Pengalaman Ketika Si Kecil Demam

Sunday, December 31, 2017

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
I love my mother as the tree love water and sunshine - she helps me grow, prosper and reach high peak - Terri Guillemets. 
Artinya : Aku mencintai ibuku seperti pohon mencintai air dan sinar matahari, dia membantuku tumbuh, makmur, dan mencapai puncak yang tinggi.

Kalimat di atas  menggambarkan sebuah  kasih sayang seorang anak terhadap ibunya yang telah membesarkannya dengan penuh kasih sayang dan akan selalu membantunya dalam meraih cita-cita/kesuksesan dan sebaliknya kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya. Kasih sayang ibu tanpa syarat, baik dikala kita sehat maupun pada saat anak-anak sakit ataupun saat kita telah banyak berbuat salah kepada ibu kita.Ibu selalu ada segudang maaf untuk kita. Seorang ibu tentunya akan merasa cemas dan khawatir kala anaknya sakit. Hal ini juga saya rasakan ketika anak-anak sakit seperti ketika Lala sakit demam beberapa hari yang lalu. Saya rela begadang semalaman ketika demamnya tak kunjung reda. Dalam semalam bisa 2-3 kali Lala tiba-tiba bangun dan terjaga. Karenanya, ketika bangun mata saya agak hitam mirip mata panda karena kurang tidur. 


Kalau si kecil demam, kompres dengan air hangat ya ...jangan air dingin 

Sebenarnya saya dan suami berencana ingin pergi ke Bali di liburan ini, tetapi karena Lala badannya kurang fit dan ditambah ada saudara  dekat saya yang menikah di Jakarta maka perjalanan kami ke Bali dibatalkan. Tidak apalah, yang penting anak-anak sehat sudah membuat saya senang. Ngetrip mah bisa kapan-kapan lagi. 

Demam sebenarnya adalah mekanisme tubuh dalam melawan bakteri/virus, jadi bukan sebuah penyakit melainkan gejala dari sebuah penyakit, bisa flu, typus, demam berdarah dan penyakit lainnya. Tetapi kita tetap patut waspada apabila anak kita demam hingga 38-40 derajat celsius selama 2 hari berturut-turut. Demam yang tinggi akan mengakibatkan anak kejang dan bisa berakibat kurang baik untuk tumbuh kembang fisik maupun mental. 

Hal-hal apa sajakah yang perlu Bunda perhatikan ketika si kecil demam :
1.  Jangan Panik
Memiliki anak yang sedang demam terkadang membuat kita panik. Panik hanya akan memperburuk keadaan. Tetap tenang dan berdoa. 
2.  Jangan memberinya pakaian yang tebal
Pakaian yang tebal justru akan membuat si kecil semakin bertambah panas. Baju berlengan pendek justru akan membuatnya merasa nyaman.
3.  Minum banyak air putih 
Minum air putih yang banyak akan membantu si kecil ketika demam, karena demam bisa membuat si kecil dehidrasi.Lebih bagus lagi minum air putih yang hangat.
4. Kompres dengan air hangat
Mengkompres dengan air hangat akan membuat suhu tubuh stabil. Jangan pernah mengkompres dengan air dingin/air es karena akan membuat badannya menggigil.
5. Selalu sedia Tempra Syrup di rumah 
Mengapa saya memilih produk Tempra Syrup ?
  • Aman di lambung
  • Tidak perlu dikocok
  • Dosisnya tepat (tidak menimbulkan overdosis atau kurang dosis)
  • Selain 3 alasan di atas, Lala seperti halnya anak-anak yang lain lebih mudah minum dengan obat yang berbentuk sirup ketimbang dengan obat racikan.
Saya juga baru tahu kalau Tempra Syrup ada juga varian rasa lain selain anggur yaitu rasa jeruk. Yap, Lala suka banget Tempra yang rasa jeruk. Karena dia sudah berusia 8 tahun jadinya saya belikan Tempra Syrup yang untuk usia 6 tahun ke atas. Meskipun, sedikit agak mahal dibandingkan obat penurun panas lainnya, tapi kita tentunya tahu bahwa harga tidak pernah bohong.
Karena dosis yang tepat, demam yang dialami Lala cepat turun. Tentunya saya dan suami sangat senang sekali. Kasihan juga libur yang cuman 1 minggu, eh si Lala malah sakit. Dia juga suka bosan kalau di rumah terus. Alhamdulilah, dengan minum Tempra secara teratur selama dia masih demam, kita jadinya tidak perlu berkunjung ke dokter. Dan kabar baiknya kita bisa tetap mengajaknya jalan-jalan, meski hanya di tempat-tempat yang dekat dengan Semarang yaitu sekitar Ungaran di Promas Greenland.  Semoga bermanfaat ya .......
  

Lala si centil sudah sehat dan ceria kembali 

Saya dan Lala, senang sekali melihatnya sehat kembali 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh  Blogger Perempuan Network dan Tempra.











27 comments:

  1. Betul banget, liburan kemarin anak saya dua-duanya sakit panas bergilir and, dan memang kata dokter adalah mekanisme tubuh melawan penyakit, dan Alhamdulillah begitu panas turun dan mereka batuk pilek kondisinya membaik. Salam kenal Mama Lala๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  2. Hai Kak Lala.. salam kenal dari adik Ziqri di Kepri

    ReplyDelete
  3. Kalo anak-anak udah demam, hal yang paling sering terjadi adalah maknya panik duluan. terus salah kompres, kompresnya pake air dingin. padahal kurang tepat.


    www.diahestika.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak diah..jgn dikompres pakai air dingin

      Delete
  4. Alhamdulillah Kak Lala udah sembuh, bisa ceria kembali...

    ReplyDelete
  5. semuanya berkat tempra syrup sehingga lala bisa sembuh:D

    ReplyDelete
  6. makasih mak sharingnya :D kalo ponakan demam aku cari tempra syrup ah ^^

    ReplyDelete
  7. Betul banget. Meski istirahat dari kesibukan tetep aja sakit itu g nyaman dan bosenin. Sehat selalu ya, Lala.

    ReplyDelete
  8. Kak lala sudah ceria kembali Alhamdulillah. Jaga kesehatan ya kak ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  9. bener banget mba, banyakin minum air putih biar panasnya cepet turun.

    ReplyDelete
  10. Kalau ngeliat sepupu yang anaknya demam rasanya sedih ya, tahu banget lah ibu-ibu pasti jadi ikutan nggak nafsu makan gegara anak sakit, demam, dan loyo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sama...jd sedih ya kalau lihat si kecil sakit

      Delete
  11. Semoga selalu sehat ya, Lala. Saya juga selalu pakai tempra untuk anak-anak karena kandungan paracetamolnya yang aman..

    ReplyDelete
  12. Ternyata kompres anak demam harus pakai air hangat ya? Saya kira pakai air dingin supaya cepat turun panasnya :D Ilmu baru nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...jangan air dingin..ini juga hasil tanya2 ma dokter spesialis anak langgananku dulu...dia udah senior banget dan sekarang udah meninggal

      Delete
    2. Btw, terimakasih infonya Mbak :) Selama ini juga aku pakai air dingin kalau ngompres anak.

      Semoga dokter langganan mbak diterima amalanya, amiin

      Delete
  13. Asalkan ada Tempra di rumah, biasanya bisa mnegurangi panik :)

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS