Kenapa Ya Si Dia Tidak Folbek ?

Sunday, June 28, 2015

Anda blogger baru ?  Wah sama, dong.  Sebenarnya sudah sejak tahun 2014 mulai ngeblog, vakum 1 tahun dan  mulai aktif  bulan Maret ini.   Sebenarnya aku tuh rasa ingin tahunya banyak.  Pengin tahu banyak gadget macam BBM, Twitter, WA, ya pokoke semua yang ada deh tapi habis itu bosen. Gambar BBM aja ga pernah ganti-ganti.  Sampe nanti kalo ada temen yang bilang :  Eh, gambar BBMmu tu mbok diganti bosen aku he3.  Bukannya ga sering main ke tempat2 wisata, tapi ga tahu tuh bosen aja.   Eh, yang ini jangan ditiru ya kalo pengin jadi blogger profesional. 


Sejarah Masuk Blog  

Sebelumnya aku suka baca-baca blog orang lain, kebetulan aku juga suka menulis.  Suka banget mantengin logo2 macem KEB, IIDN, n Ganjel Rel gitu.  Logonya kan cakep2 tuh. Wiiiiih, kayaknya keren deh kalo bisa masuk ke komunitas itu.  Positif  banget dan banyak ilmu kayaknya.  Trus iseng-iseng deh daftar ke KEB dll dan ketrima semua.  Senengnya...

Setelah masuk komunitas apakah kita berdiam diri saja? Tentu tidak, kita wajib rajin posting-posting tulisan kita biar dikenal orang.  Dari ngeblog ini sedikit banyak aku jadi belajar menjadi marketing lo, bagaimana mempromosikan tulisan kita supaya bisa dibaca orang, ketemu banyak teman, dan  yang paling seru adalah bagaimana cara mendapat follower.  Ternyata gampang-gampang susah lo.  Sudah dikomen, di follow belum tentu si dianya folbek.  Setelah menerapkan beberapa tips dibawah akhirnya ada juga yang mau jadi followerku:D. Mungkin sebagai blogger saya belum banyak ilmu tapi di sini aku mau share pengalaman saja ya.  

Kira-kira kenapa ya si dia tidak folbek :

1.  Sibuk 
     Berpikir yang positif, mungkin empunya blog lagi kerja, kuota internetnya lagi habis,  lagi momong anak, atau lagi masuk rumah sakit jadi  belum sempat membalas blog kita.

2.  Mungkin tulisan Anda biasa-biasa saja/kurang menarik
    
3.  Perhatikan komen Anda ke blog lain
     Pengalamanku sebagai blogger newbie, jujur saja aku lebih suka sekali apabila tulisanku diberi komen (apalagi yang lebih senior), tentunya komennya sesuai konten ya dibandingkan dengan "follow blog ku ya" saja.  Menulis itu susah lo, apalagi kalo kita lagi blank ga punya ide mau menulis.

 Misal ada blog Judul :  Mendidik Anak ABG
Contoh komen yang baik :  Makasih mak tips nya meski aku belum punya anak ABG, bisa menambah ilmu..
                                              
4.  Mungkin tampilan blog Anda
      Perbaiki template Anda.  Bagi Anda yang menulis dengan fasilitas blogger.com, ada banyak template yang bisa Anda pilih.  Gambar di bawah adalah salah satu template yang bisa Anda pilih.  Jangan pilih template yang terlalu rame gambar, hingga menutupi profil Anda misalnya (dari pengalaman pribadi he3).  Oia, hurufnya jangan terlalu kecil (Georgia misalnya) sehingga bisa dibaca.

SkyBlue
contoh template di blogger

5.  Sebenarnya mendapat kunjungan balik atau folbek tidak terlalu penting di dunia blog.  Yang paling penting adalah terus menulis dan menulis aja.  Kalo konten bagus, pastilah banyak kunjungan balik atau folbek2, demikian kata Mbak Dewi Rieka blogger sekaligus penulis buku "Anak Kos Dodol".


Mungkin ini sedikit yang bisa saya share dari pengalaman pribadi saya..karena ilmu saya masih sedikit..mungkin ada yang ingin menambahi ?



#cerita Tips Blogging


31 comments:

  1. contoh komen yang baik : - Wah, ulasannya bagus ya, kalo ada waktu follow blogku ya.

    Menurutku ini malah bukan contoh komen yg baik mbak. Semacam spamming malahan. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia maksh mak masukannya salah ketik tadi he3...mksh dah berkunjung ya:)

      Delete
  2. sejujurnya sih mba, aku sendiri pasti bakal ngunjungin balik stiap blog yg komen di blogku... Kecualiiiiiii, ini dia :D... org2 yg komen cm bilang,"tx gan infonya.." ato yg komen singkat dan ninggalin link pulak di blog org -__-... duhh org2 bgitu mah biasanya aku tendang ke spam :D... G prlu sih ninggalin link apapun, toh alamat blognya udh kecantum saat kita isi alamat website kan..dan aku tipe yg bakal berkunjung balik kok, kalo memang komennya terlihat tulus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mbak betul juga ya ...mksh sudah berkunjung :)

      Delete
  3. Setujuuuuu...etapi nomor 4, yang punya blog belum menerapkan seperti apa yang tertulis nih :D
    Soalnya template blog ini kurang minimalis, gambar latar agak terlalu mencolok. gambar daun-daun ini bisa menganggu konsentrasi membaca artikel blogmu lho mbak, hehee. Just my opinion ya mbak. Tapi kalau suka ya lanjut. Ngeblog kan suka-suka ya kan, hehee

    ReplyDelete
  4. Kalau blogwalking, dakuw berusaha komen yang tulus, nggak komen basa-basi, sebisa mungkin dibaca dulu postingannya baru komen. masalah di kunjungi balik atau difolbek, nggak begitu perhatiin sih, yang penting sehari 10 blog aku bw targetnya..terutama yang komen di blogku...tp krn lagi program folbek di keb jadi kupantengin satu2 sapa yang follw blogku dari keb..

    ReplyDelete
  5. Mungkin lagi sibuk Mbak. Berpikir positif aja hehehe..

    ReplyDelete
  6. Aku kadang gak folbek itu karena gak tahu. Bagusnya sih, kalo udah follow, kita colek si yang punya blog, biar ngeh. Nah kayak aku ini. Baru aja follow blogmu, Mak. Yuk ah saling follow :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip-sip mksh ya mbak dah follow....tak folbek ya :)

      Delete
  7. Mungkin belum sempat untuk folbek Mak..he..he..
    Saya setuju sekali dengan pernyataan..yang penting menulis..menulis.. sebarkan manfaat dari tuisan kita ... :)

    ReplyDelete
  8. Kalo aku kendala online pake hp mak, aku kalo bisa follow pake tablet ya aku pasti follow, kalo ga bisa, nunggu pake leptop.. Tp yaa sebulan sekali gamesti jiga ol pake lepotp.. Hehe..

    ReplyDelete
  9. Saya sudah folbek lhoo ^^

    Memang sih, kalo pake GFC suka ngga tau siapa yang baru follow blog kita, mungkin satu-satunya kita kudu noel si empunya blog biar kasi tau bahwa kita uda follow dan berharap folbek XD~

    Tapi mungkin bisa juga koneksi internet, per-followan kadang ngga enak dilakukan via gadget (saya lebih suka follow kalo pas di depan komputer - jadi bisa sekalian lihat-lihat desain blognya, kalo dari hp suka ga puas muahahahahah).

    ReplyDelete
  10. meskipun rajin bewe tapi saya jarang komen, semacam pengunjung misterius hehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik...punya pengunjung misterius he3...mksh mbak komennya

      Delete
  11. hihihihi,, bebisa mungkin kl saya folback lewat BW kembali mak.. oiya, saling follow blog ya kita... udah ku folllow ya mak, ditunggu folbacknya... *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sdh ku folbek kok mak..coba dicek...mksh follownya

      Delete
  12. Ahh ini nih yang kadang buat bete, tapi posthink aja kalau tulisan saya memang belum berkualitas dan belum layak buat difollow maupun follback :D

    mungkin ada yang bangga berasa ngartis karena follower blognya banyak tanpa harus follback lagi. hihi :D

    ReplyDelete
  13. Selain folbek pernah kepikiran nggak tulisan-tulisan lama (yg terbit misal setahun yg lalu) itu apakah masih ada yg meninggalkan komentar di sana atau seenggaknya masih ada yang baca? Heehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah dicoba sih...tapi responnya kurang menggembirakan..mau didelete kok eman2..ya buat kenang2an aja..atau masnya barangkali mau nambahin komen yang postingan 1 tahun lalu itu? he3

      Delete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS