Yuk, Cegah Suami Berbuat Korupsi !!

Wednesday, February 1, 2017


Hai ..holla...hallo 😁

Minggu-minggu ini adalah ujian berat bagi lembaga konstitusi kita Mahkamah Agung dengan tertangkapnya hakim MK Patrialis Akbar yang diduga mendapatkan uang suap. Beliau tertangkap dalam sebuah OTT (Operasi Tangkap Tangan) yang dilakukan oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Sebelumnya mantan ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar juga tertangkap KPK dan dipenjara dikarenakan terbukti menerima suap.

Patrialis Akbar PD-IDGov.jpg
Patrialis Akbar - Wikipedia

Korupsi seakan tidak dapat dipisahkan dari negara republik tercinta ini. Meski sudah dibasmi tetapi terus tumbuh subur seperti jamur di musim hujan. 
Bahkan, tak jarang selain korupsi para pelaku juga diam-diam memiliki istri muda. Tertangkap korupsi tak serta merta mereka mengakui perbuatannya. Sangat berbeda dengan negara-negara seperti China, Korea dan negara-negara maju lain baru diduga korupsi saja mereka malu dan mengundurkan diri. Selain itu di China juga memberlakukan hukuman mati bagi para koruptor dan mencabut hak politiknya. Sedang Indonesia masih jauh dari itu. 

Suatu hari, saya membeli pecel dan gorengan di sebuah warung langganan saya. Lama tidak membeli pecel membuat nilai rasa pecel jadi makin maknyus di lidah saya. Waktu itu suami komentar : Lha yo, makan pakai pecel aja sudah enak ngapain sih banyak orang yang korupsi? 
Ya, begitulah memang sifat manusia itu pada dasarnya tidak pernah puas. Manusia sangat suka bermegah-megahan dalam hal harta sampai dia berada di liang lahat.. 

Dari Ibnu ‘Abbas, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَوْ أَنَّ لاِبْنِ آدَمَ مِثْلَ وَادٍ مَالاً لأَحَبَّ أَنَّ لَهُ إِلَيْهِ مِثْلَهُ ، وَلاَ يَمْلأُ عَيْنَ ابْنِ آدَمَ إِلاَّ التُّرَابُ ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ
Seandainya manusia memiliki lembah berisi harta, tentu ia masih menginginkan harta yang banyak semisal itu pula. Mata manusia barulah penuh jika diisi dengan tanah. Allah tentu akan menerima taubat bagi siapa saja yang ingin bertaubat.” (HR. Bukhari no. 6437)
Sumber : https://rumaysho.com/766-manusia-tidak-pernah-merasa-puas-dengan-harta.html
Saya rasa istri juga berperan besar dalam mencegah ataupun membuat suami berbuat korupsi. Hal itu seperti pisau bermata dua. Namun, alangkah baiknya kita sebagai istri berkontribusi besar agar mencegah suami berbuat korupsi, karena selain merugikan negara, mencemarkan nama baik keluarga juga hilangnya kewibawaan sebagai aparatur negara.

Selain itu penting bagi kita sebagai seorang istri untuk mengetahui seluk beluk uang suami yang perolehannya kurang wajar. Jangan berhepi-hepi dulu ketika suami pulang gajian membawa uang sekarung. Karena, nama baik istri/keluarga juga yang ikut dipertaruhkan. 

Ada sebuah kisah yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda. 
Saya besar di sebuah kota kecil bernama Salatiga. Saya tinggal di sebuah kampung kecil. Di kampung tersebut ada sebuah keluarga kecil dengan 2 orang anak. Pasangan suami istri tersebut sangat tersohor kekayaannya dan sempurna pula penampilannya. Suaminya ganteng dan si istri cantik. Si suami bekerja di salah satu bank terkemuka di Indonesia. Si istri memiliki hobi suka dandan dan gemar shopping. Sebenarnya gaji di bank tersebut sudah sangat besar namun si istri selalu saja merasa kurang. Minta ini minta itu. Akhirnya si suami melakukan penggelapan uang. Korbannya juga tetangga saya juga. Sebut saja si A. Akhirnya tetangga saya tersebut masuk penjara. Dipecat dari Bank. Bebas dari penjara dia kesulitan mencari pekerjaan dan tragisnya dia meninggal bunuh diri. Sedang, si istri bekerja sebagai TKW di luar negeri. Keluarganya kocar kacir. 

Saya rasa penting juga bagi kita untuk mensyukuri apa yang kita miliki sekarang. Jangan mencari-cari apa yang kita tidak punya.

Semoga bermanfaat bagi para istri-istri ^_^.











52 comments:

  1. Naudzubillah semoga kita ttp mjd istri yang sadar, sehat rohani dan jasmani serta yang selalu bersyukur dengan semua yang didapat y mba. Betul bgt sbg istri ibaratnya kita adalah pendampingnya yg tak hny sbg pendamping tidur tapi pendamping menapaki setiap lika liku kehidupan *ya ampun komen akuh berat pisan* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak betul mbak herva...mensyukuri apa yg ada

      Delete
  2. Manisia memang gak pernah puas, ya. Ngeri mba cerita tetangga mba di Salatiga itu.. :( Semoga ya kita dijauhin dari hal2 kayak gitu..

    ReplyDelete
  3. bener mb, sebagai istri mesti liat kemampuan suami jg yaa, kalau terlalu nuntut malah bahaya, mendorong suami ngambil uang dr mana2 hiks

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah kalau suamiku mah jujur dan gak korupsi, dan kalau gaji dikasih aku semua dia hanya ambil buat bensin aja, dan kalau mau beli apa-apa ya bilang ☺

    ReplyDelete
  5. Begitulah jika mengikuti hawa nafsu dan gaya hidup.

    Na'udzubillahi min dzalik. Smg kota terhindar ya Mba.. 😢

    ReplyDelete
  6. makasih diingatkan mbak... iya, setuju kalau istri salah satu kunci sukses tidaknya suami.

    ReplyDelete
  7. Saya lama nggak lihat berita di tv,cuma baca di media online..ngeri aja rasanya kalo dengar berita korupsi...
    semoga kita dijauhkan dari hal tersebut,aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin yra ..smoga kita smua dihindarkan ya mbak

      Delete
  8. Thanka for sharing Mba, jd self reminder juga...kdg mungkin aja ada bias antara mencoba memotivasi dengan memecut untuk melakukan short cut, naudzuubillah mindzalik

    ReplyDelete
  9. Memang uang bener2 bisa membuat buta mata ya Mbak. Kisahnya inspiratif sekali, sampai bunuh diri hiksss... semoga kita semua terhindar dari segala godaan syetan yg terkutuk...

    ReplyDelete
  10. Iya sih, istri juga punya andil kalau suami korupsi. Thx udah ngingetin :)

    ReplyDelete
  11. Dlm hal uang aku wanti2 bgt, selalu ingatkan dia bayar utang sekecil apapin utang itu. Jgn smpai hrta yg bukan milik kita yg kita nikmati jd penghalang masuk surga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sama..aku juga begitu. utang bisa jadi penghalang masuk surga y

      Delete
  12. Serem. Sebagai istri, kita kudu sgt hati2 dan gak gelap mata

    ReplyDelete
  13. Nuruti keinginan emang gak ada habisnya. Semoga kita dilindungi dr perbuatan tercela ya

    ReplyDelete
  14. Penting tuh istri nanya kalo dikasih uang sama suami, dari mana, kerja tambahan apa kok dapat uang lebih?

    ReplyDelete
  15. Tfs mak, bener banget saya selalu berdoa agar suami mencari rezeki yang halal, berkah dan banyak karena saya gamau ada harta haram masuk ke perut dan bayi kami^^

    ReplyDelete
  16. saya slalu teringat pesan almarhum bapak. isteri yg baik itu yg bertanya klo suaminya pulang abw auang banya. uang nya dari mana? tanyain tanyain gt katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...aku juga selalu kepo..tanya2 ..takut juga mbak

      Delete
  17. Benar, sebagai istri patut memperhatikan suaminya. Karena istri adalah pilar rumah tangga tetap kokoh baik secara finansial maupun moril... salam rumpi manis, mampir lagi ya mbak di blog ngerumpiku chitchat.my.id

    ReplyDelete
  18. Semua bisa berawal dari rumah, ya. Semoga kita semua terhindar dari yang namanya korupsi. aamiin

    ReplyDelete
  19. Bener banget ya, kalau istrinya suka minta macem2 dan udah di luar batas kemampuan suami, malah bikin suami terpicu utk mencari kekurangannya dg cara2 yg terkadang kurang diridhoi Allah. Semoga kita semua terhindar dari hal2 sedemikian ya.

    ReplyDelete
  20. aku tinggal di Salatiga lho mb, jangan-jangan aku tahu orang yang mbak ceritain.
    memang istri memegang peranan penting ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak disalatiga to? iya mbak setuju. dulu jadi cerita heboh mbak

      Delete
  21. Semoga kita terhindar dari hal-hal yang buruk. Intinya harus bersyukur ya. Kalau dituruti, manusia selalu merasa kurang.

    ReplyDelete
  22. Tulisan ini reminder banget mb, trims for share, semoga kitabdijuhkan dari yang nda berkah ya aminnn

    ReplyDelete
  23. Biasanya kalau orang sudah mengedepankan kepentingan dunia maka imannya mudah goyah ya mbak. Selain itu ada kesempatan pula untuk korupsi. Kita sebagai istri harus tahu berapa penghasilan suami dan bila tiba-tiba suami dapat uang banyak tanpa jelas sumbernya, kita harus bertanya itu dari mana. Karena istri juga berkewajiban mengingatkan suami.

    Semoga kita terhindar dari hal-hal yang tidak diridhoi Allah, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mbak anjar iya kita harus tahu bila suami dapat uang byk yg tidak jelas

      Delete
  24. mbaaa, suka banget sama artikelnya. Makasih ya udah ngingetinnn...

    ReplyDelete
  25. Bener banget mbak ningrum..semoga kita sebagai istri bisa terus menguatkan suami untuk selalu ada dijalan yang benar :D

    ReplyDelete
  26. Semoga kita selalu di jauhi dari korupsi.

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS