensi income milyaran :)
    Yuk kunjungi blog kamu untuk tau info bisnis ini :)

    Sambil ngurus anak di rumah sambil mainin medsos dan ngeblog bisa ngehasilin uang :)

    anrstore-qiu9.blogspot.com

    Atau langsung hubungi
    Bbm : 5537e90e
    Line : anrichany

    Terimakasih bunda :)
    Maaf bukan maksud spam hanya inhin berbagi info siapa tau butuh :)

    ReplyDelete
  7. Aku penggemar tempe garis keras, mbak. Makaasih yak resepnya. Belom pernah bikin yang balut telur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh mbak...cobain aja ...dijamin enak bgt mbak :)...alhamdulilah ini dah jadi favorit keluarga di rumah

      Delete
  8. mamaku kalau bikin tempe paling direndam aja di air garam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh mbak masukannya :) klo anakku ga mau he3

      Delete
    2. iya mbak memang simpel kalau direndam garam..sekarang mereka sudah mau

      Delete
  9. Belum pernah coba ini mbak :) kalau aku sukanya tempe bacem ala Jawa, yang manis, empuk, dan gurih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh mbak komennya...makanya dicoba dong..buat variasi he3

      Delete
  10. Kayaknya saya simpen tempenya buat diri sendiri, soalnya saya doyan tempe, dan bersyukur juga semua orang rumah pada doyan tempe juga, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh mak noniq yg super baik...sukses semuanya ya :)

      Delete
  11. aku sih suka banget tepe.. tp suami benci :D. Jd mnrt mama mertua, dr bayi suamiku udh tinggal di Korea Utara, krn papa mertuaku diplomat di sana dulu... Trs selesai di sana, pindah k negara lain, sampe akhirnya menetap di eropa.. Tau sendiri, di sana tempe mah bisa dibilang langka.. jd dr kecil ya suami ga dikenalin ama tempe.. balik k jkt pas udh smu, dia udh telanjur ga suka ama rasanya ;p.. ampe skr, tempe ga bs msk samasekali.. kalo tahu malah doyan bgt krn Tahu lbh bnyk di LN drpd tempe..

    makanya bljr dr sana, aku biasaiin anakku dr kecil mba suka tempe... biar lidahnya terbiasa

    ReplyDelete
  12. makasih resepnya segera dipraktikan buat anak dan bapaknya yang juga suka tempe ;)

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS