Friday, May 13, 2016

Inilah 8 Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Harus Anda Kunjungi


[PLACEMENT ARTICLE]
Dear temans,


Anda suka travelling? Suka pemandangan pantai? Anda bingung untuk mengakhiri pekan ini?  Mungkin Anda bisa berkunjung ke Banyuwangi yang identik dengan pantai-pantainya yang sungguh aduhai atau berbasah-basahan di bawah air terjun Lider yang berjarak 45 km dari Banyuwangi, apalagi sebentar lagi musim liburan sekolah. 

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di sebelah timur pulau Jawa yang memiliki banyak tempat wisata eksotis,   sehingga menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata turis domestik ataupun manca negara. Karena begitu luasnya daerah wisata di Banyuwangi menjelajahinya dalam waktu satu hari rasanya tidak cukup karena akan menguras tenaga Anda. Anda tentunya ingin tahu tempat-tempat wisata apa saja yang ada di Banyuwangi, let's go. 



1.  Pantai Plengkung atau G Land

Pantai Plengkung atau disebut G land ~ diambil sari situs AsliIndonesia

Pantai ini sangat terkenal bagi para turis manca negara terutama yang suka berselancar  karena terkenal dengan ombaknya yang sangat tinggi.  Pantai ini disebut-sebut menjadi salah satu tempat surfing terbaik di dunia  setelah Hawaii karena memiliki gulungan ombak hingga 6 meter. Makanya tidak heran apabila para peselancar asing menjuluki Pantai Plengkung sebagai  "The Seven Giant Waves Wonder", memiliki 7 gulungan ombak yang sangat  tinggi. 

Tentunya para peselancar harus tahu bulan-bulan apa Pantai Plengkung memiliki gulungan ombak yang tinggi yang tentunya tidak setiap hari, yaitu hanya pada bulan April hingga Agustus (berarti bulan-bulan ini ya??).


2.  Pantai Pulau Merah


Terletak di Desa Sumber Agung Kecamatan Pesanggaran, Pulau Merah ini menjadi salah satu destinasi wisata yang harus Anda kunjungi.  Pantainya sangat indah dengan pasir yang berwarna kemerah-merahan.  Lingkungan sekitar pantai lumayan bersih, hanya sedikit sampah.  Di sore harinya Anda bisa melihat sunset, yang rugi apabila tidak Anda abadikan di kamera Anda. Gulungan ombaknyapun tidak setinggi pantai Plengkung, sehingga apabila Anda membawa anak-anak kecil tidak terlalu berbahaya. 


3.  Teluk Hijau 



Teluk hijau ini tempatnya berdekatan dengan Pantai Pulau Merah yaitu Desa Pesanggaran.  Dinamakan teluk hijau karena warna airnya hijau. Teluk Hijau letaknya tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk makanya apabila Anda membawa kendaraan bermotor, Anda bisa menitipkannya kepada penduduk setempat.  Teluk ini juga berdekatan dengan kawasan Hutan Hujan Tropis Taman Nasional Meru Betiri.  Karenanya Anda sayup-sayup akan mendengar suara burung-burung berkicauan, aneka satwa lainnya. 

4.  Sukamade, Pantai Penyu

Sukamade Turtle Beach, Banyuwangi East Java


Sukamade, Pantai Penyu terletak 97 km sebelah barat Daya Banyuwangi.  Ditemukan pada tahun 1927 oleh orang Belanda. Tempatnya sangat sejuk, indah, dan tenang.  Cocok buat saya dan keluarga kayaknya.  Kebetulan kami juga suka suasana seperti ini. Sukamade merupakan kawasan konservatorium yang berada dalam naungan Taman Nasional Meru Betiri yang memiliki luas 50.000 hektar.  Hampir setiap malam hari dalam satu tahun, penyu-penyu bertelur di sekitar  pantai.  Kemudian telur-telurnya akan dipelihara di konservatorium agar terhindar dari predator-hewan lain yang suka memangsa dan tangan-tangan jahil manusia yang akan mengancam keberadaannya.  Taman ini diawasi secara terus menerus selama 24 jam.

5.  Kawah Ijen


Image result for blue fire kawah ijen
Blue fire Kawah Ijen ~google.com
Kawah Ijen terletak di Gunung Ijen yang merupakan gunung yang masih aktif. Kawah ini terletak antara perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso.  Kawahnya sangat cantik berwarna kehijau-hijauan, mirip danau. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Di Kawah Ijen juga terdapat blue fire atau api biru yang hanya ada dua di dunia. Untuk dapat melihat Blue Fire ini Anda harus mendaki gunung Ijen terlebih dahulu, sekitar jam 1 malam pendakian baru boleh diijinkan, selanjutnya blue fire hanya bisa dilihat sampai jam 5 pagi karena sudah tertutup oleh sinar matahari.Kayaknya ini cocok untuk yang hobi mendaki ya?

6.  Air Terjun Lider



Para traveller yang suka dengan pemandangan alam, pasti tidak akan bosen dengan pemandangan air terjun ini karena memiliki pesona yang masih benar-benar alami. Tumpahan air terjun Lider memiliki ketinggian air 60 meter, dengan ketinggian 1300 diatas permukaan laut, yang berasal dari mata air pegunungan.  Letaknya di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Diberinama Air Terjun Lider dikarenakan lokasinya terletak di kawasan hutan lindung petak 47, Blok Lider. Kawasan ini berjarak 45 km dari kota Banyuwangi.


7.  Pantai Watu Dodol
Image result for watu dodol


Kawasan Wisata Pantai Watu Dodol merupakan pintu masuk ke Kabupaten Banyuwangi dari wilayah Kabupaten Situbondo.  Nama Watu Dodol itu sendiri merujuk kepada batu besar setinggi 6 meter yang orang jawa menyebutnya seperti jajanan Dodol, yang berlokasi tepat diantara kedua ruas jalan raya.  Lokasi kawasan wisata ini sekitar 5 km dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

8.  Pantai Mustika 

Image result for pantai mustika



Pantai Pulau merah sedang menjadi primadona di Banyuwanyi, Jawa Timur. Selain Pantai Pulau Merah, ada lagi sebuah pantai yang tak kalah keren dan menawan. Pantai ini pun bakal jadi saingannya si Pulau Merah.



Banyak traveler ke Banyuwangi untuk berkunjung ke Pantai Pulau Merah. Hal itu sangat wajar karena Pemerintah Kabupaten Banyuwangi gencar sekali mempromosikan Pantai Pulau Merah sebagai salah satu andalan destinasi pariwisatanya.



Bisa dilihat hampir di setiap simpang selalu ada petunjuk arah menuju Pantai Pulau Merah. Banyaknya petunjuk arah ini membuat Pantai Pulau Merah selalu ramai oleh pengunjung terutama di hari libur.

Namun ternyata, tak jauh dari Pantai Pulau Merah terdapat pantai yang juga tak kalah indahnya. Pantai itu adalah Pantai Mustika. Pantai Mustika terletak di kawasan Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Untuk mencapai ke pantai cantik ini, dari Pantai Pulau Merah bisa dengan berjalan kaki sekitar 3-4 km mengikuti ke arah barat, atau sebelum memasuki pintu masuk Pantai Pulau Merah terdapat jalan desa ke kanan. Ikuti saja jalan tersebut, nantinya akan sampai di Pantai Mustika.

Berbeda dengan Pantai Pulau Merah yang sangat ramai oleh pengunjung, Pantai Mustika masih relatif sepi sehingga bisa dibilang masih perawan. Untuk tiket masuknya saja masih dihitung per rombongan. Jika datang dengan 1 minibus berisikan 15 orang hanya dikenai uang masuk Rp 20.000 saja.



Menjelajahi tempat-tempat wisata di Banyuwangi nan eksotis, tidak akan cukup satu hari. Mungkin Anda bisa memilih waktu di saat liburan panjang, atau ketika Anda libur Sabtu-Minggu.  Jika Anda berencana untuk menginap di sekitar lokasi wisata, maka Anda bisa mengulik-ngulik informasi hotel-hotel cantik di sekitar Banyuwangi disini,  berikut review dari beberapa orang yang pernah berkunjung.

Semoga bermanfaat.







16 comments :

  1. Blue fire nya Ijen cantik bangeeettt...pengin ke sana nih

    ReplyDelete
  2. Aku udah pernah ke Watu Dodol, makanya pengen wisata ke tempat lain di Banyuwangi. Janjian apa ya, kita, biar barengan gitu rame pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pernah ke watu dodol?aku belum pernah...bagus ya viewnya

      Delete
  3. Pantainya bagus-bagus, kawah ijen dan pantai penyu pengen kesana, tapi dari ponorogo ke banyuwangi masih 12jaman, soalnya banyuwangi perbatasan jatim dan bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak lumayan perjalanannya...nunggu anak2 besar dulu he..he..biar ga repot

      Delete
  4. Pantai penyunya sangat menarik ya, mbak Ningrum. Saya salut masih ada yang melindungi telur-telur penyu dan menjaga 24 jam demi menjaga ekosistem alam :)

    Air terjunnya juga indah, tapi saya takut sama air terjun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak salut buat yang konsisten menjaga penyu2 lucu ini supaya tidak punah

      Delete
  5. cakepnyaaaa...itu pantainya bagus-bagus banget ya. Dan aku belum pernah mengunjunginya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak cantik-cantik..aku juga belum kok mbak...nanti nunggu kalau anak2 dah gedhe aja

      Delete
  6. wah pantai2nya bagus2 ya, aku juag banyak dengar kalau pantai di banyuwangi itu mengasyikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cantik2 semua mbak pantainya..banyak sekali destinasi wisatanya di banyuwangi.

      Delete
  7. Wah pantainyaaaaa..saya pengen kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak hayuk kesana mbak Yusma:) liburan sekolah nanti

      Delete
  8. MasyaAllah Mbak, bagus-bagus banget.... Saya pengen banget terbang ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mbak Susi kita kesana bareng-bareng....

      Delete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung^^



Back to Top