Mengenang Semarang Tempo Dulu di Kota Lama

Saturday, February 18, 2017



Hai ...hallo...aloha

Sudah lama nih tidak update blog, dikarenakan kesibukan saya di dunia nyata yang lumayan rempong yaitu bisnis kecil di rumah membuat seprei dan lain-lain yang lagi banyak pesanan.
Terkadang saya bingung harus membagi-bagi waktu antara menulis dan menjahit. Dua bidang yang sama-sama saya sukai. Tapi, karena sudah terlanjur  suka ya bagaimanapun saya harus berupaya agar masih tetap bisa menulis. Saya harus bisa membahagiakan pembaca saya yang merupakan raja bagi saya. Kamu...iya....kamu.

Nah, beberapa waktu yang lalu saya kepingin sekali jalan-jalan naik kereta api ke Solo. Sudah hampir 10 tahun lamanya tidak pernah ke Solo lagi. Ingin rasanya jalan-jalan ke kebun binatang atau kraton di Solo. Aturan mainnya kan beberapa hari sebelumnya harusnya saya beli tiket KA. Karena, jalan-jalan yang tidak terencana dan mendadak jadinya ya begitulah gagal sebelum bertanding. 

Sebelum kalian bingung dengan kata-kata diatas maka ada baiknya saya jelaskan dengan terperinci. Jadi, kami lupa tidak membeli tiket KA terlebih dahulu tujuan ke Solo. Sampai stasiun Tawang sekitar jam 8 pagi dengan perjalanan naik BRT, tiket sudah habis. Dikira Ayahnya itu beli tiket KA itu bisa mendadak.
Anak-anak sudah pasang tampang wajah kecewa. 
"Wah, gimana sih Yah? Sudah capek-capek berdiri di BRT malah tiketnya habis. Biasalah anak-anak sekarang jago banget bersilat lidah".
Akhirnya untuk mengobati kekecewaan anak-anak kamipun berkunjung ke kota Lama, karena letaknya berseberangan dengan Stasiun Tawang.
Mengunjungi Kota Lama Semarang, jadi terlintas di benak saya kota Semarang Tempo dulu dengan banyak bangunan-bangunan peninggalan bangsa Belanda yang eksotis. Nampak jalan-jalan yang masih kaya dengan arsitektur jaman Belanda. 

Ada tempat-tempat menarik yang berada di Kota Lama ini seperti 
1. Gereja Blenduk. Dinamakan blenduk karena kubahnya yang berbentuk blendhuk seperti kubah masjid. Gereja ini merupakan gereja kristen tertua di Jawa Tengah. 


Gereja Blenduk


2. Taman Srigunting 
Taman Srigunting terletak di samping Gereja Blenduk. Tempatnya rapi dengan pepohonan yang rindang dan ditanami bunga-bunga. Di taman tersebut sekarang ada tempat persewaan sepeda kuno yang dengan aneka pilihan dengan tarif yang sangat murah yaitu sekitar Rp 5.000,an. Anda bisa berselfie-selfie bareng keluarga atau sekedar menikmati pemandangannya. 


3. Toko Klithikan
Di sekitar Gereja Blendhuk terdapat banyak toko klithikan alias toko-toko yang menjual barang-barang antik. Harganya berkisar antara Rp.30.000an hingga jutaan. Ada berbagai macam barang antik seperti korek api, rokok, setrika, lampu penerang, peralatan rumah tangga, sepeda antik dan lain-lain. Merupakan tempat wisata yang menarik untuk saya dan anak-anak dan bagi Anda yang suka dunia fotografi tempat ini bagus banget untuk foto-foto.




4. 3 D Trick Art Old City Museum 



3 D 3 Art museum merupakan wahana wisata baru di Semarang yang membuat Anda bisa berfoto-foto dengan latar belakang gambar 3 D yang terlihat nyata dengan teknik seni yang canggih. Tiketnya berkisar Rp 40.000 per orang.
So, tunggu apalagi yuk berkunjung ke Kota Lama Semarang.





25 comments:

  1. Asiik. PAs ke Semarang mai mampir ke sini ah :)

    ReplyDelete
  2. Aku mau ke toko klithian. Itu seterika jaman mbahku dulu, isinya arang masih ada yg jual ya?
    Mbak Prana, sukses bisnis2nya, semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyaknya masih ada yg jual...ibuku dulu juga punya setrika ini mbak. aduh bau asepnya he3...pdhl lebih hemat ya sebenere kalau pk arang

      Delete
  3. Ke toko klitikan yang b3lum, yang gereja blenduk ama naim sepeda buat foto udah 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebelahnya persis mbak..next time ksn ya mbak vita

      Delete
  4. Waah..kehabisan tiket Kalijaga mba.. Aku klo ke Solo jg belinya ndadak.sekitar 1,5 jam sblmnya..mgkn kmrn pas rame ya..
    Ke kota lama mmg asyik...

    ReplyDelete
  5. Jalan jalan ke kota lama jadi bayangin jaman dulunya kaya gimana yaa mba..bangunan2nya masih kokoh. Oh ya, saya belum masuk ke museum 3 old itu mb..hanya liat dr luar, hehe..seru yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak icha ayok kesana..kalau yg di jogja mahal lo..mending yg disemarang tiketnya ndak terlalu mahal

      Delete
  6. Aku belum pernah ke Semarang. :D Pengen ke sana lihat2

    ReplyDelete
  7. Salah satu kota destinasiku nih kalau mau ke jawa 😍

    ReplyDelete
  8. Gereja Bledug suasananya Belanda banget. Tamannya juga bagus. 3D Museum udah ada ya di Semarang. Harga tiketnya nggak jauh beda dg yang di Jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan lo mbak selisihnya 10 ribu..yg dijogja 50 ribu..kalau anak dua udah selisihnya udah 40 ribu he3

      Delete
  9. sudah lama gak berkunjung ke kota lama semarang, padahal wong semarang hehe...kalo pulang kampung harus mampir nih

    ReplyDelete
  10. Pernah ke Semarang, hanya mampir didepan Paragon aja. Kapan-kapan semoga bisa mampir kesana ya. Salam kenal Mama Lala....

    ReplyDelete
  11. wahh save ah...udah lama ngimpi holidei kesini , keknya harus sering baca blognya nih mbak, banyak tips holidei hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiya mbak memang suka travelling mb..mksh sdh mampir yak

      Delete
  12. Aku belum pernah masuk 3 D Trick Art Old City Museum mba, heheheh lainnya udah
    penasaran, bagus ya fotonya si dedek

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiya mbak si kecil memang suka banget difoto...suka bergaya dan menciptakan gaya2 baru ciptaannya he3

      Delete
  13. Sekarang kota lama udah bagus ya mbak.. nggak kayak dulu suasanane horror :D Entah kapan terakhir kali aku kesana. Hahaha..
    Salam kenal dari Kendal..

    ReplyDelete

Mana komentar HOREnya?..agar kita semakin akrab. Insya Allah pasti saya komen balik. Mohon maaf, karena banyaknya komentar spam, maka komentar yang masuk saya moderasi.
Terimakasih telah berkunjung, dan berkomentar dengan sopan ^_^
Jangan meninggalkan link hidup ya sis/bro



 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS