Bagaimana Cara Menerapkan Software Payroll di Perusahaan ?

Wednesday, April 25, 2018



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu kembali.....
Di hari Kamis yang cerah ini saya akan memberikan informasi yang penting bagi Anda bapak ibu pengusaha, yang mungkin sedang bingung memikirkan apa ya sistem terbaik untuk menggaji karyawan Anda? 
Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan suatu istilah yang mungkin masih terlalu asing buat Anda yaitu tentang Software Payroll. Dan apakah perusahaan tempat Anda bekerja telah memiliki sistem Software Payroll ini? Sistem ini wajib banget lho untuk semua perusahaan karena merupakan sistem yang terbaik. 

Definisi Payroll menurut beberapa kamus diartikan sebagai sistem yang mengatur bagaimana gaji sampai ditangan karyawan. Banyak perusahaan yang sebenarnya ingin ikut merasakan manfaat dari LinovHR tapi terasa ragu-ragu karena mereka sudah nyaman dengan sistem manual yang terlanjur sudah dipakai selama bertahun-tahun. Namun langkah baiknya seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan mulai mencoba sistem yang sangat efektif sehingga hasilnya pun akan memuaskan banyak pihak, yaitu Software Payroll. Lalu syarat-syarat apa saja yang harus ada supaya perusahaan bisa memanfaatkan software payroll? Ini dia


Detail Perusahaan


Detail perusahaan yang dimaksud disini adalah profile perusahaan. Perusahaan haruslah yang memiliki ijin dari pemerintah. Hal ini berkaitan dengan penyetoran pajak yang dilakukan yang terkoneksi langsung dengan Dirjen Pajak. Semua surat legal terkait ijin perusahaan pun diperlukan oleh software payroll. Selain itu detail perusahaan juga mencakup hirarki yang ada di perusahaan. Hirarki atau susunan orang-orang yang bekerja pada perusahaan tersebut diperlukan sehingga software payroll bisa langsung mengkategorikan sistemnya sehingga jumlah yang ditransfer bisa langsung mengacu pada pohon organisasi perusahaan.


Jenis-jenis Pekerja pada Perusahaan


LinovHR juga memerlukan identifikasi status dari para pekerja diperusahaan tersebut. Jika pekerja tersebut merupakan pegawai tetap maka LinovHR akan mengkategorikan gaji yang ditransfer dengan jumlah tetap perbulannya. Jika pekerja harian, maka LinovHR akan mengacu pada daftar kehadiran pada fingerprint ataupun sistem kehadiran lainnya. Jam kerja yang didasarkan pada jam akan dihitung secara otomatis dihitung berdasarkan kesepakatan pembayaran per jam. Pekerjaan itu pun akan dihitung secara otomatis, bukan manual.


Semua Tunjangan untuk Karyawan


Selain gaji, perusahaan pasti membuat beberapa tunjangan non cash yang berupa tunjangan transportasi atau kesehatan. Nah perusahaan harus bisa memetakan jumlah pasti dari setiap tunjangan dan apakah jumlahnya sama antara departemen yang satu dengan departemen yang lainnya. LinovHR punya sistem yang langsung terhubung dengan beberapa vendor asuransi kesehatan maupun rumah sakit sehingga dana yang dipotong dari gaji akan langsung disetorkan.


Proses Payroll


Sesudah semua basic data didapatkan maka proses Payroll bisa dilakukan. Jika ada perubahan pun karyawan personalia bisa langsung merubahnya di software payroll tersebut. Semua data payroll hanya tinggal menunggu setting tanggal di transfer dari Bank. Setelah itu karyawan bisa menerima gaji sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.


Untuk memulai sesuatu yang baru memang tidak mudah. Butuh keberanian bahkan dari sebuah organisasi besar seperti perusahaan. Jika sistem lama sudah tidak efektif lagi, maka untuk menuju sebuah perbaikan, perusahaan harus bisa mencoba sistem baru yang belum dilakukan sebelumnya. Software payroll LinovHR merupakan salah satu dari perubahan positif dan perkembangan teknologi yang akan berkontribusi pada kemajuan perusahaan.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat ya^^. Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca. 

5 comments:

  1. Memudahkan banget kalau punya software ini, ya. Informasinya sangat membantu, Mbak. Saya baru tahu tentang payroll ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh mbak nisa...alhamdulilah kalau bs membantu

      Delete
  2. Wah-wah mba ilmunya daging bangettt.semoga nanti saya bisa buka perusahaan juga ya hee. Aaaminn

    ReplyDelete
  3. Pakai sistem pasti efek positifnya banyak utk perusahaan ya, efisiensi waktu juga tenaga kerja dibanding manual

    ReplyDelete
  4. Gua baru tau tentang payroll hehe, trims infonya hehe

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS