Mah, Kakak Minta Maafnya Pakai Kaki !!

Monday, February 27, 2017

Image result for minta maaf pixabay
diambil dari Pixabay

Hello everyone...I hate love Monday
Ya, tidak terasa sudah hari Senin lagi. Bagi sebagian orang terkadang agak malas memulai hari Senin setelah weekend Sabtu Minggu. No, no jangan sampai ini terjadi pada kalian ya. Karena kalau kalian  sudah memulai hari dengan malas-malasan dan keluhan disana sini maka hasilnyapun akan tidak akan maksimal.
Nah, agar kalian semangat di hari Selasa ini, maka saya akan membawakan "semangkuk sup" untuk semangat kalian 😁😁😁😁😁.

Kalian pasti sudah tahu kan kalau pekerjaan ibu  yang paling pokok adalah mengasuh anak-anak, memberinya perhatian dan mengajarkannya hal-hal yang baik terutama 3 kata ajaib itu yaitu tolong, maaf dan terima kasih. Sebagai seorang ibu yang baik tentulah saya sudah mengajarkan mereka sejak mereka kecil. Dan alhamdulilah mereka selama ini sudah melaksanakannya dengan baik. Tetapi, namanya-anak-anak tetep saja ada hal-hal yang ngeselin seperti di hari itu.

Ceritanya suatu malam hari anak saya yang nomer 2, Lala, tiba-tiba nangis di pojokan tempat tidur. Mereka berdua tidurnya masih bareng-bareng di satu kamar. Rencana dalam waktu-waktu dekat ini sih pingin membuatkan kamar untuk si kakak.
Yang ada dikamar waktu itu cuman kakaknya. Bisa ditebak siapa yang membuat adeknya menangis kalau tidak kakaknya. Grrrrrr
Masalahnya sebenarnya sepele gara-gara rebutan tidur di bawah ac...kalau tidurnya di bawah ac itu kan adem banget. Kalau sudah agak kesana lagi kan ademnya kurang nyes gitu. 

Trus, si adik cerita kalau kakaknya mencubitnya dengan cubitan yang paling sakit, apalagi kuku tangannya kakak panjang-panjang waktu itu. 
Dilanjut lagi sama adiknya kakak minta maaf tapi pakai kaki Mah. 
Agak geli-geli gimana begitu waktu denger si adik bilang begitu. Meski jarak usia kakak adik itu lumayan panjang 4 tahun tetapi yang namanya bertengkar tetap jalan terus. Bahkan, terkadang si kakak itu seringkali tidak mau mengalah. 

Kira-kira apa ya solusinya kalau begini ya ibu-ibu?

  1. Saya minta si kakak untuk minta maaf lagi kepada adiknya karena telah membuat adiknya menangis tetapi dengan tangannya dong.
  2. Meminta si adik untuk bergantian tempat dengan si kakaknya karena agaknya si adik sudah lama berada di tempat yang "menguntungkan" dia.
  3. Membuat kamar sendiri untuk si kakak. Karena memang sudah waktunya dia mempunyai kamar sendiri.
Nah, memiliki anak lebih dari satu itu memang seru banget. Buat Anda yang memiliki anak lebih dari satu pasti pernah mengalami hal ini. Butuh kesabaran yang ekstra dan juga butuh ilmu yang ekstra. Karena itu saya selalu lebih mengutamakan verbal dibandingkan fisik seperti memukul atau mencubit dan lebih suka juga membaca-baca buku parenting karena banyak sekali manfaatnya. Alasan lainnya adalah anak-anak kita tidak hidup di jaman kita, jadi mereka perlu sekali pendekatan-pendekatan yang tentunya tidak sama seperti kita kecil dulu. Sekian. Semoga bermanfaat ^_^.













36 comments:

  1. Pendekatan verbal memang lebih enak ya mbk, dari hati ke hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak hm zwan...pendekatan verbal memang lebih efektif y

      Delete
  2. bentar mba aku ngakak dulu :D kakak aya2 wae
    mendingan diajak ngobrol dulu mba komit kakak untuk bergantian tidurnya dibawah AC sementara jika kamar blm jadi. Atau tidur bareng2 hahaha..salam bwt anak2nya y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah mbak..udah tiap hari diomongin..memang adiknya itu kadang2 juga ga mau ngalah...heboh deh mbak pokoke

      Delete
  3. Saya setiap hari bertemu masalah kayak gini Mbak. Kadang di Adek gak mau ngalah. Kadang si Kakak godain terus. Atau sebaliknya. Kalau sudah dipuncaknya gak ada yang mau ngalah, saya tinggalin aja. Baru deh berlarian mengejar saya..hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama deh mbak rizka..memang kita harus punya stok sabar yg banyak :)

      Delete
  4. Jadi ingat waktu kecil, saya adalah anak pertama dengan 2 adik. Yang sering bertengkar sih 2 adik saya itu. Kalau saya lebih banyak diam dan jadi penonton. Baru kalau keadaan sudah 'bahaya' bukan melerai tapi teriak panggil ibu, hehe..

    Saat ini anak saya hanya 1, jadi bertengkarnya dengan emaknya. Kami bisa dibilang beda generasi tapi kalau bertengkar terutama adu argumentasi seru juga loh mbak Ningrum. Dan bisa dipastikan hasil akhirnya saya yang kalah, eh tapi kadang mengalah juga deng :)

    ReplyDelete
  5. Hihihi, memang selalu aja bikin geli, kesal bahkan marah. Tapi begitulah anak2 Mbak :D

    ReplyDelete
  6. win win solution!
    Saran yang bagus!
    Thanks karena sudah berbagi!

    ReplyDelete
  7. Saya waktu kecil 5 saudara dengan rentang usia yang beda sedikit. Sering rebutan mainan dll, baca ini jadi ingat masa lalu.😉😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi inget sodara2 ku juga pas kecil juga kadang2 bertengkar terus baikan lagi

      Delete
  8. Waaa nggak kebayang pusingnya kalau pada berantem hahahha
    yang masih single nih, catet. Termasuk saya. Kalau kecil sering berantem ya, giliran gede kalo inget ketawa sendiri kadang.

    ReplyDelete
  9. Waduh mbak nikah aja belum mbak... Apalagi punya anak!... Jadi ngak sabaran nih ketemu sama tulang rusukku yang hilang belum ketemu...
    Tapi emang seru sih kalo kita punya anak lebih dari satu....

    ReplyDelete
  10. Paling adil yang tidur di bawah ac mamanya saja. :D Hahahaha

    ReplyDelete
  11. Sibling legacy ya mbak ningrum selalu ada berantemnya, kudu bijak agar tak ada yang merasa lebih disayang atau kurang disayang ya 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak vita...harus pinter2 jaga emosi juga

      Delete
  12. Mmg hrs sabar mbak.
    Dialusin..disentuh..
    Tp mmg susye jd ortu sabar..sih

    ReplyDelete
  13. Si kakak gokil ya Mba 😄😄

    Aku baru punya anak 1 masih sering mencelat urat sabarnya. Hiks 😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anake memang gokil suka godain adiknya, adiknya diem dia usilin

      Delete
  14. Hihihi...seru ya kalo punya anak lebih dari 1. Seru ngontrol kesabaran maksudnya, Mbak. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ika seru lo punya anak lebih dari satu...nano nano pokoke

      Delete
  15. Minta maaf sama kaki... salamn mksdnya? Hahahaha ada2 saja nih...
    Trus adiknya balasnya oke tangan apa kaki mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. becanda aja sih kakak...memang sukanya gitu...tp adiknya enggak suka digituin mbak...ya begitulah..nanti ngerasain deh mbak he3

      Delete
  16. Kalau menurutku menasehati keduanya sesuai kekurangan masing2 mb. Kaka minta maaf krn sdh nyubit, adek minta maaf karena ndak mau gantian..terus bisa jg solusi yg ke-3 dipakai mb, bikinin kamar baru :) hehe maaf mb ikut2an ngasih saran, padahal anak baru satu hehe

    ReplyDelete
  17. Hihi kocak rebutan ac, persis bocah2ku dan bapake mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha iya mbak dew..tiap bertengkar terus mereka

      Delete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS